7 Manfaat Menangis

 

Ketika sedih ataupun berduka, ada kalanya kita menangis. Bagi wanita, menangis dianggap hal yang wajar. Bagi pria, menangis dianggap cengeng. Meskipun begitu, menangis adalah cara tubuh kita mengekspresikan kesedihan.
 
Banyak orang menilai bahwa menangis itu tidak ada gunanya dan hanya membuang-buang energi saja. Padahal, menangis memiliki berbagai manfaat positif terutama untuk kesehatan kita. Apa sajakah manfaat tersebut?

1. Menjernihkan Penglihatan
 
Mungkin Anda pernah merasakan mata Anda kemasukan debu atau benda asing lainnya yang menyebabkan mata Anda mengeluarkan air mata. Ya, air mata berfungsi untuk membersihkan mata dari kotoran dan mencegah terjadinya iritasi. Ketika menangis, air mata yang keluar jauh lebih banyak ketimbang ketika mata kemasukan debu. Maka, secara otomatis mata kita akan bersih dan jarang terjadi iritasi. Alhasil penglihatan kita akan cenderung jernih karena bola mata bebas dari iritasi.

2. Mengeluarkan Racun di Mata
 
Masih tentang poin 1. Ketika menangis, air mata akan membersihkan bola mata dari berbagai zat-zat dan benda-benda yang mengganggu kesehatan mata. Tidak terkecuali racun yang terkandung pada debu atau pada uap air yang secara tidak sengaja masuk ke mata. Alhasil mata kita akan menjadi lebih sehat.

3. Mendekatkan Diri dengan Orang Lain
 
Saya menemukan fakta unik. Ternyata, menangis dapat menambah kedekatan kita dengan orang di sekitar kita.

4. Menyehatkan Jantung
 
Pernahkah Anda tertidur ketika tengah menangis? Tentu tidak, bukan? Anda harus berhenti menangis dulu agar bisa terlelap. Mengapa bisa begitu? Hal tersebut disebabkan karena ketika kita menangis, detak jantung kita dipaksa berada dalam kondisi normal. Akibatnya, kita sulit bersemangat, dan kita juga sulit terlelap. Namun dampak positifnya, jantung yang sering berada dalam kondisi normal akan cenderung sehat.

5. Membuat Rileks
 
Masih berhubungan dengan poin nomor 4. Ketika menangis, detak jantung kita cenderung berada dalam kondisi normal. Kondisi ini akan membuat kita terjaga, namun tetap rileks dan tenang.

6. Mencegah Depresi
 
Menangis ternyata merangsang tubuh untuk memproduksi hormon endorphin. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia dan mencegah terjadinya depresi.

7. Menguatkan Diri
 
Tentu saja, menangis membuat kita berpikir. Berpikir tentang bagaimana caranya keluar dari masalah, keluar dari kesedihan, dan mencegah terulangnya kesalahan yang sama di masa depan. Aktiitas berpikir semacam ini dapat membuat mental kita lebih kuat daripada sebelumnya.
 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat menangis bagi kesehatan fisik dan psikologis. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.