Tips Menonton Sinetron



Mungkin Anda adalah pecinta sinetron yang setiap hari tak pernah mau kehilangan salah satu episodenya. Memang, menonton sinetron adalah salah satu aktivitas relaksasi usai kerja yang paling diminati oleh mayoritas orang Indonesia. Selain karena menghibur, sinetron juga mengandung banyak amanat yang dapat dipetik dari setiap episodenya.

Namun sayangnya, saat ini sinetron mulai berubah menjadi sebuah tontonan yang memperlihatkan karakter-karakter tidak baik seperti pemarah, keras kepala, dll. Mungkin bagi Anda hal itu hanyalah masalah sepele. Tetapi sebenarnya, tontonan seperti itu akan masuk ke alam bawah sadar Anda lalu mengubah perilaku Anda secara perlahan.

Lantas bagaimana caranya agar kita tetap bisa menikmati sinetron tanpa harus terkena dampak negatifnya? Berikut saya ringkas beberapa tips sehat menonton sinetron:

1. Lihat Kategori Penonton

Ketika menonton sinetron, Anda pasti pernah melihat tulisan A (Anak-Anak), BO (Bimbingan OrangTua), R (Remaja), dan D (Dewasa). Ketika menonton sinetron, perhatikan simbol-simbol tersebut. Berusahalah untuk mematuhi aturan tersebut.

2. Jangan Izinkan Anak

Memang, kini sudah banyak sinetron berkategori anak-anak di Indonesia. Ceritanya pun benar-benar menyorot kehidupan anak-anak. Namun, sebenarnya anak-anak tidak boleh diberikan banyak tontonan. Selain tidak baik untuk kesehatan mata mereka, menonton televisi juga akan membuat anak malas bergerak dan malas bersosial sehingga akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Oleh karena itu, jika berkenan, larang anak Anda untuk menonton sinetron. Anjurkan mereka untuk bermain di luar rumah dan bersosialisasi dengan anak-anak seusianya. Tetap di bawah pengawasan orang tua tentunya.

3. Batasi Waktu Menonton Sinetron

Belajarlah untuk mengurangi jam menonton sinetron. Apabila Anda terbiasa menonton sinetron sebanyak 3 judul dalam sehari, maka kurangilah menjadi 1 judul saja. Pastikan jam menonton sinetron Anda tidak melebihi jam olahraga Anda.

4. Jangan Jadi Prioritas

Anda tidak akan menjadi orang sukses jika terlalu banyak menonton sinetron. Maka dari itu, jika ada pekerjaan yang lebih penting dari sinetron, tinggalkan sinetron tersebut. Jangan pernah mengubah sinetron menjadi prioritas utama dalam hidup Anda.

5. Menonton Bersama Keluarga

Sesekali, Anda harus menonton sinetron bersama keluarga. Apa tujuannya? Ya, supaya Anda memiliki teman bicara sepanjang sinetron diputar sehingga Anda tetap sadar sedang berada di dunia nyata, bukan tenggelam di dunia sinetron yang kurang realistis.

6. Terasa Mengganggu? Tinggalkan!

Jika Anda mulai merasakan berbagai dampak negatif karena menonton sinetron, saatnya untuk pergi meniggalkan sinetron dan kembali menjadi sesosok manusia yang produktif dan bermanfaat bagi sesama.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai  tips menonton sinetron. Semoga Anda semua tidak terjerumus ke dalam cerita sinetron yang kurang mendidik. Salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.