7 Bahaya Sinar Matahari bagi Kesehatan Kulit



Beberapa waktu yang lalu, saya menulis artikel berjudul "Manfaat Cahaya Matahari bagiKesehatan Kulit". Dari artikel tersebut dapat kita simpulkan bahwa apabila kulit kita terkena paparan sinar matahari di luar pukul 10.00 - 16.00, kulit kita akan menerima banyak manfaat.

Namun, pertanyaan berikutnya adalah: "Bagaimana jika kulit kita terkena paparan sinar matahari antara pukul 10.00 - 16.00? Apa efek samping yang akan kita dapatkan?"

Dampak yang akan kita dapatkan jika terkena paparan sinar matahari antara pukul 10.00 - 16.00 memang cukup banyak, diantaranya:

1. Mengurangi Elastisitas Kulit

Sinar ultraviolet ternyata dapat menembus ke dalam kulit hingga ke jaringan lemak dan kelenjar elastin sehingga menyebabkan berkurangnya kekencangan kulit.

2. Menimbulkan Kemerahan pada Kulit

Tidak sedikit orang yang mengeluh kulitnya jadi kemerahan usai terkena paparan sinar matahari. Mengapa hal ini terjadi? Paparan sinar matahari dapat menimbulkan efek rasa terbakar pada kulit. Efek ini menyebabkan pembuluh darah menjadi melebar sehingga beberapa bagian tubuh yang terpapar sinar matahari menjadi kemerahan.

3. Memicu Kanker

Kelenjar melanosit memang berguna untuk memproduksi pigmen melanin yang menjadi hormon pengatur siklus tidur. Namun, jika kelenjar melanosit ini diproduksi secara berlebih, maka akan tumbuh sebuah sel kanker melanoma atau sel kanker kulit.

4. Menyebabkan Bintik Kecokelatan pada Kulit

Pigmen melanin yang diproduksi berlebih dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik kecokelatan pada kulit. Namun, tidak usah khawatir. Bintik-bintik cokelat tersebut bukan tanda-tanda penyakit serius.

5. Membuat Kulit Terasa Terbakar

Hampir semua orang pasti merasakan hal ini. Ya, ketika terpapar sinar matahari, kulit kita akan terasa terbakar. Apa penyebabnya? Sinar UVB ternyata dapat melepas kelenjar histamin pada kulit sehingga menimbulkan efek terbakar pada kulit.

6. Menyebabkan Kulit Mengelupas

Lepasnya histamin pada kulit juga ternyata dapat menyebabkan bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari menjadi kering dan mudah mengelupas.

7. Menyebabkan Peradangan

Selain menyebabkan munculnya rasa terbakar, kulit kering, dan kulit mengelupas, lepasnya histamin juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa efek samping terkena paparan sinar matahari. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.