Lirik Lagu Afgan – Jodoh Pasti Bertemu


Andai engkau tahu
Betapa ku mencinta
Selalu menjadikanmu
Isi dalam doaku
 
Ku tahu tak mudah
Menjadi yang kau pinta
Ku pasrahkan hatiku
Takdir kan menjawabnya
 
Reff:
Jika aku bukan jalanmu
Ku berhenti mengharapkanmu
Jika aku memang tercipta untukmu
Ku kan memilikimu
Jodoh pasti bertemu
 
Andai engkau tahu
Betapa ku mencinta
Ku pasrahkan hatiku
Takdir kan menjawabnya
 
*Back to Reff
 
Jika aku (jika aku) bukan jalanmu
Ku berhenti mengharapkanmu
Jika aku memang tercipta untukmu
Ku kan memilikimu
 
(Jika aku bukan jalanmu)
Ku berhenti mengharapkanmu
Jika aku memang tercipta untukmu
Ku kan memilikimu
Jodoh pasti bertemu


baca selengkapnya...

5 Kegunaan Cover Buku

 


Sahabat Inspiratif: "Mas, saya kecewa dengan buku-buku zaman sekarang."
 
Saya: "Kenapa?"
 
Sahabat Inspiratif: "Ya gitu ... Saya udah berkali-kali ketipu cover buku."
 
Saya: "Ya, saya juga sering sih."
 
Sahabat Inspiratif: "Tuh kan, berarti cover buku di zaman sekarang sudah tidak ada gunanya lagi."
 
Saya: "...."
 

Ya, saya ingat apa kata orang tua saya dulu, "Kalo mau beli buku bagus, cari yang covernya bagus dan menarik, pasti buku itu ditulis oleh penulis terkenal dan diterbitkan oleh penerbit besar."
 
Sekarang, cover buku sudah tidak dapat menjadi jaminan kualitas lagi. Apakah itu artinya cover buku seharusnya ditiadakan saja? Tentu tidak.
 
Sebenarnya cover buku memiliki beberapa fungsi dan kegunaan lain selain menarik perhatian calon pembeli. Apa sajakah kegunaan itu?
 
1. Untuk melindungi buku
 
Pada dasarnya cover buku sebenarnya diciptakan untuk melindungi buku agar kertas-kertasnya tidak mudah kusut dan tidak mudah rusak ketika ditaruh di tempat lembab. Tetapi seiring berkembangnya jaman dan IPTEK, cover buku mulai dialih fungsikan sebagai sarana menarik perhatian calon pembeli. Meski begitu, fungsi utama cover buku tidak lantas hilang begitu saja. Cover buku tetap berfungsi untuk melindungi buku dari kerusakan.
 
2. Untuk Menampilkan Ilustrasi Isi Buku
 
Cover juga ternyata berfungsi untuk menampilkan ilustrasi isi buku, terutama untuk buku fiksi. Ilustrasi ini akan membantu penulis menggambarkan imajinasinya tentang visualisasi cerita fiksi yang ia ciptakan. Alhasil imajinasi pembaca pun tidak akan melayang terlalu jauh.
 
3. Untuk Menjelaskan Genre Buku
 
Beberapa puluh tahun lalu, genre buku ditulis dengan kata-kata di bagian cover. Hal ini tentu tidak menarik dan membuat kita kesulitan memilah-milah buku yang berbeda genre. Dengan adanya cover, Anda akan lebih mudah membedakan yang mana buku horor dan yang mana buku anak-anak.
 
4. Agar Bisa Dipajang di Toko Online
 
Ini adalah fungsi baru dari cover buku. Ya, toko online yang tengah merajalela ini juga ternyata mulai dilirik toko buku untuk membangun toko buku online. Apa yang bisa dipajang di toko buku online? Tentunya Judul Buku, Harga Buku, dan Cover Buku.
 
5. Sebagai Tanda Profesionalisme Penerbit
 
Ya, ternyata cover buku dijadikan indikator profesionalisme penerbit. Penerbit yang kurang bagus biasanya mendesain covernya dengan tidak begitu menarik. Sedangkan penerbit besar biasanya handal dalam urusan mendesain cover.
 

Demikianlah artikel saya kali ini tentang beberapa kegunaan cover buku selain sebagai sarana menarik perhatian. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Think Again – Burung Beo



Beberapa waktu lalu, saya sempat berkunjung ke rumah nenek saya di luar kota. Ia tinggal di tengah kota besar. Saya pikir orang yang tinggal di kota besar pasti rumahnya biasa saja. Ternyata, rumah nenek saya ini memiliki taman di belakang rumah yang cukup luas dan berhasil membangun nuansa perkampungan.
 
Pandangan saya mulai beralih ke sudut taman. Di sana ada kolam ikan dan di dekat situ terlihat ada seekor burung yang kaki kirinya dirantai. Setelah agak lama menelaah, saya menyimpulkan bahwa itu adalah seekor burung beo.
 
"Suka burung?" tanya Oom saya tiba-tiba.
 
"Eh ... Emm ... Gak juga."
 
"Kenapa? Melihara burung kan asik."
 
"Asik apanya?" tanya saya.
 
Oom saya tersenyum kecil, lalu berjalan perlahan mendekati sudut taman. "Lihat nih ...."
 
Saya ikut mendekat ke sudut taman.
 
"Hai, halo! Hai, halo! Hai, halo!" Oom saya mengajak bicara burung beo tersebut. Tak lama .....
 
"Hai, halo! Hai, halo! Hai, halo!" burung beo tersebut mengikuti cara bicara Oom saya. Oom saya lantas tersenyum, lalu mengajak saya menjauh dari ujung taman.
 
"Asik kan? Kayak perekam suara gitu.", ucapnya. Saya memasang wajah datar.
 
"Yah, Oom, anak SD juga tau kalo beo kerjaannya ngikutin omongan orang."
 
"Yeh, kamu ini. Bukan cuma soal kelakuannya, tapi harganya yang paling penting."
 
"Harga?"
 
"Iya. Pertama kali beli, burung beo itu harganya Cuma ratusan ribu. Kalau dilatih, dia bisa ngeluarin suara yang menarik. Nah, semakin menarik, harganya bakal semakin tinggi. Bisa-bisa jutaan. Ini investasi, Ga.", ucap Oom saya. Saya mulai tertarik.
 
"Enak kan, Cuma ngajarin burung beo ngomong doang, untungnya bisa jutaan.", lanjutnya.
 
Tiba-tiba terdengar suara nenek saya dari dalam rumah "Tolong pindahin burung beo ke teras depan!"
 
"Iya, iya, Bu!" teriak Oom saya.
 
"Iya, iya, Bu!" teriak Si Beo.
***
 
Sebenarnya, kita semua sama seperti burung beo. Kita selalu mencari-cari orang lain yang bisa kita tiru. Setelah itu, kita akan menirunya. Siapakah orang yang akan kita tiru? Ya, orang yang sering kita lihat.
 
Ketika masih kecil, kita sering ditanya oleh orang tua kita,
 
"Nanti kalau udah besar mau jadi apa?"
 
Dan kita akan menjawab, "Jadi Superman." atau mungkin "Jadi Princess.". Setelah itu, kita akan bergaya-gaya seolah superman atau princess. Mengapa kita bertingkah seperti superman atau princess? Karena tokoh itulah yang sering kita lihat.
 
Burung beo, ia selalu berusaha meniru suara orang-orang di sekitarnya. Tetapi, pernahkan kita mendengar suara burung beo lebih bagus daripada orang yang ditirunya? Tidak pernah. Burung beo selalu meniru, tetapi ia tidak akan pernah bisa menjadi lebih baik. Orang yang ditiru, selalu lebih baik.
 
Itulah yang dinamakan idola.
 
Ketika kita mengidolakan seseorang, kita akan selalu mencari berita terbaru tentangnya. Kita akan sering melihatnya. Tanpa disadari, kita akan menirunya. Tetapi, kita tidak akan pernah menjadi lebih baik darinya. Mengapa? Karena ketika kita mengidolakan seseorang, kita akan berada satu level dibawah orang tersebut. Tidak bisa lebih.
 
Sekarang kita lihat orang-orang besar.
 
Mendiang Michael Jackson, seorang legenda di dunia musik. Siapa idolanya? Charlie Chaplin, seorang entertainer jenius yang sukses menghibur dunia dengan komedinya. Michael sering melihat idolanya di bioskop, sehingga ia memiliki semangat untuk menjadi seseorang entertainer.
 
Kini, apakah Michael menjadi entertainer kelas dunia? Ya. Tetapi apakah ia lebih sukses dari Charlie Chaplin? Tidak.
 
Mendiang Steve Jobs, seorang legenda di dunia teknologi. Siapa idolanya? Albert Enstein, seorang penemu jenius yang dikagumi banyak orang. Steve banyak membaca buku tentang idolanya, sehingga ia bersemangat untuk menjadi penemu.
 
Kini, apakah Steve menjadi penemu yang dikagumi banyak orang? Ya. Tetapi apakah ia lebih sukses dari Albert Enstein? Tidak.
 
Lihat, tidak ada satu orang pun yang bisa menyusul idolanya sendiri. Tetapi ia akan berada satu level di bawah idolanya.


"Ketika kita mengidolakan seseorang, kita akan berada satu level di bawah orang tersebut."


Burung beo, ia meniru suara orang-orang di sekitarnya. Suara yang bisa diucapkan Beo akan menentukan harga Si Beo itu sendiri. Itu artinya, harga burung beo ditentukan oleh siapa orang yang ditiru Si Beo.
 
Begitupun halnya dengan kita. Kualitas pemikiran kita, kualitas semangat hidup kita, dan kualitas kepribadian kita ditentukan oleh siapa idola kita.
 
Kalau kita mengidolakan seorang ilmuwan jenius, secara tidak sadar kita akan memiliki kemampuan berlogika yang hebat. Kalau kita mengidolakan seorang politikus ternama, secara tidak sadar kita akan memiliki kemampuan berdebat yang luar biasa. Kalau kita mengidolakan seseorang yang biasa-biasa saja, maka kita akan menjadi seseorang yang biasa-biasa saja.
 
Sekarang apakah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan? Ya, berhentilah mengidolakan orang biasa, mulailah mengidolakan orang hebat pengukir sejarah dunia. Karena kualitas diri kita ditentukan oleh apa yang kita simak.
 

Jadi, mulai sekarang, siapa idola Anda? Think Again.
baca selengkapnya...

Banyak Duduk karena Tuntutan Pekerjaan? Ini Tips agar Kesehatan Tetap Terjaga

 



Terlalu banyak duduk dapat memicu berbagai penyakit serius. Namun,bagaimana dengan Sang Programmer yang wajib duduk selama berjam-jam? Bagaimana dengan para pekerja kantoran yang harus duduk terus karena setiap saat selalu dihantui deadline? Jika mereka berhenti duduk sejenak saja, mungkin pekerjaan mereka tidak akan selesai sebelum deadline. Padahal, seperti yang kita tahu, duduk terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan kita.
 
Lantas bagaimana jika pekerjaan menuntut kita untuk terus duduk? Saya punya beberapa tips untuk Anda yang 'sibuk' duduk agar kesehatan Anda tetap terjaga.
 
1. Lakukan Peregangan Secara Berkala
 
Sesibuk-sibuknya Anda, Anda pasti masih memiliki setidaknya satu menit untuk melakukan sedikit peregangan pada beberapa bagian tubuh. Peregangan ini berfungsi untuk mengembalikan postur tubuh dan untuk mencegah terjadinya kerusakan saraf.
 
2. Jalan Kaki Minimal 15 Menit Sehari
 
Sebenarnya, kita dianjurkan jalan kaki minimal 30 menit sehari. Namun sebenarnya, 30 menit itu dapat dibagi 2, yaitu jalan kaki 15 menit untuk berkeliling, dan 15 menit jalan kaki di sela-sela waktu senggang. Sisihkan waktu 15 menit perharinya untuk berjalan kaki keliling lingkungan sekitar Anda. Selain menyehatkan, jalan kaki setiap hari juga dapat membantu Anda menghilangkan rasa penat usai bekerja.
 
3. Jangan Malas
 
Belajarlah untuk berjalan ke dispenser jika ingin minum, jangan bergerak dengan cara menggeser kursi. Belajarlah untuk menggunakan tangga, hindari penggunaan lift. Gunakan sepeda atau kendaraan umum untuk berangkat ke kantor, hindari penggunaan mobil atau motor pribadi.
 
4. Sediakan Waktu untuk Berolahraga
 
Jika Anda benar-benar merupakan seorang pekerja yang sibuk, sediakan waktu khusus selama beberapa jam setiap akhir pekan untuk melakukan olahraga bersama rekan-rekan Anda. Aktivitas positif ini selain dapat menyegarkan tubuh, berolahraga setiap pekan juga dapat menjadi salah satu sarana hiburan yang menarik.
 
 
Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips menjaga kesehatan bagi Anda yang rajin duduk. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Bahaya Menahan Kencing

 



Ketika sedang berada di tengah pesta atau mungkin ketika tengah berkendara di jalan tol, Anda dituntut untuk menahan kencing. Menahan kencing memang bukan merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun banyak orang doyan menahan kencing karena tengah berada pada acara-acara penting seperti pesta atau rapat.
 
Sebenarnya, menahan kencing dalam keadaan apapun tidak dianjurkan karena dapat membahayakan kondisi ginjal Anda. Jika Anda ingin tubuh Anda sehat, singkirkan rasa gengsi atau rasa malu meninggalkan acara penting untuk bergegas ke toilet sebentar saja.
 
Apa sajakah dampak negatif yang akan kita terima jika kita menahan kencing?
 
1. Penyumbatan Saluran Ureter
 
Ketika menahan kencing, urin akan mengendap di kandung kemih. Lama kelamaan, urin tersebut akan membentuk benda-benda solid. Benda solid tersebut adalah kalsium yang terkristalisasi karena terlalu lama mengendap. Alhasil, kalsium-kalsium itu akan menyumbat saluran pembuangan urin sehingga membuat Anda sulit kencing.
 
2. Infeksi Kandung Kemih
 
Urin merupakan cairan sisa metabolisme tubuh manusia. Itu artinya, urin mengandung berbagai bakteri dan kuman yang berbahaya. Jika urin terlalu lama mengendap di kandung kemih, kuman-kuman dan bakteri tersebut akan bergerak menempel ke kandung kemih dan menginfeksinya.
 
3. Infeksi Ginjal
 
Syukur apabila kuman dan bakteri tersebut hanya menyerang kandung kemih. Namun ternyata kuman tersebut juga bisa bergerak naik ke ginjal dan menginfeksinya juga.
 

Demikianlah artikel singkat saya kali ini mengenai beberapa bahaya menahan kencing. Bagi Anda yang doyan menahan kencing, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Toh ini semua demi kesehatan Anda di masa depan. Semoga bermanfaat, Salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

7 Manfaat Menangis

 

Ketika sedih ataupun berduka, ada kalanya kita menangis. Bagi wanita, menangis dianggap hal yang wajar. Bagi pria, menangis dianggap cengeng. Meskipun begitu, menangis adalah cara tubuh kita mengekspresikan kesedihan.
 
Banyak orang menilai bahwa menangis itu tidak ada gunanya dan hanya membuang-buang energi saja. Padahal, menangis memiliki berbagai manfaat positif terutama untuk kesehatan kita. Apa sajakah manfaat tersebut?

1. Menjernihkan Penglihatan
 
Mungkin Anda pernah merasakan mata Anda kemasukan debu atau benda asing lainnya yang menyebabkan mata Anda mengeluarkan air mata. Ya, air mata berfungsi untuk membersihkan mata dari kotoran dan mencegah terjadinya iritasi. Ketika menangis, air mata yang keluar jauh lebih banyak ketimbang ketika mata kemasukan debu. Maka, secara otomatis mata kita akan bersih dan jarang terjadi iritasi. Alhasil penglihatan kita akan cenderung jernih karena bola mata bebas dari iritasi.

2. Mengeluarkan Racun di Mata
 
Masih tentang poin 1. Ketika menangis, air mata akan membersihkan bola mata dari berbagai zat-zat dan benda-benda yang mengganggu kesehatan mata. Tidak terkecuali racun yang terkandung pada debu atau pada uap air yang secara tidak sengaja masuk ke mata. Alhasil mata kita akan menjadi lebih sehat.

3. Mendekatkan Diri dengan Orang Lain
 
Saya menemukan fakta unik. Ternyata, menangis dapat menambah kedekatan kita dengan orang di sekitar kita.

4. Menyehatkan Jantung
 
Pernahkah Anda tertidur ketika tengah menangis? Tentu tidak, bukan? Anda harus berhenti menangis dulu agar bisa terlelap. Mengapa bisa begitu? Hal tersebut disebabkan karena ketika kita menangis, detak jantung kita dipaksa berada dalam kondisi normal. Akibatnya, kita sulit bersemangat, dan kita juga sulit terlelap. Namun dampak positifnya, jantung yang sering berada dalam kondisi normal akan cenderung sehat.

5. Membuat Rileks
 
Masih berhubungan dengan poin nomor 4. Ketika menangis, detak jantung kita cenderung berada dalam kondisi normal. Kondisi ini akan membuat kita terjaga, namun tetap rileks dan tenang.

6. Mencegah Depresi
 
Menangis ternyata merangsang tubuh untuk memproduksi hormon endorphin. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia dan mencegah terjadinya depresi.

7. Menguatkan Diri
 
Tentu saja, menangis membuat kita berpikir. Berpikir tentang bagaimana caranya keluar dari masalah, keluar dari kesedihan, dan mencegah terulangnya kesalahan yang sama di masa depan. Aktiitas berpikir semacam ini dapat membuat mental kita lebih kuat daripada sebelumnya.
 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat menangis bagi kesehatan fisik dan psikologis. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Trik Memperbaiki Pulpen yang Macet




Kesal rasanya jika pulpen yang baru saja kita beli harus dibuang karena tintanya macet. Saya sangat sering merasakan hal ini. Awalnya biasa saja, tetapi lama kelamaan saya semakin berpikir bahwa ini adalah sebuah pemborosan. Bagaimana tidak, ketika pulpen macet, saya langsung membuangnya dan kembali mengeluarkan uang untuk membeli pulpen baru. Dan hal itu terjadi berulang-ulang dalam satu bulan.
 
Setelah itu, saya mulai beralih ke pulpen boxy. Dan ternyata ... buku tulis dan telapak tangan saya menjadi kotor karena tinta pulpen boxy mudah tumpah. Sungguh, pulpen jenis ini malah membuat saya tidak nyaman.
 
Saya kembali berpikir, mengapa pulpen sering sekali macet tanpa alasan yang jelas? Tintanya masih penuh, usianya belum sampai sebulan usai dibeli di toko, pemakaiannya tidak begitu sering. Lantas mengapa bisa macet?
 
Ternyata, tinta pulpen memang mudah kering. Terutama apabila jarang dipakai. Maka, untuk mencegah tinta pulpen macet, gunakan pulpen secara berkala.
 
Lantas bagaimana dengan pulpen yang sudah terlanjur macet? Adakah harapan untuk memperbaikinya? Ada.
 
Bagaimana caranya?
 
Konsepnya, pulpen macet karena tintanya kering. Jadi, untuk memperbaikinya, kita harus mencairkan tinta yang sudah kering tersebut.
 
Cara pertama
 
  • Siapkan lilin dan korek api
  • Nyalakan lilin
  • Arahkan bagian ujung pulpen agar menyentuh api
  • Tunggu hingga 5 detik
  • Lepaskan
  • Cek. Pastikan tinta sudah tidak macet lagi. Namun, jika masih macet, Anda bisa coba cara ke-2,
 
Cara kedua
 
  • Siapkan air mendidih dan gelas kecil
  • Tuangkan air mendidih pada gelas kecil
  • Celupkan bagian ujung pulpen pada air mendidih. Jangan rendam semuanya, cukup bagian ujungnya saja
  • Tunggu sekitar 2 menit. Jika baru beberapa detik saja sudah terlihat air menjadi keruh kehitaman, maka Anda boleh langsung melepaskan pulpen tersebut
  • Cek. Jika belum keluar juga, kembali celupkan ujung pulpen pada air mendidih. Begitulah seterusnya
 
Note: jika pulpen Anda masih saja macet, alangkah baiknya jika Anda membeli pulpen baru. Mungkin saja pulpen lama Anda itu sudah terlalu lama dibiarkan kering.
 
Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Bahaya Duduk Terlalu Lama

 



Mungkin Anda adalah seorang pekerja kantoran yang doyan berlama-lama di depan komputer. Atau mungkin Anda adalah seorang ahli pemrograman yang tidak bisa makan jika tidak duduk di depan komputer selama berjam-jam. Namun sekarang, mulailah berpikir untuk mengurangi aktivitas duduk terlalu lama. Mengapa? Karena terlalu banyak duduk terbukti tidak baik untuk kesehatan manusia.
 
Apa sajakah dampak negatif itu?
 
1. Menyebabkan Gangguan Tulang Punggung
 
Seringkali Anda duduk dengan posisi yang tidak sempurna. Dan Anda cenderung tidak menyadari hal itu karena terlalu larut dalam aktivitas yang tengah Anda kerjakan. Padahal, duduk dengan posisi yang tidak sempurna dapat menyebabkan gangguan terutama pada tulang punggung.
 
2. Memperlebar Pantat
 
Mohon maaf sebelumnya, tetapi ini memang salah satu fakta yang saya temukan. Ternyata, duduk terlalu lama dapat menyebabkan perubahan bentuk pantat menjadi lebih lebar. Ini juga termasuk dampak negatif, meskipun sebenarnya perubahan bentuk ini tidak akan mengganggu kesehatan Anda.
 
3. Penyebab Kanker
 
Berdiri ternyata bisa menjadi salah satu terapi ringan pencegah tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh. Jika Anda ingin mengurangi risiko terserang penyakit kanker, perbanyaklah berdiri.
 
4. Menyebabkan Diabetes
 
Duduk terlalu lama juga dapat memperlambat pembentukan hormon insulin yang berfungsi mengubah glukosa dalam darah menjadi glikogen (tenaga) di otot. Akibatnya, Anda yang duduk terlalu lama memiliki risiko terserang diabetes lebih tinggi ketimbang orang yang lebih banyak berdiri.
 
5. Menyebabkan Obesitas
 
Terlalu banyak duduk membuat lemak-lemak di tubuh kita tidak terbakar sehingga terjadi penumpukan lemak. Penumpukan lemak ini semakin lama akan menekan saluran pernapasan, pembuluh darah, saluran pencernaan, bahkan bila terlalu banyak, lemak ini akan menekan ke bagian kulit sehingga kulit menjadi melar dan bergelambir. Kejadian semacam ini disebut penyakit kegemukan atau obesitas.
 
6. Menyebabkan Kolesterol
 
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Penumpukan lemak di tubuh juga akan memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.
 
7. Menyebabkan Darah Tinggi
 
Berhubungan dengan kolesterol, penumpukan lemak yang terjadi pada pembuluh darah dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah. Akibatnya, jantung harus berdetak lebih cepat dari biasanya. Kondisi ini akan terus terjadi selama penyumbatan pembuluh darah masih ada. Bahkan jika pembuluh darah terus menyempit, detak jantung akan semakin cepat. Detak jantung yang tidak normal inilah yang memicu munculnya penyakit darah tinggi.
 
8. Menyebabkan Kematian
 
Setelah diabetes, obesitas, kolesterol, darah tinggi, dan kanker, maka risiko yang terakhir adalah kematian. Ya, sederet penyakit yang ditimbulkan oleh akibat terlalu lama duduk ini dapat menyebabkan kematian. Jadi mulailah hidup sehat dengan cara mengurangi aktivitas duduk atau menambah aktivitas berdiri.
 
 
Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.