Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan



Bersepeda memang aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain dianggap sebagai alat transportasi paling murah dan paling ramah lingkungan, sepeda juga memiliki efek yang baik untuk tubuh kita.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum melek akan manfaat-manfaat dari bersepeda. Buktinya, jalan-jalan besar di perkotaan masih dipadati oleh kendaraan berpolusi. Padahal, bersepeda memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi kita. Lantas apa sajakah manfaat-manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita bersepeda?

Manfaat untuk Otot

Gerakan mengayuh sepeda dapat membuat otot-otot kaki kita semakin kuat. Anak-anak yang terbiasa mengayuh sepeda akan terbebas dari penyakit polio.

Manfaat untuk Daya Tahan Tubuh

Gerakan mengayuh sepeda merupakan gerakan ringan yang dapat memacu antibodi sehingga tubuh Anda tidak rentan terserang virus penyakit.

Manfaat untuk Tulang

Gerakan mengayuh juga ternyata dapat membuat tulang menjadi kuat dan padat. Selain itu, gerakan mengayuh juga dapat membuat persendian menjadi lebih fleksibel.

Manfaat untuk Paru-Paru

Gerakan mengayuh dapat meningkatkan kemampuan pernapasan Anda. Selain itu, jika Anda bersepeda di tempat yang berudara bersih, Anda akan mendapatkan banyak oksigen yang membuat tubuh Anda menjadi lebih segar.

Manfaat untuk Jantung

Gerakan mengayuh juga ternyata merupakan salah satu olahraga ringan yang membuat jantung Anda tidak terlalu rileks namun juga tidak bekerja terlalu keras. Detak jantung yang stabil ini apabila dilakukan setiap hari dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit jantung hingga 50 %. Selain itu, jika Anda sudah terlanjur terserang penyakit jantung, aktivitas bersepeda merupakan aktivitas yang dapat mencegah terjadinya stroke karena bersepeda juga dapat menstabilkan tekanan darah.

Manfaat untuk Berat Badan

Kegiatan bersepeda dapat membantu Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Aktivitas bersepeda yang dilakukan secara rutin juga dapat menjadi aktivitas pencegah penyakit kolesterol karena dapat membakar tumpukan lemak di pembuluh darah.

Pencegahan Kanker

Terakhir, bersepeda dapat menjadi aktivitas pencegah penyakit kanker. Kanker yang dapat dicegah dengan cara bersepeda diantaranya: Kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus, dan kanker pankreas.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat kesehatan yang kita dapatkan apabila kita rutin bersepeda. Sangat bermanfaat bukan? Oleh karena itu, ayo kita bersepeda!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.