Pertolongan Pertama pada Korban Pendarahan



Pada suatu siang yang cerah, Anda tengah berjalan kaki di trotoar. Tiba-tiba saja terdengar suara benturan yang teramat keras yang mengagetkan Anda. Ya, terjadi kecelakaan antara sebuah truk dan sebuah sepeda motor. Anda melihat Sang Pengendara Motor terkulai lemas di tengah jalan dengan darah yang terus mengalir dari kakinya. Apa yang akan Anda lakukan?

Jangan menjauh. Dekati dan bantu orang tersebut untuk berjalan ke pinggir jalan. Jangan lupa, arahkan motor yang tergeletak di tengah jalan ke sisi badan jalan agar tidak mengganggu para pengguna jalan yang lainnya.

Setelah itu, mulai perhatikan pendarahan yang terjadi pada korban. Jika darah tampak merah gelap, pembuluh darah yang pecah adalah pembuluh darah vena yang mengangkut karbon dioksida dari organ-organ tubuh ke jantung. Pendarahan ini tidak terlalu berbahaya, bahkan bisa ditangani hanya dengan memasang perban pada korban.

Jika darah terlihat merah agak terang, pembuluh darah yang pecah adalah pembuluh darah arteri yang mengangkut oksigen dari jantung ke seluruh organ tubuh. Pendarahan ini termasuk berbahaya karena darah yang keluar adalah darah yang penting bagi tubuh dan mengalir sangat cepat. Jika dibiarkan, pendarahan ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat.

Lantas apa yang harus kita lakukan pada korban pendarahan ini?

  • Pastikan korban tidak terpapar sinar matahari.
  • Carilah kain. Tempelkan kain tersebut pada daerah yang mengeluarkan darah.
  • Tekan kain tersebut secara perlahan.
  • Tahan tekanan tersebut.
  • Meskipun kain tersebut sudah penuh dengan darah, jangan melepas kain tersebut. Tahan kain tersebut namun tambahkan kain lagi di atasnya.
  • Apabila pendarahan sudah mulai berkurang, ikat kain tersebut dengan perban.

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa teknik pertolongan pertama pada korban pendarahan. Jika teknik di atas tidak manjur atau Anda melihat gejala-gejala pendarahan yang serius sejak awal, segera bawa korban ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.