Manfaat Minyak Angin



Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menulis artikel tentang bahaya minyak angin bagi ibuhamil dan bayi. Ya, minyak angin hanya akan berdampak buruk bagi bayi dan ibu hamil saja. Jika Anda bukan seorang ibu hamil, Anda boleh menggunakan minyak angin ini karena minyak angin juga memiliki manfaat tersendiri.

Manfaat apa sajakah itu?

1. Meringankan Gejala Flu

2. Meredakan Hidung Tersumbat

3. Meredakan Mabuk saat Perjalanan

4. Meringankan Sakit Kepala

5. Mencegah Masuk Angin

6. Meredakan Masuk Angin

7. Meredakan Perut Kembung

8. Meredakan Pusing

9. Meredakan Mual

10. Mengobati Gigitan Serangga

11. Menghangatkan Tubuh

12. Merilekskan Tubuh dan Pikiran


Demikianlah artikel singkat saya kali ini mengenai beberapa manfaat minyak angin. Mengapa tidak saya jelaskan satu persatu? Karena tentunya akan menjadi artikel yang sangat panjang nantinya :D

Semoga bermanfaat, Salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Bahaya Menggunakan Minyak Angin



Berbicara tentang minyak angin, mungkin yang Anda ingat adalah sebuah cairan yang dapat menghilangkan rasa mual dan dapat menghangatkan tubuh. Ya, banyak orang percaya bahwa minyak angin dapat menyehatkan tubuh. Namun, ternyata minyak angin ini memiliki dampak negatif pada bayi dan ibu hamil.

Apa sajakah dampak negatif tersebut?

Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengusapkan cairan minyak angin pada tubuhnya berisiko pada janin yang ada di dalamnya. Ditakutkan minyak angin tersebut terserap oleh kulit. Zat methyl salicylate yang terkandung pada minyak angin dapat menghambat pembentukan organ dan menganggu pertumbuhan janin. Apabila hal ini benar-benar terjadi, kemungkinan besar janin tersebut akan tumbuh menjadi bayi yang mengalami kecacatan organ.

Pada bayi

Pada bayi, minyak angin dikhawatirkan terserap oleh kulit. Pada orang dewasa, minyak angin yang terserap kulit tidak akan menjadi masalah karena manusia dewasa sudah memiliki hati yang mampu menetralisir racun dengan baik. Masalahnya, pada bayi, organ hati belum mampu menetralisir racun dengan baik. Akibatnya, hati pada bayi yang kewalahan menghadapi racun dari minyak angin tersebut akan mengalami pembengkakan.

Gejala lainnya yang akan terjadi setelah pembengkakan hati tersebut adalah urin pada bayi akan mengandung minyak angin. Apabila hal ini terjadi, segera bawa bayi Anda ke puskesmas atau rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai bahaya menggunakan minyak angin pada bayi dan ibu hamil. Bagaimanapun ceritanya, kita harus tetap hati-hati dengan obat-obatan yang beredar di pasaran. Apabila cara penggunaan dan dosisnya salah, bisa-bisa berdampak pada kesehatan kita sendiri.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Iwan Fals - Surat Buat Wakil Rakyat



Untukmu yang duduk sambil diskusi
Untukmu yang biasa bersafari
Di sana, di gedung DPR

Wakil rakyat kumpulan orang hebat
Bukan kumpulan teman teman dekat
Apalagi sanak famili

Di hati dan lidahmu kami berharap
Suara kami tolong dengar lalu sampaikan
Jangan ragu jangan takut karang menghadang
Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Di kantong safarimu kami titipkan
Masa depan kami dan negeri ini
Dari Sabang sampai Merauke

Saudara dipilih bukan dilotre
Meski kami tak kenal siapa saudara
Kami tak sudi memilih para juara
Juara diam, juara he'eh, juara ha ha ha......

Untukmu yang duduk sambil diskusi
Untukmu yang biasa bersafari
Di sana, di gedung DPR
Di hati dan lidahmu kami berharap
Suara kami tolong dengar lalu sampaikan
Jangan ragu jangan takut karang menghadang
Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Wakil rakyat seharusnya merakyat
Jangan tidur waktu sidang soal rakyat
Wakil rakyat bukan paduan suara
Hanya tahu nyanyian lagu "setuju......"


baca selengkapnya...

Alasan Mengapa Kita Ketagihan Menonton Sinetron


 


Sinetron. Siapa yang tak suka? Cerita yang menarik dan menghibur dapat menjadi sarana pelipur lara saat pulang kerja. Tidak hanya disukai kaum dewasa, kini sinetron juga disukai kaum manula. Meskipun tergolong kurang padat informasi, namun sinetron masih dianggap salah satu acara hiburan yang banyak menyelipkan edukasi di dalam ceritanya.

Namun, siapa sangka bahwa ternyata menonton sinetron dapat berdampak buruk pada kehidupan Anda, yakni munculnya rasa candu. Mengapa menonton sinetron dapat menyebabkan ketagihan bagi pemirsanya?

1. Konflik yang Mendebarkan

Penulis skenario sinetron memang handal mengubah alur cerita yang biasa-biasa saja menjadi lebih menarik dan lebih mendebarkan. Secara tidak langsung, emosi penonton akan dipermainkan. Emosi yang dipermainkan ini dapat menimbulkan rasa candu, sehingga jangan aneh apabila Anda betah menonton ratusan episode dari satu sinetron.

2. Ending yang Membuat Penasaran

Saya rasa, Anda juga sadar akan poin yang satu ini. Ya, salah satu ciri khas sinetron adalah ending episode yang membuat penontonnya penasaran akan kelanjutannya. Akibatnya, para penonton akan memiliki keinginan untuk menonton episode  berikutnya, berikutnya, dan begitulah seterusnya.

3. Ada Idola

Mungkin saja Anda menggemari seorang aktor dan ternyata aktor idola Anda tersebut bermain peran di sebuah sinetron. Meskipun sinetron tersebut ceritanya tidak begitu menegangkan, asalkan ada idola Anda disana, ceritanya bisa berubah jadi seru. Dengan begitu, Anda tidak akan punya alasan untuk tidak menonton sinetron tersebut berapapun jumlah episodenya.

4. Mengikuti Pergaulan

Bisa jadi teman-teman Anda doyan menonton sinetron. Acapkali kumpul bersama, teman-teman Anda itu selalu membahas tentang sinetron. Akibatnya, Anda akan tertarik untuk menyimak sinetron tersebut episode demi episode.

5. Mengisi Waktu Luang

Ya, ini adalah kemungkinan terakhir. Mungkin saja Anda adalah seorang pekerja yang tidak terlalu sibuk. Sehingga daripada melamun, lebih baik menonton sinetron saja sembari mengisi waktu luang.


Itulah dia beberapa alasan mengapa kita ketagihan menonton sinetron. Meskipun mengandung banyak amanat bermanfaat di setiap ceritanya, namun saya sarankan pada Anda untuk mengurangi kebiasaan menonton sinetron. Mengapa? Karena sinetron memiliki banyak dampak negatif pada Anda.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Dampak Positif Menonton Sinetron



Beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel tentang beberapa dampak negatif menonton sinetron. Memang, sinetron memiliki berbagai dampak negatif yang merugikan kehidupan kita. Namun ternyata, sinetron juga memiliki dampak positif tersendiri. Apa sajakah dampak positif tersebut?

1. Berani Bermimpi

Banyak sinetron yang menceritakan kisah orang kampung yang berhasil menjadi orang kaya karena kegigihannya dalam bekerja. Banyak sinetron yang menceritakan kisah seorang pedagang keliling yang berhasil naik haji karena mau berdoa dan berusaha. Tontonan semacam ini dapat membangkitkan semangat kita dalam bermimpi dan berusaha mengejar mimpi tersebut.

2. Perilaku Baik

Dalam sinetron, tentu ada karakter protagonis alias tokoh yang senantiasa melakukan kebaikan. Jika kita tonton, tentu perilaku ini akan menular pada diri kita.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai dampak positif menonton sinetron. Terlihat sedikit? Ya, dampak positif sinetron memang sedikit. Oleh karena itu, jangan menonton sinetron.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Dampak Negatif Menonton Sinetron



Di Indonesia, sinetron sudah mewabah menjadi tontonan wajib bagi berbagai kalangan mulai dari para pensiunan, para pekerja, bahkan para pelajar. Memang, tontonan yang menarik dapat menjadi salah satu sarana hiburan yang dapat melepas rasa penat usai seharian penuh bekerja di luar rumah. Jika Anda merupakan salah satu pecinta sinetron, mulai saat ini kurangilah kebiasaan tersebut. Mengapa?

Para psikolog mengatakan bahwa sinetron dapat memengaruhi pikiran dan tingkah laku penontonnya secara tidak langsung. Apa sajakah perubahan pola pikir dan tingkah laku tersebut? Mari kita simak pembahasannya satu persatu:

1. Watak

Pernahkah Anda menjadi marah secara tiba-tiba ketika berada di dekat orang yang sedang marah? Pernahkah Anda menjadi sedih secara tiba-tiba ketika berada di dekat orang yang sedang menangis sedih? Itu artinya, perilaku kita dipengaruhi oleh apa yang kita lihat.

Sekarang bayangkan, apa yang terjadi pada Anda jika Anda menyaksikan sinetron yang di dalamnya menonjolkan pemain berwatak keras kepala? Ya, Anda akan ikut-ikutan keras kepala. Apa yang terjadi pada Anda jika Anda menyaksikan sinetron yang di dalamnya menonjolkan pemain berwatak pesimis? Ya, Anda akan ikut-ikutan pesimis.

Memang, jika Anda hanya menyaksikan sinetron satu atau dua hari saja, watak tersebut bersifat sementara pada diri Anda. Namun, jika Anda menyaksikan sinetron setiap hari, maka watak tersebut akan bersifat permanen pada diri Anda. Jadi, berhati-hatilah.

2. Ketergantungan

Seperti yang kita tahu, para penulis skenario sinetron memiliki kemampuan untuk menciptakan cerita yang menegangkan dan membuat para penonton penasaran di setiap episodenya. Efeknya, jika melewatkan satu episode saja, akan muncul rasa gelisah pada diri Anda. Efek gelisah ini tidak jauh berbeda dengan rokok dan benda-benda yang menyebabkan kecanduan lainnya. Jadi, berhati-hatilah.

3. Gaya Hidup

Coba Anda perhatikan, sinetron-sinetron di zaman sekarang banyak memperlihatkan gaya hidup yang tidak pantas untuk dicontoh. Mulai dari cara berpakaian yang terlalu elegan dan glamour, hingga kisah percintaan yang membuat remaja terobsesi untuk pacar-pacaran. Jadi, berhati-hatilah.

4. Waktu Terbuang Percuma

Berapa jam durasi sinetron yang Anda saksikan setiap harinya? Satu jam? Oke, kalikan 30. Itu artinya Anda sudah membuang-buang waktu 30 jam setiap bulannya hanya untuk mendapatkan hiburan. Rugi? Tentu. Jadi, berhati-hatilah.

5. Malas

Percayalah, jika Anda terlalu banyak menyaksikan sinetron, Anda akan lebih malas dari biasanya. Mengapa? Karena usai emosi Anda 'diobrak-abrik' sinetron, produktivitas Anda akan menurun. Anda akan memiliki kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan. Bahkan, jika dipaksakan untuk bekerja,  Anda akan bekerja lebih lambat dari biasanya. Jadi, berhati-hatilah.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa dampak negatif yang akan kita dapatkan ketika menonton sinetron. Jadi, saya sarankan Anda untuk tidak menonton sinetron jika Anda ingin lebih produktif dan lebih cepat menggapai kesuksesan.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Menonton Sinetron



Mungkin Anda adalah pecinta sinetron yang setiap hari tak pernah mau kehilangan salah satu episodenya. Memang, menonton sinetron adalah salah satu aktivitas relaksasi usai kerja yang paling diminati oleh mayoritas orang Indonesia. Selain karena menghibur, sinetron juga mengandung banyak amanat yang dapat dipetik dari setiap episodenya.

Namun sayangnya, saat ini sinetron mulai berubah menjadi sebuah tontonan yang memperlihatkan karakter-karakter tidak baik seperti pemarah, keras kepala, dll. Mungkin bagi Anda hal itu hanyalah masalah sepele. Tetapi sebenarnya, tontonan seperti itu akan masuk ke alam bawah sadar Anda lalu mengubah perilaku Anda secara perlahan.

Lantas bagaimana caranya agar kita tetap bisa menikmati sinetron tanpa harus terkena dampak negatifnya? Berikut saya ringkas beberapa tips sehat menonton sinetron:

1. Lihat Kategori Penonton

Ketika menonton sinetron, Anda pasti pernah melihat tulisan A (Anak-Anak), BO (Bimbingan OrangTua), R (Remaja), dan D (Dewasa). Ketika menonton sinetron, perhatikan simbol-simbol tersebut. Berusahalah untuk mematuhi aturan tersebut.

2. Jangan Izinkan Anak

Memang, kini sudah banyak sinetron berkategori anak-anak di Indonesia. Ceritanya pun benar-benar menyorot kehidupan anak-anak. Namun, sebenarnya anak-anak tidak boleh diberikan banyak tontonan. Selain tidak baik untuk kesehatan mata mereka, menonton televisi juga akan membuat anak malas bergerak dan malas bersosial sehingga akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Oleh karena itu, jika berkenan, larang anak Anda untuk menonton sinetron. Anjurkan mereka untuk bermain di luar rumah dan bersosialisasi dengan anak-anak seusianya. Tetap di bawah pengawasan orang tua tentunya.

3. Batasi Waktu Menonton Sinetron

Belajarlah untuk mengurangi jam menonton sinetron. Apabila Anda terbiasa menonton sinetron sebanyak 3 judul dalam sehari, maka kurangilah menjadi 1 judul saja. Pastikan jam menonton sinetron Anda tidak melebihi jam olahraga Anda.

4. Jangan Jadi Prioritas

Anda tidak akan menjadi orang sukses jika terlalu banyak menonton sinetron. Maka dari itu, jika ada pekerjaan yang lebih penting dari sinetron, tinggalkan sinetron tersebut. Jangan pernah mengubah sinetron menjadi prioritas utama dalam hidup Anda.

5. Menonton Bersama Keluarga

Sesekali, Anda harus menonton sinetron bersama keluarga. Apa tujuannya? Ya, supaya Anda memiliki teman bicara sepanjang sinetron diputar sehingga Anda tetap sadar sedang berada di dunia nyata, bukan tenggelam di dunia sinetron yang kurang realistis.

6. Terasa Mengganggu? Tinggalkan!

Jika Anda mulai merasakan berbagai dampak negatif karena menonton sinetron, saatnya untuk pergi meniggalkan sinetron dan kembali menjadi sesosok manusia yang produktif dan bermanfaat bagi sesama.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai  tips menonton sinetron. Semoga Anda semua tidak terjerumus ke dalam cerita sinetron yang kurang mendidik. Salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu



Madu adalah salah satu jenis minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain dapat menghangatkan tubuh, madu juga dapat mengobati berbagai macam penyakit. Tentunya khasiat ini hanya dapat dirasakan jika Anda mengonsumsi madu murni, bukan madu yang dijual di toko-toko.

Dengan berbagai macam manfaat, madu murni menjadi salah satu jenis minuman yang dicari orang. Mungkin Anda juga. Tetapi tahukah Anda bahwa ada pihak-pihak yang bermain curang dalam pendistribusian madu murni?

Ya, banyak pihak yang memaksimalkan produksi madu bukan dengan cara menambah lahan untuk ternak lebah, melainkan dengan cara menambahkan zat cair tertentu yang dapat menyebabkan madu menjadi lebih cair dan volumenya bertambah.

Lantas bagaimana cara membedakan madu murni asli dengan madu murni palsu?

Sederhananya, madu palsu merupakan madu murni yang lebih cair. Jadi, Anda sudah sepatutnya curiga jika membeli madu murni yang tidak kental dan tidak lengket.

1. Percobaan dengan Air

  • Siapkan gelas bening
  • Isi gelas bening tersebut dengan air matang secukupnya
  • Teteskan madu murni ke dalam gelas tersebut
  • Madu murni akan menggumpal di dasar gelas, sedangkan madu palsu akan bercampur dan mengeruhkan air

2. Percobaan dengan Secarik Tisue

  • Siapkan secarik tissue tipis
  • Taruh tissue tersebut di atas meja
  • Teteskan madu murni ke atas tissue tersebut
  • Madu murni akan menggumpal di atas tissue, sedangkan madu palsu akan menyerap ke tissue

3. Percobaan dengan Lilin

  • Siapkan sebatang lilin
  • Siapkan satu buah sendok teh
  • Ambil madu kurang lebih sebanyak satu sendok teh
  • Panaskan madu tersebut menggunakan lilin
  • Madu murni tidak akan bereaksi apa-apa, sedangkan madu palsu akan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil


Demikianlah tutorial membedakan madu murni asli dengan madu murni palsu. Semoga bermanfaat, Salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Meminimalisir Bahaya Sengatan Sinar Matahari



Tidak dapat disangkal lagi, sengatan sinar matahari dapat menyebabkan berbagai dampak negatif. Selain membuat kulit menjadi kehitaman, sengatan sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko kanker. Jika Anda tidak ingin menderita penyakit-penyakit tersebut, maka hindarilah kontak langsung dengan cahaya matahari.

Namun, apabila terpaksa, apa yang harus Anda lakukan untuk meminimalisir dampak negatif dari cahaya matahari?

Tentu ada beberapa tips sederhana untuk meminimalisir bahaya sengatan matahari. Langsung saja, berikut beberapa tipsnya:

1. Perhatikan Waktu

Sinar matahari sebenarnya tidak berbahaya karena atmosfir bumi mampu mereduksi radiasi matahari. Hanya saja, pada pukul 10.00 hingga pukul 16.00, radiasi matahari dapat menembus lapisan ozon. Jadi, untuk meminimalisir dampak negatif radiasi matahari, hindari kontak langsung dengan matahari antara  pukul 10.00 - 16.00.

2. Gunakan Perlengkapan yang dapat Melindungi Anda

Saya sarankan Anda untuk menggunakan perlengkapan yang dapat melindungi Anda dari radiasi sinar matahari. Contohnya: payung, topi, pakaian panjang, dll.

3. Gunakan Sunblock

Jika Anda terpaksa harus beraktivitas di ruangan terbuka antara pukul 10.00 - 16.00, dan Anda malas menggunakan perlengkapan - perlengkapan antiradiasi matahari, maka Anda harus menggunakan sunblock. Sunblock adalah sebuah krim kulit yang apabila dioleskan pada kulit Anda maka krim tersebut dapat mengurangi risiko sengatan sinar matahari. Namun, berhati-hati dalam memilih sunblock yang cocok untuk kulit Anda, karena kebanyakan sunblock yang dijual di pasaran mengandung berbagai bahan kimia yang pasti memiliki efek samping tertentu terhadap tubuh Anda.


Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips meminimalisir dampak negatif cahaya matahari. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Iwan Fals - Yang Terlupakan


 

Denting piano
Kala -jemari menari
Nada merambat pelan
Di kesunyian malam
Saat datang rintik hujan
Bersama setiap bayang
Yang pernah terlupakan


Hati kecil berbisik
Untuk kembali padanya
Seribu kata menggoda
Seribu sesal di depan mata
Seperti menjelma
Saat aku tertawa
Kala memberimu dosa


Maafkanlah ….
Maafkanlah ….


Reff:
Rasa sesal di dasar hati
Diam tak mau pergi
Haruskah aku lari dari
Kenyataan ini

Pernah ku mencoba tuk sembunyi
Namun senyummu
Tetap mengikuti


baca selengkapnya...

7 Bahaya Sinar Matahari bagi Kesehatan Kulit



Beberapa waktu yang lalu, saya menulis artikel berjudul "Manfaat Cahaya Matahari bagiKesehatan Kulit". Dari artikel tersebut dapat kita simpulkan bahwa apabila kulit kita terkena paparan sinar matahari di luar pukul 10.00 - 16.00, kulit kita akan menerima banyak manfaat.

Namun, pertanyaan berikutnya adalah: "Bagaimana jika kulit kita terkena paparan sinar matahari antara pukul 10.00 - 16.00? Apa efek samping yang akan kita dapatkan?"

Dampak yang akan kita dapatkan jika terkena paparan sinar matahari antara pukul 10.00 - 16.00 memang cukup banyak, diantaranya:

1. Mengurangi Elastisitas Kulit

Sinar ultraviolet ternyata dapat menembus ke dalam kulit hingga ke jaringan lemak dan kelenjar elastin sehingga menyebabkan berkurangnya kekencangan kulit.

2. Menimbulkan Kemerahan pada Kulit

Tidak sedikit orang yang mengeluh kulitnya jadi kemerahan usai terkena paparan sinar matahari. Mengapa hal ini terjadi? Paparan sinar matahari dapat menimbulkan efek rasa terbakar pada kulit. Efek ini menyebabkan pembuluh darah menjadi melebar sehingga beberapa bagian tubuh yang terpapar sinar matahari menjadi kemerahan.

3. Memicu Kanker

Kelenjar melanosit memang berguna untuk memproduksi pigmen melanin yang menjadi hormon pengatur siklus tidur. Namun, jika kelenjar melanosit ini diproduksi secara berlebih, maka akan tumbuh sebuah sel kanker melanoma atau sel kanker kulit.

4. Menyebabkan Bintik Kecokelatan pada Kulit

Pigmen melanin yang diproduksi berlebih dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik kecokelatan pada kulit. Namun, tidak usah khawatir. Bintik-bintik cokelat tersebut bukan tanda-tanda penyakit serius.

5. Membuat Kulit Terasa Terbakar

Hampir semua orang pasti merasakan hal ini. Ya, ketika terpapar sinar matahari, kulit kita akan terasa terbakar. Apa penyebabnya? Sinar UVB ternyata dapat melepas kelenjar histamin pada kulit sehingga menimbulkan efek terbakar pada kulit.

6. Menyebabkan Kulit Mengelupas

Lepasnya histamin pada kulit juga ternyata dapat menyebabkan bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari menjadi kering dan mudah mengelupas.

7. Menyebabkan Peradangan

Selain menyebabkan munculnya rasa terbakar, kulit kering, dan kulit mengelupas, lepasnya histamin juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa efek samping terkena paparan sinar matahari. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Think Again - Nyontek


Sejak belajar psikologi, saya mulai menjadi tempat 'curhat' bagi orang-orang yang merasa kesulitan untuk keluar dari masalah mereka. Memang, konsekuensinya saya menjadi lebih sibuk dari sebelumnya karena hampir setiap minggu selalu ada orang yang datang pada saya untuk bercerita, belum lagi saya harus menjawab email 'curhatan' satu-persatu. Namun, manfaatnya … saya bisa belajar banyak hal dari cerita orang lain.


Kurang lebih 3 minggu yang lalu, saya kedatangan tamu. Tamu itu tidak lain ialah teman lama saya. Ia datang ke rumah untuk bercerita tentang masalah di sekolahnya ….

Teman lama saya: "Yog, aku tuh udah belajar lebih serius ketimbang waktu SMP dulu, tapi kenapa nilai-nilai di sekolah aku sama aja kayak waktu SMP ya? Aku udah ngebela-belain begadang buat ngapalin, tapi pas ulangan tiba-tiba ngeblank. Akhirnya nilai ulangan jelek. Malah yang jarang belajar nilainya pada gede-gede."

Saya: "Coba cara belajarnya ganti, jangan pake sistem kebut semalam."

Teman Lama Saya: " Iya, aku juga udah pernah ngapalinnya dicicil setiap hari. Tapi tetep aja tiba-tiba ngeblank pas ulangan."

Saya: "Sepanjang ulangan, coba bikin pikiran kamu rileks. Biar kamu fokus dan ga gampang ngeblank."

Saya: "Ehm … sebentar, aku ke toilet dulu …."

Saya langsung buru-buru ke toilet untuk buang air kecil. Usai buang air kecil, saya langsung keluar dari toilet. Namun, tiba-tiba terdengar suara,

PLUNG!

Sesuatu jatuh ke dalam bak mandi. Saya lantas masuk kembali dan menengok ke arah bak mandi. Terlihat jelas seekor cicak sedang berusaha sekuat tenaga agar bisa keluar dari bak mandi tersebut.

Ah, ini tidak penting. Saya harus kembali ke ruang tamu dan mendengarkan cerita dari teman lama saya.

Saya: "Ok, sampe mana tadi?"

Teman Lama Saya: "Ya … masih soal ngeblank pas ulangan …."

Saya: "O ya, jadi … apa yang selama ini kamu lakukan buat nanganin masalah itu?"

Teman Lama Saya: "Ya … nyontek."

Saya: "Nyontek?"

Teman Lama Saya: "Iyalah. Kan tugas dateng terus tiap hari, tugas kelompok juga banyak, pokoknya gak sempet lah buat latihan soal atau baca buku. Ya daripada ga dapet nilai tugas, mending ngerjain tugas aja, terus ntar pas ulangan tinggal nyontek. Percuma ngapalin juga, ngeblank lagi ngeblank lagi."

Saya: "Jadi dengan cara nyontek, masalah kamu selesai?"

Ia diam.

Saya: "Jadi, dengan cara nyontek, kamu bakal jadi pribadi yang lebih dewasa?"

Ia diam.

Saya: "Apa ada, seorang pemikir hebat dan pengukir sejarah dunia yang waktu sekolahnya suka nyontek?"

Ia kembali diam.

Teman Lama Saya: "Ya tapi kan kalo ngerjainnya jujur nanti nilainya jelek. Kalau nilainya jelek, nanti dimarahin guru plus diejekin temen. Pokoknya mah jujur tuh gak dihargain banget lah."

Saya: "Emang, manusia mungkin ga menghargai. Tapi Tuhan pasti menghargai."

Ia kembali diam.

Saya: "Sebentar, aku ke toilet dulu."

Saya kembali bergegas ke toilet untuk buang air kecil lagi. Ketika saya lihat ke dalam bak mandi, ada bangkai cicak yang mengambang di permukaan air ….

***

Apa kalian sudah dapat menganalisa masalah apa yang sedang dihadapi teman lama saya ini? Ya, ia sedang bersekolah di sekolah yang tidak pantas untuknya.

Mengapa? Karena jika sekolah itu memang pantas untuknya, ia tidak akan pernah mengeluh tentang tugas yang banyak atau waktu belajar yang sempit. Jika sekolah itu memang pantas untuknya, maka ia akan menikmati aturan main dari guru-guru di sana. Dan jika sekolah itu memang pantas untuknya, ia tidak perlu mencontek saat ulangan.

Lihat kembali cerita singkat tentang cicak yang tidak sengaja jatuh ke dalam bak mandi itu. Apa yang terjadi pada cicak tersebut? Cicak itu panik sepanik-paniknya. Mengapa? Karena ia sedang berada di air, tempat yang tidak pantas untuknya. Manusia pun sama. Tidak ada satupun manusia yang merasa tenang ketika berada di tempat yang tidak pantas untuknya. Ketika kita berada di tempat yang tidak pantas untuk kita, kita cenderung bertingkah laku di luar kepantasan.


"Ketika kita berada di tempat yang tidak pantas untuk kita, kita cenderung bertingkah laku di luar kepantasan."


Sekarang coba pikirkan. Kapal pesiar akan melaju lebih cepat ketika berada di laut ketimbang ketika berada di darat. Pesawat terbang akan melaju lebih cepat ketika berada di udara ketimbang ketika berada di dasar laut. Sebuah mobil akan melaju lebih cepat ketika berada di darat ketimbang ketika berada di laut.  Apa yang memengaruhi itu semua?

Ya, kepantasan. Ketika mereka berada di tempat yang pantas untuk mereka, mereka akan melaju lebih cepat.

Banyak orang yang tidak pantas menjadi wakil rakyat, tetapi mereka memaksakan diri agar bisa menjadi wakil rakyat. Ada yang membeli ijazah palsu, ada juga yang menyogok orang dalam. Perhatikan, orang tersebut berusaha untuk menempatkan dirinya di tempat yang tidak pantas baginya.

Akibatnya? Ia memimpin dengan tidak tegas dan doyan menggrogoti uang rakyat. Indonesia pun jadi sulit maju.

Banyak calon siswa yang tidak pantas memasuki suatu sekolah, tetapi mereka memaksakan diri agar bisa menjadi siswa di sekolah tersebut. Ada yang meminta bantuan dari orang dalam, ada pula yang menyogok kepala sekolah. Lagi-lagi, mereka berusaha untuk menempatkan dirinya di tempat yang tidak pantas baginya.

Akibatnya? Siswa tersebut kesulitan dalam mengejar prestasi dan merasa terbebani dengan tugas yang begitu banyak.

Menempatkan diri di tempat yang baik belum tentu membuat kita menjadi lebih baik. Ingat, yang kita butuhkan sebenarnya bukan tempat yang baik, tetapi tempat yang pantas.

Sebenarnya, cinta juga ada hubungannya dengan kepantasan.

Apa yang kita lakukan ketika masa pacaran? Mungkin banyak yang berkata, "Saling mengenal diri masing-masing.". Padahal, sebenarnya pacaran itu adalah fase ketika kita mulai menganalisis kepantasan pasangan. Apakah pantas orang tersebut menjadi pasangan hidup kita, dan apakah kita pantas untuk menjadi pasangan hidupnya.

Putus? Itu artinya proses menganalisis salah satu pihak sudah selesai dan menyatakan bahwa pacarnya itu tidak pantas untuk menjadi pasangan hidupnya.

Lihat, semua kekacauan ini terjadi hanya karena kita salah menempatkan diri kita.

Lantas apa kunci agar kita dapat menempatkan diri di tempat yang pantas? Kuncinya hanya satu: Kenali diri.


"Di dunia ini sebenarnya tidak ada orang yang lemah, yang ada hanyalah orang yang belum mengenal dirinya sendiri."


Belajarlah untuk mengenal diri Anda sendiri. Siapa Anda, bagaimana sifat Anda, apa yang Anda suka, dll. Niscaya, dengan mengenal diri sendiri, kita akan tahu siapa yang pantas untuk menjadi teman kita, siapa yang pantas untuk menjadi pendamping hidup kita, pekerjaan apa yang pantas untuk kita, dan masih banyak lagi.

So, mulailah menempatkan diri di tempat yang pantas. Dan kunci dari mendapatkan kepantasan adalah mengenal diri sendiri. Karena dengan menempatkan diri di tempat yang pantas, kita tidak akan pernah menjadi orang yang lemah.


Jadi apakah Anda sudah berada di tempat yang pantas untuk Anda? Think Again.
baca selengkapnya...

Manfaat Cahaya Matahari bagi Kesehatan Kulit



Mungkin banyak orang mengatakan bahwa paparan cahaya matahari hanya akan membuat kulit kusam dan memicu terjadinya kanker kulit. Memang, fakta tersebut ada benarnya. Tetapi sebenarnya pada waktu-waktu tertentu, cahaya matahari dapat memberikan dampak positif kepada kulit kita.

Lantas apa sajakah dampak positif tersebut?

1. Merangsang Pembentukan Vitamin D

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet A yang dapat merangsang tubuh membentuk vitamin D. Vitamin D ini dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan tubuh, membuat struktur tulang menjadi lebih kuat dan tebal, memperbaiki  komposisi tulang, dan memperbaiki jaringan-jaringan tulang.

2. Merangsang Pembentukan Hormon Melanin

Tidak hanya merangsang pembentukan vitamin D, UVA juga berfungsi untuk merangsang kelenjar melanosit untuk memproduksi hormon melanin. Hormon melanin ini berfungsi sebagai pigmen pewarna kulit dan sebagai hormon pengatur siklus tidur.

3. Mencegah Kanker

Anda berpikir bahwa paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat memicu berkembangnya sel-sel kanker? Mulai sekarang, ubah pandangan Anda. Sinar UVB yang diproduksi matahari pada pukul 10.00 - 16.00 memang dapat memicu sel-sel kanker. Namun, diluar waktu tersebut, matahari lebih banyak memproduksi UVA yang ternyata dapat mencegah berkembangnya beberapa jenis sel kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

4. Mempertebal Kulit

Manfaat yang terakhir adalah mempertebal kulit bagian atas. Hal ini menyebabkan kulit Anda tidak mudah sobek dan tidak mudah terluka.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat cahaya matahari bagi kesehatan kulit kita. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.