Bagaimana Cara Membedakan Ular Berbisa dengan yang Tidak Berbisa?



"Mas Sayoga, bagaimana caranya membedakan ular yang berbisa dengan yang tidak berbisa? Apakah dilihat dari bentuknya, dari perilakunya, atau dari warna kulitnya? Terimakasih sebelumnya ...."

Baiklah, sekarang akan saya jawab pertanyaan yang satu ini.

Sebenarnya sederhana saja. Jika kita ingin mengetahui apakah seekor ular berbisa atau tidak, kita melihatnya dari berbagai aspek, diantaranya:

Dilihat dari Ukuran Tubuh

Contoh ular berbisa. Ukuran tubuhnya cenderung ramping.

Apabila dilihat dari ukuran tubuh, biasanya ular yang dianugerahi dengan tubuh yang besar memiliki bisa yang lebih lemah atau bahkan tidak berbisa sama sekali. Sedangkan ular yang bertubuh kecil biasanya memiliki bisa yang lebih kuat dan lebih mematikan.

Dilihat dari Bekas Gigitannya

Seperti inilah bekas gigitan ular berbisa.

Berbisa atau tidaknya seekor ular juga dapat dilihat dari bekas gigitan yang ada pada kulit korban. Jika bekas gigitan berbentuk huruf "U", maka dapat dipastikan bahwa ular itu tidak berbisa. Jika bekas gigitan terlihat seperti dua titik yang sejajar, maka dapat dipastikan bahwa ular tersebut berbisa dan korban harus diberi pertolongan sesegera mungkin. 

Meskipun gigitan ular berbisa dan ular yang tidak berbisa dapat dibedakan dengan jelas, namun tetap saja saya menyarankan Anda untuk segera membawa korban ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel singkat saya kali ini, semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular Berbisa




Mungkin kepala kita sudah sering disusupi informasi seputar betapa mengerikannya racun ular berbisa. Hanya dengan sekali gigit, nyawa Anda dapat melayang seketika. Banyaknya kasus kematian akibat racun ular juga membuat kita tersugesti bahwa tergigit ular itu sudah pasti akan berakhir dengan nyawa melayang. Padahal sebenarnya jika ditangani dengan benar, korban gigitan ular dapat diselamatkan. Lantas bagaimanakah pertolongan pertama yang harus diberikan kepada korban gigitan ular?

1. Buat Korban Merasa Tenang dan Tidak Banyak Bergerak

Ketika menggigit, ular berbisa akan mengeluarkan bisanya dan membiarkan bisa tersebut menyebar ke tubuh manusia melalui pembuluh darah. Nah, agar bisa tersebut tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cepat, maka kita harus menenangkan jantung agar berdetak lebih lambat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara tidak memasang wajah 'panik' di depan korban sesaat setelah korban tergigit ular, dan juga dengan cara menyuruh korban untuk mengurangi gerakan tubuhnya. Suruh ia duduk atau berbaring misalnya.

2. Ikat Bagian Atas Gigitan

Apabila gigitan berada pada bagian lengan atau kaki, berikan ikatan pada bagian atas luka. Boleh menggunakan kain atau benda lain yang dapat mengikat. Hal ini dilakukan untuk menghambat peredaran darah pada bagian tubuh tersebut. Namun, pertama-tama Anda harus mencari tahu ular apa yang menggigit orang tersebut. Jika ular tersebut merupakan ular berjenis derik atau ular dengan bisa kuat, maka jangan berikan ikatan pada bagian atas luka. Racun ular berbisa kuat justru akan menyerang jaringan yang berada di sekitar luka ketika bagian atas luka tersebut diikat.

3. Cuci Luka dengan Air Matang

Untuk mencegah infeksi pada bagian luka, segera cuci bagian kulit yang terluka dengan air matang yang mengalir. Anda juga boleh menggunakan sabun untuk memastikan bakteri dan virus penyebab infeksi terbunuh.

4. Tutup dengan Kain Steril

Ingat, tutup luka tersebut dengan kain steril. Jika tidak ada kain steril, maka lebih baik biarkan luka tersebut terbuka.

5. Segera Bawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit Terdekat

Segera cari alat transportasi yang bisa membawa korban ke rumah sakit atau ke puskesmas terdekat. Puskesmas atau rumah sakit biasanya memiliki serum antiracun ular yang dapat menetralisir racun yang berada di pembuluh darah korban.

 

Lantas bagaimana caranya membedakan ular yang gigitannya berbisa dengan yang tidak berbisa? Jika saya punya waktu, tentu akan saya buatkan artikelnya. So, stay tune, Sahabat Inspiratif! Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Kesalahan-Kesalahan dalam Bekerja yang Tidak Kita Sadari



Ya, saya bingung ingin memberi judul apa, jadi ... saya beri judul seperti di atas. Artikel ini akan menjawab beberapa email 'curhatan' dari beberapa Sahabat Inspiratif yang mengalami masalah dengan karirnya.

Manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan. Seperti kata pepatah 'Tak ada gading yang tak retak', manusia tidak ada yang sempurna. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita mengubah kesalahan tersebut menjadi sebuah pelajaran berharga di masa depan sehingga kita tidak terjerumus ke dalam lubang yang sama.

Syukur apabila kesalahan itu disadari. Lha, kalau tidak? Ingat, menyesali kesalahan memang terasa pahit, tetapi melakukan kesalahan yang tidak kita sadari itu berbahaya.

Nah, pada artikel kali ini, saya ingin berbagi pada Anda tentang kesalahan-kesalahan yang tidak Anda sadari dalam dunia kerja. Apa sajakah kesalahan-kesalahan itu?

1. Bekerja Keras, tapi Tidak Memantau Proses

Poin ini banyak juga yang menyebut 'Hard working, but 0% progress'. Ya, jika Anda merasa sudah bekerja keras tetapi tidak merasakan prosesnya dan tidak merasakan hasil yang setimpal, merenunglah sejenak!


Penyebab: Ada banyak penyebab untuk poin ini. Bisa saja Anda terlalu ambisius dalam melakukan suatu pekerjaan sehingga tidak prosesnya tidak terpantau, bisa juga karena cara bekerja Anda yang salah, atau mungkin karena alasan lain.

Dampak: Apabila dibiarkan seperti ini, kerja keras Anda sama saja dengan sia-sia. Akibatnya Anda akan cepat merasa lelah dan jenuh dalam bekerja.

Solusi: Luangkan waktu sejenak untuk merenung dan berpikir mengapa hasil yang Anda dapatkan tidak seimbang dengan kegigihan dan kerja keras Anda. Evaluasi diri adalah jalan terbaik pada poin ini.

2. "Aduh, saya banyak pekerjaan ... saya tidak punya waktu untuk bersosial ..."

Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup di dunia ini tanpa ada orang lain. Bayangkan apabila di dunia ini hanya ada diri kita sendirian. Pasti kita tak akan kuat hidup lebih lama. Ketika kita bersedih, tak ada yang memotivasi. Jika kita sakit, tak ada yang merawat. Jadi, bersosial itu penting. Bahkan sangat penting.

Jika kata-kata seperti poin nomor 2 ini sudah mulai terlontar dari mulut Anda, merenunglah sejenak!

Penyebab: Aktivitas Anda terlalu banyak.

Dampak: Anda akan mudah stres karena terlalu lama tenggelam dalam kesibukan pekerjaan.

Solusi: Coba lirik agenda Anda. Jika aktivitas Anda dari hari minggu sampai sabtu dipenuhi oleh pekerjaan, maka Anda harus menata ulang aktivitas Anda.

Buatlah skala prioritas. Pekerjaan yang tidak terlalu penting harus Anda tinggalkan atau Anda dedikasikan kepada orang lain. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu luang lebih banyak dan waktu luang tersebut dapat Anda gunakan untuk sekedar bercanda dengan rekan-rekan Anda atau mungkin lari pagi bersama keluarga.

3. Memulai Banyak Pekerjaan Sekaligus tetapi Tak Ada Satupun yang Selesai

Mungkin Anda pernah atau mungkin sedang merasakan hal yang satu ini: pekerjaan banyak, tetapi tak ada satupun yang selesai. Bagaimana rasanya? menyebalkan bukan? Nah, sebenarnya hal ini juga merupakan kesalahan dalam bekerja. Maka dari itu, merenunglah sejenak!


Penyebab: Tidak berani mengatakan 'tidak' ketika diberikan pekerjaan di atas pekerjaan, tidak mampu memanajemen waktu dengan baik, dapat juga disebabkan oleh faktor kemalasan.

Dampak: Anda akan sulit maju.

Solusi: Ukurlah kemampuan diri Anda sendiri. Jika Anda diberikan pekerjaan, pikir matang-matang sebelum menerimanya. Apakah Anda sedang banyak pekerjaan di lain tempat? Apakah gajinya seimbang dengan apa yang Anda kerjakan? Apakah Anda mampu mengerjakannya?

4. Cenderung Memilih Jalur Teraman, Termudah, dan Tercepat

Ini juga sebuah kesalahan. Dalam bekerja, Anda harus berani mengambil risiko dan tantangan agar pengalaman Anda semakin banyak dan agar karir Anda lebih cepat naik. Jika Anda cenderung enggan mengambil risiko, merenunglah sejenak!


Penyebab: Tidak mau mengambil risiko, tidak mau menerima tantangan, tidak mau bergerak maju.

Dampak: Karir Anda akan diam di tempat.

Solusi: Belajarlah mengambil risiko dalam bekerja. Karena tak ada risiko yang lebih besar ketimbang tidak mengambil risiko. Namun, jangan mengambil pilihan yang terlalu bodoh.

5. Tidak Mau Mendelegasikan Pekerjaan

"Untuk apa cari asisten? Saya bisa bekerja sendiri."

Sekiranya begitulah ucapan dari beberapa kenalan saya yang sudah mulai bekerja. Dan kenyataannya sampai saat ini mereka semua belum ada yang sukses dalam bekerja. Ya, bekerja tanpa asisten itu ibarat menunggangi kuda yang tak berkaki. Beban ditanggung kaki sendiri, mau maju pun sulit. Jika Anda termasuk orang yang tidak mau mendelegasikan pekerjaan, merenunglah sejenak!


Penyebab: Terlalu percaya diri.

Dampak: Anda akan sulit maju.

Solusi: Mulailah berpikir untuk mendelegasikan beberapa pekerjaan Anda. Sebab dengan mendelegasikan pekerjaan Anda, berarti Anda akan memiliki kesempatan untuk mengerjakan hal lain yang lebih menguntungkan.

6. Plin-Plan

Bekerja dengan giat, kemudian malas lagi, kemudian giat lagi, kemudian malas lagi. Ah ... apa yang Anda tuju jika Anda seperti itu? Merenunglah sejenak!


Penyebab: Anda tidak punya tujuan dalam hidup.

Dampak: Anda tidak akan pernah sukses. Sebab tak ada satupun orang sukses yang plin-plan dalam bekerja.

Solusi: Tegaskan diri Anda. Tentukan tujuan Anda dalam hidup, lalu kuatkan tekad untuk mengejarnya. Dan jangan lupa, berdoa.

 

Demikianlah artikel saya kali ini. Artikel yang cukup panjang, tetapi mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda untuk menjadi pribadi yang mampu menggapai karir yang lebih baik. Aamiin.
baca selengkapnya...

Cara Membuat Tombol ‘Download’ di Soundcloud



"Bro, boleh nanya gak, gimana caranya bikin tombol download di soundcloud? Makasih.."

Terimakasih pertanyaannya, sekarang akan saya jawab.

Harap diingat, soundcloud bukanlah situs yang menyediakan fitur coding script manual seperti di blog. Soundcloud juga tidak memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menghias akun dan lagu-lagu mereka sendiri.

Tetapi, Soundcloud sebenarnya memiliki menu customizable pada saat mengupload lagu. Nah, pada salah satu menu customizable ini adalah memasang tombol 'download' di bawah lagu. Bagaimanakah caranya memasang tombol semacam itu?

Ketika Anda sedang mengupload lagu, perhatikan di bagian bawah kotak isian 'description' terdapat tulisan 'more option'. Klik tulisan tersebut, lalu akan muncul beberapa menu, di antaranya Licence dan Access (Apps, widget, dan download).

Nah, pada bagian 'access' lihat lingkaran di sebelah tulisan 'download'. Pastikan lingkaran tersebut berada dalam kondisi tecentang. Jika belum, maka klik saja lingkarannya. Berikut sedikit ilustrasinya:


Jika sudah, silakan publish lagunya seperti biasa,

Demikianlah artikel saya kali ini. Jangan lupa untuk follow akun soundcloud saya dan dengarkan lagu-lagu ciptaan saya di sana. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

7 Makanan yang Memengaruhi Aroma Kentut



Beberapa waktu yang lalu, saya sudah pernah menulis artikel tentang tips kentut di muka umum. Mengapa saya buatkan tipsnya? Tentu karena mayoritas kentut kita itu aromanya tidak sedap dan mengganggu orang lain.

Tetapi sebenarnya aroma kentut ini dapat diminimalisir dengan cara mengurangi konsumsi makanan-makanan yang memengaruhi aroma kentut. Sebenarnya mengapa ada beberapa makanan yang dapat memengaruhi aroma kentut? Makanan macam apa yang memengaruhi aroma kentut?

Begini, penyebab kentut berbau tidak sedap adalah karena makanan yang kita makan mengandung asam amino, nitrogen, dan sulfur yang tinggi. Sisa pencernaan asam amino, nitrogen dan sulfur ini akan diubah menjadi hidrogen sulfida (H2S) dan gas amoniak (NH3). Nah, kedua zat inilah yang akan membuat aroma kentut kita menjadi lebih bau. Lantas makanan apa saja yang mengandung asam amino, nitrogen, dan sulfur yang tinggi?

1. Pete

2. Jengkol

Tidak hanya itu, gas kentut yang bau juga mengandung Indole, skatole, dan merkaptan. Makanan yang mengandung gas tersebut akan menyebabkan kentut Anda menjadi lebih bau. Lantas makanan apa lagi yang harus dihindari?

3. Ikan

4. Daging

5. Telur

6. Durian

7. Bunga kol

 

Cukupkah? Ya, memang ini penjelasan singkat. Tetapi, semoga tetap bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Mencegah Sakit Gigi



Rasa ngilu dan sakit yang terasa pada gigi dapat menjalar menjadi sakit kepala bahkan sakit Rasa ngilu dan sakit yang terasa pada gigi dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh lain. Sakit kepala contohnya.

Sakit gigi dianggap fenomena yang sudah biasa di kalangan masyarakat. Rata-rata para penderita sakit gigi mengonsumsi obat-obat keras yang terdapat di warung terdekat. Padahal, penggunaan obat keras harus diikuti dengan resep dokter. Toh, rasa sakit yang timbul di gigi Anda itu harus didiagnosa dulu penyebabnya. Barulah Anda dapat mengobatinya.

Memang, rasanya merepotkan apabila Anda harus konsultasi ke dokter setiap sakit gigi. Tidak hanya repot, tetapi juga mahal. Jadi, apakah solusi terbaik?

Satu-satunya solusi terbaik yang dapat saya berikan adalah: Cegah sakit gigi. Bagaimana cara mencegahnya?

1. Banyak Minum Air Putih

Air putih atau air mineral yang masuk ke dalam mulut akan membersihkan sisa-sisa makanan dan cairan-cairan asam yang menempel pada gigi. Hal ini tentu dapat menjaga gigi tetap bersih dari zat sisa makanan. Jika gigi bersih dari zat sisa makanan, maka tentunya gigi kita akan terjaga kesehatannya. Dan ternyata, air mineral murni (air layak minum) mengandung fluor yang dapat memperkuat email gigi. Tetapi, fluor ini akan hilang jika air mineral tersebut berada dalam kondisi panas atau dimasak.

2. Sikat Gigi Secara Rutin

Tentunya, sikatlah gigi Anda secara rutin. Para ahli gigi menyarankan kita untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Menyikat gigi dapat melepaskan zat sisa makanan dan asam amino dari gigi. Asam amino yang menempel pada gigi berisiko mengikis lapisan email gigi sehingga membuat gigi keropos atau berlubang.

Tetapi harap diingat, menyikat gigi seusai makan dapat menyebabkan asam amino dan zat sisa makanan terdorong masuk ke dalam gigi dan memperparah kesehatan gigi. Oleh karena itu, jika Anda ingin menyikat gigi seusai makan, tunggulah dulu hingga satu jam lamanya. Barulah Anda dapat menyikat gigi Anda dengan aman. Dan jangan lupa, gunakan pasta gigi untuk memutihkan gigi dan menyegarkan mulut.

3. Perhatikan Asupan Kalsium

Perhatikan makanan yang Anda makan. Pastikan ada makanan atau minuman berkalsium yang Anda konsumsi setiap hari. Kalsium berfungsi untuk memperkokoh tulang rahang atas dan rahang bawah sebagai penopang utama gigi kita.

4. Konsumsi Vitamin C

Apa hubungan antara gigi dengan vitamin C? Tentu tidak ada. Tetapi vitamin C dapat memperbaiki dan memperkuat gusi. Kondisi gusi yang baik tentunya akan membuat kita jarang merasakan sakit gigi.

5. Konsultasikan Kesehatan Gigi Anda Secara Berkala

Jalan terakhir, adalah konsultasi ke dokter setiap 6 bulan sekali untuk megecek seberapa sehat gigi kita dan untuk mendiagnosa penyakit pada gigi sedini mungkin.

 

Demikianlah artikel saya kali ini tentang tips mencegah sakit gigi. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Mengikuti Lomba Makan



Lomba makan kini begitu ramai diadakan di berbagai tempat. Cukup seru rasanya melihat orang yang makan sambil mengejar waktu. Selain menghibur banyak orang, acara ini juga sangat menguntungkan bagi orang-orang yang doyan makan.

Nah, apakah Anda memiliki keinginan untuk mengikuti acara semacam ini? Apakah Anda memiliki obsesi untuk mendapat julukan sebagai 'Raja Makan'? Tunggu dulu, sebelum mengikuti lomba makan, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa tips mengikuti lomba makan. Apa sajakah tips- tips tersebut?

1. Jangan Gunakan Celana Ketat

Jangan gunakan celana yang ukuran pinggangnya 'ngepas' dengan ukuran pinggang Anda. Pada pasalnya, pada saat makan nanti ukuran perut Anda akan bertambah. Jika Anda menggunakan celana yang ukurannya terlalu pas dengan pinggang Anda, niscaya Anda akan lebih cepat merasa kenyang karena celana Anda mengurangi elastisitas perut.

2. Gunakan Celana di Pinggang, Bukan di Perut

Tentu saja. Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin nomor 1, ketika makan banyak nanti perut Anda akan mengembang secara perlahan. Jika Anda menggunakan celana di perut, tentunya dapat menyebabkan rasa sakit pada perut Anda.

3. Sebelum Berlomba, Tetap Makan Seperti Biasa

Nah, ini adalah salah satu kesalahan beberapa peserta lomba. Mereka memilih untuk berpuasa selama beberapa hari sebelum berlomba. Hal ini adalah salah. Mengapa? Ketika berpuasa dan mengurangi porsi makan, tubuh metabolisme tubuh Anda akan menurun dan tubuh Anda akan menyerap lemak lebih banyak. Jika Anda berpuasa sebelum mengikuti lomba, maka saat lomba berlangsung Anda akan lebih cepat merasa kenyang.

4. Biasakan Makan Cepat

Bagi sebagian orang, makan cepat-cepat dapat menimbulkan rasa 'seret' atau melambatnya pergerakan makanan di kerongkongan. Sebenarnya hal ini adalah karena orang tersebut tidak terbiasa makan cepat-cepat. Jika Anda ingin makan dengan cepat, alangkah baiknya Anda terus berlatih untuk makan cepat sehingga saat lomba nanti kerongkongan Anda tidak mudah 'seret'.

5. Jangan Memaksakan Diri

Ingat, jika Anda merasa tidak kuat untuk melanjutkan lomba, berhentilah! Jangan memaksakan diri! Jangan terlalu memikirkan hadiah, utamakan kesehatan pencernaan Anda!

6. Pastikan Kesehatan Anda Tidak Terganggu

Ini sudah pasti. Pastikan Anda tidak memiliki gangguan pencernaan semacam maag, diare, atau penyakit-penyakit pencernaan lainnya. Dan juga perhatikan penyakit-penyakit lain yang menyebabkan Anda tidak bisa makan sembarangan seperti diabetes melitus, liver, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Pengecekan ini berfungsi untuk memastikan Anda tidak mencelakakan diri Anda sendiri saat lomba nanti.

 

Baiklah, saya rasa cukup 6 poin saja untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Berbagai Desain Kendaraan Unik



Kendaraan atau alat transportasi adalah teknologi yang dapat memudahkan seseorang berpindah tempat dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Sama halnya dengan teknologi-teknologi di bidang lain, teknologi transportasi juga terus mengalami kemajuan dan evolusi dari masa ke masa.

Di zaman modern ini, inovasi dalam dunia transportasi semakin gencar dilakukan. Hal ini disebabkan oleh munculnya persaingan dari berbagai merk dagang industri alat transportasi. Tidak hanya inovasi dalam kecepatan dan kenyamanan, ternyata berbagai merk dagang juga berinovasi dari sisi desain. Mau lihat beberapa desain kendaraan yang unik dan menarik? Ini dia:








Bagaimana? Tertarik untuk membeli salah satu?
baca selengkapnya...

6 Manfaat Mengonsumsi Daging Ayam



Saya rasa tidak ada orang yang tidak suka dengan daging ayam. Selain rasanya yang enak, mengonsumsi daging ayam juga dapat menjadi indikator kemapanan seseorang. Apalagi mengonsumsi daging ayam yang sudah digoreng dengan bumbu crispi ....

Saya juga gemar mengonsumsi daging ayam. Awalnya karena rasanya yang enak. Tapi setelah saya cari tahu lebih lanjut, ternyata daging ayam memiliki manfaat terselubung di balik rasanya yang enak itu. Apa sajakah manfaat-manfaat itu?

1. Mencegah Diare

Mengonsumsi daging ayam dapat mencegah Anda terjangkit penyakit diare. Fakta ini telah dibuktikan melalui berbagai pengobatan di Cina.

2. Mencegah Serangan Jantung

Daging ayam mengandung vitamin B6. Vitamin B6 ini dapat menurunkan kadar homoseistein yang merupakan pemicu terjadinya serangan jantung.

3. Menguatkan Tulang

Daging ayam mengandung selenium, fosfor, dan kalsium yang dapat menguatkan tulang dan mencegah terjadinya penyakit-penyakit tulang.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daging ayam juga mengandung banyak mineral. Mineral ini apabila dikonsumsi dapat membantu tubuh meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

5. Menjaga Nafsu Makan

Daging ayam juga mengandung seng yang dapat membuat nafsu makan Anda tetap terjaga.

6. Meredakan Stress

Daging ayam mengandung vitamin B5 atau asam pantotenat yang dapat meningkatkan ketenangan pada saraf. Itulah sebabnya mengapa banyak orang mengatakan bahwa daging ayam rasanya enak.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat mengonsumsi daging ayam. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

De`Radeons – Under Your Umbrella


Apa ini?

Ini adalah lagu. Lagu ke-8 dari album band saya, de`Radeons, yaitu album 'Just a Simple Instrumental'.

Siapa penciptanya?

Lagu instrumental ini diciptakan oleh saya sendiri, Sayoga R.Prasetyo. Jika Anda ingin mendengar lagu-lagu ciptaan saya di album ini, silakan klik di sini.

Mengapa diberi judul 'Under Your Umbrella'?

Lagu ini saya beri judul 'Under Your Umbrella' karena lagu ini menceritakan tentang kisah cinta di musim penghujan. Pengalaman pribadi? Bisa jadi ... :D

Mana lagunya?

Ya ... daritadi tanya jawab melulu :D Oke Sahabat Inspiratif, ini dia lagu baru saya, Under Your Umbrella. Silakan dengarkan, download, dan share! Enjoy!


baca selengkapnya...

5 Metode Diet Terekstrem di Dunia



Diet. Banyak sekali orang yang mengubah pola makan untuk menurunkan berat badan atau biasa disebut diet. Diet tentunya berbeda dengan puasa. Diet adalah mengatur pola makan dengan tujuan mengurangi berat badan, sedangkan puasa adalah berhenti makan selama belasan jam dengan tujuan menjaga hawa nafsu.

Saya lihat, akhir-akhir ini cukup banyak perusahaan obat yang memproduksi obat pelangsing tubuh. Apakah manjur? Belum tentu. Ternyata banyak juga orang yang sudah mengubah pola makan dan mengonsumsi obat pelangsing tubuh, tetapi berat badannya tidak berkurang sama sekali. Dan ternyata, ada beberapa orang yang gagal diet dan bersikeras untuk kurus sehingga melakukan hal-hal yang tidak wajar.

1. Merokok Terus-terusan

Rokok dapat menurunkan kinerja indra manusia. Salah satunya adalah indra pengecap. Mengonsumsi rokok dapat menyebabkan lidah manusia tidak dapat menikmati makanan yang dimakannya secara maksimal. Sehingga bagi sebagian orang, merokok adalah cara terbaik untuk mengurangi porsi makan. Hal ini tentunya berbahaya, mengingat dampak negatif rokok terhadap kesehatan paru-paru dan jantung cukup mengerikan.

2. Memasang Lidah Plastik

Metode diet apa ini? Jadi ini adalah metode diet dengan cara memasang bahan semacam plastik tipis pada lidah. Nah, plastik ini akan memberikan sensor rasa sakit ketika ada makanan yang masuk. Sehingga penggunanya akan enggan makan banyak-banyak.

3. Berhenti Makan Apapun, Cukup Mengonsumsi Telur Setiap Hari

Ini juga termasuk salah satu diet terekstrem. Memang, ada beberapa orang yang mengaku berhasil menurunkan berat badannya dengan metode ini. Tapi saya tidak menyarankan Anda untuk mengikutinya, karena manusia tetap butuh banyak asupan karbohidrat dan protein untuk bertahan hidup. Lagipula, mengonsumsi terlalu banyak telur dapat menyebabkan gangguan kesehatan jantung dan penimbunan lemak di pembuluh darah yang dapat berujung pada kematian.

4. Berhenti Makan Makanan Matang

Diet dengan metode ini menuntut Anda untuk berhenti mengonsumsi makanan yang dimasak dan mulai mengonsumsi makanan mentah setiap hari. Memang, banyak orang yang mengatakan bahwa metode ini dapat melangsingkan tubuh. Hanya saja apakah Anda dapat membayangkan betapa banyaknya kuman dan bakteri yang masuk ke tubuh kita jika kita mengonsumsi makanan mentah?

5. Mengonsumsi Telur Cacing Pita

Ini adalah diet paling ekstrem dan paling menjijikkan yang pernah saya dengar. Diet ini menuntut Anda untuk menelan telur cacing pita. Nantinya telur cacing pita ini akan menetas di usus Anda, lalu cacing itu akan hidup dan menempel di dinding usus Anda, dan akhirnya menyerap berbagai makanan yang Anda makan. Alhasil tubuh Anda akan kurus dalam waktu singkat. Namun siap-siap saja Anda akan menderita gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan kematian.

 

Itulah dia beberapa metode diet terekstrem di dunia. Anda berani coba?
baca selengkapnya...

Tempat-Tempat yang Mewajibkan Anda Menahan Kentut



Kentut memang hal yang manusiawi. Tidak salah jika seseorang kentut di berbagai tempat, bahkan di muka umum sekalipun. Akan tetapi kita juga harus tahu adat sopan santun. Di Indonesia sendiri, ada budaya untuk mengatakan 'permisi' lalu pergi dari keramaian untuk kentut.

Tapi sayangnya, kata 'permisi' ini tidak dapat digunakan di segala situasi. Ada beberapa situasi yang memaksa Anda untuk menahan keinginan Anda untuk buang angin. Situasi apa sajakah itu?

1. Di Dalam Lift

Mau tidak mau, Anda harus menahan kentut di dalam lift. Mengapa? Tentu, karena di dalam lift, pintu tertutup dan Anda tidak bisa menjauh dari keramaian. Anda juga tidak bisa kentut di dalamnya karena sirkulasi udara dalam lift yang buruk.

2. Rapat

Rapat merupakan acara sakral yang mewajibkan Anda dan rekan-rekan kantor Anda berpikir dengan serius. Bayangkan jika Anda kentut di acara sesakral itu. Selain suaranya yang dapat merusak citra Anda di depan rekan-rekan kantor Anda, baunya juga dapat merusak konsentrasi orang-orang yang berada di dalam ruang rapat. Alhasil rapat pun hancur berantakan.

3. Makan Bersama

Jangan pernah kentut saat makan bersama. Bau kentut yang menyengat dapat menghilangkan nafsu makan orang-orang di sekitar Anda. Hal tersebut dapat merusak hubungan baik Anda dengan orang-orang yang makan bersama Anda tersebut.

 

Baiklah, saya rasa cukup 3 poin saja artikel saya kali ini mengenai tempat-tempat yang mengharuskan Anda menahan kentut. Adakah tempat lain yang mengharuskan kita menahan kentut? Silakan tambahkan di kotak komentar :)
baca selengkapnya...

Bahaya Menahan Kentut



Buang angin atau kentut adalah peristiwa manusiawi yang sudah pasti pernah dirasakan semua orang. Mustahil jika ada orang yang mengaku belum pernah kentut. Jika ada, berarti orang tersebut tidak pernah makan seumur hidupnya.

Kentut merupakan kumpulan gas yang menekan bagian anus. Gas-gas ini berasal dari proses pencernaan makanan dan bakteri-bakteri pencernaan. Manusia yang sehat setidaknya kentut sebanyak 14 kali dalam satu hari. Gas kentut bukan merupakan satu jenis gas, tetapi terdiri dari berbagai gas seperti sulfur, metana, dan lain-lain.

Ada beberapa situasi dimana Anda tidak bisa melakukan kentut. Biasanya di tempat umum. Lantas sebenarnya, sehatkah jika kita menahan-nahan gas kentut dalam usus kita?

Ketika menahan kentut, gas kentut yang berada di anus langsung dialirkan ke bagian atas usus. Apa risiko yang akan kita dapatkan ketika gas kentut tersebut berada pada bagian atas usus?

1. Kembung dan Begah

Pertama, pastinya rasa kembung dan begah. Rasanya perut Anda sedang dijejali sesuatu yang membuat pencernaan Anda sesak. Apabila terlalu lama, gas kentut ini akan terakumulasi dengan gas kentut berikutnya. Akibatnya rasa kembung dan begah akan semakin menyiksa perut Anda.

2. Rasa Tidak Nyaman

Setelah kembung dan begah yang berlangsung dalam waktu yang terlalu lama, maka Anda akan merasakan perut Anda tidak nyaman. Rasanya seperti pencernaan Anda terganggu bahkan pada sebagian orang disertai rasa mual yang mengganggu. Darimana rasa mual itu muncul? Tentunya karena sugesti. Rasa tidak nyaman pada perut menyebabkan pikiran Anda menyugestikan bahwa kesehatan Anda tidak baik dan akhirnya timbullah rasa mual.

3. Mengurangi Nafsu Makan

Setelah rasa tidak nyaman, maka muncullah risiko berikutnya: nafsu makan Anda akan berkurang. Tentu saja, ketika terasa ada sesuatu yang tidak nyaman di perut maka nafsu makan Anda akan berkurang, bukan?

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai bahaya menahan kentut. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

4 Tips Kentut di Tempat Umum



Adakalanya ketika Anda sedang berada di tempat umum, tiba-tiba Anda ingin buang angin. Sungguh saat-saat yang merepotkan. Di satu sisi, Anda tidak ingin mengganggu orang lain dengan bau kentut yang menyengat, tetapi di sisi lain Anda tahu bahwa menahan kentut itu berbahaya bagi kesehatan Anda. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Ada yang berkata bahwa sebaiknya ketika kita kentut di tempat umum, tuduhlah orang lain yang melakukannya. Tetapi menurut saya fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan ...

Lantas bagaimana caranya buang angin di tempat umum dengan baik?

1. Buat Suara Lain

Buatlah suara lain agar suara kentut Anda tersamarkan. Anda bisa coba menggeser kursi Anda ketika sedang duduk. Ketika ada suara gesekan antara kursi dengan lantai, disaat itulah Anda dapat buang angin tanpa dicurigai. Anda dapat menciptakan suara-suara lain di sekitar Anda untuk menyamarkan suara kentut Anda.

2. Buang Angin Sedikit Demi Sedikit

Ini adalah teknik yang paling banyak digunakan orang-orang ketika kentut di tempat umum. Kentutlah sedikit demi sedikit. Dengan begitu suara kentut Anda tidak akan terdengar jelas dan baunya tidak akan begitu menyengat.

3. "Permisi ..."

Yap, kata di atas adalah kata yang dapat Anda gunakan ketika ingin buang angin di tempat umum. Katakan 'permisi' kepada orang-orang di sekitar Anda, lalu carilah tempat yang tidak terlalu ramai semisal toilet. Di tempat itu Anda bisa kentut sepuasnya.

4. Jangan Menarik Perhatian

Ingat! Jangan sekali-kali Anda mencoba kentut di tempat umum dengan cara berbicara sekeras-kerasnya. Memang, suara kentut Anda akan tersamarkan oleh kerasnya suara Anda. Tetapi berhati-hatilah, biasanya ketika kentut sembari melakukan aktivitas lain, ekspresi dan gerak tubuh seseorang menjadi tidak normal. Berhati-hatilah, siapa tahu ada orang lain di sekitar Anda yang dapat membaca perubahan ekspresi Anda tersebut. Bisa-bisa Anda kena tuduh ketika bau kentut mulai menyeruak.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips-tips kentut di tempat umum. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Ada Band – Haruskah Ku Mati



Bagaimana mestinya
Membuatmu jatuh hati kepadaku
Telah kutuliskan sejuta puisi
Meyakinkanmu membalas cintaku

Haruskah ku mati karenamu
Terkubur dalam kesedihan sepanjang waktu
Haruskah kurelakan hidupku
Hanya demi cinta yg mungkin bisa membunuhku
Hentikan denyut nadi jantungku
Tanpa kau tahu betapa suci hatiku
Untuk memilikimu

Adakah keikhlasan
Dalam palung jiwamu mengetukku
Ajarkanmu bahasa perasaan
Hingga hatimu tak lagi membeku

Haruskah ku mati karenamu
Terkubur dalam kesedihan sepanjang waktu
Haruskah kurelakan hidupku
Hanya demi cinta yang mungkin bisa membunuhku
Hentikan denyut nadi jantungku
Tanpa kau tahu betapa suci hatiku
Untuk memilikimu

Tiadakah ruang di hatimu untukku
Yang mungkin bisa tuk kusinggahi
Hanya sekedar penyejuk disaat ku layu
Ku telah menantimu hingga akhir masa


baca selengkapnya...

6 Keuntungan Menjadi Pelupa



"Aduh, barusan kunci disimpan di mana ya?"
"Waduh, nomor induk saya berapa ya?"
"Nomor telepon saya berapa ya?"

Tidak jarang saya mendengar kata-kata seperti contoh di atas dari teman-teman saya. Biasanya setelah mengucapkan kata-kata di atas, selanjutnya akan dilontarkan sebuah kata pamungkas,

"Saya ini orangnya pelupa. Tolong bantu saya dong.."

Saya sendiri sedikit kesal jika bertemu orang yang kerjaannya mengandalkan 'lupa' sebagai alasan untuk kabur dari tanggung jawab. Tapi saya pun harus memaklumi, toh yang namanya manusia tidak ada yang sempurna. Lupa adalah hal yang lazim bagi manusia.

Sebenarnya jika dipikir-pikir, orang yang mudah lupa juga memiliki keuntungan tersendiri, contohnya,

1. Mudah Move On

Sangat mudah bagi seorang pelupa untuk fokus ke masa depan dan melupakan masa lalu. Melupakan kenangan indah bersama mantan kekasih contohnya.

2. Fokus

Orang pelupa memiliki fokus yang tinggi, karena ketika bekerja seorang pelupa tidak mampu memikirkan dan mengingat hal-hal lain di luar pekerjaannya.

3. Mudah Melupakan Kebaikan Diri Sendiri

Penting bagi kita untuk melupakan kebaikan diri sendiri agar kebaikan yang kita berikan berubah menjadi berkah. Orang yang pelupa dapat melupakan hal tersebut dengan cepat.

4. Mudah Melupakan Hal-Hal yang Tidak Perlu diingat

Bayangkan saja jika Anda memiliki daya ingat yang sangat tinggi. Anda akan mengingat daftar belanjaan satu tahun lalu, Anda akan mengingat seluruh nilai yang pernah Anda peroleh di bangku sekolah dasar. Anda akan mengingat hal-hal yang tidak perlu Anda ingat.

5. Tidak Mudah Stres

Tentu saja, seseorang yang pelupa tidak mudah stres karena otaknya jarang dipakai untuk mengingat janji atau jadwal. Alhasil orang pelupa jarang sekali merasa gelisah karena teringat janji atau deadline.

6. Tidak Pernah Dendam

Tentu saja. Orang pelupa mudah sekali melupakan perasaan bencinya kepada orang lain. Orang pelupa cenderung fokus pada kehidupan saat ini, bukan pertengkaran di masa lalu. Alhasil orang pelupa ini sulit sekali mendendam kepada seseorang. 

Demikianlah artikel saya kali ini, semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.