Tips Berhenti Merokok



Berhenti merokok adalah salah satu kendala bagi para perokok. Berbagai alasan dilontarkan mulai dari sulitnya tidak merokok, sudah terlanjur kecanduan, dan berbagai keluhan lainnya. Hal tersebut lazim. Kandungan nikotin pada rokok menyebabkan para perokok merasa ingin merokok setiap saat.

Meski begitu, ada sebagian orang yang berhasil menghentikan kebiasaan merokok. Apa yang mereka lakukan? Mengapa mereka bisa berhenti merokok?

Baik, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu seputar beberapa tips berhenti merokok.

Sebelum Memulai ....

Sebelum memulai, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

  1. Kuatkan Niat

Tentu saja. Kekuatan niat adalah kunci dari kekokohan komitmen yang akan ada jalani. Kuatkan niat bahwa Anda akan berhenti merokok dan memulai hidup baru sebagai pribadi yang menganut gaya hidup sehat.

  1. Beritahu Rekan

Orang-orang di sekitar Anda harus tahu bahwa Anda akan menjalani sebuah komitmen berhenti merokok. Hal ini diperlukan agar muncul dukungan secara psikis dari orang-orang di sekitar Anda. Mereka akan memberikan Anda kesibukan baru, membantu menghindari para perokok merokok di dekat Anda, serta memberikan sugesti positif terhadap kesehatan Anda.

  1. Tetapkan Waktu

Meski berhenti merokok bukanlah pekerjaan kantor, tetapi Anda tetap membutuhkan deadline alias tenggat waktu. Tenggat waktu akan membuat Anda bersemangat menjalani komitmen yang satu ini.


Memulai ....

Sekarang saatnya Anda mulai menjalani komitmen yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Masih terasa berat? Berikut beberapa tips menjalani terapi berhenti merokok:

  1. Berhentilah Secara Bertahap

Mungkin Anda terbiasa merokok 5 batang perhari. Turunkanlah kadar tersebut setiap minggunya atau setiap bulannya. Dengan begitu, Anda tidak akan merasakan penyiksaan yang terlalu berat pada tubuh Anda.

  1. Hindari Hal-Hal yang Membuat Anda ingin Merokok

Berkumpul dengan perokok dan duduk di dekat etalase rokok adalah beberapa hal yang menyebabkan seorang perokok "teringat" akan rokok. Hal ini akan memicu timbulnya perasaan ingin merokok. Jika Anda sedang menjalani terapi berhenti merokok, hindarilah hal-hal tersebut.

  1. Sibukkan Diri

Mulailah membangun kebiasaan bersepeda menuju kantor setiap hari. Selain menyita waktu, olahraga ringan yang satu ini juga akan membantu Anda melupakan kebiasaan merokok. Tidak suka bersepeda? Anda boleh mencoba berbagai aktivitas rekreasional yang lain.

  1. Minum Air

Minum air putih dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan perasaan ingin merokok. Air putih mengandung oksigen yang membantu tubuh mengeluarkan racun penyebab munculnya rasa candu.

  1. Terus Berpikir Positif

Teruslah berpikir berbagai dampak positif yang akan Anda dapatkan apabila Anda berhenti merokok. Pikirkan juga berbagai dampak negatif yang akan terjadi pada kesehatan tubuh Anda jika Anda kembali merokok. Kemampuan Anda mengolah pikiran menjadi salah satu aspek penting dalam terapi berhenti merokok.


Berhasil .... ?

Rayakan! Segera rayakan keberhasilan Anda sekecil apapun. Merayakan sebuah proses kerja keras adalah salah satu cara agar Anda mampu bekerja lebih keras lagi.


Gagal .... ?

Tidak perlu depresi. Jika Anda sudah mencoba berbagai tips di atas namun tetap saja gagal, silakan konsultasikan diri pada dokter atau terapis. Penanganan medis adalah cara terakhir agar Anda dapat terbebas dari belenggu tembakau tersebut.


Demikianlah beberapa tips dari saya untuk berhenti merokok. Semoga berhasil, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.