9 Penyebab Kebotakan



Kebotakan menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup ramai dibicarakan orang. Memang, kebotakan tidak menyebabkan masalah yang serius pada kesehatan seseorang. Hanya saja, kebotakan dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya. Selain itu, kebotakan juga dapat menyebabkan seseorang tampak lebih tua.

Lantas sebenarnya apa sajakah faktor penyebab munculnya penyakit kebotakan ini?

1. Stres

Stres atau tekanan secara psikologis ternyata dapat memicu terjadinya kebotakan. Mengapa bisa begitu? Ketika sedang berada dalam kondisi stres, tubuh memproduksi hormon dengan tidak normal. Produksi hormon yang tidak normal ini dapat menyebabkan rambut kekurangan nutrisi sehingga mudah rontok dan memicu terjadinya kebotakan.

2. Infeksi

Kebotakan ternyata dapat disebabkan oleh infeksi kuman yang menyerang kulit kepala sehingga kulit kepala mengalami iritasi. Akibatnya, akar rambut menjadi tidak kokoh di dalam kulit kepala.

3. Pengaruh Obat

Obat-obatan semacam obat antidepresan, obat maag, obat pengencer darah, obat penurun kolesterol, obat radang sendi, pil KB, pil diet, dll ternyata ada diantaranya yang memiliki efek samping berupa kebotakan. Oleh karena itu, cerdaslah dalam memilih obat-obatan yang dijual di pasaran.

4. Makanan Berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak juga ternyata dapat menyebabkan terjadinya kebotakan. Mengapa bisa begitu?

Banyak mengonsumsi makanan berlemak ternyata dapat menyebabkan menempelnya plak-plak lemak pada dinding pembuluh darah sehingga aliran darah tidak dapat dialirkan secara maksimal. Jika darah tidak dialirkan secara maksimal, maka banyak sel-sel pada tubuh yang tidak mendapatkan asupan oksigen dalam kadar yang dibutuhkan. Salah satunya adalah sel-sel kulit kepala. Sel-sel kulit kepala yang kekurangan oksigen akan kesulitan untuk meregenerasi sel-sel rambut yang telah rusak sehingga terjadilah kebotakan.

5. Pola Makan Tidak Baik

Pola makan tidak baik dapat menyebabkan regenerasi sel menjadi tidak teratur. Regenerasi sel yang tidak teratur ini juga dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok lalu berujung pada kebotakan.

6. Makanan Tidak Bervariasi

Manusia membutuhkan berbagai jenis nutrisi yang harus terpenuhi setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia harus memakan makanan yang berbeda terus setiap saat. Jika makanan tidak bervariasi, sel-sel akan sulit untuk beregenerasi sehingga kulit kepala pun akan lebih cepat mengalami kebotakan.

7. Genetik

Faktor selanjutnya yaitu adalah faktor turunan. Ya, hal ini mungkin sudah menjadi rahasia umum. Genetik adalah faktor terkuat munculnya penyakit kebotakan. Jika Anda memiliki riwayat kebotakan, Anda harus memulai kebiasaan merawat rambut dengan bahan-bahan alami untuk memperlambat munculnya kebotakan.

8. Usia

Usia juga menjadi salah satu faktor munculnya kebotakan. Semakin tinggi usia seseorang, semakin besar potensi terjadinya kebotakan pada orang tersebut.

9. Rokok

Rokok dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah dan penyempitan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan oksigen tidak dapat beredar ke setiap sel dengan baik. Akibatnya, banyak sel-sel yang mati dan tubuh akan kesulitan meregenerasi sel-sel tersebut.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab munculnya penyakit kebotakan. Jadi, jika Anda masih memiliki rambut yang sehat, rawatlah. Namun jika Anda sudah terlanjur mengalami kebotakan, Anda tidak perlu kehilangan kepercayaan diri karena kebotakan tidak memengaruhi kinerja otak Anda maupun fisik Anda.

Semoga bermanfaat!

1 comments:

  1. Saat ini banyak sekali orang yang mengalami problem rambut rontok. Banyak cara yang mereka lakukan untuk perawatan rambut rontok.

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.