Jenis-Jenis Sepeda yang Ada di Dunia



Sumber gambar: www.cikarangonline.com
Sumber Inspirasi - Akibat munculnya isu global warming, perlahan-lahan sepeda menjadi tren transportasi baru. Selain itu, banyak orang yang beralih menggunakan sepeda karena lebih sehat dan lebih hemat ongkos.

Banyak pula orang yang hingga kini masih saja enggan beralih menggunakan sepeda karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah karena mereka tidak tahu sepeda jenis apa yang harus mereka beli.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang jenis-jenis sepeda yang ada di dunia. Ada berapa jenis sepeda di dunia?

1. Sepeda gunung


Sumber gambar: www.vivacycle.com

Sepeda gunung adalah sepeda paling tren saat ini. Penggunaannya yang mudah dan bentuknya yang modern menjadi alasan terbesar mengapa orang-orang lebih memilih untuk membeli sepeda yang satu ini. Meski begitu, secara fungsional sebenarnya sepeda jenis ini diciptakan khusus untuk mendaki gunung, bukan untuk aktivitas sehari-hari.

2. Sepeda Lipat

Sumber gambar: www.pedalsepedaku.wordpress.com


Sepeda lipat merupakan sepeda jenis baru yang popularitasnya sedang naik daun. Sesuai namanya, sepeda lipat adalah sepeda biasa yang bisa dilipat-lipat hingga bentuk paling sederhana. Keuntungannya, sepeda jenis ini dapat dengan mudah Anda jinjing kemanapun Anda pergi, bahkan Anda dapat membawanya ke dalam kereta tanpa harus mengganggu kenyamanan orang lain.

3. Sepeda Ontel

Sumber gambar: www.radiotegal.com


Sepeda ontel adalah sepeda pertama yang masuk ke Indonesia. Sepeda ontel adalah sepeda kolonial belanda yang kemudian bertransformasi menjadi sepeda rakyat pada tahun 1940-an. Seiring berjalannya waktu, sepeda ini semakin langka. Semakin langka, sepeda tua ini justru semakin dicari karena bahannya yang sangat kokoh, bentuknya yang nyentrik, dan kenyamanan yang tinggi. Sekarang, sepeda ontel kembali menjadi tren baru di kalangan masyarakat Indonesia. Orang-orang yang menggunakan sepeda ontel memiliki karisma tersendiri saat menggunakannya.

4. Sepeda BMX

Sumber gambar: www.sepedabmx.info


Sepeda BMX merupakan singkatan dari Bicycle Moto-Cross. Sepeda ini berukuran sedang dan biasa digunakan untuk atraksi dan untuk pertunjukan.

5. Sepeda Kota

Sumber gambar: Lihat.co.id


Sepeda kota biasa disebut pula citybike. Sepeda ini berbentuk seperti sepeda ontel tetapi dengan desain yang diperbarui dan lebih modern. Biasanya bagian belakang sepeda ini diisi dengan jok kecil atau bagasi. Sedangkan bagian depan biasanya dihiasi dengan keranjang.

6. Sepeda Angkut

Sumber gambar: www.cakrawalaindah.wordpress.com


Sepeda angkut adalah sepeda yang didesain khusus untuk mengangkut barang. Biasanya, sepeda ini menggunakan bahan yang kokoh dan sangat awet. Salah satu jenis sepeda angkut yang terkenal adalah sepeda kumbang.

7. Sepeda Balap

sumber gambar: www.sepedalovers.wordpress.com


Sepeda balap adalah sepeda yang dirancang khusus untuk kecepatan. Rantainya berbeda, cara kerjanya berbeda, bahkan desain pengangan (handler) berbeda. Sepeda jenis ini mampu menempuh jarak yang lebih jauh dalam satu kali kayuhan.

8. Sepeda Motor

Sumber gambar: www.edorusyanto.wordpress.com


Sepeda motor adalah sepeda yang bergerak menggunakan tenaga motor. Sepeda jenis ini juga merupakan salah satu jenis sepeda yang populer karena dianggap efisien. Meski begitu, sepeda jenis ini tidak mendukung gerakan anti-global warming karena emisi gas karbon yang dihasilkan cukup tinggi.

9. Sepeda Mini

Sumber gambar: http://lh3.ggpht.com


Sepeda mini adalah sepeda dengan ukuran kecil. Sepeda jenis ini biasanya digunakan untuk atraksi sirkus atau sulap. Selain itu, ada juga sepeda mini yang biasa digunakan anak-anak untuk belajar mengendarai sepeda, contohnya sepeda roda tiga.

10. Sepeda Fixie

sumber gambar: fixiestudio.com


Sepeda fixie adalah sepeda yang populer baru-baru ini. Ya, sepeda ini sebenarnya merupakan variasi dari sepeda gunung. Hanya saja, sepeda ini memiliki desain yang lebih modern dan casual. Sepeda ini dirancang khusus untuk anak muda. Satu lagi, ciri khas yang paling menonjol dari sepeda fixie adalah tidak adanya rem tangan. Lantas bagaimana cara mengeremnya? Anda bisa kayuh sepeda ke arah yang berlawanan, gerak sepeda pun akan melamban.


Demikianlah ulasan saya kali ini mengenai jenis-jenis sepeda yang ada di dunia. Anda mau pilih yang mana?

Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

Komentar