Kelebihan Buku Teks Ketimbang Ebook



Buku teks adalah tulisan yang dicetak pada sekumpulan kertas, disusun dan dirancang sedemikian rupa sehingga nyaman untuk dibaca, serta mengandung banyak informasi bagi manusia. Ebook adalah buku teks yang didigitalkan.

Kita tahu, ebook sudah lahir beberapa dekade lalu. Namun sayangnya, ebook masih kalah pamor ketimbang buku teks karena perangkat tambahan yang dibutuhkan harganya masih mahal. Namun sekarang, perangkat untuk membaca ebook semakin murah dan marak di pasaran sehingga perlahan-lahan popularitas ebook mulai menyusul buku teks.

Memang, ebook memiliki berbagai keunggulan ketimbang buku teks. Tetapi sebenarnya ada beberapa keunggulan buku teks yang sampai saat ini tidak dapat dikalahkan ebook. Apa sajakah keunggulan buku teks itu?

1. Memaksa Kita untuk Fokus

Masih ingat dengan cerita singkat saya di artikel berjudul '5 Kelemahan Ebook'? Ketika membaca ebook, acapkali konsentrasi kita terganggu karena datangnya berbagai notifikasi. Belum lagi perangkat di zaman sekarang sudah multifungsi sehingga menggoda iman para pembaca ebook untuk meninggalkan bacaannya dan segera bermain video game, mendengarkan musik, atau chatting. Lihat, dengan keadaan seperti itu, bagaimana kita mau fokus dan menghayati isi bacaan?

2.Teori Lebih Mendalam

Saya tidak tahu apakah karena memang saya membaca ebook gratisan atau apa, yang jelas banyak ebook nonfiksi yang teorinya kurang mendalam dan kurang 'greget'. Malah menyebalkannya lagi, ada ebook yang di akhir cerita hanya berniat untuk mempromosikan jasa. Dimana letak ilmu pengetahuan?

Saya akhirnya kembali menjajal buku-buku di toko buku. Dan ternyata ... teorinya sangat mendalam dan membuat mata saya lebih terbuka mengenai topik yang dibahas. Percaya tidak percaya, inilah pengalaman saya.

3. Berkualitas

Tidak hanya teorinya, tetapi juga tata bahasanya, teknik penyusunannya, dan bahkan rancangannya membuat saya lebih mudah menyerap teori yang ada. Untuk buku teks fiksi, saya belum pernah menemukan buku fiksi yang ceritanya aneh dan tidak berkualitas seperti ebook-ebook yang bertebaran di internet. Penerbitan buku harus melewati proses penyaringan kualitas dan editing sehingga saat diterbitkan nanti, buku sudah terjamin kualitasnya.

Bandingkan dengan ebook yang bertebaran di internet. Saya sulit membedakan ebook yang bagus dengan ebok yang abal-abal. Sering sekali saya mengunduh ebook fiksi, dan ternyata tata bahasanya acak-acakan dan alur ceritanya kesana kemari. Hmm ... apakah hal ini terjadi karena saya mengunduh ebook gratisan? Entahlah ....

4. Tidak Membutuhkan Perangkat Tambahan

Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar. Tentu saja, buku teks menggunakan media kertas sehingga tidak membutuhkan perangkat tambahan.

5. Dapat Dijadikan Hiasan

Menyusun dan menata buku-buku yang pernah kita baca adalah hal yang menyenangkan. Buku dapat dijadikan ornamen atau hiasan ruangan yang cukup menarik. Buku yang ditata di dinding atau di rak buku memberikan kesan hangat pada ruangan. Dan ternyata, buku-buku yang ditata di suatu ruangan juga akan membuat para tamu kagum dan cenderung segan pada Anda.

6. Tidak Mudah Hilang

Tentu, buku tidak mudah hilang. Coba bandingkan dengan ebook yang bisa sewaktu-waktu hilang karena media penyimpanannya terbanting, terserang virus, atau terkena konsleting listrik.

7. Tidak Menarik Perhatian Pencuri

Anda tidak perlu was-was jika membaca buku di tempat umum. Buku bukanlah barang yang mahal. Para pencuri pun tak akan mungkin berniat untuk mencuri buku Anda. Jadi, Anda benar-benar dapat menikmati bacaan dimanapun dan kapanpun Anda inginkan.

8. Ada Sensasi Membaca Buku

Salah satu hal yang sejauh ini belum bisa dilakukan ebook adalah memunculkan sensasi membaca buku yang seutuhnya. Disadari atau tidak, sensasi membaca buku jauh lebih asik ketimbang membaca ebook. Animasi sehebat apapun saya rasa belum bisa mengalahkan sensasi membaca buku teks.

9. Lebih Tahan Lama

Beberapa waktu lalu saya sempat menyaksikan sebuah acara menarik di saluran National Geogr*phic. Acara tersebut adalah merupakan sebuah penelitian di Amerika tentang media penyimpanan informasi apa yang paling tahan lama. Dan faktanya, informasi yang disimpan dalam bentuk media penyimpanan digital akan rusak hanya dalam waktu 30 tahun, sedangkan informasi yang disimpan dalam bentuk buku teks dapat bertahan hingga lebih dari satu abad. Menarik!

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa kelebihan buku teks ketimbang ebook. Intinya, buku teks masih jauh lebih unggul ketimbang ebook. Semoga bermanfaat!

Komentar