Apakah Fungsi Dari Cover Buku?


Tahukah kamu apa sebenarnya kegunaan cover buku? Apakah cuma sekedar hiasan atau pajangan semata? Hmm ... saya rasa cover buku memiliki kegunaan yang jauh lebih banyak daripada sekedar itu. Apa sajakah kira kira?

Penasaran? Yuk simak artikel mengenai apa sih gunanya cover buku di bawah ini!

Kegunaan cover buku
Cover Buku

Definisi Cover Buku

Cover buku atau sampul buku adalah pelindung isi buku yang berupa lembaran-lembaran. Cover buku juga berfungsi sebagai pengikat lembar-lembar buku agar tidak mudah lepas.

Fungsi Dari Cover Buku  

Sebenarnya cover buku memiliki beberapa fungsi dan kegunaan lain selain menarik perhatian calon pembeli. Apa sajakah kegunaan itu?
 

1. Untuk melindungi buku

 
Pada dasarnya cover buku sebenarnya diciptakan untuk melindungi buku agar kertas-kertasnya tidak mudah kusut dan tidak mudah rusak ketika ditaruh di tempat lembab. Tetapi seiring berkembangnya jaman dan IPTEK, cover buku mulai dialih fungsikan sebagai sarana menarik perhatian calon pembeli. Meski begitu, fungsi utama cover buku tidak lantas hilang begitu saja. Cover buku tetap berfungsi untuk melindungi buku dari kerusakan.
 

2. Untuk Menampilkan Ilustrasi Isi Buku

 
Cover juga ternyata berfungsi untuk menampilkan ilustrasi isi buku, terutama untuk buku fiksi. Ilustrasi ini akan membantu penulis menggambarkan imajinasinya tentang visualisasi cerita fiksi yang ia ciptakan. Alhasil imajinasi pembaca pun tidak akan melayang terlalu jauh.
 

3. Untuk Menjelaskan Genre Buku

 
Beberapa puluh tahun lalu, genre buku ditulis dengan kata-kata di bagian cover. Hal ini tentu tidak menarik dan membuat kita kesulitan memilah-milah buku yang berbeda genre. Dengan adanya cover, Anda akan lebih mudah membedakan yang mana buku horor dan yang mana buku anak-anak.
 

4. Untuk Meningkatkan Daya Tarik Buku

 
Tentu saja Cover buku saat ini digunakan juga sebagai alat marketing para penerbit. Cover buku yang indah dan menarik mata tentu saja akan lebih dipilih para calon pembaca di toko buku ketimbang buku-buku yang desain cover-nya kurang indah. 
 

5. Untuk Menyajikan Informasi Mengenai Buku

 
Ya, ternyata cover buku dijadikan alat para penerbit menyajikan informasi penting mengenai buku. Seperti judul buku, nama penulis, identitas penerbit, kode ISBN.

Kesimpulan

 
Cover buku memiliki fungsi lebih dari sekedar lapisan pelindung lembaran-lembaran buku. Sampul buku juga memiliki fungsi sebagai alat penyaji informasi buku, alat memperindah buku, hingga sebagai penampil ilustrasi buku.

Itulah dia beberapa fungsi dari cover buku. Kalau tertarik, yuk baca artikel lainnya mengenai buku berikut ini!

Komentar

  1. banyak sekali memang fungsi dari cover buku. tambahan sih. cover buku yang menarik juga bisa meningkatkan penjualan untuk buku itu sendiri. karena biasanya calon pembeli/pembaca cenderung lebih memilih buku dengan cover yang menarik daripada yang monoton. terimakasih.

    BalasHapus
  2. Makasih admin/kakak/mas/mbak atas penjelasannya. Saya izin jadikan refrensi ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)