5 Kekurangan Ebook


Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis artikel tentang beberapa kelebihan Ebook. Ya, ebook atau buku elektronik memang terbukti memiliki berbagai kelebihan ketimbang buku teks. Namun ternyata ebook juga memiliki banyak kelemahan. Lantas apa sajakah kelemahan tersebut?

1. Tidak Konsen

Saya pernah membaca sebuah buku fiksi digital. Bagaimana rasanya? Kering. Suasana mendebarkan dalam cerita tersebut tidak bisa saya hayati karena acapkali datang notifikasi pesan singkat, jejaring sosial, bahkan email yang menghancurkan konsentrasi saya. Coba bandingkan dengan buku teks yang benar-benar unifungsi. Kita akan cenderung fokus pada bacaan tanpa ada gangguan.

2. Butuh Daya

Kelemahan berikutnya yaitu adalah masalah daya. Ya, ebook harus dinikmati dengan gadget tertentu. Gadget apapun pastinya membutuhkan daya berupa listrik. Itu artinya, ebook sangat bergantung pada aliran listrik.

3. Rentan Terserang Virus

Virus di sini bukan berarti virus penyebab penyakit pada manusia, virus yang saya maksud adalah aplikasi yang merusak sistem suatu sistem. Ada virus komputer yang diprogram khusus menghapus data berupa teks (seperti data berekstensi .doc atau .pdf) tanpa seizin pemilik data. Bayangkan, jika Anda sudah bersusah payah membeli ratusan ebook, menyimpannya dalam satu media penyimpanan, lalu tiba-tiba media tersebut terserang virus sehingga ebooknya hilang semua ... tentu rasanya menyedihkan, bukan?

4. Butuh Perangkat Tambahan

Berbeda dengan buku teks, ebook tidak bisa langsung dibaca begitu saja. Anda harus memiliki perangkat tambahan. Hardwarenya berupa gadget (laptop, smartphone, dll), dan softwarenya berupa aplikasi yang dapat membuka file ebook itu sendiri.

5. Mata Lelah

Saya pernah membaca ebook 160 halaman dan membutuhkan waktu 3 hari untuk menyelesaikannya. Coba bandingkan, sedangkan ketika membaca buku teks, saya dapat menghabiskan 75 halaman hanya dalam waktu 2 jam. Mengapa bisa terjadi seperti ini? Hal tersebut disebabkan karena ebook memberikan pancaran cahaya ke mata kita yang menyebabkan mata kita cenderung lelah. Akibatnya proses membaca kita terganggu karena rasa kantuk sering sekali muncul.


"Mas Sayogand, setahu saya, monitor memiliki radiasi yang menyebabkan kerusakan pada mata. Apakah itu artinya kita harus berhenti membaca ebook dan kembali ke buku teks?"

Saya akan luruskan mitos yang satu ini.

Radiasi adalah lompatan partikel-partikel berbahaya dari sebuah mesin ke tubuh manusia tanpa melalui medium. Monitor pada perangkat-perangkat elektronik (termasuk perangkat untuk membaca ebook) memiliki radiasinya masing masing. Namun, kini kita tidak usah khawatir lagi karena setiap monitor yang diproduksi di atas tahun 2000 sudah memiliki antiradiasi. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan radiasi monitor.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa kekurangan ebook. Jika ada waktu, saya akan berbagi seputar keuntungan membaca buku teks ketimbang membaca ebook. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

6 Kelebihan Ebook



Maraknya gadget murah berhasil membangun sebuah gaya hidup baru bagi masyarakat Indonesia. Salah satu teknologi yang berhasil mengubah gaya hidup masyarakat adalah teknologi ebook. Ebook adalah digitalisasi dari buku teks. Ya, munculnya teknologi ebook membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan hiburan dan ilmu pengetahuan.

Ebook memiliki berbagai kelebihan dibanding buku teks. Mau tahu apa saja kelebihan dari ebook ini?

1. Mudah Dibawa

Ya, ratusan bahkan ribuan ebook dapat disimpan di media penyimpanan ringan seperti kartu memori atau flashdisk tanpa harus membebani Anda. Coba bandingkan dengan buku teks biasa yang masing-masing memiliki bobot yang membuat Anda 'risih' membawanya kemana-mana.

2. Tidak Mudah Rusak

Ya, ebook bukan berupa kumpulan kertas yang sewaktu-waktu bisa rusak. Ebook dapat bertahan lebih lama dengan cara disalin secara terus menerus ke media penyimpanan yang lebih baru.

3. Mudah Didistribusikan

Ebook adalah sebuah buku digital yang berupa data. Itu artinya, kita dapat menyebarkannya dengan mudah dari device yang satu ke device yang lain. Tentu proses pendistribusian ini berbanding terbalik dengan proses pendistribusian buku teks yang cenderung menghabiskan banyak waktu dan menghabiskan banyak biaya.

4. Lebih Murah

Seperti yang sudah saya singgung pada poin nomor 2 dan 3, ebook bukan berupa kumpulan kertas yang proses produksinya memakan banyak tenaga, waktu, dan biaya. Ebook juga mudah didistribusikan. Dengan begitu, harga ebook dapat ditekan seminimal mungkin.

5. Ramah Lingkungan

Kertas berasal dari serat pepohonan. Produksi buku teks membutuhkan banyak kertas yang menyebabkan banyak pohon yang harus ditebang. Tidak hanya itu, proses pendistribusian buku teks menggunakan alat transportasi yang berpartisipasi aktif dalam mencemari udara. Coba bandingkan dengan ebook yang proses produksi dan pendistribusiannya sangat sederhana dan ramah lingkungan.

6. Bisa Dibaca di Tempat Gelap

Ebook berbeda dengan buku teks. Jika buku teks membutuhkan cahaya dari lingkungan agar dapat dibaca dengan jelas, ebook dapat dinikmati kapanpun tanpa harus bergantung pada cahaya lingkungan karena sudah memiliki cahaya sendiri.

 

Tetapi ternyata dibalik berbagai kelebihan itu, ebook juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangannya?
Apabila ada waktu, saya akan buat artikelnya :D

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Bahaya Menyalakan Lampu saat Tidur



Mungkin Anda mengira bahwa lampu dinyalakan saat tidur adalah hal yang wajar-wajar saja. Toh lampu tidur dijual di mana-mana dan harganya terjangkau. Itu artinya, menyalakan lampu saat tidur adalah hal yang wajar.

Saya harap mulai saat ini Anda tidak akan berpikir seperti itu. Mengapa?

Secara medis, menyalakan lampu saat tidur itu berbahaya untuk kesehatan. Apa bahayanya?

1. Mengurangi Kualitas Tidur

Tidur di ruangan gelap ternyata dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman. Hal ini disebabkan karena cahaya dapat menyebabkan otak Anda sulit rileks saat terlelap. Ketika ruangan minim cahaya, maka otak Anda akan lebih rileks sehingga tidur Anda akan menjadi lebih dalam dan sangat nyaman.

2. Menghambat Produksi Hormon Melatonin

Hormon melatonin adalah hormon yang mengatur daya tahan tubuh dan menjaga siklus tidur. Hormon ini tentunya sangat penting untuk kesehatan Anda dan daya tahan tubuh Anda.

3. Tidur di Ruangan Gelap dapat Mengurangi Risiko Kanker

Tidur di ruangan minim cahaya ternyata dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, mulailah mematikan lampu saat tidur untuk mengurangi risiko terserang kanker.

 

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Manfaat Mengonsumsi Cokelat




Cokelat. Siapa yang tidak suka? Cokelat memang makanan semua kalangan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, semuanya pasti menyukai makanan yang satu ini. Rasanya yang manis menjadi salah satu alasan mengapa orang menyukai makanan ini.

Cokelat tidak hanya nikmat apabila dinikmati sebagai makanan, tetapi juga sebagai minuman. Mungkin Anda berpikir bahwa cokelat hanyalah makanan enak yang merusak gigi dan membuat tubuh menjadi gemuk. Asumsi tersebut tentu saja salah. Cokelat yang dikonsumsi dengan benar dan dengan batas konsumsi yang tepat, tidak akan menimbulkan efek samping pada kesehatan Anda. Lantas apakah tips-tips mengonsumsi cokelat agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan kita?

Jika ada waktu, saya akan buatkan artikelnya :D

Untuk kali ini saya akan membahas tentang beberapa manfaat kesehatan yang akan kita dapatkan jika kita mengonsumsi cokelat. Penasaran? Langsung saja, check it out:

1. Meningkatkan Gairah

Anda tahu mengapa orang yang galau bisa tiba-tiba jadi semangat seusai mengonsumsi cokelat? Saya akan jelaskan:

a. Cokelat dapat mengoptimalkan kinerja jantung. Jika kinerja jantung meningkat, aliran darah ke organ-organ tubuh pun akan meningkat. Jika aliran darah ke organ-organ tubuh meningkat, organ tidak akan kekurangan oksigen sehingga tubuh Anda serasa lebih segar dari sebelumnya.

b. Oksigen tidak hanya teraliri secara maksimal ke seluruh organ-organ tubuh, tetapi juga ke otak. Otak akan menerima lebih banyak oksigen sehingga fokus Anda akan meningkat. Kombinasi antara tubuh yang segar dengan otak yang fokus, membuat Anda lebih bergairah dalam beraktivitas.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Seperti yang telah saya singgung pada poin nomor 1.a, detak jantung dipaksa untuk berada dalam kondisi normal. Detak jantung yang stabil ini dapat menjadi terapi yang baik untuk penyembuhan sakit jantung. Tidak hanya itu, bagi Anda yang tidak menderita penyakit jantung, mengonsumsi cokelat juga dapat mencegah datangnya penyakit jantung di masa yang akan datang.

3. Melepas Stres

Seperti yang telah saya singgung pada poin nomor 1.b, mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan asupan oksigen ke otak. Akibatnya, Anda akan merasa lebih fokus dan Anda akan lebih mudah lepas dari rasa penat. Tidak percaya? Cobalah!

4. Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Bagi Anda yang ingin menghilangkan kebiasaan ngemil makanan ringan berkalori tinggi, mengonsumsi cokelat dapat menjadi obat yang ampuh. Mengapa? Ketika mengonsumsi cokelat, Anda akan menerima lemak yang terdapat dalam cokelat. Lemak ini akan mengurangi keinginan Anda untuk ngemil. Namun, jika kebiasaan ngemil Anda sudah mulai menghilang, maka kurangi juga konsumsi cokelatnya. Mau bagaimanapun, cokelat yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan terus menerus dapat membuat Anda gemuk.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat mengonsumsi cokelat. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

9 Manfaat Bernyanyi




Anda suka bernyanyi? Jika Anda bukan seorang tunarungu, pasti jawabannya 'ya'. Ya, tak ada orang yang tak suka bernyanyi. Bahkan orang yang pekerjaannya serius pun pasti selalu menyempatkan diri untuk bersenandung setiap harinya. Mengapa bisa begitu?

Hiburan. Ya, bernyanyi merupakan hiburan murah meriah yang bisa kita dapatkan kapanpun kita mau. Tidak hanya hiburan, ternyata bernyanyi juga memiliki manfaat lainnya. Mau tahu?

Secara psikis:

1. Melepas Stress

Bernyanyi merupakan salah satu cara aman melepas stress. Ya, tanpa harus marah-marah sembari mengacak-acak barang di rumah, tanpa harus menangis tersedu-sedu tanpa henti, menyanyi dapat menjadi solusi cerdas melepaskan stress. Tidak percaya? Cobalah!

2. Memicu Munculnya Rasa Bahagia

Ternyata tidak hanya saat berolahraga saja, ketika bernyanyi pun tubuh kita memproduksi hormon endorphin. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang. Anda tidak percaya? Cobalah!

3. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel terdahulu saya yang berjudul '5 Manfaat Mendengarkan Musik', nada-nada yang diterima telinga kita dapat menyebabkan seseorang memiliki kecerdasan mental yang baik. Coba perhatikan, orang yang sering mendengarkan musik biasanya jarang tersinggung apabila dihina, kan?

Secara Fisik:

1. Menghilangkan Kantuk

Bernyanyi terbukti dapat menghilangkan kantuk. Hal ini disebabkan karena saat bernyanyi, pernapasan kita dituntut untuk stabil. Hal ini menyebabkan detak jantung kita menjadi sulit rileks. Jika detak jantung kembali normal, asupan oksigen ke otak menjadi kembali normal. Jika asupan oksigen ke otak kembali normal, maka kita tidak akan bisa tidur. Memang, beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel tentang tips menghilangkan kantuk. Tetapi di sana saya tidak menganjurkan Anda untuk bernyanyi. Mengapa? Toh rasanya tidak mungkin jika Anda harus bernyanyi di kantor atau di dalam kelas :D

2. Membuat Awet Muda

Mengapa awet muda? Ketika bernyanyi, otot-otot wajah kita dipaksa untuk berkontraksi. Semakin sering otot-otot wajah berkontraksi, maka kulit menjadi lebih kencang. Akibatnya kulit Anda akan tampak lebih muda dan tidak mudah keriput.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Hal ini juga saya rasakan ketika saya mulai rutin berlatih vokal. Bernyanyi membutuhkan pernapasan yang baik. Pernapasan yang baik didapatkan ketika postur tubuh berada dalam kondisi sempurna (tegap). Semakin sering Anda bernyanyi, secara tidak sadar postur tubuh Anda akan membaik dengan sendirinya. Tidak percaya? Cobalah!

4. Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Tentu saja, bernyanyi menuntut Anda untuk membuka mulut dan berbicara. Semakin sering Anda berbicara, maka secara tidak sadar kemampuan bertutur kata, berintonasi, berartikulasi, dan kemampuan berbicara lainnya menjadi lebih baik. Itu artinya, bernyanyi sama saja dengan melatih kemampuan berbicara.

5. Meningkatkan Kinerja Jantung

Seperti yang telah saya singgung pada poin nomor 1, bernyanyi melibatkan pernapasan. Pernapasan yang terolah dengan baik akan membuat detak jantung berada dalam kondisi normal, tidak dalam kondisi lemah.

6. Mengobati Berbagai Penyakit Pernapasan

Anda punya penyakit bronkitis? Anda punya penyakit asma? Anda terserang batuk ringan? Jangan berpikir bahwa obat dari penyakit-penyakit tersebut hanya dapat disembuhkan oleh obat-obatan. Ternyata, aktivitas yang mengolah pernapasan seperti berenang dan bernyanyi dapat mengobati penyakit-penyakit tersebut.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai berbagai manfaat yang akan kita dapatkan jika kita bernyanyi. So, let we sing!
baca selengkapnya...

5 Manfaat Mendengarkan Musik





Saya yakin pasti banyak sekali Sahabat Inspiratif yang doyan mendengarkan musik. Entah itu ketika di perjalanan, di tempat umum, atau mungkin ketika sedang membaca artikel di blog Sumber Inspirasi :D

Mendengarkan musik memang sangat menyenangkan. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang berjuta-juta hanya untuk membeli gadget musik yang output audionya berkualitas tinggi.

Lantas apakah mendengarkan musik itu ada manfaatnya? Tentu, ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita mendengarkan musik, diantaranya:

1. Mengusir Sepi

Tentu saja, mendengarkan musik akan mengubah suasana hati Anda menjadi ramai dengan nada-nada sehingga Anda tidak akan merasa kesepian. Keadaan ini dapat membuat Anda lebih percaya diri dalam melakukan berbagai hal.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Mendengarkan musik juga membuat Anda sulit untuk melamun. Anda akan sulit untuk merenungi masa lalu, justru Anda akan fokus pada keadaan saat ini. Itu artinya, dengan mendengarkan lagu, maka Anda akan lebih sulit merasa 'galau'.

3. Meningkatkan Kecerdasan Mental

Kecerdasan mental atau emotional quote adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan. Seseorang yang memiliki emotional quote yang baik memiliki kemampuan pengelolaan emosi yang baik. Akibatnya, orang tersebut akan menghadapi hidup ini dengan penuh warna dan kebahagiaan. Lantas apa yang dapat meningkatkan kecerdasan mental? Tentunya ada banyak faktor. Dan ternyata salah satunya adalah mendengarkan musik.

4. Meningkatkan Fokus

Seperti yang saya singgung pada poin nomor 2, mendengarkan alunan musik dapat membuat Anda sulit melamun. Akibatnya, Anda akan fokus pada keadaan saat ini. Jika mendengarkan musik sudah menjadi kebiasaan, maka otak kita pun akan terbiasa untuk fokus pada keadaan saat ini.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Fakta yang satu ini saya dapatkan dari salah satu buku kesehatan. Jujur, saya agak bingung dengan alasannya. Tetapi yang jelas memang sudah ada penelitian tentang hubungan antara musik dengan kesehatan. Ternyata mendengarkan musik dapat mengoptimalkan gerak tubuh pada saat berolahraga dan dapat membuat daya tahan tubuh manusia menjadi lebih baik.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai 5 manfaat musik terhadap kehidupan kita. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

14 Penyebab Terjadinya Pingsan




Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis artikel tentang gejala-gejala yang muncul ketika kita hendak pingsan. Memang, mengetahui gejala-gejala hendak pingsan dapat meminimalisir terjadinya pingsan di tempat umum. Tetapi ada cara lain yang dapat meminimalisir terjadinya pingsan di tempat umum: mengetahui beberapa penyebab pingsan dan menghindarinya agar kita tidak mudah pingsan (terutama di tempat umum).

Secara umum, pingsan disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen ke otak. Lantas apa sajakah penyebab kurangnya asupan oksigen ke otak?

1. Kelainan jantung;
2. Belum makan;
3. Rasa sedih yang muncul secara berlebih;
4. Rasa terkejut yang muncul secara berlebih;
5. Penyakit Diabetes;
6. Kurang minum;
7. Suhu lingkungan yang ekstrem;
8. Berdiri terlalu lama;
9. Adanya pendarahan di kepala;
10. Mendaki tanpa istirahat;
11. Gigitan hewan / serangga beracun;
12. Penyakit anemia;
13. Rasa takut yang berlebih;
14. Menahan rasa sakit.

Untuk menghindari pingsan, maka Anda harus menghindari semua poin-poin di atas. Toh tidak ada ruginya menjaga agar tubuh tidak kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

Semoga artikel singkat saya kali ini bermanfaat! Salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

17 Gejala Hendak Pingsan



Pingsan adalah hilangnya kesadaran secara tiba-tiba. Pingsan menjadi salah satu hal yang paling ditakuti orang. Ya, tentu tak ada satupun orang di dunia ini yang senang bila pingsan. Apalagi di tempat umum. Selain memalukan, pingsan di tempat umum juga merepotkan orang-orang di sekitar Anda ketika Anda terjatuh.

Nah, untuk mencegah pingsan di tempat umum, kita harus memahami beberapa gejala-gejala yang dirasakan ketika hendak pingsan. Lantas apa sajakah gejala-gejala yang dirasakan ketika hendak pingsan?

1. Pandangan berkunang-kunang;
2. Lingkungan sekitar serasa bergoyang (vertigo ringan);
3. Penglihatan semakin kabur;
4. Pendengaran berkurang dan meredam;
5. Kesemutan pada beberapa bagian tubuh;
6. Tubuh serasa melayang;
7. Mual;
8. Lemas;
9. Muncul rasa pening;
10. Wajah memucat;
11. Keluar keringat dingin;
12. Telinga berdenging;
13. Napas tidak teratur;
14. Menguap berlebih;
15. Denyut nadi melambat;
16. Tidak mampu bereaksi terhadap rangsangan dengan baik;
17. Kulit memucat.

Jika Anda merasakan beberapa gejala di atas ketika berada di tempat umum, segeralah mencari tempat peristirahatan dan hindari paparan sinar matahari langsung. Dan jangan lupa, segeralah mencari air minum, entah itu dari tas Anda, atau meminta tolong kepada orang lain yang ada di sekitar Anda.

Demikianlah artikel saya kali ini. Mohon maaf kali ini saya tidak bisa menjabarkan teori di setiap poin karena poin di atas terlalu banyak untuk dijelaskan. Meskipun singkat, tetapi mudah-mudahan tetap bermanfaat!
baca selengkapnya...

Pertolongan Pertama pada Orang yang Pingsan





Suatu ketika, Anda tengah berjalan di jalan yang cukup sepi bersama rekan Anda. Namun seketika saja rekan Anda itu terjatuh dan langsung terbaring tak sadarkan diri. Anda langsung menengok ke arah kanan dan arah kiri, tak ada siapapun yang dapat diminta tolong. Apa yang akan Anda lakukan?

Ya, kejadian seperti itu mungkin pernah Anda alami. Jika Anda belum pernah mengalami kejadian semacam itu, artikel ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat di masa yang akan datang. Toh tentu tidak mungkin Anda membiarkan rekan Anda tergeletak di pinggir jalan.

Penyelamatan itu penting. Anda harus menguasai beberapa teknik CPR atau napas buatan untuk menyelamatkan orang yang pingsan dengan pernapasan lemah. Tetapi pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang teknik dasar penyelamatan untuk orang yang pingsan. Apa yang harus kita lakukan pada orang yang pingsan?

1. Periksa saluran pernapasan. Pastikan bahwa napas korban masih teratur. Jika tidak, maka Anda harus memilih antara 3 pilihan:
  • Berikan napas buatan hingga pernapasannya stabil;
  • Cepat-cepat mencari pertolongan orang lain , atau;
  • Cepat-cepat mencari alat transportasi yang dapat membawa korban ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

2. Pindahkah ke tempat yang tidak terpapar sinar matahari Langsung. Jika korban tergeletak di tempat yang terpapar sinar matahari langsung, segera pindahkan ke tempat yang teduh.

3. Baringkan Korban dengan perlahan.

4. Longgarkan pakaian korban untuk melancarkan saluran pernapasannya.

5. Angkat bagian kaki sekitar 15-20 cm hingga posisinya lebih tinggi dari posisi kepala. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pasokan darah ke otak sehingga korban lebih mudah sadar.

6. Berikanlah rangsangan seperti bau menyengat. Contohnya minyak kayu putih, dan lain-lain.

7. Jangan mengerubungi pasien agar kebutuhan oksigen untuk pasien tetap tercukupi.

8. Jika sudah sadar, berikan teh manis atau air putih.

9. Jika butuh pertolongan lebih, segera hubungi dokter.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai cara-cara menyelamatkan nyawa orang yang pingsan. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Apa yang Harus Dilakukan saat Telinga Kemasukan Air?




Saat-saat paling tidak menyenangkan saat berenang adalah telinga kemasukan air. Saat kemasukan air, secara otomatis kualitas pendengaran kita tidak akan seimbang antara telinga kiri dan kanan. Hal ini menyebabkan sedikit rasa pusing dan tidak nyaman pada diri kita karena telinga merupakan indra penyeimbang tubuh.

Kemudian datanglah sebuah pertanyaan baru,

"Mas Sayoga, bagaimana cara mengatasi telinga kemasukan air?"

Banyak orang berkata bahwa ketika telinga kita kemasukan air, kita harus memasukkan sedikit air ke dalam telinga untuk memancing air yang masuk ke telinga tersebut keluar. Sayangnya cara ini adalah cara yang salah dan berbahaya untuk kesehatan telinga Anda.

Mengapa? Memasukkan air ke dalam telinga secara sengaja dikhawatirkan akan mendorong kotoran yang ada di daun telinga ke bagian telinga yang lebih dalam. Memasukkan air ke dalam telinga secara sengaja juga disinyalir dapat menyebabkan iritasi pada penderita radang telinga dan dapat menyebabkan vertigo ringan (rasa pusing) pada sebagian orang.

Lantas bagaimana cara penanganan yang tepat?

Sebenarnya, air yang masuk ke dalam telinga akan keluar dengan sendirinya. Entah itu dalam bentuk tetesan-tetesan air atau dalam bentuk uap air. Jadi, jika telinga Anda kemasukan air, diamkan saja! Toh air itu akan keluar dengan sendirinya. Dan jangan lupa, ketika tidur, posisikan kepala miring ke arah telinga yang kemasukan air agar air lebih mudah keluar.

Jika dalam kurun waktu 24 jam telinga Anda masih saja terasa tidak normal, segera hubungi dokter THT untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dikhawatirkan air terperangkap di telinga bagian tengah sehingga dibutuhkan alat khusus (berupa penyemprot cairan antiseptik) untuk mengeluarkan air yang terperangkap tersebut.

Demikianlah artikel singkat saya kali ini, semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

5 Kebiasaan yang Dapat Mengurangi Rasa Malas



Rasa malas acapkali menjumpai diri kita terutama ketika kita sedang banyak pekerjaan. Rasa malas yang mengganggu produktivitas kita ini sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi tubuh yang kurang fit hingga pekerjaan yang terlampau sulit.

Nah, lantas bagaimana cara menyiasati malas agar tidak sering berkunjung ke tubuh kita? Sebenarnya ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat mengurangi rasa malas Anda tersebut. Mau tahu?

1. Ketika Bangun Tidur, Langsung Bangun!

Mungkin Anda terbiasa untuk bermalas-malasan dulu beberapa detik setelah terbangun dari tidur Anda. Namun sayangnya, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa bermalas-malasan di atas kasur sesaat setelah bangun tidur tidak ada gunanya untuk kesehatan kita. Yang ada hanyalah waktu yang terbuang percuma. Oleh karena itu, ketika bangun tidur, langsung bangkitkan tubuh Anda dari posisi tidur dan segeralah melakukan gerakan-gerakan pemanasan sederhana agar tubuh Anda enggan berbaring kembali ke atas kasur.

2. Sarapan dengan Makanan Kaya Protein

Seperti yang telah saya singgung di beberapa artikel yang pernah saya tulis, jenis sarapan sangat memengaruhi mood seseorang di sepanjang hari. Oleh karena itu, selalu siapkan jenis sarapan yang enak, sehat, dan bergizi. Saya sarankan perbanyak jenis makanan yang mengandung protein. Protein akan membantu kinerja otak Anda di sepanjang hari agar menjadi lebih optimal. Makanan yang mengandung protein juga akan menambah fokus dan konsentrasi otak Anda di sepanjang hari.

3. Tidur Siang

Mungkin Anda berpikir bahwa aktivitas yang satu ini hanya pantas dilakukan oleh anak kecil. Jika Anda benar-benar memiliki pandangan seperti itu, maka mulai sekarang ubahlah pandangan Anda. Tidur siang merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat terutama untuk mengembalikan energi yang terkuras akibat bekerja. Ketika energi Anda sudah kembali, Anda dapat bekerja dengan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih optimal. Jika Anda ingin mengetahui manfaat lainnya dari tidur siang, silakan baca artikel saya yang berjudul 'Berbagai Manfaat Tidur Siang'

4. Minum Air Putih

Jika Anda ingin tubuh Anda terus bekerja keras dan mempertahankan konsentrasi, maka Anda harus membuat tubuh Anda terhidrasi (terisi cairan) secara terus menerus. Meneguk air putih yang kaya akan oksigen, mineral, dan fluor tentunya jauh lebih baik untuk kesehatan tubuh kita ketimbang air kemasan bermerk yang sudah bercampur dengan berbagai bahan kimia seperti bahan pewarna makanan dan bahan pengawet minuman.

5. Bergerak

Bergerak adalah aktivitas sederhana yang paling sering dilakukan manusia. Ketika Anda merasa jenuh dengan pekerjaan Anda di depan komputer, maka menjauhlah sejenak dari komputer Anda, lalu lakukan beberapa gerakan relaksasi dan pemanasan otot untuk mengembalikan fokus tubuh.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa kebiasaan sederhana yang dapat mengurangi rasa malas Anda. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Dampak Positif Banjir



Banjir. Siapa yang mau? Tentu tak ada. Banjir memang merupakan sebuah bencana alam yang merugikan banyak pihak. Bahkan banyak yang berkata bahwa banjir adalah salah satu bencana alam yang paling berbahaya. Bayangkan, ribuan kendaraan terpaksa harus dibawa ke bengkel karena rusak terendam air, dinding-dinding rumah menjadi berlumut, serta masih banyak lagi kerusakan-kerusakan yang merugikan banyak orang.

Dengan sederet kisah mengerikan itu, kita langsung berasumsi bahwa banjir adalah suatu bencana alam yang tidak ada manfaatnya. Padahal kalau kita kaji ulang, banjir juga memiliki dampak positif. Diantaranya:

1. Melatih Kreativitas

Perhatikan, dengan adanya banjir, kita malah jadi memiliki ide untuk membangun rumah dengan pondasi yang lebih tinggi. Dengan adanya banjir, kita jadi memiliki ide untuk keliling kota dengan speedboat. Dengan adanya banjir, kita jadi memiliki ide untuk mengubah gerobak menjadi alat transportasi yang nyentrik. Perhatikan, betapa kreatifnya kita ketika banjir datang. Jika saja tak ada banjir, mungkin tak akan ada ide-ide unik semacam itu.

2. Menjadi Ajang Sosialisasi yang Baik

Ketika banjir, banyak sekolah yang mengizinkan muridnya untuk libur sekolah. Beberapa kantor pun mengizinkan karyawannya untuk cuti kerja. Hal semacam ini dapat membuat kita lebih banyak bersosial dengan orang-orang di sekitar kita. Belum lagi seusai banjir nanti, kita akan bergotong royong untuk membersihkan lingkungan. Ini juga menjadi salah satu ajang sosialisasi yang baik.

3. Mengingatkan Kita Untuk Mencintai Alam

Banjir juga bisa menjadi salah satu 'alarm' untuk mengingatkan kita agar tidak merusak lingkungan dengan cara menebang pohon atau membuang sampah sembarangan.

 

Jadi, sebenarnya positif atau tidaknya suatu kejadian bergantung pada sudut pandang kita sendiri, mau mengambil hikmahnya atau mau mengeluh saja.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Soimah - Oplosan


Opo ora eman duite
gawe tuku banyu setan
opo ora mikir yen mendem
iku biso ngrusak pikiran
ojo diteruske mendemme
mergo ora ono untunge
yo cepet lerenono mendemu
ben dowo umurmu

Ugo sawangen kae kanca kancamu
akeh sing podo gelempangan
ugo akeh sing kelesetan ditumpakke ambulan
yo wes cukupno anggonmu mendem
yo wes cukup anggonmu gendeng
yo mari mari o yo leren leren no
ojo diterus terusno

Tutupen botolmu tutupen oplosanmu
emanen nyowomu ojo mbok terus teruske
mergane ora ono gunane

Tutupen botolmu tutupen oplosanmu
emanen nyowomu ojo mbok terus teruske
mergane ora ono gunane

baca selengkapnya...

8 Kebiasaan Pria yang Tidak Disukai Wanita



Setelah beberapa waktu lalu sempat menulis artikel berjudul 'Kebiasaan Wanita yang Tidak Disukai Pria', kali ini saya akan menulis tentang beberapa kebiasaan pria yang tidak disukai wanita. Ternyata ada juga beberapa kebiasaan pria yang tidak disukai para wanita. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

1. Terlalu Sering Meminta Pendapat

Tentu saja, wanita tidak menyukai pria yang tidak tegas dan tidak mandiri. Wanita selalu mengidamkan pria yang gagah berani dan tegas dalam mengambil keputusan, bukan pria yang selalu bergantung pada orang lain.

2. Sibuk Sendiri

Wanita menyukai pria yang peduli terhadap orang-orang di sekitarnya. Wanita menyukai pria yang mampu membuat orang-orang di sekitarnya merasa lebih baik. Dan wanita tidak menyukai pria yang doyan berdiam diri di depan televisi untuk sekedar menonton acara sepak bola atau pria yang doyan nongkrong di depan komputer pribadinya hanya untuk sekedar chatting dengan teman atau main game.

3. Malas

"Rajin pangkal pandai."

Begitulah apa kata pepatah. Jika kata-kata tersebut kita olah kembali, maka dapat berubah menjadi:

"Malas pangkal bodoh."

Wanita mana yang menyukai pria bodoh?

4. Kuper

Jika Anda tak tahu apa itu kuper, kuper merupakan akronim dari kurang pergaulan yang artinya tidak mampu bersosial dengan baik. Lelaki yang ramah dan disukai banyak orang memiliki daya tarik tersendiri di mata para wanita. Sebaliknya, wanita tidak menyukai pria yang temannya sedikit dan tidak mampu bersosial dengan baik.

5. Manja

Tentu saja, wanita mana yang menyukai pria yang kemana-mana harus ditemani orangtua? Wanita mana yang menyukai pria yang kemana-mana selalu minta ditemani? Wanita mana yang menyukai pria yang manja?

6. Membiarkan Kumis dan Janggut Tumbuh Liar

Kumis dan janggut yang lebat mungkin akan terlihat pantas jika Anda sudah mulai memasuki kepala 6. Tetapi untuk seorang pria yang masih berumur 30 atau bahkan 20 tahun? Tentu tidak. Janggut dan kumis yang terlalu lebat pada pria yang berusia di bawah 60 tahun dapat memberikan kesan "tua" dan tidak maskulin.

7. Gaya Hidup Tidak Sehat

Wanita juga tidak menyukai pria yang gaya hidupnya tidak sehat. Contohnya: Rajin mengonsumsi makanan junk food, merokok, minum minuman beralkohol, jarang olahraga, terlalu banyak tidur, dan lain-lain.

8. Galau

Tentu, wanita menyukai pria yang penuh semangat dalam mengejar mimpi. Wanita menyukai pria yang penuh dengan optimisme. Dan wanita menyukai pria yang penuh dengan senyuman yang tulus. Bukan pria yang berwajah pucat, punggung bungkuk, dan wajah tertunduk setiap saat ....

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai 8 kebiasaan pria yang tidak disukai para wanita. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.