7 Jenis Cokelat di Dunia



Jika ada yang bertanya, "Apa itu cokelat?" mungkin Anda akan menjawab, "Itu lho, yang bentuknya batangan, kotak-kotak, yang warnanya cokelat ....". Jawaban tersebut bisa saja benar, tetapi sebenarnya bukan itu definisi cokelat yang sebenarnya.

Cokelat adalah hasil olahan dari biji kakao, bisa berupa makanan ataupun minuman. Bentuk pengemasannya pun sebenarnya beragam, tetapi karena yang paling sering terlihat di toko-toko adalah cokelat batangan, maka orang mengira bahwa cokelat itu sudah pasti berbentuk batangan dan sudah pasti berwarna cokelat.

Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas beberapa variasi olahan cokelat yang sebenarnya sudah beredar di seluruh dunia, tetapi tidak begitu kita perhatikan.

Apa sajakah variasi-variasi tersebut?

1. Cokelat Tawar / Plain Chocolate

Plain Chocolate adalah jenis cokelat yang rasanya asli seperti buahnya, tawar. Plain chocolate hanyalah buah cokelat yang didinginkan dan dikeraskan. Biasanya plain chocolate dijadikan sebagai penghias makanan atau sebagai bahan baku pembuatan kue.

2. Cokelat Manis

Cokelat manis sebenarnya hampir sama dengan cokelat tawar. Hanya saja, cokelat ini diberikan tambahan berupa gula agar terasa manis. Produk ini juga ditambah dengan lemak cokelat agar sensasi "lumer di mulut"nya lebih terasa. Biasanya, cokelat manis digunakan untuk penghias makanan saja.

3. Courverture

Couverture adalah salah satu jenis cokelat yang terbaik. Lemak cokelat yang terkandung di cokelat couverture cukup tinggi sehingga memberikan sensasi cokelat yang lebih enak ketimbang cokelat biasanya. Biasanya produk ini dikemas menjadi berbagai jenis cokelat yang siap dikonsumsi, seperti cokelat batangan, cokelat cair, dan cokelat-cokelat siap konsumsi lainnya.

4. Cokelat Bubuk

Untuk jenis cokelat yang satu ini, saya yakin Anda sudah familiar. Ya, cokelat bubuk adalah cokelat yang produk akhirnya berupa butiran-butiran kecil seperti bubuk. Cara membuatnya yaitu dengan cara diambil lemak cokelatnya hingga cokelat menjadi sangat kering. Akibatnya, bubuk cokelat ini dapat menyerap air dengan cepat. Apabila bubuk ini bertemu dengan air bersuhu tinggi, maka kandungan cokelat akan langsung bercampur dengan air sehingga seketika air tersebut berubah menjadi rasa cokelat.

5. Cokelat Susu

Cokelat susu (milk chocolate) adalah salah satu produk cokelat yang juga populer. Cokelat susu memiliki sensasi yang tidak berbeda jauh dengan cokelat couverture, yakni dapat memberikan sensasi "cokelat lumer" di dalam mulut. Hanya saja perbedaannya, cokelat susu sudah dicampur dengan susu sapi. Sensasi kasein susu bercampur lemak cokelat dapat menimbulkan kenikmatan tersendiri di mulut kita.

6. Cokelat Hitam

Cokelat hitam tidak terlalu populer di Indonesia. Tetapi di luar negeri, cokelat hitam sama populernya dengan cokelat susu. Apa perbedaan antara cokelat hitam dengan yang lainnya? Cokelat hitam mengandung lebih banyak kafein ketimbang jenis-jenis cokelat yang lainnya. Jika kita mengonsumsi cokelat hitam, maka dapat menyebabkan tubuh kita mendadak bergairah. Tidak berbeda jauh dengan efek kopi.

7. Cokelat Putih

Cokelat yang satu ini adalah cokelat terunik. Bagaimana tidak, cokelat ini adalah satu-satunya jenis cokelat yang tidak berwarna cokelat.

Jadi, cokelat putih diproduksi dengan cara mengambil minyak yang terkandung dalam cokelat, lalu ditambahkan gula agar rasanya manis. Sudah.

Itulah sebabnya mengapa cokelat putih memiliki rasa yang sama dengan cokelat biasa, tetapi warnanya putih.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai 7 jenis cokelat yang ada di dunia. Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.