5 Penyebab Terjadinya Penipisan Rambut



Rambut tipis memang membuat seseorang menjadi kurang menarik. Pada pasalnya, rambut tipis cenderung terlihat berwarna tidak cerah dan agak pudar. Hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Lantas sebenarnya apakah penyebab dari rambut tipis? Mari kita simak ulasannya:

1. Kurang Protein

Kurang protein dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok. Tubuh yang kekurangan protein akan menyerap protein yang berada di rambut sehingga rambut pun menjadi mudah rontok dan menyebabkan penipisan rambut.

2. Kesalahan dalam Menata Rambut

Teknik menata rambut yang salah juga dapat menjadi penyebab dari tipisnya rambut. Teknik menata rambut seperti apakah yang dapat menyebabkan penipisan rambut?

  • Menggunakan alat penata rambut yang mengubah suhu batang rambut (seperti alat pencatok rambut, dll) dalam waktu yang cukup lama;
  • Menyisir rambut dengan sisir yang kasar dan tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala;
  • Menyisir pada saat rambut masih basah;
  • Menggunakan bahan-bahan kimia untuk mempercantik rambut (seperti pewarna rambut) yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala.
3. Anemia

Anemia adalah penyakit kurangnya sel darah merah pada tubuh seseorang. Seperti yang kita tahu, sel darah merah mengikat oksigen lalu oksigen tersebut dikirimkan ke seluruh tubuh. Nah, jika kita kekurangan kadar sel darah merah pada tubuh kita, maka sel-sel pada tubuh kita pun akan kekurangan oksigen. Termasuk sel-sel kulit kepala. Sel-sel kulit kepala juga akan mengelupas terus menerus karena kekurangan oksigen. Apabila hal ini terjadi, satu-persatu rambut kita akan rontok dan menyebabkan penipisan rambut.

4. Genetik

Hal ini sepertinya sudah menjadi rahasia umum. Apabila kedua orang tua Anda memiliki rambut yang tipis, wajar bila Anda mengalami hal yang sama.

5. Stress

Ternyata stress juga memengaruhi kondisi rambut Anda. Stress atau tekanan yang Anda alami akan menyebabkan penurunan kesehatan pada diri Anda. Tidak hanya itu, sel-sel kulit kepala Anda akan lebih mudah mati jika Anda mengalami stress. Jika sel-sel kulit kepala Anda tidak sehat, maka rambut di kepala Anda juga akan lebih mudah rontok dan menyebabkan penipisan rambut.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab terjadinya penipisan rambut. Semoga wawasan Anda bertambah, Salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.