5 Kegunaan Cover Buku

 


Sahabat Inspiratif: "Mas, saya kecewa dengan buku-buku zaman sekarang."
 
Saya: "Kenapa?"
 
Sahabat Inspiratif: "Ya gitu ... Saya udah berkali-kali ketipu cover buku."
 
Saya: "Ya, saya juga sering sih."
 
Sahabat Inspiratif: "Tuh kan, berarti cover buku di zaman sekarang sudah tidak ada gunanya lagi."
 
Saya: "...."
 

Ya, saya ingat apa kata orang tua saya dulu, "Kalo mau beli buku bagus, cari yang covernya bagus dan menarik, pasti buku itu ditulis oleh penulis terkenal dan diterbitkan oleh penerbit besar."
 
Sekarang, cover buku sudah tidak dapat menjadi jaminan kualitas lagi. Apakah itu artinya cover buku seharusnya ditiadakan saja? Tentu tidak.
 
Sebenarnya cover buku memiliki beberapa fungsi dan kegunaan lain selain menarik perhatian calon pembeli. Apa sajakah kegunaan itu?
 
1. Untuk melindungi buku
 
Pada dasarnya cover buku sebenarnya diciptakan untuk melindungi buku agar kertas-kertasnya tidak mudah kusut dan tidak mudah rusak ketika ditaruh di tempat lembab. Tetapi seiring berkembangnya jaman dan IPTEK, cover buku mulai dialih fungsikan sebagai sarana menarik perhatian calon pembeli. Meski begitu, fungsi utama cover buku tidak lantas hilang begitu saja. Cover buku tetap berfungsi untuk melindungi buku dari kerusakan.
 
2. Untuk Menampilkan Ilustrasi Isi Buku
 
Cover juga ternyata berfungsi untuk menampilkan ilustrasi isi buku, terutama untuk buku fiksi. Ilustrasi ini akan membantu penulis menggambarkan imajinasinya tentang visualisasi cerita fiksi yang ia ciptakan. Alhasil imajinasi pembaca pun tidak akan melayang terlalu jauh.
 
3. Untuk Menjelaskan Genre Buku
 
Beberapa puluh tahun lalu, genre buku ditulis dengan kata-kata di bagian cover. Hal ini tentu tidak menarik dan membuat kita kesulitan memilah-milah buku yang berbeda genre. Dengan adanya cover, Anda akan lebih mudah membedakan yang mana buku horor dan yang mana buku anak-anak.
 
4. Agar Bisa Dipajang di Toko Online
 
Ini adalah fungsi baru dari cover buku. Ya, toko online yang tengah merajalela ini juga ternyata mulai dilirik toko buku untuk membangun toko buku online. Apa yang bisa dipajang di toko buku online? Tentunya Judul Buku, Harga Buku, dan Cover Buku.
 
5. Sebagai Tanda Profesionalisme Penerbit
 
Ya, ternyata cover buku dijadikan indikator profesionalisme penerbit. Penerbit yang kurang bagus biasanya mendesain covernya dengan tidak begitu menarik. Sedangkan penerbit besar biasanya handal dalam urusan mendesain cover.
 

Demikianlah artikel saya kali ini tentang beberapa kegunaan cover buku selain sebagai sarana menarik perhatian. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.