Berapa Banyak Kita Boleh Mengonsumsi Cokelat?



Cokelat adalah salah satu makanan terfavorit di seluruh dunia. Rasanya yang nikmat dan menggugah selera menjadi salah satu alasan mengapa cokelat menjadi makanan yang cepat mendunia.

Tetapi di balik kenikmatannya, terdapat berbagai dampak yang akan kita terima bila kita terlalu banyak mengonsumsi cokelat. Hal tersebut disebabkan karena kandungan lemak yang tinggi dan disertai tingginya kadar gula.

Jadi, berapa banyak cokelat yang boleh kita konsumsi agar tubuh kita tetap sehat? Berikut saya jabarkan penjelasannya:

6 gram/hari = sehat

6 gram setara dengan sepotong kecil cokelat. Apabila Anda terbiasa mengonsumsi cokelat sebanyak 6 gram perhari, maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan seperti kesehatan jantung, dll. Anda tidak akan menerima dampak negatif apapun.

28 gram/hari = wajar

28 gram setara dengan 4 potong kecil cokelat. Apabila Anda mengonsumsi 28 gram cokelat perharinya, maka Anda masih dalam tahap wajar, artinya tidak akan menimbulkan efek samping. Tetapi konsumsi cokelat sebanyak ini tidak dianjurkan bagi Anda penderita alergi cokelat karena dapat memicu timbulnya reaksi negatif dari dalam tubuh.

50 gram/hari = kadar maksimal

50 gram setara dengan 9 potong cokelat kecil. Bagi Anda yang bertubuh sehat, jumlah ini adalah angka maksimal dari konsumsi cokelat. Bagi Anda penderita diabetes, kolesterol, dan penyakit jantung tidak dianjurkan mengonsumsi cokelat sebanyak ini. Dikhawatirkan risiko terjadinya stroke akan meningkat.

100 gram/hari = penyakit

100 gram cokelat mengandung 500 kalori. Kalori sebanyak ini dapat menyebabkan Anda mengalami obesitas dan peningkatan risiko stroke.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai batasan-batasan konsumsi cokelat. Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.