Bahaya Duduk Terlalu Lama

 



Mungkin Anda adalah seorang pekerja kantoran yang doyan berlama-lama di depan komputer. Atau mungkin Anda adalah seorang ahli pemrograman yang tidak bisa makan jika tidak duduk di depan komputer selama berjam-jam. Namun sekarang, mulailah berpikir untuk mengurangi aktivitas duduk terlalu lama. Mengapa? Karena terlalu banyak duduk terbukti tidak baik untuk kesehatan manusia.
 
Apa sajakah dampak negatif itu?
 
1. Menyebabkan Gangguan Tulang Punggung
 
Seringkali Anda duduk dengan posisi yang tidak sempurna. Dan Anda cenderung tidak menyadari hal itu karena terlalu larut dalam aktivitas yang tengah Anda kerjakan. Padahal, duduk dengan posisi yang tidak sempurna dapat menyebabkan gangguan terutama pada tulang punggung.
 
2. Memperlebar Pantat
 
Mohon maaf sebelumnya, tetapi ini memang salah satu fakta yang saya temukan. Ternyata, duduk terlalu lama dapat menyebabkan perubahan bentuk pantat menjadi lebih lebar. Ini juga termasuk dampak negatif, meskipun sebenarnya perubahan bentuk ini tidak akan mengganggu kesehatan Anda.
 
3. Penyebab Kanker
 
Berdiri ternyata bisa menjadi salah satu terapi ringan pencegah tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh. Jika Anda ingin mengurangi risiko terserang penyakit kanker, perbanyaklah berdiri.
 
4. Menyebabkan Diabetes
 
Duduk terlalu lama juga dapat memperlambat pembentukan hormon insulin yang berfungsi mengubah glukosa dalam darah menjadi glikogen (tenaga) di otot. Akibatnya, Anda yang duduk terlalu lama memiliki risiko terserang diabetes lebih tinggi ketimbang orang yang lebih banyak berdiri.
 
5. Menyebabkan Obesitas
 
Terlalu banyak duduk membuat lemak-lemak di tubuh kita tidak terbakar sehingga terjadi penumpukan lemak. Penumpukan lemak ini semakin lama akan menekan saluran pernapasan, pembuluh darah, saluran pencernaan, bahkan bila terlalu banyak, lemak ini akan menekan ke bagian kulit sehingga kulit menjadi melar dan bergelambir. Kejadian semacam ini disebut penyakit kegemukan atau obesitas.
 
6. Menyebabkan Kolesterol
 
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Penumpukan lemak di tubuh juga akan memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.
 
7. Menyebabkan Darah Tinggi
 
Berhubungan dengan kolesterol, penumpukan lemak yang terjadi pada pembuluh darah dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah. Akibatnya, jantung harus berdetak lebih cepat dari biasanya. Kondisi ini akan terus terjadi selama penyumbatan pembuluh darah masih ada. Bahkan jika pembuluh darah terus menyempit, detak jantung akan semakin cepat. Detak jantung yang tidak normal inilah yang memicu munculnya penyakit darah tinggi.
 
8. Menyebabkan Kematian
 
Setelah diabetes, obesitas, kolesterol, darah tinggi, dan kanker, maka risiko yang terakhir adalah kematian. Ya, sederet penyakit yang ditimbulkan oleh akibat terlalu lama duduk ini dapat menyebabkan kematian. Jadi mulailah hidup sehat dengan cara mengurangi aktivitas duduk atau menambah aktivitas berdiri.
 
 
Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.