Sejarah Sepeda Ontel



Sumber gambar: www.indonetwork.co.id
Sumber Inspirasi - Sepeda ontel adalah salah satu jenis sepeda yang digemari banyak orang. Ya, sepeda ontel sebenarnya hanyalah sepeda tua, tetapi justru karena desainnya yang berkesan tua, penggemar ontel semakin bertambah. Baik di kota maupun di desa, sepeda ontel adalah tren dengan pasar tersendiri.

Akan tetapi, tahukah Anda bagaimana awal mula kemunculan sepeda antik ini? Siapa penciptanya? Mengapa terkenal?

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cerita mengenai bagaimana awal mula kemunculan sepeda ontel.

Sepeda ontel adalah jenis sepeda yang sudah digunakan sejak abad 19. Diciptakan pada tahun 1910 di Eropa, sepeda ontel langsung mendunia dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun. Kemudahan berkendara plus kekokohan bahan menjadi salah satu alasan mengapa sepeda ontel dapat mendunia dengan cepat.

Pada tahun 1920, para kolonial Belanda mulai membawa sepeda ontel ke Indonesia untuk transportasi mereka. Perlahan-lahan, sepeda ontel mulai dimiliki oleh para konglomerat Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, harga sepeda ontel semakin merakyat. Rakyat Indonesia yang bukan kaum konglomerat pun bisa membeli sepeda ontel. Seketika, sepeda ontel menjadi ciri khas batavia dan berbagai wilayah lainnya.

Namun ternyata sepeda ontel tidak selamanya berjaya. Pada tahun 1970, muncul sepeda jenis baru, yakni sepeda jengki yang desainnya lebih ergonomis. Kemunculan sepeda jengki membuat sepeda ontel tersingkir dalam waktu singkat.

Kemudian, pada tahun 1980 muncul sepeda jenis baru dengan desain yang jauh lebih modern dan keren, yakni sepeda gunung. Popularitas sepeda jengki langsung merosot, dan pada masa itu sepeda ontel sudah tidak dianggap sepeda keren lagi. Sepeda ontel malah dianggap barang rongsok yang hanya dipakai oleh orang desa.

Karena hanya dipakai oleh orang desa, jumlah sepeda ontel di seluruh dunia menurun drastis. Karena turunnya jumlah sepeda ontel dan tidak adanya pabrik yang memproduksi sepeda jenis tersebut, maka mulai tahun 2000 orang-orang kembali mengejar sepeda ontel.  Alasannya? Tentu karena desain sepeda yang super antik dan disertai bahan yang kokoh.

Kini, sepeda ontel kembali menjadi tren. Orang-orang yang memiliki sepeda ontel memiliki karisma tersendiri saat memakainya. Tidak hanya itu, keergonomisan sepeda ontel yang lebih baik ketimbang sepeda gunung juga menjadi alasan mengapa orang-orang zaman sekarang ingin memiliki sepeda ontel.


Ternyata sejarah sepeda ontel menarik juga ya?

Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.