Apa yang Terjadi pada Tubuh Usai Berhenti Merokok?




Merokok disebut-sebut sebagai benda perusak kesehatan seseorang. Merokok tidak hanya menyebabkan penyakit pada Si Perokok, tetapi juga menyebabkan penyakit pada orang-orang di sekitarnya yang ikut menghirup asap rokok.

Atas dasar itulah banyak perokok menghentikan kebiasaan merokoknya. Apa yang mereka rasakan saat berhenti merokok? Tubuh yang lebih bugar? Tentu. Pikiran yang lebih segar? Tentu.

Sebenarnya apa yang terjadi di tubuh mereka? Mengapa mereka bisa merasakan kesegaran usai berhasil menghentikan kebiasaan merokok?

Beberapa saat setelah berhenti merokok ….

Tubuh Anda masih dipenuhi oleh asap rokok. Zat-zat yang terkandung pada asap rokok menyebabkan detak jantung Anda menjadi lebih cepat dari biasanya. Hal ini pula yang menjadi landasan mengapa Anda merasa lebih bergairah dan merasa lebih lega seusai merokok.

Tidak hanya itu, zat-zat yang terkandung pada asap rokok menyebabkan sel darah merah tidak menarik oksigen, melainkan menarik gas karbon monoksida (racun). Hal ini menyebabkan darah menjadi kental dan kehitaman. Darah yang kental menyebabkan kepekaan sistem saraf indra peraba dan indra penciuman Anda menurun.

20 menit usai merokok ….

Detak jantung Anda sudah kembali normal. Tidak hanya itu, kadar gas karbon monoksida yang menyebar di seluruh tubuh juga sudah mulai menurun dan digantikan oleh oksigen.

2 jam usai merokok ….

Kandungan nikotin pada asap rokok sudah mulai tidak beredar lagi di tubuh. Hal ini akan menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih hangat karena tubuh Anda sedang menjalani proses menstabilkan seluruh sistem.

12 jam usai merokok ….

Paru-paru Anda akan menjadi normal. Kadar oksigen dalam tubuh Anda akan meningkat menjadi berada pada kadar normal.

48 jam usai merokok ….

Sensitivitas indra Anda mulai kembali normal. Sehingga Anda akan merasakan tubuh Anda menjadi kembali peka terhadap rangsangan berupa bau maupun sentuhan.

72 jam usai merokok ….

Nikotin dalam tubuh sudah benar-benar hilang. Namun justru pada fase inilah tubuh Anda mengalami proses adaptasi yang tidak mengenakkan. Apa yang terjadi pada tubuh Anda? Anda akan merasakan candu Anda pada rokok semakin menjadi-jadi. Anda akan kurang mampu mengendalikan emosi Anda, dan Anda akan mengalami berbagai gejala gangguan kesehatan seperti pusing, mual-mual, dan lain-lain.

Namun hindari merokok! Justru malah pada fase inilah tubuh Anda sedang sibuk membersihkan diri dari racun-racun yang menempel pada tubuh Anda. Rasanya memang tidak enak, namun rasa tidak enak ini tidak akan berlangsung lama.

2 - 3 minggu usai merokok ….

Kinerja paru-paru Anda sudah meningkat. Anda sudah kembali normal. Anda akan merasakan tubuh Anda lebih segar dan lebih bugar dari sebelumnya.


Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk berhenti merokok. Apabila didasari oleh niat yang kuat, Anda pasti bisa berhenti merokok dan kembali merasakan sehat yang sesungguhnya.

Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.