Astronomi, Masuk IPA atau IPS sih dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia?



Penulis: Arief Rizqiyanto Achmad



Bro, mau ikutan olimpiade apa nih?”

“Astronomi, bro!”

“Wah astronomi! Gampang dong, cuma tentang planet sama matahari aja materinya! Itukan pelajarannya IPS”

“IPS darimananya? Soal-soalnya malahan materi fisika sama matematika, bro!”

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ya, itulah kutipan percakapan antara saya dan teman saya dahulu saat kami masih duduk di bangku SMA. Dari judul dan percakapan di atas, mungkin Anda sudah bisa menebak apa yang akan saya bahas kali ini. 

Yap anda benar! Kali ini saya akan membahas astronomi.

Dari percakapan di atas pula Anda bisa menemukan sebuah konflik antara saya dengan teman saya mengenai kedudukan astronomi dalam mata pelajaran di sekolah. Mungkin bukan hanya kami saja yang memperdebatkannya. Anda juga mengalami hal yang sama.

“Astronomi tuh masuk ke pelajaran Ilmu sains atau Ilmu sosial sih?”

Yap, masalah ini cukup menarik untuk dibahas, pasalnya dalam kurikulum pendidikan Indonesia, Astronomi layaknya “gado-gado” karena dimasukkan ke dalam beberapa mata pelajaran berbeda sebagaimana yang dikemukakan teman penulis di fanspage Facebook Forum Astronom Amatir Indonesia bernama Muniif dan kali ini saya akan membahasnya berdasarkan pengalaman yang saya dapat saat masih berada di Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan kurikulum saat itu masih kurikulum KTSP 2006.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, astronomi layaknya “gado-gado” karena dalam kurikulum pendidikan di Indonesia astronomi berada di beberapa mata pelajaran berbeda. Mengapa? Baik, mari kita flashback kembali ingatan kita saat masih duduk di bangku SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, dan SMA/MA/Sederajat bagi Anda yang sudah melewati masa itu. Bagi anda yang sedang atau akan berada di tahap ini saya harap, artikel ini bisa menambah wawasan Anda.

Saat berada di bangku Sekolah Dasar, di kelas 5 atau 6, astronomi sebenarnya sudah mulai dipelajari saat itu. Astronomi saat itu masuk di mata pelajaran IPA. Materinya adalah pengenalan tata surya dan benda langit serta beberapa peristiwa astronomis seperti rotasi dan revolusi Bumi.

Lalu berlanjut saat berada di bangku Sekolah Menegah Pertama, tepatnya di kelas 9. Anda pasti mempelajari mata pelajaran IPA. Kala itu, astronomi kita pelajari di mata pelajaran tersebut. Materi yang dipelajari saat itu salah satunya tata surya beserta isinya serta peristiwa-peristiwa mengenai astronomi seperti gerhana bulan dan gerhana matahari.

Berlanjut lagi ke masa berikutnya, yaitu di Sekolah Menengah Atas, di kelas 10 dan belum  penjurusan saat itu. Materi astronomi muncul dalam mata pelajaran Geografi. Materi yang dipelajari adalah teori pembentukan tata surya, komposisi dan struktur matahari, bumi, dan benda-benda langit yang lain dan cukup banyak materi hafalannya.

Dari sini saya saat itu beranggapan bahwa di sinilah akarnya mengapa beberapa orang menganggap astronomi termasuk materi IPS. Hal tersebut disebabkan cukup banyaknya hafalan dan ditambah lagi dengan dimasukkannya materi tersebut kedalam mata pelajaran geografi yang termasuk rumpun mata pelajaran IPS. Juga ditambah lagi masa SMA adalah masa yang paling diingat dan dikenang oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sehingga tak ayal astronomi dianggap materi IPS.

Ketika Anda beranjak ke kelas 11 SMA di jurusan IPA, Anda akan menemui materi astronomi di mata pelajaran yang sangat disenangi anak-anak IPA, Fisika! Dalam mata pelajaran ini astronomi dipelajari di semua bab, contohnya kinematika, mekanika, usaha dan energi, momentum dan impuls, dan fluida. Tak hanya di kelas 11 saja, di kelas 12 pun astronomi masih dipelajari di mata pelajaran fisika, yaitu di bagian materi tentang efek doppler dan relativitas khusus.

Lain lagi apabila anda memilih jurusan IPS saat kelas 11 SMA. Materi astronomi tidak akan anda temui. Semua mata pelajaran yang ada dalam jurusan IPS, tak ada satupun materi yang menyinggung astronomi. Hal yang sama juga akan anda temui di kelas 12 jurusan IPS.

Dari sini, sudahkah Anda mendapatkan polanya? 



Melihat pola diatas, astronomi dalam ilmu sosial hanya mempelajari astronomi secara umum/kasarnya saja. Sedangkan dalam ilmu alam, astronomi dipelajari lebih mendalam. Sebagai contoh, bagaimana Bumi dapat mengelilingi matahari, bagaimana bintang dapat memancarkan cahaya, dan lainnya. Itu dipelajari lebih lanjut dalam ilmu alam. Tidaklah mengherankan karena hal tersebut dapat dijelaskan secara perhitungan dan angka.

Jadi, astronomi itu masuk ke rumpun IPA atau IPS? Pasti anda sudah mengetahui jawabannya.

Akhir kata, apabila anda bercita-cita menjadi seorang astronom profesional, masuklah ke Jurusan IPA (kurikulum KTSP 2006) atau peminatan MIA di SMA (kurikulum 2013) dan senangilah mata pelajaran hitungan seperti fisika, matematika, dan kimia. Lalu lanjutkan studi Anda ke Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan tersebut.



Sumber gambar:


sumber:
http://ktsp.files.wordpress.com/2006/11/geografi.pdf(Silabus Geografi kelas 10-12 SMA)

6 comments:

  1. wow mau dong kaka hihi

    ReplyDelete
  2. saya suka astronomi , tapi apa benar astronomi di bidang IPS ?

    ReplyDelete
  3. @Peri Bogel: Lebih ke arah IPA sebenarnya ... tapi IPS juga bisa, yang penting serius belajarnya.. hehe :) Salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. ane anak IPS tapi ane ngak takut sama matematika dan Fisika walaupun ane tidak mempelajari fisika ane sangat menyenangi pelajaran tersebut, ane belajar ilmu dilar jurusan pada waktu luang (Karena menuntut ilmu itu menyenangkan)
    walaupun ane anak IPS ane juga ngak mau kosong ilmu pengeahuan ane dalam hal teknik, fisika memanglah keren itu sebabnya ane tidak peduli seberapa rumit pelajaran tersebut, Belajar dari kesenangan bukan darai jurusan :)
    (Tidak semua anak IPS lemah dalam Matematika)

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya
    sekarang ane bias mengambil kesimpulan dari pertanyaan ini :)

    ReplyDelete
  6. Yah... Saya mau kuliah astronomi tapi masuk jurusan ipd

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.