7 Alasan Mengapa Wanita Enggan Menikah



Tidak sedikit wanita lajang yang enggan untuk mencari pasangan. Tidak sedikit pula wanita yang sudah memiliki kekasih tetapi enggan diajak menikah. Sebenarnya ada apa? Mengapa banyak wanita yang ragu-ragu bahkan tidak mau diajak menikah? Apakah keinginan semacam itu muncul dengan sendirinya dari dalam diri wanita?

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa alasan logis mengapa banyak wanita yang enggan menikah. Baik , langsung saja ... berikut beberapa penyebab wanita enggan menikah.

1. Masih Ragu dengan Pasangannya

Beberapa wanita mengatakan bahwa mereka masih ingin mengenal kepribadian pasangannya lebih dalam lagi agar ujung-ujungnya tidak salah pilih. Mereka masih ragu untuk menentukan pantas atau tidaknya pria yang akan dinikahinya itu. Hal semacam ini bisa saja terjadi mungkin karena si wanita terlalu lama menimbang-nimbang atau mungkin karena pasangannya terlalu menutup diri.

2. Terlalu Mandiri

Terlalu mandiri juga menyebabkan mindset wanita berubah. Wanita yang terlalu mandiri membuat diri mereka 'betah' dengan dirinya sendiri sehingga tidak ada keinginan dalam diri mereka untuk mencari pendamping hidup.

3. Cantik

Wanita yang cantik biasanya memiliki kriteria pendamping hidup yang cukup berkelas. Hal tersebut menyebabkan si wanita itu sendiri kesulitan untuk mendapatkan pendamping hidup yang sesuai keinginannya karena pria berkelas tidak bertebaran di sembarang tempat.

4. Trauma

Mungkin saja wanita tersebut memiliki pengalaman yang tidak mengenakkan dengan pria di masa lalunya. Trauma semacam itu juga ternyata bisa menjadi salah satu alasan mengapa wanita enggan mencari pendamping hidup.

5. Terlalu Sukses

Di zaman sekarang ini banyak sekali wanita yang memiliki pekerjaan dengan gaji di atas rata-rata. Karier yang baik disertai dengan uang yang banyak ternyata dapat membuat wanita lupa akan kodratnya untuk berkeluarga dan mengurus anak.

6. Tahu Ada Orang Ketiga

Salah satu alasan mengapa wanita mengelak diajak menikah adalah karena mereka tahu ada orang ketiga yang akan mengganggu hubungannya dengan pasangannya itu. Wanita pasti ingin menyingkirkan orang ketiga itu agar tidak ada perusak dalam hubungannya dengan pasangannya kelak.

7. Tidak Mencintai Pasangannya

Kemungkinan yang terakhir adalah: wanita tersebut tidak mencintai pasangannya sama sekali. Tentu saja, wanita tidak ingin rumah tangganya terasa hambar baginya. Wanita menginginkan rumah tangga yang harmonis, hangat, dan romantis. Wanita menginginkan rumah tangga yang dapat membahagiakannya. Wanita menginginkan rumah tangga yang dibangun berdasarkan keinginan dalam hatinya, bukan rumah tangga yang dibangun atas dasar paksaan orang lain.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab wanita enggan untuk menikah. Semoga bermanfaat ya :)
baca selengkapnya...

Tips Membeli Komputer



Banyak orang bertanya pada saya,

"Mas, saya mau beli komputer nih. komputer apa yang bagus tapi murah ya?"

Saya tidak menyalahkan orang yang bertanya seperti itu. Memang, jika Anda tidak terlalu paham dunia teknologi alangkah baiknya Anda bertanya pada orang yang 'melek' teknologi ketika Anda hendak membeli sebuah komputer / gadget baru. Tujuannya tentu agar Anda tidak membeli barang yang kualitasnya asal-asalan.

Tetapi jujur saya sendiri justru malah bingung harus menjawab apa jika ditanya 'komputer apa yang bagus tapi murah?'.

Sebenarnya ketika kita berniat untuk membeli komputer, hal utama yang harus kita pikirkan ada 2, yaitu:

1. Dipakai Untuk Apa?

Sebelum membeli komputer, tentukan dulu tujuan Anda membeli komputer. Misalkan: Untuk belajar desain grafis, untuk menulis, untuk menjelajah internet, untuk bermain game, dan lain-lain. Jika sudah ditentukan tujuannya, maka Anda dapat menentukan spesifikasi yang tepat. Misalkan: Jika nantinya akan digunakan untuk belajar desain grafis, maka spesifikasi processor dan VGA-nya harus memadai. Jika Anda tidak paham tentang spesifikasi komponen komputer, Anda bisa mengkonsultasikannya pada orang yang paham agar tidak salah beli.

2. Berapa Budgetnya?

Selain memantapkan tujuan membeli komputer, Anda juga harus melihat isi dompet Anda. Berapa banyak uang / budget yang sudah Anda siapkan untuk membeli komputer tersebut. Saya sarankan pada Anda untuk tidak membeli komputer dengan harga yang mahal, terkecuali jika Anda memang pengguna advanced yang memiliki profesionalitas yang tinggi.

 

Sekian. Yap, memang, tips membeli komputer ini bukan tentang bagaimana caranya mendapatkan komputer berkualitas dengan harga murah, tetapi tentang bagaimana mengefisiensikan uang yang Anda keluarkan dengan kebutuhan Anda berkomputer nanti. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

5 Hewan Peliharaan yang Dapat Meredakan Stress



Jujur saya bingung ketika datang sebuah pesan ke email saya,

"Mas Sayogand, mau tanya dong. Binatang peliharaan apa aja yang bisa menghilangkan stress? Soalnya kata temen saya punya binatang peliharaan itu bisa ngilangin stress.. hehe"

OK, karena saya belum pernah memelihara hewan di rumah saya, maka saya coba wawancara beberapa teman saya yang memiliki hewan peliharaan. Dan akhirnya saya dapat jawabannya. Berikut beberapa hewan peliharaan yang dapat meredakan stress.

1. Kucing
 


Memelihara kucing ternyata sangat menyenangkan karena kita dapat mengajaknya bermain dengan benang kusut, bola karet, dan masih banyak lagi. Melihat kucing yang berlari-lari dan berguling-guling di dalam rumah dapat menjadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya.Belum lagi hasil penelitian psikologi menyatakan bahwa mengelus-elus bulu kucing yang halus itu dapat memperbaiki mood kita yang sedang buruk.

2. Anjing



Memelihara anjing juga ternyata menyenangkan karena setiap sore tiba kita bisa mengajaknya jalan-jalan keluar rumah sembari menikmati lingkungan sekitar. Aktivitas ini sekaligus menghilangkan penat di kepala kita karena terlalu lama berkutat dengan pekerjaan. Selain itu, bermain dengan anjing di dalam rumah juga dapat menjadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya.

3. Burung


Mendengarkan kicauan burung di pagi hari juga bisa menjadi salah satu terapi penghilang stress yang cukup ampuh. Dan jika Anda memelihara burung beo, Anda pasti akan mendapatkan hiburan tambahan karena burung tersebut dapat menirukan suara Anda :)

4. Kelinci



Sama seperti Kucing, mengelus-elus bulu kelinci yang halus juga dapat memperbaiki mood kita yang sedang buruk. Belum lagi ekspresi wajah kelinci yang kata sebagian orang sangatlah lucu dan menggemaskan :)

5. Ikan


Salah satu teman saya ada yang menjawab ikan. Awanya saya tidak percaya, tetapi ternyata sebenarnya bukan ikannya yang menghilangkan stress, tetapi suara gemericik kolamnyalah yang dapat menghilangkan stress.

 

Baik, cukup sekian artikel saya kali ini mengenai beberapa jenis hewan peliharaan yang dapat menghilangkan stress. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

4 Dampak Negatif Terlalu Lama Tidur



Tidur memang sudah menjadi aktivitas wajib yang rutin dilakukan manusia untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk mengistirahatkan otot-otot tubuh, tidur juga bermanfaat untuk menambah konsentrasi otak.

Tapi disamping itu, ternyata ada banyak dampak negatif yang akan Anda terima jika Anda mengambil jam tidur terlalu lama. Apa sajakah dampak negatif itu?

1. Diabetes Melitus

Makanan berkarbohidrat yang kita konsumsi nantinya akan diubah menjadi glukosa. Nah, glukosa yang berada di pembuluh darah ini nantinya akan diubah menjadi zat yang bernama glikogen oleh hormon yang bernama insulin. Nantinya glikogen ini akan disimpan dalam otot dan dijadikan sumber energi bagi otot untuk melakukan kontraksi dan relaksasi (Kontraksi dan relaksasi otot berfungsi untuk menggerakkan tulang pada anggota tubuh kita).

Ketika kita terlalu lama tidur, secara otomatis otot kita pun akan jarang bergerak. Jika otot kita tidak menggerakkan anggota tubuh kita, maka otot tidak akan berkontraksi dan berelaksasi. Jika otot tidak berkontraksi dan berelaksasi, maka otot tidak membutuhkan glikogen. Jika glikogen tidak dibutuhkan, maka glukosa tidak akan diubah menjadi glikogen. Jika glukosa tidak diubah, maka kadar glukosa dalam darah akan meningkat. Meningkatnya kadar glukosa (gula) dalam darah memicu terjangkitnya penyakit kencing manis atau diabetes melitus.

Itulah alasan mengapa ketika kita kelebihan jam tidur maka kita harus menambah jam olahraga. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

2. Sakit kepala

Jam tidur berlebih menyebabkan tidak teraturnya jam tidur malam Anda. Tidak teraturnya jam tidur tersebut dapat memicu terjadinya sakit kepala.

3. Obesitas

Tentu saja, tidur yang terlalu lama dapat memperlambat proses pencernaan makanan. Akibatnya, Anda akan lebih cepat gemuk.

4. Nyeri Punggung

Hal ini mungkin akan terjadi pada Anda yang tidur terlalu lama di kasur yang tidak sehat (terlalu keras atau terlalu empuk). Kemungkinan besar tulang punggung Anda terasa sakit karena tulang punggung Anda terlalu lama berada dalam posisi yang tidak baik.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai dampak negatif jika Anda tidur terlalu lama. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

7 Sifat Pria yang Disukai Wanita



Setiap pria yang ada di muka bumi ini pasti memiliki sifat dan karakter masing-masing. Entah itu bijaksana, pemarah, humoris, dan masih banyak lagi.

Dan dari sekian banyak sifat-sifat itu, ada beberapa sifat pria yang disukai wanita. Sifat apa sajakah itu?

1. Humoris

Tentu saja. Wanita menyukai pria yang bisa menghiburnya kapanpun dan dimanapun. Pria yang humoris biasanya lebih mudah mendapatkan wanita karena sifat humorisnyalah yang menjadi magnet perhatian para wanita.

2. Tegas

Wanita juga menyukai pria yang tegas. Pria yang tegas memiliki kharisma tersendiri bagi kaum hawa. Tidak hanya itu, pria yang tegas juga bisa menjadi pendamping yang baik karena nyaris tidak pernah plin-plan dalam mengambil keputusan apapun.

3. Tegar

Wanita juga menyukai pria yang memiliki sifat pantang menyerah alias tegar. Meskipun bisnisnya hancur, meskipun kehilangan pekerjaan, meskipun ada banyak rintangan di depan mata, pria tegar tidak akan mudah menyerah dan selalu optimis akan segala hal.

4. Berwawasan Luas

Tentu saja, wanita menyukai pria yang cerdas. Cerdas disini bukan berarti cerdas dalam hal pendidikan, tetapi maksudnya broadminded alias berwawasan luas. Wanita menyukai pria yang bisa diajak bicara tentang apapun. Entah itu tentang gosip yang sedang hot, tentang kesehatan, tentang politik, dan masih banyak lagi.

5. Bijaksana

Tidak hanya tegas. Saya rasa tegas pun tidak ada gunanya tanpa adanya kebijaksanaan. Orang yang tegas tapi tidak bijaksana sama saja dengan orang yang tang ting tung alias asal mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan risiko.

6. Bicara To the Point


Pria yang bicaranya bertele-tele alias tidak to the point biasanya cenderung dihindari para wanita karena dianggap tidak tegas. Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin kedua, wanita cenderung menyukai pria berwatak tegas dan tidak plin plan dalam berbicara.

7. Romantis

Sudah pasti, wanita mana yang tidak suka pada pria yang doyan membuat kejutan? Wanita mana yang tidak suka pada pria yang selalu memberi perhatian lebih pada kekasihnya? Wanita mana yang tidak suka pada pria yang selalu memahami isi hati kekasihnya? Tidak ada..

 

Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai sifat-sifat pria yang disukai wanita, semoga bermanfaat ya!
baca selengkapnya...

8 Kebiasaan Wanita yang Tidak Disukai Pria



Setiap orang di dunia ini pasti memiliki kebiasaan. Entah itu kebiasaan buruk ataupun kebiasaan baik. Kebiasaan ini nantinya akan membentuk karakter dalam diri kita. Nah, karakter inilah yang nantinya dijadikan indikator baik tidaknya pribadi kita.

Wanita, memiliki berbagai kebiasaan. Dan bagi pria, berbagai kebiasaan wanita tersebut bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan atau malah mengganggu baginya. Nah, pada artikel kali ini saya akan terfokus pada beberapa kebiasaan wanita yang sebenarnya mengganggu bagi pria. Baik, langsung saja, berikut beberapa kebiasaan wanita yang tidak disukai oleh para pria.

1. Banyak Bicara

Mungkin kebiasaan ini adalah kebiasaan paling umum para wanita. Ya, seolah-oleh kebiasaan yang umum ini sudah tidak bisa dihilangkan lagi. Tetapi tahukah Anda bahwa pria tidak menyukai wanita yang terlalu banyak bicara?

2. Tidak Bisa Menjaga Rahasia

Masih berhubungan dengan poin nomor 1, wanita yang banyak bicara biasanya sulit untuk menyimpan rahasia. Nah, hal ini juga menjadi salah satu kebiasaan wanita yang tidak disukai pria.

3. Memberi Perhatian Berlebih

Seperti apa kata penulis Dewi 'Dee' Lestari, "Kata-kata yang tersusun indah sekalipun tidak akan ada artinya tanpa adanya spasi. Begitupun dengan cinta, cinta yang indah sekalipun tidak akan ada artinya jika saling mengekang tanpa adanya ruang gerak". Hal itulah yang menyebabkan pria merasa tidak nyaman bila wanita memberinya perhatian secara berlebih.

4. Membanding – bandingkan dengan Lelaki Lain

Para wanita seringkali melakukan hal ini di hadapan kekasihnya: membanding-bandingkan kekasihnya dengan pria lain. Pria tidak suka dibanding-bandingkan, apalagi jika si wanita membanding-bandingkan kekasihnya dengan mantan kekasihnya.

5. Jorok

Pria mana yang menyukai wanita yang sering buang angin sembarangan? Pria mana yang menyukai wanita yang sering membuang kotoran hidung sembarangan? Pria mana yang menyukai wanita yang sering memakai rok yang kotor? Tidak ada..

6. Tidak Peduli Penampilan

Penampilan sangatlah penting bagi wanita. Pada pasalnya pria itu berbeda dengan wanita. Wanita menomorsatukan kepribadian pria, sedangkan pria menomorsatukan penampilan wanita. Pria tidak menyukai wanita yang penampilannya asal-asalan dan alakadarnya.

7. Penampilan Berlebih

Kebalikan dari poin sebelumnya, wanita dengan penampilan yang berlebih ternyata juga membuat para pria jijik. Malah tidak sedikit pria yang cenderung memilih menghindar dari wanita yang berpenampilan mencolok dan berlebih.

8. Menanyakan Topik yang Monoton

"Bagaimana dengan bisnismu hari ini? Lancar?"
"Bagaimana kerjasamamu dengan perusahaan A?"

Pertanyaan semacam itu acapkali terlontar dari mulut wanita. Padahal pria juga ingin bercerita tentang kehidupan kesehariannya, bercerita tentang masa kecilnya, dan masih banyak lagi. Pria tidak suka pada wanita yang selalu mengangkat topik yang monoton alias itu lagi itu lagi.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai kebiasaan wanita yang tidak disukai pria. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Noah – Tak Lagi Sama



Cerita ini tak lagi sama
Meski hatimu selalu di sini
Mengertilah bahwa ku tak berubah
Lihat aku dari sisi yang lain

Bersandar padaku
Rasakan hatiku
Bersandar padaku

Dan diriku bukanlah aku
Tanpa kamu tuk memelukku
Kau melengkapiku
Kau sempurnakan aku

Waktu yang telah kita lalui
Buatmu jadi lebih berarti
Luluhkan kerasnya dinding hati
Engkaulah satu yang aku cari

Bersandar padaku
Rasakan hatiku
Bersandar padaku
 
Dan diriku bukanlah aku
Tanpa kamu tuk memelukku
Kau melengkapiku
Kau sempurnakan aku
 
Dan diriku bukanlah aku
Tanpa kamu menemaniku
Kau menenangkanku
Kau melegakan aku
 
Dan diriku bukanlah aku
Tanpa kamu tuk memelukku
Kau melengkapiku,
Kau sempurnakan aku
 
Dan diriku bukanlah aku
Tanpa kamu menemaniku
Kau menenangkanku
Kau melegakan aku


baca selengkapnya...

Alasan Mengapa Tidak Boleh Makan Sembari Bersandar



Bagi Anda yang beragama muslim pasti tahu bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Dan janganlah kamu makan sembari bersandar. Sesungguhnya aku tidak makan sembari bersandar". Apa maksudnya?

Pertanyaan tersebut muncul secara tiba-tiba dari dalam kepala saya. Pertanyaan tersebut sempat saya lontarkan ke beberapa penceramah, namun sayang jawaban mereka tidak ada yang bisa membuat saya puas,

"Tidak tahu. Yang jelas makan sembari tidak bersandar itu sunnah Rasul, ikuti saja."

"Saya tidak tahu detilnya, yang jelas makan sambil bersandar tidak baik bagi kesehatan."

"Mungkin karena saat kita bersandar maka makanan jadi sulit ditelan."

Ya, jawaban mereka tidak mendetil dan tidak jelas. Padahal saya yakin, Rasulullah SAW menyunnahkan makan sembari tidak bersandar pasti ada hubungannya dengan kesehatan. Tidak semata-mata ucapan kosong.

Setelah browsing dan mencari referensi kesana kemari, akhirnya saya paham, ternyata makan sembari bersandar itu tidak baik untuk pencernaan manusia.

Pada saat kita bersandar, lambung kita tertarik sehingga permukaannya melebar dan daya tampungnya meningkat. Hal ini menyebabkan kita tetap merasa lapar meski sudah makan. Dan pada akhirnya kita akan makan lagi. Padahal makanan di dalam lambung sudah mencukupi.

Ketika lambung yang tertarik itu terisi penuh oleh makanan, awalnya tidak akan terasa apa-apa. Tetapi bencana akan datang ketika tubuh Anda kembali ke posisi semula (tidak bersandar / punggung tidak condong ke belakang). Permukaan lambung akan kembali seperti semula dan daya tampungnya pun akan kembali seperti semula.

Karena daya tampung lambung berkurang sedangkan makanan di dalamnya tidak berkurang, maka makanan dalam lambung akan terdesak. Keadaan ini biasa kita sebut dengan "kalab", yaitu keadaan dimana lambung kita terasa penuh atau kekenyangan.

Apa efek samping dari kekenyangan tersebut? Baik, berikut saya beberkan beberapa efek samping dari kekenyangan.

  • Makanan yang "berdesak-desakan" di dalam lambung akan sulit untuk turun ke usus halus. Mengapa? Karena saluran pilorus atau saluran antara lambung dengan usus halus tidak akan merenggang meski makanan dalam lambung sangat banyak. Hal ini akan menyebabkan disfungsi pencernaan dimana makanan bergerak terlalu lambat dari organ satu ke organ yang lainnya.
  • Lambung butuh energi lebih untuk mengolah makanan yang melebihi kapasitasnya. Maka lambung akan menyerap energi yang berada dalam otot lurik (otot lengan, otot perut, dll) dan glukosa yang berada dalam pembuluh darah untuk dijadikan otot polos (otot lambung, otot usus, dan otot organ-organ pencernaan yang lainnya). Dikarenakan energi pada otot berkurang, maka Anda akan merasa rileks dan sedikit lemas.
  • Tidak hanya itu, dikarenakan glukosa dalam darah diserap juga, maka darah menjadi lambat dalam penyaluran oksigen. Penyaluran oksigen yang lambat menyebabkan hilangnya konsentrasi bahkan mengantuk.
  • Ketika mengantuk, maka biasanya Anda akan tidur. Nah, sedangkan tidur setelah makan dapat memicu berbagai penyakit. Seperti obesitas, diabetes melitus, dan masih banyak lagi.


Nah, kini Anda sudah tahu alasan mengapa kita tidak boleh makan sembari bersandar kan? Seperti yang saya duga sebelumnya, Rasulullah menyunnahkan manusia untuk tidak makan sembari bersandar pasti ada maksudnya. Dan ternyata memang benar, ada begitu banyak risiko yang akan kita dapatkan jika kita makan sembari bersandar.

Semoga artikel saya kali ini bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Cara Menggunakan Partikel ‘Pun’ yang Benar



"Mas Sayogand, gimana sih cara pake kata 'pun' yang bener? Dipisah atau di satuin sama kata sebelumnya? Contoh: Diapun atau Dia pun? Makasih sebelumnya :) "

Baik akan saya jawab pertanyaan Anda.

Kata 'pun' dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama 'partikel'. Penggunaan partikel 'pun' ternyata menjadi polemik bagi sebagian orang. Pada pasalnya aturan menggunakan partikel 'pun' ini tidak begitu jelas.

Jika Anda lihat artikel-artikel yang bertebaran di internet, banyak sekali artikel yang menulis partikel 'pun' dengan cara dipisahkan dengan kata sebelumnya. Tapi anehnya, tidak sedikit yang menggabungkannya dengan kata sebelumnya. Lantas mana yang benar?

Penggunaan partikel 'pun' yang benar adalah dengan cara dipisahkan dengan kata sebelumnya.

Contoh :
Aku pun terdiam di bawah cahaya lampu yang remang-remang itu.
Hujan pun turun sesaat setelah peristiwa naas itu terjadi.

Namun ada pengecualian. Untuk beberapa kata, Anda harus menulisnya dengan cara digabung dengan kata sebelumnya. Kata-kata tersebut yaitu:

Adapun
Andaipun
Ataupun
Bagaimanapun
Biarpun
Sekalipun
Maupun
Kalaupun
Kendatipun 
Siapapun
Sungguhpun
Walaupun
Meskipun

 

Nah, bagaimana? Sudah jelas? Oke, mulai sekarang jangan salah tulis lagi ya ... salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

8 Makanan dan Minuman Perusak Pita Suara



Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman yang kita konsumsi dari rongga mulut nantinya akan masuk ke lambung melalui saluran yang bernama kerongkongan. Sedangkan pita suara berada di saluran pernafasan yang bernama trakea atau tenggorokan.

Jelas sekali, kedua saluran ini berada di dalam leher kita dan keduanya tidak saling menyatu. Lantas makanan dan minuman apa yang bisa mempengaruhi sebuah 'benda' di tenggorokan?

Begini, sebenarnya makanan dan minuman tersebut tidak menyentuh pita suara sama sekali. Makanan dan minuman yang masuk akan diolah oleh tubuh. Nah, hasil olahan inilah yang nantinya akan memengaruhi tenggorokan dan pita suara.

Pada artikel kali ini saya akan membahas jenis makanan dan minuman apa saja yang mungkin akan membahayakan bagi kesehatan pita suara Anda. Oke langsung saja, check it out:

1. Air Panas

Minuman jenis apapun itu, jika suhunya tinggi maka berpotensi merusak pita suara. Minuman panas yang masuk ke rongga mulut akan masuk ke kerongkongan. Namun sebelum ke kerongkongan, minuman panas tersebut akan melalui sebuah pertigaan antara saluran menuju rongga hidung, kerongkongan, dan tenggorokan yang bernama faring. Nah, disinilah kemungkinan besar terjadi perpindahan suhu dari minuman ke ketiga saluran tersebut. Jika suhu tenggorokan naik, maka akan memicu peradangan yang menyebabkan disfungsi pita suara (Biasanya seperti suara menjadi serak atau hilang). Oleh karena itu, saya sarankan minumlah air dengan suhu yang wajar saja.

2. Air Dingin

Poin ini adalah kebalikan dari poin pertama. Minum-minuman yang suhunya terlalu rendah juga ternyata berpotensi merusak pita suara. Sama halnya dengan poin pertama, di faring akan terjadi perpindahan suhu antara minuman dan ketiga saluran yang telah disebutkan di poin pertama. Apabila suhu tenggorokan menurun, maka kemungkinan besar pita suara akan mengeras dan kehilangan elastisitasnya. Jika ini dibiarkan, maka suara Anda akan cenderung fals pada saat bernyanyi.

3. Makanan Berminyak

Makanan berminyak semacam gorengan dan semacamnya dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Sama seperti poin pertama, meningkatnya suhu tenggorokan dapat memicu terjadinya disfungsi pita suara.

4. Makanan dan Minuman yang Mengandung Susu

Faktanya, susu dapat memicu produksi lendir secara berlebih di tenggorokan. Hal ini tentunya akan mengganggu pita suara Anda. Tidak hanya susu, tetapi produk-produk lain yang mengandung susu seperti yogurt, keju, dan semacamnya harus Anda hindari.

5. Makanan Pedas

Sama seperti poin nomor 3, makan-makanan pedas juga dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Dan seperti yang kita tahu, meningkatnya suhu tenggorokan akan memicu terjadinya disfungsi pita suara.

6. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman semacam kopi yang mengandung kafein harus Anda hindari. Pada pasalnya, salah satu penyebab kurang elastisnya pita suara adalah karena tubuh Anda kurang terhidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Sedangkan kafein yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan menyerap cairan yang berada di tubuh Anda.

7. Alkohol

Sama seperti poin nomor 6, alkohol yang kita konsumsi akan menyebabkan tubuh sering mengeluarkan cairan. Akibatnya tubuh akan kekurangan cairan. Kembali, tidak terhidrasinya tubuh akan berakibat pada elastisitas pita suara.

8. Makanan yang Terlalu Asin

Makanan semacam snack yang rasanya terlalu gurih atau terlalu asin juga sebaiknya Anda hindari karena garam akan menyerap cairan dalam tubuh Anda. Sama seperti poin sebelumnya, tidak terhidrasinya tubuh mengakibatkan berkurangnya elastisitas pita suara.

 

Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai minuman dan makanan yang dapat merusak / mengurangi elastisitas pita suara. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Mempertahankan Pelanggan



Salah satu tantangan pebisnis adalah mampu mencari pelanggan yang sebanyak-banyaknya. Tapi disamping itu Anda juga harus berpikir bagaimana caranya agar pelanggan Anda ingin selalu kembali, kembali, dan kembali membeli produk Anda.

Sebenarnya mana yang lebih penting, mencari pelanggan baru sebanyak-banyaknya atau mempertahankan pelanggan lama? Menurut saya keduanya sangatlah penting.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya agar pelanggan Anda terus menerus ingin membeli produk Anda. Baiklah, berikut beberapa tipsnya:

1. Tingkatkan Kualitas

Siapa yang tidak betah dengan barang berkualitas? Saya yakin, semua orang pasti menyukai barang berkualitas. Oleh karena itu, agar para pelanggan Anda mau membeli produk Anda, maka Anda harus mampu menciptakan produk berkualitas yang membuat pelanggan ingin membeli barang itu lagi, lagi dan lagi. Jika Anda berbisnis dengan hal yang berbau jasa (Contoh: Jasa pengiriman barang, jasa pemasangan iklan, dll), Anda bisa mencoba untuk meningkatkan kualitas pelayanan Anda. Intinya buatlah para pelanggan Anda merasa nyaman.

2. Dengarkan Kritikan

Anda harus open-minded alias mau menerima sanggahan dan kritikan sebagai bahan motivasi. Terkadang saran dan kritikan dari pelanggan memicu kita untuk melakukan perubahan dan berinovasi, entah itu dari segi pelayanan, promosi, maupun kualitas barang. Maka dari itu, jadilah pendengar yang baik!

 

Baiklah, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai tips mempertahankan pelanggan. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Asal Mula Kata “Bangkrut”





Saya yakin Anda pasti tahu makna dari kata "bangkrut" atau pailit. Ya, bangkrut itu artinya usaha yang gagal dibangun atau usaha yang hancur karena pendapatannya lebih kecil dari pengeluaran. Bagi sebagian orang, kata "bangkrut" juga bisa berarti menipisnya uang karena terlalu sering dibelanjakan.

Kini Anda sudah tahu beberapa makna dari kata "bangkrut". Namun apakah Anda sudah tahu darimanakah asal mula kata "bangkrut" ini? Mungkin banyak yang mengira kata bangkrut merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris, "Bankrupt", yang artinya gagal bisnis. Tapi ternyata bukan itu ...

Penasaran kan? Seperti biasa, mari kita bahas sejarahnya.

Sebenarnya bangsa Indonesia sudah punya kata "pailit" untuk menggambarkan usaha yang gagal berkembang. Itu adalah Bahasa Indonesia yang sebenarnya. Tetapi orang Indonesia enggan menggunakan kata pailit untuk mengatakannya. Alih-alih masyarakat lebih suka mengatakan bangkrut. Darimana asalnya?

Kata "pailit" jika diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda adalah "bangkroet". Ya, itu asal muasal dari kata bangkrut. Namun mengapa orang Indonesia lebih memilih menggunakan Bahasa Belanda ketimbang bahasa mereka sendiri?

Lagi-lagi, semua ini karena alasan penjajahan. 350 tahun dijajah bangsa Belanda membuat bangsa Indonesia lebih familiar dan lebih nyaman dengan Bahasa Belanda ketimbang bahasa sendiri. Melihat keadaan ini, akhirnya kata "bangkroet" yang berasal dari Bahasa Belanda itu pun resmi dijadikan kata serapan dalam Bahasa Indonesia.

Pada tahun 1972 dibentuklah EYD. Disana dijelaskan bahwa dua huruf "oe" diubah menjadi satu huruf "u". Sehingga kata "bangkroet" ini jadi ikut-ikutan berubah menjadi "bangkrut".

Eits ... tunggu dulu ... ternyata masih ada cerita lain dibalik kata "bangkrut" ini.

Ada lagi orang yang mengatakan bahwa kata "bangkrut" ini berasal dari bahasa Italia. Yaitu "Banco" dan "Rupta". Banco artinya "bangku", dan Rupta artinya "rusak". Apa hubungannya antara "bangku rusak" dengan kegagalan mengembangkan usaha? Begini ...

Dulu di Italia, orang yang gagal menjual barang dagangannya maka orang tersebut akan berhenti berdagang barang tersebut. Tetapi sebelumnya, orang tersebut harus menjual habis seluruh barang dagangan yang tersisa.

Nah, ini yang unik. Mereka menjual sisa barang dagangan mereka dengan cara menggelar tikar di pinggir jalan, menyimpan sisa barang dagangannya di atas tikar tersebut, lalu si penjualnya duduk di kursi yang rusak. Kursi yang rusak tersebut menjadi indikasi bahwa si penjual gagal berdagang dan barang-barang sisa dagangan yang berada di atas tikar itu boleh dibeli dengan harga berapapun. Unik sekali bukan?


Baik, demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai asal mula kata "bangkrut". Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda ya! Salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Menghadapi Kekasih yang Pencemburu



Memiliki kekasih yang terlalu posesif alias pencemburu bisa jadi hal yang menyenangkan, bisa juga jadi hal yang menyebalkan. Sifat posesif yang muncul dari seseorang dapat dijadikan indikator rasa sayang orang tersebut pada orang lain. Memang, itu positif. Akan tetapi sifat posesif juga bisa menjadi malapetaka bila berlebihan.

Lantas bagaimana caranya menghadapi kekasih yang pencemburu? Berikut tips-tipsnya.

1. Isi Waktu Luang Bersama

Sesibuk-sibuknya Anda, saya yakin pasti Anda punya waktu luang. Nah, cobalah isi waktu luang itu bersama kekasih Anda yang posesif itu. Yakinkan padanya bahwa dirinya adalah orang terbaik untuk mengisi waktu luang Anda.

2. Jaga Komunikasi

Terlalu sering berkomunikasi dengan kekasih sebenarnya salah, karena hal tersebut dapat memicu kebosanan dalam diri masing-masing. Tetapi terlalu jarang berkomunikasi dengan orang yang posesif juga salah, karena dapat menimbulkan pertengkaran. Saya sarankan untuk tidak terlalu sering berkomunikasi, tetapi sekalinya berkomunikasi maka jadikan momen berkomunikasi itu momen yang berkualitas. Ya, daripada bertemu setiap hari di halaman kampus dan hanya membicarakan hal-hal yang tidak penting, lebih baik bertemu setiap minggu di tempat-tempat romantis, bukan?

 

Demikianlah artikel singkat saya kali ini mengenai tips-tips menghadapi kekasih yang posesif alias pencemburu. Moga-moga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Membangun Usaha Jual-Beli Komputer



Di zaman modern ini teknologi semakin cepat bergerak maju. Masyarakat dituntut untuk tidak gaptek alias gagap teknologi agar tidak ketinggalan zaman. Imbasnya, barang dagangan para pelaku usaha jual-beli komputer saat ini menjadi laris manis bak kacang goreng.

Dengan keuntungan yang cukup besar, orang-orang pun semakin tertarik untuk berbisnis di bidang ini. Apakah Anda juga tertarik? Apa persiapan Anda untuk membangun usaha jual-beli komputer ini? Jika belum ada, maka kali ini saya akan beberkan beberapa tips membangun usaha jual-beli komputer.

1. Cari Pekerja

Hal utama yang harus Anda cari adalah karyawan yang memiliki kemampuan seputar komputer seperti merakit dan menginstall sistem operasi. Tidak perlu orang yang "jago", yang penting "bisa".

2. Cari Sales Representatif

Hal kedua yang harus Anda cari adalah sales alias orang yang memasarkan barang. Orang semacam ini biasanya memiliki kemampuan membujuk pembeli agar mau membeli barang dagangan Anda.

3. Cari Akuntan

Salah satu hal yang tidak boleh terlupakan dalam membangun usaha adalah akuntan. Akuntan ini akan mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya lalu mengemasnya dalam bentuk laporan. Nantinya laporan-laporan ini dapat dijadikan statistik perkembangan usaha Anda.

4. Bangun Komunikasi dengan Suplier

Pada saat awal-awal membangun bisnis komputer mungkin Anda harus membeli barang dari suplier dengan harga biasa. Namun kedepannya usahakan untuk membangun komunikasi antara Anda dengan suplier. Buat suplier semakin yakin bahwa toko Anda ini laris manis dan menguntungkan bagi mereka. Dengan begitu biasanya para suplier ini akan memberikan harga spesial pada Anda.

5. Beri Garansi

Seolah sederhana dan tidak begitu penting, tetapi sebenarnya kata-kata seperti "Kalau barangnya rusak, bawa aja kesini. Selama masih ada garansi, servisnya gratis kok!" dapat membuat pelanggan Anda betah berbelanja di toko Anda. Bahkan bisa jadi pelanggan Anda akan mengupgrade komponen komputernya ke toko Anda lagi, lagi, dan lagi karena mereka merasa toko Anda nyaman dan terpercaya.

6. Berinovasi

Rata-rata pelaku usaha jual-beli komputer hanya membangun sebuah toko biasa dengan barang-barang yang ditata seperti biasa pula. Sebaiknya Anda jangan ikut-ikutan seperti itu. Berinovasilah! Buat taktik penjualan komputer baru yang dapat menarik perhatian pembeli!

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips membangun usaha jual-beli komputer. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Menjaga Uang saat Berpergian



Rasanya tidak mungkin jika kita berpergian tanpa membawa uang. Uang bisa jadi salah satu benda vital pada saat kita berada di luar rumah. Tetapi seperti yang kita tahu, dunia luar tak pernah aman. Pada saat berpergian ada banyak kemungkinan uang Anda hilang. Mungkin saja dicuri, jatuh di suatu tempat, dan masih banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Lantas bagaimana caranya meminimalisir kemungkinan hilangnya uang pada saat berpergian? Baik, berikut beberapa tips menjaga uang saat berpergian a la Sayogand. Check it out.

1. Jangan Terlalu Sering Mengeluarkan Dompet

Saya sarankan pada Anda jangan terlalu sering mengeluarkan dompet atau memperlihatkan uang dalam jumlah besar pada orang lain. Hal tersebut dapat mengundang perhatian para pencopet yang ada di sekitar Anda.

2. Saling Memperhatikan

Jika Anda berpergian dengan orang lain, maka saya sarankan untuk saling memperhatikan satu-sama lain. Tentu tujuannya agar gerak-gerik para pencuri semakin mudah dideteksi.

3. Jangan Simpan Uang di Satu Tempat

Jangan pernah menyimpan uang di satu tempat saja. Misalkan saja Anda menyimpan semua uang Anda di satu dompet. Ketika dompet itu dicopet, maka uang Anda hilang semuanya. Sangat berisiko bukan? Yah, saya sarankan agar Anda memisah-misahkan uang Anda. Misalkan saja sepertiga di dompet, sepertiga di tas, sepertiga lagi di saku. Dengan begitu, ketika Anda dicopet maka uang Anda tidak hilang semuanya.

 

Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips menjaga uang saat berpergian. Mudah-mudahan bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Mempertahankan Karyawan



Bagi para pengusaha, karyawan adalah komponen penting dalam bisnis. Orang yang punya bisnis tapi tidak ada karyawan, itu sama saja dengan orang yang menunggangi kuda tapi kudanya tak berkaki. Jika usaha Anda semakin besar, alangkah baiknya Anda mulai memikirkan perekrutan karyawan. Jika Anda memiliki kemampuan pengelolaan yang baik, saya yakin bisnis Anda akan tumbuh lebih cepat dengan adanya karyawan.

Tapi dibalik semua itu, ternyata ada banyak masalah pula yang akan Anda dapatkan. Diantaranya adalah:

  1. Akan ada karyawan yang tergiur dengan tawaran di perusahaan lain. Alhasil karyawan itu mengundurkan diri dari perusahaan Anda. 
  2. Jika terjadi inflasi maka karyawan Anda akan menuntut kenaikan gaji. Sementara pendapatan Anda saat itu tidak mengalami kenaikan yang begitu besar.
Dan pada artikel kali ini saya akan terfokus pada poin nomor 1.

Bayangkan saja jika Anda mendapatkan karyawan yang tidak hanya pintar namun juga ulet. Anda pasti tidak ingin karyawan itu direbut oleh perusahaan lain bukan? Nah, oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana caranya mempertahaankan karyawan yang menguntungkan semacam itu.

1. Ajak Bicara

Sering-seringlah berkomunikasi dengan karyawan yang berkinerja tinggi. Jaga silahturahmi antara Anda dan orang tersebut. Semakin dekat Anda dengannya, maka orang tersebut akan semakin nyaman bekerja dengan Anda. Semakin nyaman orang tersebut, maka semakin kecil peluang orang tersebut berpindah ke perusahaan lain.

2. Berikan Fasilitas yang Layak

Jikalau Anda menuntut karyawan Anda mengirim barang sepanjang hari, maka berikan ia kendaraan yang nyaman. Jika Anda menuntut karyawan Anda membuat database penjualan sepanjang hari, maka berikanlah ia komputer yang nyaman digunakan beserta ruangan yang kondusif. Intinya berikanlah fasilitas yang dapat menunjang pekerjaannya dan dapat membuatnya nyaman bekerja dengan Anda.

3. Beri Pendidikan

Karyawan yang memiliki kinerja yang baik tentu akan lebih menguntungkan jika ditambah dengan ilmu yang tinggi. Sesekali suruh karyawan Anda itu mengikuti training, seminar, atau kursus yang akan menambah ilmunya dan menunjang pekerjaannya. Dan jangan lupa, berikan biaya untuk ongkos dan keperluan lainnya.

4. Beri Kesempatan untuk Bicara

Sesekali, berilah kesempatan pada karyawan Anda itu untuk bicara seputar bisnis yang Anda kelola. Dengan begitu Anda akan tahu apa saja yang membuatnya nyaman dan tidak nyaman bekerja dengan Anda. Disamping itu, hal ini juga berguna sebagai masukan yang akan memotivasi Anda untuk mengembangkan sayap bisnis Anda.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips mempertahankan karyawan, semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

8 Barang Bekas yang Sebaiknya Tidak Anda Beli



Membeli barang bekas bisa jadi salah satu penghematan karena harganya yang murah dan kualitasnya yang tidak begitu berbeda jauh dengan barang baru. Apalagi jika pengguna sebelumnya adalah orang yang "apik" alias rapi, sehingga kualitas barang bekas tersebut masih dapat dikatakan sama dengan barang baru. Wah, siapa yang tidak mau membeli barang berkualitas dengan harga murah?

Akan tetapi sebenarnya ada beberapa barang bekas yang sebaiknya tidak Anda beli karena dapat membahayakan diri Anda sendiri. Barang bekas apa sajakah itu?

1. Kasur
 


Sebaiknya Anda tidak membeli kasur bekas karena penggunaan maksimal kasur hanyalah 8 tahun. Setelah itu maka Anda harus membeli kasur baru. Mengapa? Pada saat tertidur, manusia melepas sel-sel kulit mati dan milyaran bakteri. Nah, bakteri dan sel-sel kulit mati ini pastinya akan menempel di kasur dan sulit untuk dibersihkan meski dengan cairan pembersih apapun karena bakteri dan sel-sel kulit mati tersebut bersemayam di sela-sela kain. Lantas apakah Anda mau merelakan kesehatan kulit Anda hanya demi barang murah?

2. Ban
 


Tidak perlu dijelaskan lagi, namanya ban bekas pastinya sudah licin saat digunakan. Hindari pembelian ban bekas demi keselamatan Anda saat berkendara!

3. Helm dan Topi
 

Tidak ada yang dapat memastikan kebersihan kain bagian dalam topi dan helm. Bisa saja pengguna sebelumnya adalah orang yang rambutnya penuh kutu dan ketombe. Atau bisa saja pengguna sebelumnya adalah orang yang mudah berkeringat dan menyebarkan bau pada kain bagian dalam topi atau helm.

4. Sofa

Sama dengan kasur, sofa bekas belum tentu aman bagi kulit Anda.

5. Mainan Bayi


Anda pasti sering melihat bayi memainkan mainannya, kan? Ada yang dilempar-lempar ke tanah, ada yang dimasukkan ke mulut, kadang-kadang mainannya terciprat makanan, dan masih banyak lagi hal-hal jorok lainnya. Apakah Anda mau membeli mainan anak bekas yang sudah pasti tidak steril lagi? Tentu tidak bukan ...
6. Panci 


Sekalipun Anda menggunakan panci antikarat yang terbaik sekalipun, penggunaan maksimal panci hanyalah 4 tahun. Logam pada panci yang umurnya terlalu lama akan mengeluarkan zat kimia berbahaya yang dapat menempel pada makanan. Maka dari itu, hindari membeli panci bekas karena kita tidak pernah tahu sudah berapa tahun panci tersebut dipakai pengguna sebelumnya.

7. Blender


Pisau pada blender ternyata mudah berkarat. Kalau Anda membeli blender bekas maka saya sarankan untuk mengganti pisaunya dengan pisau blender yang baru. Jika tidak ada yang menjual pisau blender yang tepat, ya ... lebih baik Anda membeli blender baru saja :)

 

Demikianlah artikel saya kali ini tentang beberapa barang bekas yang sebaiknya tidak Anda gunakan. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Mencuci Piring



Dilihat dari judulnya mungkin agak konyol. Ya, cuci piring bukanlah sesuatu yang rumit. Disini saya bukan menjelaskan tentang bagaimana caranya mencuci piring, melainkan apa saja tips-tips mencuci piring agar proses mencuci piring ini berlangsung lebih cepat dan lebih efisien.

Baik, langsung saja, berikut beberapa tips mencuci piring a la Sayogand.

1. Pastikan Spons masih Bagus

Spons yang bagus akan lebih cepat membersihkan kotoran pada alat makan. Maka dari itu, selalu pastikan spons yang Anda gunakan itu dalam keadaan masih bagus.

2. Buang Sisa Makanan

Proses yang paling utama yang harus Anda lakukan adalah buanglah semua sisa-sisa makanan. Setelah itu ...,

3. Rendam

Rendam semua alat-alat makan yang hendak dicuci tersebut. Tujuannya agar sisa-sisa makanan yang lengket bisa lepas dengan sendirinya tanpa harus digosok dengan paksa. Jika masih saja ada sisa-sisa makanan yang masih menempel, rendam alat makan tersebut ke dalam air panas. Lalu ...,

4. Kelompokkan Alat makan

Sebelum mencuci, kelompokkan terlebih dahulu alat-alat makan yang hendak dicuci. Misalkan kelompokkan gelas dengan cangkir, garpu dengan sendok, mangkuk dengan piring, dan seterusnya. Setelah itu maka Anda bisa langsung ...,

5. Mulailah Mencuci

Mulailah mencuci. Jangan tunggu sampai rasa malas menghampiri Anda. Cucilah alat makan yang paling mudah dibersihkan terlebih dahulu, biasanya alat makan yang paling mudah dibersihkan adalah sendok, garpu, gelas, dan semacamnya. Setelah itu barulah Anda membersihkan alat makan yang sulit dibersihkan. Biasanya alat makan yang sulit dibersihkan adalah panci, wajan, dan lain-lain. Dengan pengelompokan seperti ini maka proses mencuci piring akan berlangsung lebih cepat dan lebih efisien. Jika sudah, maka Anda bisa ...,

6. Bilas dan Keringkan Spons

Lha? Untuk apa? Begini penjelasannya ...

Salah satu penyebab rusaknya spons adalah karena spons terlalu lama dalam keadaan basah. Tidak hanya karena menyebabkan kerusakan pada spons, spons yang berada dalam keadaan basah juga dapat menjadi sarana bakteri untuk berkembang biak. Jadi biasakanlah setiap sehabis mencuci, bilas spons dan keringkan. Lalu taruh di tempat yang kering. Kemudian ...,

7. Keringkan Alat Makan yang Basah Tersebut

Gunakan kain lap kering yang bersih. Ingat, setiap 3 hari sekali Anda harus mencuci kain lap tersebut untuk menjaga kebersihan alat makan Anda.

 

Selesai! Selamat mencuci piring!
baca selengkapnya...

Tips Membangun Toko Pakaian


Contoh Toko Pakaian yang baik. Ruangan Tampak Luas dan penataan pakaian tampak rapi.

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda berjualan dan membuka toko pakaian. Diantaranya:

  1. Pakaian berbeda dengan makanan. Pakaian tidak akan pernah basi. 
  2. Anda tidak perlu lagi berbelanja pakaian. Ketika Anda ingin pakaian baru, Anda bisa ambil di toko Anda sendiri. 
  3. Dengan berjualan pakaian maka secara otomatis Anda pun akan menjadi fashionable alias selalu tahu pakaian-pakaian model baru.
Maka dari itu, tidak salah jika banyak orang yang tertarik menginvestasikan uangnya untuk berbisnis pakaian mulai dari membangun toko sampai jualan online. Namun pada artikel kali ini saya tidak akan terfokus pada jualan online.

Tapi tentu saja semua bisnis ada risikonya. Termasuk berbisnis pakaian ini. Anda tidak semata-mata membeli barang grosiran, lalu menjualnya dengan harga satuan, tetapi Anda juga harus tahu beberapa trik-trik agar sukses membangun toko pakaian yang ramai pengunjung.

Salah satu masalah yang akan Anda temukan saat berbisnis pakaian adalah: Orang tidak mungkin membeli pakaian setiap hari. Itu artinya Anda jangan menunggu pembeli datang ke toko Anda, tetapi Anda harus menarik perhatian orang agar orang yang tadinya hanya sekedar "lewat depan toko" berubah status menjadi pembeli barang dagangan Anda. Bagaimana caranya? Berikut kiat-kiat membangun toko pakaian a la sayogand:

1. Bagian Depan Toko

Ada beberapa opsi yang dapat Anda pilih:

a. Memasang banner / iklan yang simple tapi membuat orang penasaran

Contoh: Memasang plang dengan logo bisnis Anda, lalu ada penjelasan sederhana "Sedia pakaian murah dan berkualitas" atau kalimat-kalimat simple lainnya.

Keuntungan: Toko Anda lebih nyaman dipandang. Tidak terlihat "ribet" dengan terlalu banyak plang di depan toko.

Kerugian: Tidak terlalu menyita perhatian orang yang lewat.

b. Memasang banner / iklan yang heboh dan menarik perhatian.

Contoh: Memasang bendera dengan warna yang mencolok di pinggir jalan, lalu memasang spanduk di banyak tempat.

Keuntungan: Menarik perhatian. Orang-orang akan berdatangan ke toko Anda karena penasaran dengan banner yang "heboh" itu.

Kerugian: Biaya mahal. Toko Anda pun terlihat "kumuh" dengan banyaknya spanduk.

Yah, itu semua terserah Anda. Bijaksanalah dalam memilih. O ya, jikalau ada diskon, paparkan juga di depan toko untuk menarik pelanggan.

2. Bagian Dalam Toko

Pastikan bagian dalam toko terlihat luas, bersih dan nyaman. Tatalah pakaian sesuai kategorinya untuk memudahkan pembeli menemukan pakaian yang diinginkannya. Berikan label harga dengan jelas agar pembeli tidak usah repot-repot bertanya dengan para pekerja di toko Anda.

Jangan lupa siapkan fasilitas ruang ganti yang nantinya berguna untuk memastikan ukuran pakaian yang hendak dibeli pembeli. Anda boleh memasang cermin di dinding. Selain dapat digunakan pembeli yang ingin menilai kecocokan pakaian yang hendak dibelinya dengan tubuhnya, cermin juga bermanfaat untuk memberikan kesan luas pada ruangan.

3. Pelayanan

Salah satu trik membangun sebuah toko adalah dengan cara membuat pembeli merasa nyaman dan betah berbelanja di toko Anda. Dengan begitu akan ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Diantaranya:

  • Pembeli akan datang ke toko Anda lagi, lagi, dan lagi.
  • Saat keluar dari toko Anda, pembeli tersebut akan memberikan testimonial yang baik pada kerabat mereka. Memang, teknik promosi "Mouth to mouth" adalah salah satu teknik promosi yang manjur pada bisnis pakaian. Oleh karena itu, Anda harus pastikan pembeli yang keluar dari toko Anda akan memberikan testimoni yang baik pada masyarakat luas.
Salah satu kunci untuk menciptakan kenyamanan pembeli adalah pelayanan. Pelayanan yang baik akan menimbulkan rasa senang dari dalam diri para pembeli. Bagaimana cara menciptakan pelayanan yang baik?

a. Berikan training untuk pekerja.

Ajarkan mereka bagaimana cara menyambut pembeli, memberi penjelasan barang dengan baik, serta membentuk kepribadian yang ramah dan disukai pembeli.

b. Buat sistem kerja 2 shift


Anda harus tahu kapan toko Anda ramai pengunjung dan kapan toko Anda sepi pengunjung. Misalkan saja pada siang hari toko Anda sepi, dan pada malam hari sebaliknya. Maka Anda kurangi jumlah pekerja pada siang hari, dan pada malam hari Anda simpan pekerja lebih banyak. Jangan sampai pekerja shift siang banyak menganggur karena toko terlalu sepi, dan pekerja shift malam ngos-ngosan karena harus melayani pembeli yang terlalu banyak. Ingat, sesuaikan jumlah pekerja dengan jumlah pembeli agar pelayanan lebih efektif.

 

Baik, sekian artikel saya kali ini mengenai tips membangun toko pakaian. Sebenarnya masih banyak tips yang ingin saya utarakan tapi karena 3 poin saja sudah terlalu panjang jadi ya ... lain kali saja ya ... hehe. Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat dan menginspirasi. Salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Asal Mula Kata “Mudik”



Pulang kampung atau yang biasa disebut mudik sudah menjadi tradisi tahunan orang Indonesia terutama pada saat menjelang hari raya Idul Fitri. Tujuannya tentu untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Mudik tentunya menyenangkan, bisa bercengkrama dengan keluarga dengan nuansa nikmatnya hari kemenangan. Selain itu mudik juga bisa jadi refreshing bagi sebagian orang.

Tapi apakah Anda tahu darimana asal mula kata "mudik"? Seperti biasa, mari kita bahas sejarahnya.

Ada yang bilang bahwa mudik berasal dari bahasa Jawa, "Mulih DisiK" yang artinya "Pulang dulu". Pernyataan ini dapat dikatakan benar karena jika pulang kampung rata-rata orang mengarah ke arah Jawa. Ternyata di Jawa, tradisi tahunan ini memang sudah berlangsung sejak masa sebelum masehi. Jika seorang anggota suatu kaum memisahkan diri untuk mencari kehidupan baru, maka orang tersebut wajib kembali ke kaum asalnya setiap setahun sekali untuk mengingat tempat dimana ia dibesarkan.

Tidak sampai disitu, ternyata masih ada lagi cerita lain.

Ada juga yang bilang bahwa kata "mudik" pertama kali digunakan oleh Kaum Urban yang berada di Sunda Kelapa. Bagi mereka, kata "mudik" merupakan singkatan dari "MenujU uDIK" yang artinya menuju kampung. Sayangnya anak muda jaman sekarang banyak yang salah paham seputar penggunaan kata "udik" ini. Kata "udik" malah digunakan untuk mengejek orang yang kampungan.

Dan kisah yang terakhir, yaitu berasal dari Betawi.

Orang Betawi mengatakan bahwa mudik artinya selatan. Apa maksudnya? Jadi begini ceritanya ...

Orang Betawi berkata bahwa mudik merupakan lawan dari kata "Melir". Melir sendiri merupakan kata turunan dari kata "Belilir"yang artinya Utara. Mengapa utara? Karena orang Betawi dulu menganggap bahwa tempat bekerja paling diincar orang adalah bagian utara Jakarta.

Setiap sekian bulan sekali para pekerja ini kembali ke kampung masing-masing untuk "memanen" uang yang mereka dapat di utara. Nah, pada saat seperti ini, biasanya orang berbondong-bondong bergerak ke arah selatan. Dan mereka berkata bahwa kegiatan kembali ke kampung itu namanya "mudik" karena mereka berbondong-bondong ke arah mudik (selatan).

 

Ternyata ada banyak asal usul kata "mudik" dari berbagai daerah. Meski begitu, untuk saat ini mudik diartikan sebagai pulang kampung. Tidak harus ke Jawa, dan tidak harus ke selatan, kemanapun arahnya asalkan pulang kampung ya itu namanya mudik. Menarik bukan?
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Lee Min Ho – My Everything




i sesang malloneun pyohyeonhalsuga eobseo
galsurok beokchaoreuneun neoreul hyanghan naemaeum


i sesang saemeuro hearil suga eobseo
deo haedo deohaeman ganeun kkeuteomneun naesarang


geu nugudo
neo mankeum nal utge nal ulgehan saram eobseosseo
na dapjin anchiman


Reff:
ojik neohanaman bogo deutgo sipeun geol
nae ane neoreul salge hago sipeun geol
nal barabwa
you're my every
naui pumeuro wa you're my every
you're my everything
you're my everything
love for you


eonjena neoege igyeobon jeogi eobseo
sarange jimyeon jil surok nae gaseumeun haengbokhae


neol hyanghan sarange yuhyogigani eobseo
manyage itdago haedo mannyeonil tenikka


himgyeowodo naegyeote isseojwo
naui jeonbuda
itneunda haedo neol jikyeojulkkeoya


Reff 2:
ojik neohanaman bogo deutgo sipeun geol
nae ane neoreul salge hago sipeun geol
nal barabwa
you're my every
naui pumeuro wa you're my every
you're my everything
you're my everything
love for you


ojik nae gaseumsok juineun neoppuningeol
naegen cheoeumija majimagingeol
neol bulleobwa sumswilttaemada neol
you're my every
you're my everything
you're my everything
love for you



baca selengkapnya...

Kebiasaan Sederhana yang Bisa Memajukan Bangsa



Memajukan bangsa memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan tekad yang kuat dan keberanian yang tinggi untuk berhasil mengukir prestasi. Tidak hanya itu, persaingan yang ketat juga ternyata membuat banyak orang menjadi pesimis dapat berprestasi. Padahal saya yakin mereka semua punya potensi yang luar biasa. Sayang sekali..

Tetapi sebenarnya, ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memajukan bangsa. Apa sajakah kebiasaan itu?

1. Cintai Produk Dalam Negeri

Gunakan produk-produk dalam negeri. Soal kualitas, tidak kalah kok dengan produk-produk luar negeri. Tentu jika produk-produk dalam negeri ini semakin banyak pemakainya, maka produsen produk tersebut pastinya akan berpikir untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

2. Cintai Budaya Dalam Negeri

Tentu saja, Indonesia dikenal akan kekayaan budayanya. Tidak hanya banyak, tetapi juga menarik untuk dipelajari. Yah ... setidaknya Anda menguasai tarian atau alat musik khas wilayah Anda. Apa ada yang tidak tertarik dengan itu? Tenang, mengapresiasi orang yang melestarikan budaya juga merupakan wujud kecintaan kita terhadap bangsa ini.

3. Mencintai Pariwisata Dalam Negeri

Memang, beberapa waktu lalu saya pernah menyinggung Indonesia dalam artikel alasan mengapa berlibur ke luar negeri lebih menyenangkan ketimbang berlibur di dalam negeri, tetapi saya ingatkan kembali, pariwisata Indonesia tidak kalah menarik kok! Selain dapat mengenal dan mengapresiasi keindahan alam Indonesia, berpariwisata di dalam negeri juga merupakan salah satu cara untuk mencegah uang kita "lari" ke negara lain.

4. Banyak Membaca

"Buku adalah gudangnya ilmu dan jendela dunia"

Pepatah tersebut sudah menghantui saya sejak saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Dan sekarang saya menyadari betapa bermanfaatnya membaca buku. Membaca buku dapat memperluas pengetahuan Anda. Efeknya, Anda akan banyak tahu dan sulit dibohongi orang lain. Banyak membaca juga ternyata dapat meningkatkan daya ingat otak. Tidak hanya itu, banyak membaca juga dapat memperbaiki kemampuan berbahasa seseorang. Dengan segudang manfaat ini, apakah Anda masih enggan membaca buku?

5. Berbagi

Bagikanlah ilmu yang sudah terkumpul di kepala Anda, toh tidak ada ruginya. Ilmu yang ada di kepala Anda tidak akan pernah berkurang. Jangan khawatir Anda akan tersaingi. Tidak akan kok! Saya selalu ingat pepatah: "Semakin banyak ilmu yang kita berikan pada orang lain, semakin banyak pula ilmu yang kita dapat dari orang lain."

Jadi tidak usah khawatir ilmu Anda akan tersaingi, meskipun ilmu yang Anda miliki diberikan kepada orang lain, toh nanti Anda pun akan mendapatkan ilmu yang baru.


Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai berbagai kebiasaan sederhana yang bisa memajukan bangsa. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Menjadi Preman yang Baik dan Benar



"Bang Yoga, gimana caranya jadi preman?"

Pertanyaan aneh. Tapi biarlah, sekali-kali saya jawab pertanyaan aneh.

Sebelumnya saya ingatkan, menjadi preman bukanlah cita-cita yang baik. Apalagi kalo preman rasa mint. Oke, itu permen ya -_-

Hmm ... memang, sebenarnya ada beberapa persiapan sebelum menjadi preman yang baik dan benar.

1. Senjata

Ada beberapa jenis senjata yang tidak boleh digunakan para preman. Antara lain:

Senjata Tajam
Contoh: Pisau, golok, clurit, dll

Senjata Tumpul
Contoh: Kayu, pentungan, pisau yang belum diasah, dll

Senjata Api
Contoh: Pistol, senapan, granat, dll

Tetapi jangan khawatir, ada jenis senjata yang boleh digunakan oleh para preman. Antara lain:

Senjata Air
Contoh: Pistol air.

2. Minta Baik-Baik

"Berikan uangmu, kalau tidak maka kamu akan aku siksa!!! "

Jangan pernah meminta uang secara paksa begitu. Mintalah dengan lembut. Contoh:

"Berikan uangmu, kalau tidak maka kamu akan aku siksa."

3. Penampilan

Jadilah preman yang kreatif. Preman dengan celana jeans yang lututnya berlubang sudah terlalu biasa. Kalau Anda ingin menjadi preman yang kreatif dan terpandang, Anda harus berani menjadi preman yang berpenampilan unik. Berikut beberapa ide dari saya yang mungkin bisa menginspirasi:

  • Gunakan baju formal: kemeja, jas, dasi, dan jangan lupa bawa tas jinjing.
  • Atau kalau mau lebih unik lagi ya pakai saja baju daerah. Plus blangkonnya.

4. Tempat Mangkal

Tempat mangkal yang paling cocok bagi seorang preman adalah di daratan. Tapi kalau mau kreatif, Anda boleh mangkal di bawah laut.

5. Saat Ada Razia ...

Jikalau ada razia preman oleh polisi, lari! Larilah secepat mungkin! Lalu naiklah ke mobil polisi tersebut!

...

Setelah menulis sekian panjangnya, saya baru sadar ternyata pertanyaan tersebut dilontarkan untuk blog Catatan Remuk, bukan untuk blog Sumber Inspirasi. Yak.
baca selengkapnya...

6 Kemampuan yang Harus Dimiliki Pria



Beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel yang berjudul kemampuan yang harus dimiliki wanita. Tiba-tiba saja datang komentar baru,

"Lha Mas, terus kalau buat laki-laki apa saja Mas?"

Hmm ... ya, laki-laki juga harus menguasai beberapa kemampuan yang bisa menjadi daya tarik para wanita. Apa sajakah kemampuan-kemampuan itu?

1. Berenang



Mungkin Anda pernah menyaksikan film-film luar negeri dimana ada adegan seorang wanita yang tenggelam ke dasar kolam renang yang cukup dalam, lalu tiba-tiba datanglah seorang lelaki dengan gagahnya terjun ke kolam itu dan menolong wanita yang tenggelam. Ya, bisa disimpulkan bahwa skill menolong orang yang sedang tenggelam adalah skill yang bisa membuat wanita terkagum-kagum alias 'cowok banget'. Tidak perlu menjadi atlit renang yang mampu berenang dengan kecepatan tinggi, yang Anda butuhkan hanyalah kemampuan untuk menyelamatkan orang lain di dalam air. Selesai!

2. Bermain Gitar


Orang bilang, gitar adalah alat musik yang mampu meningkatkan ketampanan seorang pria. Benarkah?

Menurut saya itu salah.

Mau bagaimanapun juga bermain musik tak ada hubungannya dengan wajah. Pepatah yang benar adalah: "Gitar adalah alat musik yang bisa membuat seorang lelaki terlihat lebih keren.". Yup, that`s the point. Kalau statement yang itu barulah saya percaya.

Anda tidak perlu menjadi seorang guitar expert ataupun rocker, yang Anda butuhkan hanyalah permainan dasar. Setidaknya Anda harus bisa mengiringi seorang wanita yang ingin bernyanyi. Dengan skill itu Anda sudah dapat dikatakan lelaki keren.

3. Humor


Yup, seorang lelaki harus memiliki sense of humor yang tinggi. Seorang lelaki harus mampu membuat orang-orang di sekelilingnya merasa nyaman dan senang dengan keberadaannya. Dengan sense of humor yang tinggi serta kemampuan memancing tawa orang lain, maka tidak diragukan lagi, Anda pasti akan disukai banyak orang. Para wanita khususnya.

4. Broad-minded
 


Apa Anda paham apa yang saya maksud? Broad-minded berarti memiliki pengetahuan yang luas. Banyak orang bilang bahwa seorang lelaki yang memiliki pengetahuan yang luas akan terlihat lebih keren dan lebih berkarisma. Salah satu cara agar Anda menjadi orang yang broad-minded adalah dengan membaca berbagai jenis buku. Cobalah!

5. Menjelajah


Seorang lelaki sejati harus memiliki kemampuan menjelajah. Entah itu di hutan, gunung, atau dimanapun. Skill menjelajah yang baik biasanya menjadi sebuah indikasi ketegasan dan kemampuan memimpin. Oleh karena itu, bagi Anda yang kerjaannya masih saja berdiam diri di depan komputer setiap hari, mulailah untuk membuat rencana berkemah atau menjelajah ke suatu tempat. Cukup satu tahun sekali. Selain untuk membina kemampuan memimpin juga berguna sebagai refreshing kan?

6. Memimpin

Ini adalah poin terakhir dan terpenting dari semuanya. Basic Skill yang wajib dimiliki seorang lelaki adalah memimpin dan membentuk jiwa kepemimpinan. Untuk membentuk jiwa kepemimpinan Anda bisa coba menjelajah, membentuk sebuah organisasi kecil-kecilan, dan masih banyak lagi. Ya, setidaknya Anda mampu memimpin diri Anda sendiri dengan baik.

 

Baik, cukup sekian artikel saya kali ini tentang 6 kemampuan yang harus dimiliki seorang lelaki. Mudah-mudahan bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.