Tips Menghadapi Orang yang Sedang Marah



Memiliki sifat pemarah memang tidak baik. Selain mengganggu orang yang berada di sekitar kita, sifat marah juga biasanya akan mengganggu kesehatan kita sendiri.

Satu fakta menarik lagi, bahwa sebenarnya marah itu menular. Ketika kita berada di dekat orang yang marah, kita bukannya menjadi diam dan menurut, tetapi malah menjadi marah. Jika kita tidak dapat menahan emosi kita, kita akan membalas emosinya. Dan jika ini terjadi, pertengkaran tak dapat terelakkan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi pada kita, maka kita harus tahu bagaimana caranya menghadapi orang yang sedang marah. Bagaimana caranya? Mari kita simak pembahasannya:

1. Tenang

Seperti yang sudah saya singgung, ketika ada seseorang yang marah, maka kita akan ikut terbawa marah. Namun, jika sejak awal Anda sudah berkomitmen untuk menyelesaikan masalah, Anda harus belajar untuk melawan emosi tersebut. Anda harus tetap tenang dalam menghadapi orang yang sedang marah.

2. Senyum

Tips yang kedua adalah senyum. Senyum dapat membantu meredakan amarah seseorang. Oleh karena itu, pasanglah senyum untuk menghadapi orang marah.

3. Tanya

Tips yang ketiga adalah senyum. Tanyakan hal apa yang membuatnya emosi. Jangan lupa, gunakan suara yang lembut untuk menenangkan emosi orang yang sedang marah tersebut.

4. Dengarkan

Usai menanyakan masalah yang tengah dihadapi Si Pemarah, dengarkan cerita darinya. Perhatikan dengan jeli kejadian apa yang membuatnya marah. Ingat, Anda harus memasang senyum agar orang tersebut bersedia bercerita dengan gamblang apa masalah yang dihadapinya.

5. Satukan Pikiran Anda

Hal utama yang harus dilakukan untuk membantu orang yang sedang marah adalah posisikan diri Anda di tempat yang sama dengan Si Pemarah. Misalnya, jika Si Pemarah mengeluh soal hutang yang tak bisa dibayarnya, katakan saja padanya, “Saya juga pernah mengalami hal yang sama. Hutang memang membuat saya menjadi sulit mengendalikan emosi, tetapi saya sadar bahwa marah tidak akan melunasi hutang-hutang kita.”

6. Bantu

Jika Si Pemarah ini benar-benar mengalami masalah yang berat, Anda bisa membantunya dengan cara memberinya nasihat-nasihat sederhana dengan perlahan-lahan. Namun ingat, jika Anda ingin menasihati orang yang lebih tua dari Anda, jangan lupa untuk mengatakan, “Mohon maaf sebelumnya ....”.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips menghadapi orang yang sedang marah. Intinya, Anda harus tenang dan membantu orang tersebut keluar dari masalahnya sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

Komentar