Bahaya Mengonsumsi Telur Bebek



Anda suka mengonsumsi telur bebek atau yang biasa disebut telur asin? Bagaimana rasanya? Nikmat dan membawa segudang manfaat bagi kesehatan tubuh bukan?

Tetapi sepertinya mulai saat ini Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi telur bebek. Mengapa? Karena ternyata, cangkang tipis yang telur bebek miliki dapat membuat bakteri salmonella lebih mudah masuk dan mencemari isi 

Apa itu bakteri salmonella dan apa efeknya jika kita bakteri tersebut masuk ke tubuh kita?

Bakteri salmonella adalah bakteri jahat yang menjadi penyebab utama dari foodborne disease (penyakit yang disebabkan oleh makanan - biasanya menyebabkan penyakit  pencernaan). Bakteri ini biasa ditemukan pada telur ayam dan telur bebek.

Apa dampaknya apabila bakteri ini masuk ke dalam tubuh kita? Yang jelas kita akan mengalami berbagai penyakit pencernaan seperti diare, mual-mual, dan bahkan penurunan daya tahan tubuh karena tubuh tidak bisa menyerap gizi makanan dengan maksimal.

Kelemahan telur bebek yang satu ini memang tidak sebanding dengan berbagai manfaatnya. Namun, bakteri salmonella adalah bakteri yang cukup berbahaya bagi kesehatan kita secara keseluruhan karena bakteri tersebut menyerang sistem pencernaan yang sejatinya merupakan sumber masuknya berbagai zat dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Jadi, bagaimana solusinya?

Sederhana, bakteri salmonella akan mati apabila berada dalam lingkungan panas. Selalu pastikan bahwa telur bebek yang Anda konsumsi sudah matang. Kematangan telur dapat terlihat dari kepadatan kuning telur. Semakin padat, semakin matang telur tersebut.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai bahaya mengonsumsi telur bebek dan solusinya. Semoga dapat membuka wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.