11 Manfaat Mengonsumsi Telur Ayam



Telur ayam sudah menjadi makanan yang begitu familiar di telinga orang Indonesia. Meskipun harganya yang tidak murah, namun saya yakin bahwa peminat makanan yang satu ini tidak akan menurun karena manfaatnya yang begitu banyak. Apa sajakah manfaat tersebut?

1. Memicu Rasa bahagia

Telur ayam mengandung banyak zat yang bernama "Kolin". Kolin memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar dopamin, serotonin, nerophineprine, dan lain-lain. Zat-zat tersebut memiliki manfaat untuk menambah perasaan bahagia pada kejiwaan seseorang.

2. Memicu pertumbuhan sel-sel otak

Selain menambah perasaan bahagia pada seseorang, senyawa kolin yang terkandung pada telur ayam juga dapat membantu proses perkembangan otak manusia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

3. Memicu Pembentukan Otot

Mungkin Anda bingung ketika seorang binaragawan mengatakan bahwa telur adalah salah satu resep rahasia untuk mempercepat pembentukan otot. Hal ini memang benar. Mengapa bisa begitu? Jelas, telur ayam (terutama putih telur) kaya akan protein. Kadar protein yang tinggi inilah yang menyebabkan pembentukan otot semakin cepat. Hal ini tentu harus diimbangi dengan latihan otot yang cukup.

4. Membantu Perkembangan Otak Janin

Senyawa kolin yang terkandung pada telur ayam apabila dikonsumsi oleh seorang ibu yang tengah mengandung, maka senyawa tersebut akan bereaksi untuk membantu perkembangan otak janin yang tengah di kandungnya. Tidak hanya itu, senyawa kolin yang terdapat pada telur ayam juga dapat membantu perkembangan sel-sel janin yang sedang tumbuh sehingga dapat mengurangi risiko bayi cacat.

5. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Telur ayam mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu pertumbuhan rambut manusia. Jadi, mengonsumsi kuning telur ayam juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan manusia.

6. Menyehatkan Mata

Bagian kuning telur pada telur ayam mengandung senyawa karotenoid yang bermanfaat untuk mencegah penurunan fungsi penglihatan karena usia. Selain itu, senyawa karotenoid juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit katarak.

7. Penangkal Radikal Bebas

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, kuning telur mengandung senyawa pewarna kuning bernama karotenoid. Selain menyehatkan mata dan menurunkan risiko berbagai penyakit mata, senyawa ini juga bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh kita.

Selain manfaat-manfaat di atas, mengonsumsi kuning telur juga memiliki manfaat tambahan lainnya seperti:

8. Memperlancar Sirkulasi Tubuh;

9. Memperlancar Metabolisme;

10. Menambah Sistem Imunitas (Kekebalan Tubuh);

11. Memperbaiki dan Menambah Hormon;


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat mengonsumsi telur ayam. Semoga dapat mengurangi asumsi negatif Anda terhadap telur ayam, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.