Tips Bersekolah di Sekolah yang Tidak Disukai



Saya rasa cukup banyak anak yang mengeluh dengan sekolah barunya, entah itu karena teman-teman barunya tidak asyik atau lingkungan sekolah barunya yang tidak lebih nyaman ketimbang sekolah lamanya. Apabila keluhan ini telah muncul, lantas apa yang harus dilakukan si anak dan orangtua?

Sebisa mungkin orangtua memberi dukungan agar si anak mau beradaptasi dengan lingkungan barunya tersebut. Berikan sugesti bahwa lingkungan yang buruk bukanlah alasan untuk tidak beradaptasi. Namun apabila anak masih saja mengeluh tentang sekolahnya, alangkah baiknya orangtua mulai berpikir untuk memindahkan sekolahnya agar psikologis anak tidak terganggu terus menerus.

Untuk anak, sebelum mengeluh tentang sekolah yang tidak nyaman alangkah baiknya coba dulu beradaptasi dengan lingkungan. Siapa tahu ternyata sekolah itu berisi murid-murid yang seru dan asyik diajak bersosialisasi.

Tetapi bagaimana caranya beradaptasi di sekolah yang tidak kita sukai?

1. Tetap Tenang

Saya tahu, jika Anda membenci sekolah Anda, pasti ada rasa malas ketika hendak memasuki sekolah tersebut. Hal tersebut terjadi karena Anda terlalu membesar-besarkan kebencian Anda terhadap sekolah Anda. Alhasil emosi Anda tidak akan terkendali acapkali berada di sekolah tersebut. Padahal Anda tidak akan bisa beradaptasi dengan baik jika Anda tidak dapat mengendalikan emosi Anda sendiri.

2. Senyum

Ya, senyum adalah salah satu cara tercepat untuk memperbaiki mood yang tidak stabil. Tersenyumlah! Meskipun hati Anda sedang risau karena merasa tidak nyaman bersekolah di sekolah yang tidak Anda sukai, tetaplah tersenyum!

3. Cari Teman Sependeritaan

Percayalah, jika Anda merasa tidak nyaman bersekolah di sekolah tersebut, pasti ada murid lain yang merasakan hal serupa. Cari tahu siapa orang yang sependeritaan dengan Anda. Ajak orang tersebut untuk berbagi keluh kesah bersama. Cari tahu bagaimana cara orang tersebut menghilangkan rasa galaunya, lalu tiru. Bahkan Anda boleh mengajak orang tersebut memaki-maki sekolah Anda bersama-sama. Secara tidak sadar, akan muncul rasa semangat bercampur senang pada diri Anda ketika Anda bertemu dengan orang yang sependeritaan dengan Anda.

4. Berteman dengan Murid-Murid di Sekolah Lain

Jika Anda sulit bergabung dengan murid-murid di sekolah baru, cobalah untuk mencari teman di luar sekolah atau di sekolah lain. Siapa tahu Anda bisa menemukan teman yang lebih baik ketimbang orang-orang di sekolah Anda.

5. Menambah Jadwal Liburan

Bersekolah di sekolah yang tidak Anda sukai akan membuat Anda sedih hampir di setiap saat. Hal ini dapat menyebabkan stres yang mengganggu kesehatan mental Anda. Oleh karena itu, saya sarankan Anda untuk menambah jadwal berlibur Anda agar Anda tidak terlalu tertekan dengan situasi sekolah yang tidak nyaman.

6. Berdoa

Tentunya, tahap terakhir setelah melakukan kelima poin di atas adalah berdoa. Berdoalah pada Yang Mahakuasa dan tingkatkan keimanan Anda. Niscaya Tuhan akan memberikan jalan terbaik pada Anda. Aamiin.

 

Demikianlah artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Lebih Baik Toilet Duduk atau Toilet Jongkok?



Seperti yang kita tahu, toilet ada dalam dua jenis, yaitu toilet duduk dan toilet jongkok. Toilet duduk berukuran lebih tinggi ketimbang toilet jongkok. Dan banyak orang menganggap toilet duduk sebagai toilet modern. Tapi apakah benar bahwa toilet duduk ini jauh lebih baik dan lebih efisien ketimbang toilet jongkok?

Supaya Anda dapat membandingkan efisiensi kedua jenis toilet tersebut, maka kali ini saya akan jelaskan kelemahan dan kelebihan dari masing-masing toilet.

Toilet duduk
Kelebihan:
  • Nyaman;
  • Sangat ergonomis karena Anda dapat buang air besar sembari membaca koran;
  • Terlihat lebih modern dan mewah ketimbang toilet jongkok.
Kekurangan:
  • Kurang higienis. Bantalan atau dudukan yang terdapat pada toilet duduk dapat menjadi salah satu sarana penyebaran bakteri penyebab penyakit kulit. Terutama toilet duduk yang digunakan oleh lebih dari satu orang setiap harinya.
  • Kotoran atau feses lebih sulit keluar karena sebenarnya supaya feses bisa keluar dari rektum (tempat penyimpanan feses sebelum dikeluarkan) dengan lancar, kita harus berada dalam kondisi jongkok, bukan kondisi duduk.
  • Harga toilet duduk cenderung lebih tinggi ketimbang toilet jongkok.

Toilet Jongkok
Kelebihan:
  • Feses dapat keluar secara lancar tanpa harus mengejan;
  • Harganya lebih terjangkau ketimbang toilet duduk;
  • Lebih higienis karena tidak ada bagian tubuh yang menyentuh permukaan toilet;
  • Dapat melatih otot panggul menjadi lebih kuat.
Kekurangan:
  • Kurang nyaman (terutama untuk manula dan penderita obesitas yang sulit jongkok maupun berdiri);

 

Jadi, lebih baik mana, toilet duduk atau toilet jongkok? Jika Anda lebih mementingkan kesehatan, tentunya saya lebih menyarankan toilet jongkok. Tetapi jika Anda lebih mementingkan kenyamanan, saya sarankan toilet duduk. Intinya, gunakanlah toilet yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Evie Tamala – Kereta Malam



Pernah sekali aku pergi
Dari Jakarta ke Surabaya
Untuk menengok nenek disana
Mengendarai kereta malam

 

Jug gejak gejuk gejak gejuk
Kereta berangkat
Jug gejak gejuk gejak gejuk
Hatiku gembira

 

Jug gejak gejuk gejak gejuk
Kereta berangkat
Jug gejak gejuk gejak gejuk
Hatiku gembira

 

Kebetulan malam itu
Cuacanya terang bulan
Ku melihat kekiri kanan
Hai indahnya pemandangan

 

Sayang lama kantukku datang
Hingga tertidur nyenyak sekali

 

Wahai ketika aku terbangun
Rupanya hari pun sudah pagi
Hingga tiada aku sadari
Aku tlah tiba di surabaya

 

Jug gejak gejuk gejak gejuk
Kereta berangkat
Jug gejak gejuk gejak gejuk
Hatiku gembira

 

Jug gejak gejuk gejak gejuk
Kereta berangkat
Jug gejak gejuk gejak gejuk
Hatiku gembira

 

Kebetulan malam itu
Cuacanya terang bulan
Ku melihat kekiri kanan
Hai indahnya pemandangan

 

Sayang lama kantukku datang
Hingga tertidur nyenyak sekali

 

Wahai ketika aku terbangun
Rupanya hari pun sudah pagi
Hingga tiada aku sadari
Aku tlah tiba di surabaya

 

Jug gejak gejuk gejak gejuk
Kereta berangkat
Jug gejak gejuk gejak gejuk
Hatiku gembira

 

Jug gejak gejuk gejak gejuk
Kereta berangkat
Jug gejak gejuk gejak gejuk
Hatiku gembira 
baca selengkapnya...

Penyebab Munculnya Mimpi Buruk



Saya yakin Sahabat Inspiratif pernah merasakan yang namanya mimpi buruk. Ya, mimpi buruk adalah imajinasi yang muncul saat tidur dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Biasanya imajinasi ini berupa munculnya objek-objek yang kita takuti. Dan pastinya, tak ada satupun orang di dunia ini yang merasa bahagia setelah mengalami mimpi buruk.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjawab sebuah pertanyaan dari salah seorang Sahabat Inspiratif:

"Mas Sayogand, mengapa ada yang namanya mimpi buruk ya? Apa mimpi semacam itu dipengaruhi oleh faktor psikologis (stres misalnya)? Lalu bagaimana jika mimpi buruk ini terlalu sering terjadi? Apakah itu pertanda bahwa mimpi tersebut akan menjadi kenyataan?"

Baik, pertanyaan ini akan saya jawab.

Mimpi buruk tidak dipengaruhi oleh stres. Tekanan batin yang tinggi pada seseorang tidak akan menyebabkan munculnya imajinasi buruk saat tidur. Justru ketika tidur, otak berhenti berpikir tentang hal-hal di dunia. Sehingga tidur adalah terapi yang baik bagi orang yang menderita stres.

Mimpi buruk sebenarnya terjadi karena adanya perubahan komposisi kimia dalam otak. Lantas apa saja yang menyebabkan perubahan komposisi kimia dalam otak kita?

1. Kurang Tidur

Kurang tidur memicu jantung seseorang berdetak secara tidak normal. Detak jantung yang tidak normal tersebut menyebabkan lambatnya pengiriman darah ke otak. Peristiwa tersebut menyebabkan komposisi kimia dalam otak berubah. Jika Anda sering begadang (apalagi sambil minum kopi), saya sarankan hentikan kebiasaan tersebut terkecuali jika Anda memang ingin mengalami mimpi buruk.

2. Penyakit Jantung

Tidak berbeda jauh dengan poin nomor satu, orang yang menderita penyakit jantung memiliki detak jantung yang tidak normal. Hal tersebut memicu perubahan komposisi kimia dalam otak.

3. Obat Jantung

Obat jantung mengendalikan detak jantung seseorang menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Hal ini menyebabkan kurangnya aliran darah ke otak. Kurangnya aliran darah ke otak dapat menyebabkan perubahan komposisi kimia dalam otak.

4. Tekanan Darah Tinggi

Masih sama seperti poin-poin sebelumnya. Orang yang menderita tekanan darah tinggi memiliki detak jantung yang tidak normal. Hal ini juga menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak.

5. Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan dapat menyebabkan tidak normalnya detak jantung seseorang. Gangguan pernapasan juga dapat menyebabkan kurangnya asupan oksigen ke otak. Kedua hal ini dapat memicu terjadinya perubahan komposisi kimia dalam otak.

6. Migrain

Ternyata migrain alias sakit kepala sebelah juga menjadi salah satu penyebab berubahnya komposisi kimia dalam otak.

 

Lantas bagaimana jika mimpi buruk terlalu sering terjadi?

Tentu hal ini tidak akan menjadi masalah selama mimpi tersebut tidak mengganggu pikiran Anda saat bekerja. Jika mimpi itu mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja, silakan Anda baca artikel saya terdahulu tentang 'Tips Menghilangkan Memori Mimpi Buruk'.

Jika mimpi buruk terlalu sering terjadi apakah hal tersebut menandakan mimpi tersebut akan menjadi kenyataan?

Tentu tidak. Tidak ada korelasi antara imajinasi Anda saat tidur dengan kehidupan nyata. Jika mimpi Anda ada yang menjadi kenyataan, itulah yang disebut dengan sugesti. Semakin Anda yakin bahwa mimpi tersebut akan menjadi nyata, maka semakin besar peluang mimpi tersebut menjadi kenyataan.

 

Baik, demikianlah artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Bahaya Angin Malam



Bagi sebagian orang angin malam menjadi salah satu penghilang stress yang cukup ampuh. Ya, efek dari angin malam tidak begitu jauh dengan hujan, yaitu dapat meningkatkan daya khayal seseorang. Entah itu imajinasi fiktif ataupun imajinasi tentang masa lalu, angin malam memang dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah melamun.

Karena keasyikan melamun dan berkhayal, banyak orang menjadi betah berlama-lama menikmati hembusan angin malam. Padahal secara medis hal tersebut tidak dianjurkan. Apa alasannya? Mari kita bahas beberapa risiko jika kita terlalu lama menikmati angin malam.

1. Udara Malam Memiliki Kelembaban Tinggi

Angin malam memiliki suhu yang lebih rendah ketimbang angin siang. Hal ini disebabkan karena kelembaban udara pada malam hari meningkat. Jika terlalu sering terhirup oleh kita, udara yang lembab ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Bagi sebagian orang malah dapat terjadi penyempitan saluran pernapasan atau asma. Tidak hanya itu, udara yang lembab juga dapat menyebabkan paru-paru basah.

2. Udara Malam Menyebabkan Nyeri Sendi

Suhu udara yang rendah ternyata dapat berdampak buruk pada sendi-sendi manusia. Jika tidak terbiasa, suhu udara yang rendah dapat memicu nyeri sendi dan kaku pada otot-otot Anda.

 

Demikianlah artikel singkat saya kali ini mengenai bahaya angin malam. Meskipun singkat, tetapi semoga tetap bermanfaat ya!
baca selengkapnya...

Asal Mula Kata “Duit”



Di Indonesia, banyak orang mengganti kata "uang" menjadi "duit". Tentu awalnya saya merasa biasa saja. Tapi saya sedikit bingung ketika membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ternyata, kata "duit" memiliki arti yang berbeda dengan "uang".

Setelah saya cari informasinya, ternyata benar, kata "duit" tidak bisa digunakan untuk mengganti kata "uang". Lantas mana yang benar? "Duit" atau "uang"?

Seperti biasa, mari kita bahas sejarahnya agar kita bisa menelaah perbedaan dari kedua kata tersebut.

Kata "duit" pertama kali muncul di Nusantara pada abad 17. Ya, tepat pada saat Belanda pertama kali menjajah Indonesia. Apa relasi antara Belanda dan kata "duit"?

Kata "duit" ternyata berawal dari kata "Doit". "Doit" sendiri adalah mata uang receh Belanda dan beberapa negara Eropa lainnya. Ya, Doit berupa kepingan logam yang nilainya paling kecil ketimbang mata uang lainnya. Delapan Doit bernilai 1 Stoiver (Stoiver merupakan mata uang Belanda yang nilainya lebih tinggi ketimbang Doit), dan 20 Stoiver bernilai 1 Guiden (Guiden adalah mata uang Belanda yang nilainya lebih tinggi ketimbang Stoiver). Apabila digambarkan, beginilah penjelasannya:

1 Guiden = 20 Stoiver
1 Stoiver = 8 Doit
1 Doit = 1 Rupiah

Terbayang bukan, betapa kecilnya nilai Doit ini?

Lantas mengapa kita lebih mengenal kata "Doit"? Mengapa bukan Stoiver ata Guiden saja yang nilainya lebih tinggi?

Tentu, hal ini ada hubungannya dengan pekerjaan rakyat Nusantara saat itu. Rakyat Nusantara yang bekerja entah itu petani maupun pegawai Belanda digaji menggunakan mata uang Doit. Awalnya mata uang ini dikirim dari Belanda ke Nusantara secara kontinyu untuk membiayai pekerja Indonesia. Hanya saja karena masalah lamanya pengiriman dan tingginya biaya transportasi, akhirnya Belanda memutuskan untuk mendirikan pabrik pembuatan Doit di Batavia (sekarang Jakarta) dan Soerabaja (sekarang Surabaya).

Setelah mendirikan pabrik pembuatan Doit tersebut, Doit semakin menyebar di kalangan rakyat Nusantara. Seiring berjalannya waktu, kata "Doit" ini semakin melebur di lidah rakyat Nusantara menjadi "Duit".

Mata uang Doit telah menyebar dengan baik di seluruh nusantara. Bahkan banyak yang menganggap bahwa Doit akan dijadikan mata uang Nusantara. Ternyata pada tahun 1945 ditetapkanlah Rupiah sebagai mata uang baku milik Indonesia.

Namun karena kebiasaan, masyarakat Indonesia yang sudah memiliki mata uang sendiri itu malah lebih sering menyebut "uang" dengan kata "duit". Padahal mata uangnya sudah berganti menjadi Rupiah.

Lama-kelamaan kata "Duit" ini membaur lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan kata "Duit" dijadikan kata serapan di beberapa Bahasa Daerah dan diperbolehkan untuk menggunakannya sampai saat ini.

Dalam kaidah Ejaan Yang Disempurnakan, tentu saja kata "duit" ini tidak boleh digunakan. Tetapi kalau dalam pembicaraan nonformal alias menggunakan bahasa pergaulan sehari-hari, tentu sah-sah saja.

Jadi, Anda lebih suka menggunakan kata "uang" atau "duit"?
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Chantal Kreviazuk - Leaving on a Jet Plane


All my bags are packed
Im ready to go
Im standin here outside your door
I hate to wake you up to say goodbye

But the dawn is breaking
Its early morn
The taxis waiting
Hes blowin his horn
Already Im so lonesome
I could die

Reff:
So kiss me and smile for me
Tell me that youll wait for me
Hold me like youll never let me go

Theres so many times I've let you down
So many times I've played around
I tell you now, they dont mean a thing
Every place I go, I'll think of you
Every song I sing, I'll sing for you
When I come back, I'll bring your wedding ring

Reff:
So kiss me and smile for me
Tell me that you'll wait for me
Hold me like you'll never let me go
Cause I'm leaving on a jet plane
Don;t know when Ill be back again
Oh babe, I hate to go

Now the time has come to leave you
One more time
Let me kiss you
Then close your eyes
Ill be on my way

Dream about the days to come
When I wont have to leave alone
About the times, I wont have to say

Reff:
Oh, kiss me and smile for me
Tell me that you'll wait for me
Hold me like you'll never let me go
Cause I'm leaving on a jet plane
Don't know when Ill be back again
Oh babe, I hate to go

 

But, I'm leaving on a jet plane
Don't know when Ill be back again
Oh babe, I hate to go


baca selengkapnya...

Asal Mula Kata ‘Woles’



Anda mungkin sering mendengar kata 'woles' di kalangan remaja. Apa maksud dari kata 'woles' ini? Apakah woles itu berarti panggilan akrab selain 'bro'? Apakah woles itu merupakan bahasa baru di Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Penasaran?

Oke, kali ini saya akan membahas apa maksud dan asal usul dari kata 'woles' ini. Seperti biasa, saya akan bahas sejarahnya.

Just info, kata 'woles' tidak terdapat di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata woles sebenarnya mulai populer pada tahun 2011. Kata 'woles' ini menyebar dengan cepat di dunia maya dan langsung dianggap kata tren baru di Indonesia.

Kata 'woles' berasal dari kata bahasa Inggris, 'slow'. Mengapa kata 'slow' bisa berubah menjadi 'woles'? Coba Anda perhatikan, jika diucapkan dengan lidah orang Indonesia, kata 'slow' dibaca 'selow', bukan? Nah, jika kita baca dari kanan ke kiri, kata 'selow' akan berubah menjadi 'woles'. Itulah dia asal muasalnya.
'Slow', dalam bahasa Inggris artinya 'lambat'. Tetapi kata 'woles' bukan berarti 'lambat'. Kata 'woles' berarti 'tenang saja'. Yah, maksud dari kedua kata tersebut kan tidak begitu jauh :D

Katanya, kata 'woles' ini pertama kali muncul di kalangan orang Malang, Jawa Timur. Alasannya adalah karena para remaja di Malang doyan membolak-balikkan kata seperti kata 'woles' barusan. Hanya saja sampai saat ini saya masih ragu karena tidak ada bukti yang jelas tentang gosip tersebut.

Anda masih kurang paham seputar penggunaan kata 'woles'? Berikut saya berikan beberapa contoh penggunaan kata 'woles':

A: "Bro, tugas kuliahmu udah selesai?"
B: "Belum bro, woles aja masih lama."

A: "Bro, kapan mau cari pacar?"
B: "Woles ajalah ... masih pengen menikmati hidup nih ..."

A: "Bro, awas bro ada razia!"
B: "Woles ajalah, gue kan lagi jadi cowok."

Oke cukup sekian, bye!
baca selengkapnya...

5 Manfaat Mandi Air Hangat



Anda mungkin sering mandi menggunakan air hangat. Bagaimana rasanya? Nyaman dan membuat rileks, bukan? Ya, mandi menggunakan air hangat memang nyaman dan menyenangkan. Tidak salah jika banyak orang yang memiliki kebiasaan mandi menggunakan air hangat setiap pagi dengan alasan agar lebih rileks bekerja.

Mandi air hangat memang memiliki banyak manfaat terhadap tubuh kita. Tidak ada salahnya jika kita memiliki kebiasaan mandi air hangat setidaknya satu kali dalam seminggu dengan tujuan relaksasi tubuh. Lantas sebenarnya apa sajakah manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mandi menggunakan air hangat?

1. Mengendurkan Otot

Air hangat yang membalut tubuh akan membuat otot-otot Anda mengendur. Hal ini mengakibatkan tubuh Anda terasa rileks dan segar seusai mandi.

2. Menyehatkan Jantung

Tidak hanya mengendurkan otot, air hangat juga memiliki manfaat untuk menstabilkan detak jantung Anda sehingga dapat menyehatkan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Memperlancar Aliran Darah

Selain menstabilkan detak jantung, air hangat juga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang melebar disertai stabilnya detak jantung akan menyebabkan aliran darah dalam tubuh Anda menjadi lebih lancar dari biasanya. Lancarnya aliran darah akan meningkatkan kinerja organ-organ tubuh, meningkatkan konsentrasi otak, dan membuat otak menjadi lebih sulit untuk stress.

4. Membuka Pori-Pori Kulit

Lalu air hangat juga berfungsi untuk membuka pori-pori kulit Anda. Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda mandi dalam keadaan pori-pori kulit terbuka, diantaranya:
  • Pori-pori yang terbuka akan memudahkan air sabun untuk mengeluarkan kotoran di kulit.
  • Pori-pori yang terbuka akan membantu proses pengeluaran racun di bawah kulit.

5. Mengobati Batuk

Uap air hangat biasanya akan terhirup oleh kita dan ternyata secara tidak sadar uap tersebut dapat mebersihkan tenggorokan kita dari dahak dan kotoran-kotoran yang mengganggu saluran pernafasan.

 

Baik, saya rasa cukup 5 poin saja untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya :)
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.