Tips Mencegah Ketombe



Ketombe memang bukan suatu penyakit serius yang dapat menyebabkan kematian, ketombe hanyalah butiran-butiran sel kulit mati yang berada di kepala. Hanya saja, jumlah ketombe yang terlalu banyak dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang karena orang tersebut akan terlihat jorok dan terkesan tidak menjaga kesehatan rambut.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips kepada Anda yang hingga saat ini masih memiliki kulit kepala yang sehat agar tidak menjadi berketombe. Apa sajakah tips-tips tersebut?

1. Gunakan Shampoo secara rutin

Gunakan shampoo secara rutin sehingga ketombe pun dapat teratasi. Selain itu, perhatikan juga jenis shampoo yang digunakan. Untuk pencegahan ketombe, ada beberapa jenis shampoo yang dianjurkan, yaitu:
  • Shampoo alami
 Shampoo alami ini bisa berupa shampoo yang mengandung minyak dari pohon teh alami. Namun jangan lupa, jaga asupan makanan Anda. Untuk pencegahan ketombe, saya sarankan perbanyaklah makanan yang mengandung zinc.
  •  Shampoo Antiketombe
 Di toko-toko sekarang banyak menjual shampoo-shampoo khusus untuk mencegah dan membasmi ketombe di kepala Anda. Gunakan shampoo tersebut untuk mengurangi ketombe Anda.
  • Shampoo yang Diresepkan Dokter
 Jika Anda masih ragu dengan shampoo alami atau shampoo antiketombe, saya sarankan Anda untuk berkonsutasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan memberikan shampoo khusus yang disesuaikan dengan kulit kepala Anda.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga akan membantu memperlancar aliran darah di kepala Anda. Jika aliran darah di kepala tidak terhambat, maka sel-sel kulit kepala tidak akan mudah mati. Dengan begitu, jumlah ketombe pun dapat dikurangi.

3. Berjemur

Luangkan waktu beberapa saat untuk berjemur. Kulit Anda tetap membutuhkan cahaya matahari untuk kesehatan kulit, tidak terkecuali kulit kepala Anda. Namun ingat, waktu berjemur yang disarankan adalah pada pagi hari (sebelum pukul 10 pagi).

4. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia untuk Mempercantik rambut

Berhati-hatilah saat menggunakan produk kecantikan rambut seperti gel dan lain-lain. Bahan-bahan kimia tertentu dapat meningkatkan kadar minyak di kulit kepala berlebih. Jika kulit kepala Anda memproduksi minyak di luar kewajaran, maka produksi ketombe pun akan meningkat.


Demikianlah artikel saya mengenai beberapa tips untuk mencegah ketombe. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.