9 Tips Merawat Sepeda


Sumber gambar: www.sepedaku.org

Sumber Inspirasi - Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menulis artikel mengenai tips-tips membeli sepeda. Namun setelah menulis artikel tersebut, kembali muncul sebuah komentar baru,

"Bagaimana cara merawat sepeda agar awet?"

Ya, pertanyaan itu selalu muncul usai kita membeli sepeda baru. Sebenarnya, bagaimanakah cara merawat sepeda yang baik dan benar? Berikut saya rangkum poin-poin penting mengenai tips merawat sepeda.

1. Jika sepeda hendak disimpan dalam jangka waktu yang lama, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Ban sepeda jangan menyentuh lantai. Bagaimana caranya? Anda boleh menggantungnya di garasi Anda atau gunakan alat yang dapat "mengunci" sepeda dalam posisi vertikal di dinding.
  •  Perhatikan lokasi penyimpanan. Jangan menyimpan sepeda berbahan besi di tempat yang lembab karena dapat menyebabkan pengeroposan.
  •  Jika terpaksa menaruh sepeda di lantai dalam waktu lama, bungkuslah bagian roda sepeda dengan plastik atau sejenisnya agar roda sepeda Anda terbebas dari gigitan tikus.

2. Jangan mencuci sepeda dengan semprotan yang terlalu kuat. Semprotan air yang terlalu kuat dapat menyebabkan air masuk ke tabung besi sepeda, lalu terkurung di sana.

3. Bersihkan frame sepeda menggunakan sabun untuk mencuci motor atau mobil agar hasilnya maksimal.

4. Jika ban sepeda Anda penuh dengan lumpur, bersihkan menggunakan sikat lantai dan air secukupnya.

5. Cuci sepeda Anda secara rutin. Sepeda yang jarang dicuci akan mempercepat terjadinya karat pada bagian frame.

6. Bersihkan rantai sepeda menggunakan kuas. Anda juga boleh menggunakan pelumas agar untuk mengurangi risiko rantai macet di tengah perjalanan. Namun, hindari penggunaan minyak tanah karena minyak tanah justru akan mempercepat terjadinya karat.

7. Setiap usai mencuci sepeda, segera lap sepeda Anda menggunakan kain kering. Setelah itu goyangkan sepeda Anda ke kanan dan ke kiri untuk mengeluarkan air yang terkurung dalam komponen sepeda.

8. Jangan malas menggunakan standar. Standar diciptakan agar sepeda Anda dapat berdiri seimbang dan tidak mudah jatuh. Jika Anda terbiasa menaruh sepeda dengan cara disandarkan, tidak ada yang menjamin sepeda Anda akan terus seimbang. Sepeda yang disandarkan pada dinding memiliki risiko terjatuh lalu akan merusak frame.

9. Setiap komponen sepeda memiliki jangka waktu penggunaan. Ada komponen yang cepat rusak, ada juga komponen yang awet. Jadi, jangan sungkan untuk sisihkan gaji bulanan Anda secara berkala sebagai bentuk antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan sepeda.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips merawat sepeda. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.