Tips Jitu Menghadapi Dosen yang Galak


Sumber gambar: http://harufuchi.blogspot.com

Sumber Inspirasi - Salah satu keluhan yang sering saya dengar dari mulut para mahasiswa adalah sulitnya mendapatkan nilai baik. Ya, kehidupan kuliah berbeda dengan kehidupan sekolah. Saat sekolah, mungkin kita cenderung mendapatkan nilai konstan karena jumlah pesaing yang sedikit dan tidak ada standard kompetensi yang tinggi.

Ketika kuliah, nilai-nilai yang kita dapat cenderung fluktuatif. Dan alasan yang paling umum dilontarkan mahasiswa adalah,

"Dosennya galak"

Apakah Anda setuju?

Saya tidak.

Beberapa kali saya membaca kumpulan informasi di internet mengenai dosen yang galak dan tips-tips menghadapinya, namun saya tidak begitu setuju dengan argumen-argumen mereka. Mengapa? Karena mereka menganggap bahwa mendapatkan dosen yang galak adalah sebuah bencana. Padahal tidak.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips-tips jitu menghadapi dosen yang galak.

1. Fokus

untuk menghadapi dosen yang "khusus", maka Anda harus bertingkah laku "khusus" juga. Fokuslah pada setiap kata-kata yang dilontarkan Sang Dosen. Fokus yang baik memungkinkan Anda lebih cepat memahami karakter beliau. Anda akan lebih cepat memahami siapa beliau, bagaimana beliau, dan apa yang diinginkan beliau.

2. Berprasangka baik

Bangun prasangka baik Anda sekuat mungkin. Percayalah bahwa segalak apapun dosen, pasti sebenarnya ia menginginkan kita menjadi pribadi bermental kuat dan memiliki kemampuan hebat. Percayalah bahwa dosen galak tersebut adalah utusan dari Tuhan yang diturunkan ke bumi khusus untuk menghebatkan Anda.

3. Rajin

Ya, rajin, bukan pintar. Dosen segalak apapun akan luluh hatinya jika bertemu dengan mahasiswa yang rajin mengerjakan tugas dan patuh pada apa yang diperintahkan. Sekali lagi, Anda tidak perlu pintar.

4. Pelajari teknik berkomunikasi yang baik

Salah satu teknik yang banyak dilupakan adalah teknik berkomunikasi. Padahal teknik ini penting bagi siapapun. Mengapa? Karena kemampuan berkomunikasi yang baik dapat mengubah sifat seseorang. Ya, Anda dapat mengendalikan emosi orang lain hanya dengan mempelajari teknik berbicara yang baik.

5. Jangan melakukan kesalahan di awal pertemuan

Ya, melakukan kesalahan di awal pertemuan dapat memengaruhi pendapat dosen tersebut terhadap Anda di masa depan. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan simak artikel saya, Think Again - Taubat.


Demikianlah artikel saya mengenai tips-tips jitu menghadapi dosen yang galak. Semoga berhasil, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.