Bahaya Bersepeda bagi Kesehatan Pria



Bersepeda adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain karena biaya yang murah, bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang dapat dimasukkan ke dalam daftar kegiatan harian tanpa harus mengganggu aktivitas-aktivitas lain.

Meski banyak penggemarnya, olahraga populer yang satu ini ternyata memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita. Berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan akibat bersepeda antara lain:

1. Radang Prostat

Bersepeda dapat menimbulkan radang prostat. Biasanya hal ini disebabkan karena iritasi yang terjadi akibat panas yang timbul dari gesekan antara skrotum (tempat testis berada) dengan sadel sepeda.

2. Kencing Darah

Kencing darah juga merupakan penyakit yang dapat ditimbulkan akibat bersepeda. Mengapa bisa terjadi? Tentunya hal ini disebabkan karena ada pembuluh darah bernama Perineum (yang terletak pada bagian bawah skrotum) yang tertekan oleh sadel sepeda dalam jangka waktu yang lama sehingga memicu terjadinya kerusakan pembuluh darah.

3. Impotensi

Impotensi atau gangguan ereksi juga merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan  akibat bersepeda. Penyakit yang satu ini disebabkan akibat pembuluh darah perineum yang tertekan oleh sadel sepeda dalam jangka waktu lama sehingga peredaran darah ke arah penis menjadi terhambat. Gejala awal yang timbul biasanya adalah perasaan mati rasa pada area skrotum.

4. Sulit Buang Air Kecil

Sulit buang air kecil juga menjadi salah satu dampak dari bersepeda. Kurangnya aliran darah ke penis menjadi salah satu faktor pemicu sulit buang air kecil.

5. Inkontinesia

Inkontinensia adalah sebuah penyakit berupa buang air kecil dalam volume kecil namun berlangsung secara berulang-ulang. Inkontinensia dapat juga diakibatkan karena bersepeda karena kurangnya aliran darah ke penis.


Kelihatannya mengerikan bukan? Meski begitu, saya punya beberapa tips-tips sehat bersepeda agar Anda dapat bersepeda tanpa rasa was-was lagi. Apa sajakah tips-tips itu?

Saya akan ulas di artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

Komentar