Asal Mula Kata "OK"


http://www.todayifoundout.com

Saya: "Jangan lupa, batas akhir pengumpulan artikel tanggal 13 pukul 10 pagi ya.Harus udah dikirim ke  editor"

Penulis kontributor: "OK."

Rasanya agak rancu apabila kita mendengarkan percakapan seperti di atas. Selain karena terlalu pendek,  kata OK juga tidak jelas asal mulanya. Apakah itu bahasa Indonesia? Apakah itu bahasa asing? Apakah  itu bahasa serapan?

Baik, mari kita simak sejarahnya.

Kata "OK" mulai mencuat di berbagai negara pada abad 19. Pada saat itu, kata OK paling sering  terdengar di Skotlandia. Awalnya, orang Skotlandia memiliki kebiasaan mengatakan Och Aye, yang  artinya ya baik. Kata Och Aye ini kemudian melebur di lidah orang Skotlandia menjadi oke.

Lalu ternyata, kata OK juga menggaung di Yunani. Di Yunani, kata OK sebenarnya muncul dari bahasa  Yunani, ola kala, yang artinya ya baik. Namun 2 kata itu kemudian disingkat supaya pelafalannya  menjadi lebih mudah.

Cerita berikutnya datang dari Coctaw, yakni suku Indian yang berada di Amerika bagian tenggara. Di  Coctaw, kata OK muncul dari kata okeh yang artinya ya baik. Namun kata okeh ini dipermudah  pelafalannya menjadi OK saja.

Selain ketiga cerita di atas, ada pula sejarah yang mengatakan bahwa kata OK berasal dari bahasa  perancis, aux cayes, yang artinya ya baik. Lama-kelamaan kata aux cayes ini melebur menjadi OK.

Kemudian Afrika Barat pun mulai mengikuti tren kata ini dengan cara memasukkan kata OK ke dalam  bahasa mereka. Di sana, kata OK berarti ya benar.

Masih ada lagi. Pada tahun 1830, kata OK juga mencuat di seluruh benua Amerika. Di sana, kata OK  adalah merupakan singkatan dari Oll Korrekt. Oll Korrekt adalah plesetan dari kata all correct yang  artinya semuanya baik-baik saja.

Karena mencuatnya kata OK di berbagai negara, pada tahun 1840 partai demokrat Amerika  menggunakan kata ini untuk mempromosikan calon kandidat presiden bernama Old Kinderhook (OK).  Old Kinderhook adalah nama Amerika dari orang Belanda yang bernama Martin van Burren. Ya, supaya  orang tertarik memilih Martin, maka dibuatlah nama Amerika agar namanya mudah diingat orang  amerika.

Tidak hanya itu, selama masa kampanye Old Kinderhook, terbentuk sebuah klub bernama OK club. Kata  OK semakin membumi. Orang-orang semakin familiar dengan kata OK bahkan banyak yang  menggunakan kata ini untuk percakapan sehari-hari.

Membuminya kata OK ini juga sebenarnya dibantu oleh musisi-musisi dan penyanyi-penyanyi kelas  dunia yang memasukkan kata OK ke dalam lirik lagu yang mereka bawakan.


Hmm ... Ternyata asal mula kata OK ini menarik juga ya? Simak terus artikel-artikel menarik dan inspiratif lainnya di blog Sumber Inspirasi, OK?

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.