Manfaat Psikologis Bersepeda



Seperti yang sudah saya singgung pada artikel 'Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan', bersepeda merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat dan sangat menyenangkan. Jika Anda jeli, bersepeda ke kantor atau ke sekolah setidaknya sekali setiap minggu dapat menjadi solusi penghematan yang menyehatkan tubuh.

Selain memiliki dampak positif untuk kesehatan, bersepeda juga ternyata memiliki dampak positif bagi psikologis seseorang. Apa sajakah dampak positif tersebut?

1. Menghilangkan Depresi dan Meningkatkan Kebahagiaan

Aktivitas bersepeda dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon endorphin yang dapat menyebabkan hilangnya depresi dan meningkatnya kebahagiaan. Jadi, jika Anda sedang bersedih atau depresi akan sesuatu hal, bersepedalah! Niscaya beban pikiran Anda akan berkurang ….

2. Membuat Tubuh menjadi Lebih Rileks

Aktivitas semacam berjalan kaki dan bersepeda dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini merupakan dampak dari diproduksinya hormon endorphin dalam tubuh ketika bersepeda atau berjalan kaki.

3. Menambah Kemampuan Sosial

Berdiam diri di rumah adalah aktivitas yang buruk. Jika Anda ingin memiliki kemampuan sosial yang baik, sering-seringlah keluar rumah sehingga Anda dipaksa untuk menyapa orang yang Anda lewati. Jika Anda, masih canggung, bersepeda dapat menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kemampuan sosial Anda.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat psikologis yang akan kita terima apabila kita bersepeda. Sangat bermanfaat bukan? Jadi, ayo bersepeda!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.