5 Kandungan Kuning Telur yang Bermanfaat bagi Kesehatan



Kuning telur dianggap sebagai salah satu faktor penyebab gangguan kesehatan karena mengandung kadar lemak yang tinggi. Tidak hanya itu, kuning telur selalu disebut-sebut sebagai faktor penyebab munculnya bisul dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Namun semua itu hanyalah mitos yang beredar di masyarakat. Memang, kuning telur menyebabkan berbagai penyakit. Tetapi hal itu hanya akan terjadi apabila kadar konsumsi kuning telur berlebihan.

Sebenarnya kuning telur mengandung berbagai kandungan bermanfaat yang tidak terkandung pada jenis makanan lain. Kandungan apa sajakah itu?

1. Karotenoid

Karotenoid adalah suatu zat yang bermanfaat bagi kesehatan mata kita. Zat ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penurunan penglihatan karena usia, mengurangi risiko penyakit katarak, dan membantu mencegah tejadinya kebutaan.

2. Klorin

Klorin adalah zat mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf manusia. Senyawa ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel-sel otak yang baru dan berperan aktif dalam menjaga keutuhan saraf otak, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya penurunan konsentrasi dan penurunan daya ingat.

Tidak hanya itu, senyawa klorin juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan janin dalam kandungan. Sehingga kuning telur baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

3. Kalsium

Ternyata kuning telur juga mengandung kalsium. Kalsium adalah zat yang sangat berguna untuk menambah kekuatan dan kepadatan tulang. Sehingga kuning telur juga dibutuhkan bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan agar anak bisa tumbuh tinggi secara maksimal.

4. Zat Besi

Zat besi adalah senyawa yang berfungsi untuk memperbaiki sel darah merah yang rusak. Apabila sel darah merah yang rusak diperbaiki, maka Anda akan mengalami peningkatan kemampuan otak, peningkatan kesadaran dan peningkatan kemampuan tubuh menangkal berbagai penyakit.

5. Fosfor

Fosfor adalah senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Sehingga kuning telur dapat dikatakan sebuah zat yang mampu menangkal tubuh dari serangan polusi udara yang mencemari tubuh kita.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa zat bermanfaat yang terkandung dalam kuning telur. Semoga dapat menghapus asumsi negatif Anda seputar kuning telur, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.