Manfaat Mengonsumsi Telur Puyuh



Di kalangan masyarakat, telur puyuh masih dianggap sebagai makanan pelengkap. Padahal, kandungan-kandungan yang terdapat pada telur puyuh dapat dikatakan menyerupai atau bahkan lebih baik ketimbang telur ayam dan telur telur sejenisnya.

Namun beberapa tahun terakhir ini, kepopuleran telur puyuh meningkat. Hal ini disebabkan sudah mulai tingginya angka kesadaran masyarakat mengenai banyaknya manfaat yang akan kita peroleh jika kita secara rutin mengonsumsi telur puyuh atau menyajikan telur puyuh sebagai lauk pada makanan kita.

Jadi, sebenarnya apa sajakah manfaat yang akan kita peroleh jika kita mengonsumsi telur puyuh?

1. Telur puyuh mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun yang mengendap di bawah kulit sehingga membuat kulit kita menjadi lebih halus.

2. Telur puyuh mengandung zat antikanker.

3. Telur puyuh dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang menderita alergi telur. Bahkan apabila dikonsumsi dalam dosis yang tepat, telur puyuh dapat mengobati penderita alergi telur karena telur puyuh mengandung senyawa globulin dengan kadar yang rendah.

4. Telur puyuh mengandung lemak essential, yakni lemak yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Telur puyuh mengandung vitamin A, B1, B2, zat besi, dan potasium dengan kadar yang lebih banyak daripada telur ayam ataupun telur itik.

6. Telur puyuh mengandung senyawa lutein yang membantu memperlambat penuaan.

7. Bagian kuning telur pada telur puyuh mengandung senyawa lutein dan zeaksantin yang dapat meminimalisir risiko kerusakan mata akibat televisi.

8. Telur puyuh mengandung senyawa protein, mineral, lemak essential, dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kebugaran otak.

9. Telur puyuh mengandung kolin yang baik untuk menjaga kemampuan daya ingat seseorang. Untuk lansia, senyawa kolin ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki kemampuan memori yang sudah menurun.

10. Kandungan senyawa Kolin pada telur puyuh memiliki kandungan lebih banyak daripada senyawa kolin yang terdapat pada telur ayam.

11. Tidak hanya itu, senyawa kolin yang terkandung pada telur puyuh dapat menjadi asupan yang baik bagi perkembangan otak janin.

12. Pada ibu hamil, mengonsumsi telur puyuh dapat membantu pembentukan sel-sel janin sehingga risiko bayi cacat dapat diminimalisir.

13. Pada ibu menyusui, kandungan mengonsumsi telur puyuh dapat membuat ASI kaya akan kandungan kolin. Kandungan ini bermanfaat untuk mengoptimalkan otak bayi.

14. Fakta mengatakan bahwa telur puyuh mengandung 13,05 gr protein. Kadar ini lebih tinggi daripada kadar protein yang terdapat pada telur ayam.

15. Tidak hanya itu, kandungan protein pada telur puyuh merupakan protein yang mudah dicerna tubuh.

16. Suhu burung puyuh lebih tinggi ketimbang suhu ayam, sehingga ada jaminan bahwa telur puyuh terbebas dari virus salmonela.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat kesehatan yang akan kita peroleh jika kita mengonsumsi telur puyuh. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.