Warna-Warna Feses Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatan



Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan yang tidak boleh disepelekan. Tanpa tubuh yang sehat, produktivitas Anda dalam bekerja dan berkehidupan tidak akan maksimal.

Ada banyak cara untuk mendeteksi penyakit, diantaranya melalui medical check up atau dengan menyediakan indicator-indikator kesehatan di rumah seperti alat pengukur tinggi badan, alat pengukur berat badan, termometer, dll.

Terlepas dari hal-hal tersebut, sebenarnya tubuh kita dan feeling kita adalah indikator kesehatan alami yang paling ampuh. Salah satu indikator kesehatan yang dapat kita gunakan adalah indikator warna feses. Ternyata, warna tertentu yang terlihat pada feses dapat mengindikasikan kesehatan kita sendiri. Tidak percaya? Baiklah, berikut beberapa warna feses dan artinya:

1. Warna Hitam

Jika feses Anda berwarna hitam, berarti Anda menderita gangguan pada alat pencernaan bagian atas, seperti kerongkongan, lambung, dan usus halus bagian atas.

2. Warna Merah

Warna merah yang muncul pada feses mengindikasikan bahwa Anda menderita gangguan pada alat pencernaan bagian bawah seperti usus besar dan rektum. Bisa jadi Anda tengah menderita radang usus besar atau Anda tengah menderita wasir.

3. Warna Abu-Abu

Warna abu-abu yang muncul pada feses mengindikasikan bahwa Anda menderita gangguan pada pankreas, liver, dan empedu. Jika feses Anda berwarna abu-abu selama beberapa hari atau beberapa minggu dan Anda merasakan tubuh Anda tidak sesehat biasanya, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Warna Hijau

Warna hijau pada feses biasanya berasal dari makanan dedaunan semacam bayam. Atau bisa juga berasal dari suatu makanan yang menggunakan pewarna makanan berwarna hijau dan ternyata tubuh Anda tidak dapat mencernanya dengan baik sehingga dibuang begitu saja melalui feses.

Jika Anda memiliki bayi yang fesesnya berwarna hijau, tidak perlu khawatir. Hal tersebut wajar saja terjadi pada bayi karena sistem pencernaannya belum begitu sempurna.

5. Kuning

Warna kuning pada feses berasal dari zat besi yang dikeluarkan usus besar. Usus besar terangsang untuk mengeluarkan zat besi karena terjadi terlalu banyak pemecahan haemoglobin (sel darah merah) oleh empedu untuk dijadikan bilirubin. Selain menyebabkan feses berwarna kuning, hal ini juga menyebabkan air seni Anda menjadi berwana lebih kuning juga.


Demikianlah artikel saya mengenai beberapa warna feses dan artinya. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.