6 Tips Alami Atasi Kebotakan



Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menulis artikel berjudul "Tips Mencegah Kebotakan". Namun, masih ada satu pertanyaan lagi,

"Bagaimana apabila kebotakan tersebut sudah terlanjur terjadi?"

Memang, ada banyak obat-obatan yang dapat menumbuhkan rambut secara instan. Namun sayangnya, obat-obatan tersebut tersusun atas berbagai senyawa kimia yang mungkin memiliki efek samping. Nah, oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi sedikit tips pada Anda bagaimana cara alami mengatasi kebotakan. Bagaimana caranya? Mari kita simak:

1. Pijat Kepala

Salah satu pemicu terjadinya kebotakan adalah karena kurang baiknya sirkulasi darah di otak sehingga oksigen tidak dapat dikirim ke sel-sel kulit kepala dengan baik. Cobalah memijat kepala Anda dengan rutin untuk meningkatkan aliran darah di kepala.

Kalau mau, Anda boleh menggunakan minyak yang mengandung vitamin E atau minyak panas ( tentu bukan minyak yang benar-benar panas, tetapi minyak panas yang sudah didiamkan selama beberapa menit sehingga suhunya menjadi hangat). Kedua jenis minyak tersebut akan membantu memperlancar peredaran darah di otak.

2. Minyak Zaitun

Kemungkinan yang berikutnya, pertumbuhan rambut terhambat karena ada banyak kotoran yang menyumbat tempat dimana rambut akan tumbuh. Untuk membersihkannya, cukup teteskan 4-5 tetes minyak zaitun ke kepala Anda lalu pijatlah dengan lembut selama kurang lebih 20 menit.

3. Makanan Antioksidan

Makanan antioksidan adalah makanan yang baik untuk menunjang pertumbuhan rambut. Anda boleh mengonsumsinya dengan cara dimakan atau dihancurkan lalu dioles ke bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan.

4. Bawang Merah

Bawang merah ternyata banyak mengandung sulfur yang dapat menjadi stimulator pertumbuhan rambut. Pertama, hancurkan bawang merah. Lalu oleskan pada bagian kepala yang mengalami kebotakan. Diamkan selama 20 menit. Lakukan secara rutin seminggu sekali atau seminggu dua kali.

5. Kulit Apel

Kulit apel ternyata mengandung banyak nutrisi dan vitamin dasar yang dapat membantu memperlancar pertumbuhan rambut. Hancurkan kulit apel hingga menjadi bubuk. Lantas oleskan bubuk tersebut pada bagian kepala yang mengalami kebotakan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

6. Minyak Kelapa

Ternyata minyak kelapa dapat dijadikan obat kebotakan. Bagaimana bisa? Salah satu penyebab lambatnya pertumbuhan rambut adalah karena banyaknya ketombe yang menyumbat pertumbuhan rambut. Minyak kelapa yang dioleskan ke kulit kepala ternyata dapat menjadi obat pembasmi ketombe yang ampuh. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan lakukan secara rutin setiap hari. Dalam 15 hari, maka ketombe di kepala Anda akan hilang dan akar-akar rambut Anda akan semakin kuat.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips alami mengatasi kebotakan. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Naif - Air dan Api


 
Apa mauku apa maumu
Selalu saja menjadi 
Satu masalah yang tak kunjung henti

Bukan maksudku bukan maksudmu
Untuk selalu 
Meributkan hal yang itu-itu saja

Reff:
mengapa kita saling membenci
awalnya kita selalu memberi
apakah mungkin hati yg murni
sudah cukup berarti

ataukah kita belum mencoba
memberi waktu pada logika
jangan seperti selama ini
hidup bagaikan air dan api


baca selengkapnya...

6 Makanan Pencegah Kebotakan



Saat ini kebotakan menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Memang, kebotakan tidak mengindikasikan gangguan kesehatan. Hanya saja, secara psikologis kepercayaan diri seseorang akan menurun jika kepalanya mengalami kebotakan.

Nah, jika Anda tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia yang belum terbukti kemanjurannya, saya sarankan mulailah membangun gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, dll. Selain itu, ternyata asupan makanan tertentu juga dapat membantu pencegahan terjadinya kebotakan. Makanan apa sajakah itu?

1. Wortel

Mengapa wortel? Kandungan vitamin A dan betakaroten yang terkandung pada wortel ternyata dapat merangsang kulit kepala untuk menghasilkan cairan bernama sebum. Sebum ini nantinya akan merangsang rambut untuk tumbuh.

2. Ikan

Mengapa ikan? Kandungan omega 3 dan protein yang tinggi pada ikan ternyata dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Dengan begitu, kebotakan pun dapat dicegah.

3. Kacang

Mengapa kacang? Sama seperti ikan, kacang mengandung banyak protein yang dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Dengan begitu, kebotakan pun dapat dicegah.

4. Bayam

Mengapa bayam? Bayam ternyata mengandung zat besi, vitamin B, dan omega 3 meskipun kadarnya tidak sebanyak ikan. Namun tetap saja apabila kita rajin mengonsumsi bayam, zat-zat yang terkandung tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

5. Telur

Mengapa telur? Tentunya karena telur banyak mengandung omega 3 dan protein sehingga dapat memperkuat akar rambut dan membantu pertumbuhan rambut.

6. Susu

Mengapa susu? Susu ternyata memiliki manfaat yang sama dengan wortel, yakni merangsang kulit kepala untuk menghasilkan cairan sebum. Cairan sebum ini akan membantu pertumbuhan rambut.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya kebotakan. Intinya, untuk mencegah kebotakan, kita harus rajin berolahraga dan memantau asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Think Again - Organik


Hampir setiap bulan saya mengunjungi kota Bandung karena saya punya rutinitas berbelanja ke toko buku. Disana, hampir di setiap 100 meter ada 2 tempat sampah, yakni tempat sampah organik dan tempat sampah non-organik. Anehnya, tempat sampah organik yang berwarna hijau itu selalu kosong, sedangkan tempat sampah non-organik penuh dengan sampah dedaunan bercampur sampah plastik. Sekilas saya menyimpulkan bahwa masyarakat belum tahu apa maksudnya organik dan non-organik.

Beberapa waktu yang lalu, saya kembali ke kota bandung untuk berbelanja buku. Namun, untuk kali ini saya ditemani seorang teman saya. Ceritanya, usai ke toko buku, teman saya ini akan pergi ke toko elektronik. Berhubung saya penasaran, maka saya ikut mampir ke toko elektronik tersebut.

Di sana kami berkeliling menghampiri kios-kios penyedia aksesoris ponsel. Saya langsung bertanya,

Saya: "Nyari apa sih?"

Teman Saya: "Nyari antigores sama karet silikon."

Saya: "Ga pake juga ga apa-apa kan? Sayang kan uangnya, ratusan ribu melayang Cuma buat beli pelindung hape. Mending buat beli makanan atau beli pulsa kan …."

Teman Saya: "Ya emang gini konsekuensinya kali, Yog. Kalo kita punya hape, laptop, motor … makin sering dipake ya makin rusak. Nah, biar awet, kita harus beli aksesoris kayak begini. Kalo soal mahal sih ya … udah risiko."

Teman Saya: "Beda lah sama melihara kucing. Makin sering diajak main, justru makin lincah."

SPG Kios Ponsel: "Ini Mas, antigores sama karet silikonnya udah dipasang. Semuanya jadi 100 ribu."

Lantas teman saya merogoh uang seratus ribuan dari dompetnya.

Saya: "Pelindung begituan doang harganya 100 ribu? Emang hapenya harganya berapa?"

Teman Saya: "Waktu aku beli sih harganya 2,4 juta."

Saya: "Nah, gini aja, gimana kalo hape + pelindung-pelindungnya itu kamu jual lagi … nah terus 2, 5 jutanya itu kamu beliin kucing persia. Enak kan, ntar kalo diajak main gak akan makin rusak. Gimana?"

***

Banyak diantara kita yang masih belum paham apa perbedaan antara organik dan non-organik. Dalam pelajaran Biologi sewaktu SD dulu, kita hanya tahu bahwa organik itu berarti sampah daun-daunan. Sedangkan non-organik itu adalah sampah plastik. Padahal, organik memiliki filosofi yang jauh lebih mendalam dari itu.

Organik, berasal dari kata "Organ" yang berarti sebuah "alat" di dalam tubuh yang penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Organ tersusun dari beberapa jaringan. Dan jaringan tersusun dari beberapa sel. Jadi, semua makhluk yang memiliki sel dapat disebut organik.

Non-organik adalah kebalikan dari organik. Ya, non-organik adalah suatu makhluk / benda yang tidak memiliki sel. Bagian terkecil dari makhluk non-organik bukanlah sel, tetapi atom.

Organik, tersusun atas sel. Sel memiliki kemampuan untuk beradaptasi. Itu artinya, semakin sering digunakan, sel tersebut akan semakin kuat, bukannya semakin rusak.

Non-organik, tersusun atas atom. Atom tidak memiliki kemampuan untuk beradaptasi. Alih-alih beradaptasi, atom justru akan saling melepas apabila terlalu sering bergesekan dengan benda lain. Itu artinya, semakin sering digunakan, makhluk non organik akan semakin rusak dan terkikis.

Kita, adalah makhluk organik. Sesuai dengan hukum organik, semakin sering digunakan, ya semakin kuat.


"Kita adalah makhluk organik. Semakin sering digunakan ya semakin kuat, bukan semakin rusak."


Kita lihat beberapa contoh. Para binaragawan memiliki otot lengan yang besar karena mereka terbiasa mengangkat beban yang berbobot puluhan kilogram di gym. Otot-otot lengannya beradaptasi dengan beban yang diberikan sehingga otot-otot tersebut menguat.

Para musisi memiliki kemampuan menciptakan lagu karena mereka terbiasa mendengarkan alunan nada. Otak kanannya beradaptasi dengan melodi-melodi tersebut sehingga kreativitas sang musisi pun menguat.

Lihat, cara kerja tubuh kita sesederhana itu.

Kalau kita sudah paham konsep itu, kita akan paham bagaimana cara menggapai keberhasilan. Ya, mulailah mendisiplinkan diri SEKARANG.

Berapa banyak orang yang berkata,

"Saya ingin jadi ahli teknologi. Tapi belajar tentang teknologinya nanti saja di kuliah."

Padahal, jika Anda mendalami teknologi sejak kecil, ketika kuliah nanti Anda sudah menguasai dunia teknologi. Dan ketika lulus, Anda sudah menjadi ahli teknologi bahkan inovator hebat!

"Saya ingin jadi atlit sepak bola. Tapi mulai fokus latihannya nanti saja kalau sudah selesai SMA."

Padahal, jika Anda sudah fokus berlatih sepak bola sejak kecil, usai SMA nanti kaki Anda sudah lihai mempermainkan bola. Maka di usia 20-an, Anda mungkin sudah menjadi pemain bola yang hebat!

Ingatlah, kita adalah makhluk organik. Semakin sering dilatih, semakin kuat. Tekunilah suatu bidang yang Anda sukai. Semakin lama, semakin kuatlah Anda di bidang itu. Jangan setengah-setengah dalam menekuni suatu bidang. Niscaya, keberhasilan ada di depan mata Anda.


Jadi, apakah Anda masih setengah-setengah dalam mendalami suatu bidang? Think Again.
baca selengkapnya...

Think Again - Proyek


Setelah melewati Ujian Nasional, saya kembali merencanakan beberapa proyek yang harus saya kerjakan beberapa minggu ke depan. Ada beberapa proyek yang saya kerjakan sendiri, adapula yang saya kerjakan bersama beberapa rekan sejawat saya. Usai menyusun rencana, saya berdoa semoga semua proyek-proyek yang sudah saya rencanakan ini berjalan sebagaimana mestinya.

Proyek pertama yang saya kerjakan adalah syuting bersama salah satu teman saya. Berhubung saya tidak mau menyebutkannya di sini, maka anggaplah namanya Udin.

Rencananya, proyek ini akan berjalan dalam tenggang waktu 2 hari. Hari pertama untuk latihan, dan hari kedua untuk syuting.

Hari pertama pun tiba. Saya bergegas ke rumah Udin untuk memberikan arahan plus berlatih bersama.

Sesampainya di sana saya langsung memberikan arahan pada Udin. Namun, tak lama kemudian datanglah 3 orang teman lama saya. Dan ternyata ... mereka berempat lantas bermain video game bersama. Saya hendak menegur Udin, namun berhubung kami baru saja menyelesaikan Ujian Nasional … ya … mungkin saja Udin memang sedang butuh hiburan sejenak.

Akhirnya saya memilih untuk diam dan melamun di sudut ruangan.

Saya berdiam cukup lama, hingga ketika hari sudah larut, saya meminta izin pada Udin untuk menyegerakan pulang ke rumah. Tidak lupa, saya mengingatkan Udin untuk berlatih jika ada waktu luang ….

Hari kedua pun tiba. Saya bergegas ke rumah Udin dan membawa peralatan yang lumayan banyak. Sesampainya di sana, saya lantas bertanya pada Udin, "Sudah siap?"

Udin menggeleng.

Saya menggaruk kepala saya. Bagaimana ini? Dalam catatan agenda saya, hari ini adalah hari terakhir tenggang waktu proyek. Artinya, esok hari saya sudah harus melaksanakan proyek lain. Apakah Udin bisa berlatih hingga lancar hanya dalam waktu beberapa jam saja?

Tak lama kemudian para Kru datang. Suasana mendadak kacau. Udin dan saya sibuk berlatih, para Kru yang jenuh menunggu akhirnya memilih untuk bermain video game. Tak lama, Udin mengaku lelah dan ingin beristirahat sejenak. Udin pun berhenti latihan dan ikut bermain video game bersama para Kru selama berjam-jam lamanya.

Saya hanya bisa diam sembari melamun di sudut ruangan ….

***

Mungkin Anda berpikir 2 hari itu adalah 2 hari paling sial yang pernah saya lewati. Ya, dalam 2 hari tidak ada satu pun proyek saya yang selesai. Namun, jika Anda jeli, ada sebuah pelajaran yang bisa kita petik dari kejadian ini.

Saya pernah berdiskusi tentang psikologi bersama seorang dosen di salah satu universitas negeri di kota Bandung. Beliau mengatakan bahwa ada salah satu hal yang hilang dalam pola pikir orang-orang di zaman sekarang. Hal yang hilang tersebut adalah keberanian untuk berpikir terbalik.

Apa itu berpikir terbalik? Berpikir terbalik adalah keinginan seseorang untuk melawan pikirannya sendiri. Ternyata berpikir terbalik adalah hal yang sangat penting dalam pembentukan pola pikir karena kemampuan berpikir kita akan semakin kuat jika kita sering melawan informasi yang telah kita pahami dan kita percaya.


"Kemampuan berpikir kita akan semakin kuat jika kita sering melawan informasi yang telah kita percaya"


Lantas, apa hubungannya dengan kesialan yang menimpa saya?

Ketika menyusun rencana, saya tidak berani berpikir terbalik. Ya, saya hanya berpikir "Jika proyek ini berjalan sebagaimana mestinya, maka saya harus ….". Seharusnya, saya juga berpikir "Jika proyek ini tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka saya harus …."

Seandainya saya berpikir seperti itu, maka saya akan mampu mengantisipasi hal-hal tak terduga yang mungkin akan menghalangi kelancaran proyek saya.

Apakah berpikir terbalik begitu penting terhadap kehidupan kita? Ya, sangat penting.

Ketika harga bahan bakar bersubsidi naik, orang-orang berdemo. Mereka berdemo karena beranggapan bahwa jika harga bahan bakar naik, maka harga makanan pokok dan biaya transportasi pasti naik. Jika hal tersebut terjadi, maka rakyat menderita.

Sekarang, coba kita berpikir terbalik. Jika harga bahan bakar bersubsidi naik, maka beban negara akan berkurang. Tidak hanya itu, orang-orang juga akan cenderung untuk menggunakan sepeda ketimbang kendaraan bermotor pribadi. Beban negara berkurang, udara semakin bersih, masyarakat pun akan belajar menjadi pribadi yang hemat dan sehat.

Lihat, berpikir terbalik membuat pikiran kita menjadi lebih terbuka.

Jika semua orang berani berpikir terbalik seperti itu, saya yakin, tidak akan pernah ada lagi yang namanya demo yang disertai kekerasan, tidak akan pernah ada lagi yang namanya tawuran, dan bahkan tidak akan pernah ada lagi yang namanya public figure haters (pembenci seorang artis atau grup musik).

Lawanlah pikiran Anda sendiri. Berdiskusilah dengan orang-orang yang pemikirannya tidak sejalan dengan Anda. Karena dengan melawan pikiran sendiri, kita akan menjadi sosok yang lebih cerdas dan bijaksana.


Jadi, apakah Anda masih takut berpikir terbalik? Think Again.
baca selengkapnya...

10 Tips Alami Mencegah Kebotakan


Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menulis artikel tentang beberapa penyebab terjadinya kebotakan. Apabila kita telaah kembali,  kebotakan adalah masalah kesehatan yang sederhana dan tidak berdampak serius pada tubuh kita. Namun kebotakan tidak boleh kita sepelekan karena rambut yang tipis atau botak dapat mengganggu penampilan seseorang.

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami kebotakan, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai langkah terbaik yang dapat Anda lakukan agar kebotakan Anda tidak semakin parah. Bagi Anda yang belum mengalami kebotakan, alangkah baiknya jika Anda belajar bagaimana cara mencegah terjadinya kebotakan.

Lantas bagaimanakah cara mencegah terjadinya kebotakan?

1. Olahraga Teratur

Ya, olahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan memakan waktu lama. Anda hanya perlu melakukan gerakan sederhana seperti jalan kaki atau senam aerobik, yang penting olahraga tersebut dilakukan secara rutin dan teratur. Olahraga teratur dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah Anda sehat, aliran darah Anda akan lancar sehingga asupan oksigen ke setiap sel-sel tubuh akan menjadi lebih maksimal. Sehingga kegagalan regenerasi sel (terutama sel kulit kepala) dapat diminimalisir.

2. Konsultasi

Apapun penyakitnya, berkonsultasi adalah jalan terbaik. Namun memang berkonsultasi ke membutuhkan biaya tambahan. Jika Anda ingin cara instan dan tepat dalam mencegah kebotakan, silakan berkonsultasi ke dokter.

3. Gunakan Sisir dengan Lembut

Kita cenderung tidak peduli dengan penggunaan sisir sehari-hari. Padahal, penggunaan sisir yang tidak tepat dapat merusak kulit kepala. Gunakan sisir dengan lembut dan jangan lakukan terlalu cepat. Niscaya kerusakan rambut dapat terminimalisir.

4. Rileks

Rilekslah. Hilangkan segala hal yang menimbulkan stres. Hadapi masalah dengan sudut pandang pengamat, bukan sudut pandang korban. Dengan begitu, stres akan berkurang. Jika stres berkurang, tubuh Anda akan melakukan memproduksi hormon dengan baik. Jika produksi hormon Anda berlangsung dengan baik, proses regenerasi sel (terutama sel-sel kulit kepala) akan berjalan dengan baik pula.

5. Kurangi Makanan Berlemak

Konsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan munculnya plak-plak lemak di dinding pembuluh darah. Plak-plak tersebut akan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah. Jika pembuluh darah menyempit, maka oksigen tidak dapat diedarkan dengan baik ke setiap sel - sel pada tubuh. Akibatnya, banyak sel-sel yang mati dan tubuh akan kesulitan meregenerasi sel-sel yang mati tersebut.

6. Konsumsi Sayur-sayuran

Jangan lupakan sayur-sayuran. Sayur-sayuran banyak mengandung zinc, zat besi, protein, mineral, dan kalsium yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran, agar sel-sel kulit kepala Anda menjadi lebih sehat dan rambut Anda tidak mudah rontok.

7. Kurangi Asupan Garam

Sama seperti makanan berlemak, mengonsumsi garam dapat menyebabkan menyempitnya pembuluh darah Anda.

8. Kurangi Penggunaan Pemanas Rambut

Sebisa mungkin kurangi penggunaan pemanas rambut agar kesehatan dan keaslian rambut Anda tetap terjaga.

9. Berhenti Merokok

Merokok juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah. Jika Anda berhenti merokok, Anda akan mendapatkan pembuluh darah dan darah yang lebih sehat. Dengan begitu, kebotakan pun dapat diminimalisir.

10. Jaga Pola Makan

Mulailah untuk mengatur jadwal makan Anda sendiri. Pola makan yang baik adalah kunci dari kesehatan tubuh dan produksi hormon yang maksimal. Dengan begitu maka kerusakan rambut dan kebotakan dapat diminimalisir.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips mencegah kebotakan. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Kim Hyun Joong - One More Time



naega mollassotnabwa
norul mollassotnabwa
irohgedo gakkaie itnunde

jongmal sojunghangosun
sarajyogan hueya
alsu itnunga bwa jigume no chorom

mianhae nega hullin nunmul alji mothae
mianhae ijesoya ne ape waso

One More Time One More Time
dashi hanbon nae gyoturo wajul sun obtgetni

onjena nomanul saranghae
nujun i huhwe mankum do saranghalge

pabogatun naega nol
mame obtnun maldullo
gurohge manhi apuge haetnabwa

nega aniyotdamyon
mollassul haengboginde
ijeya arasso nega sarangirangol

gomawo sojunghan sarangul garuchyojwo
gomawo ijen naega do saranghalge

One More Time One More Time
dashi hanbon nae gyoturo wajul sun obtgetni

onjena nomanul saranghae
nujun i huhwe mankum do saranghalge
One More Time One More Time

saranghae nol saranghae
iron narul dashi badajul sun obtgetni

onjena naege jun gu sarang
naega da gapul su itge horaghaejwo
nae sonul jabajwo

English Translation

I guess I did not know
I guess you did not know
That we are standing too close like this
We can’t really let this beautiful thing disappears
Now you will understand me

I’m sorry that I didn’t know the reason behind those tears
I’m sorry, now I’m right in front of you

One More Time One More Time
Can you return to my side once again?
I will always love you
I’ll never regret, I will only love you

I’m so foolish
For not knowing what’s inside your heart
It seems to be in pain
Without you I don’t know happiness
Now I understand what love is

Thank you for teaching me about love
Thanks you, now I will know how to love you more

One More Time One More Time
Can you return to my side once again?
I will always love you
I’ll never regret, I will only love you
One More Time One More Time
I love you, I love you
Will you accept me again someday?
Please let me return it to you
The love you always gave me
Just hold my hand


baca selengkapnya...

9 Penyebab Kebotakan



Kebotakan menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup ramai dibicarakan orang. Memang, kebotakan tidak menyebabkan masalah yang serius pada kesehatan seseorang. Hanya saja, kebotakan dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya. Selain itu, kebotakan juga dapat menyebabkan seseorang tampak lebih tua.

Lantas sebenarnya apa sajakah faktor penyebab munculnya penyakit kebotakan ini?

1. Stres

Stres atau tekanan secara psikologis ternyata dapat memicu terjadinya kebotakan. Mengapa bisa begitu? Ketika sedang berada dalam kondisi stres, tubuh memproduksi hormon dengan tidak normal. Produksi hormon yang tidak normal ini dapat menyebabkan rambut kekurangan nutrisi sehingga mudah rontok dan memicu terjadinya kebotakan.

2. Infeksi

Kebotakan ternyata dapat disebabkan oleh infeksi kuman yang menyerang kulit kepala sehingga kulit kepala mengalami iritasi. Akibatnya, akar rambut menjadi tidak kokoh di dalam kulit kepala.

3. Pengaruh Obat

Obat-obatan semacam obat antidepresan, obat maag, obat pengencer darah, obat penurun kolesterol, obat radang sendi, pil KB, pil diet, dll ternyata ada diantaranya yang memiliki efek samping berupa kebotakan. Oleh karena itu, cerdaslah dalam memilih obat-obatan yang dijual di pasaran.

4. Makanan Berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak juga ternyata dapat menyebabkan terjadinya kebotakan. Mengapa bisa begitu?

Banyak mengonsumsi makanan berlemak ternyata dapat menyebabkan menempelnya plak-plak lemak pada dinding pembuluh darah sehingga aliran darah tidak dapat dialirkan secara maksimal. Jika darah tidak dialirkan secara maksimal, maka banyak sel-sel pada tubuh yang tidak mendapatkan asupan oksigen dalam kadar yang dibutuhkan. Salah satunya adalah sel-sel kulit kepala. Sel-sel kulit kepala yang kekurangan oksigen akan kesulitan untuk meregenerasi sel-sel rambut yang telah rusak sehingga terjadilah kebotakan.

5. Pola Makan Tidak Baik

Pola makan tidak baik dapat menyebabkan regenerasi sel menjadi tidak teratur. Regenerasi sel yang tidak teratur ini juga dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok lalu berujung pada kebotakan.

6. Makanan Tidak Bervariasi

Manusia membutuhkan berbagai jenis nutrisi yang harus terpenuhi setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia harus memakan makanan yang berbeda terus setiap saat. Jika makanan tidak bervariasi, sel-sel akan sulit untuk beregenerasi sehingga kulit kepala pun akan lebih cepat mengalami kebotakan.

7. Genetik

Faktor selanjutnya yaitu adalah faktor turunan. Ya, hal ini mungkin sudah menjadi rahasia umum. Genetik adalah faktor terkuat munculnya penyakit kebotakan. Jika Anda memiliki riwayat kebotakan, Anda harus memulai kebiasaan merawat rambut dengan bahan-bahan alami untuk memperlambat munculnya kebotakan.

8. Usia

Usia juga menjadi salah satu faktor munculnya kebotakan. Semakin tinggi usia seseorang, semakin besar potensi terjadinya kebotakan pada orang tersebut.

9. Rokok

Rokok dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah dan penyempitan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan oksigen tidak dapat beredar ke setiap sel dengan baik. Akibatnya, banyak sel-sel yang mati dan tubuh akan kesulitan meregenerasi sel-sel tersebut.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab munculnya penyakit kebotakan. Jadi, jika Anda masih memiliki rambut yang sehat, rawatlah. Namun jika Anda sudah terlanjur mengalami kebotakan, Anda tidak perlu kehilangan kepercayaan diri karena kebotakan tidak memengaruhi kinerja otak Anda maupun fisik Anda.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Pertolongan Pertama pada Korban Pendarahan



Pada suatu siang yang cerah, Anda tengah berjalan kaki di trotoar. Tiba-tiba saja terdengar suara benturan yang teramat keras yang mengagetkan Anda. Ya, terjadi kecelakaan antara sebuah truk dan sebuah sepeda motor. Anda melihat Sang Pengendara Motor terkulai lemas di tengah jalan dengan darah yang terus mengalir dari kakinya. Apa yang akan Anda lakukan?

Jangan menjauh. Dekati dan bantu orang tersebut untuk berjalan ke pinggir jalan. Jangan lupa, arahkan motor yang tergeletak di tengah jalan ke sisi badan jalan agar tidak mengganggu para pengguna jalan yang lainnya.

Setelah itu, mulai perhatikan pendarahan yang terjadi pada korban. Jika darah tampak merah gelap, pembuluh darah yang pecah adalah pembuluh darah vena yang mengangkut karbon dioksida dari organ-organ tubuh ke jantung. Pendarahan ini tidak terlalu berbahaya, bahkan bisa ditangani hanya dengan memasang perban pada korban.

Jika darah terlihat merah agak terang, pembuluh darah yang pecah adalah pembuluh darah arteri yang mengangkut oksigen dari jantung ke seluruh organ tubuh. Pendarahan ini termasuk berbahaya karena darah yang keluar adalah darah yang penting bagi tubuh dan mengalir sangat cepat. Jika dibiarkan, pendarahan ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat.

Lantas apa yang harus kita lakukan pada korban pendarahan ini?

  • Pastikan korban tidak terpapar sinar matahari.
  • Carilah kain. Tempelkan kain tersebut pada daerah yang mengeluarkan darah.
  • Tekan kain tersebut secara perlahan.
  • Tahan tekanan tersebut.
  • Meskipun kain tersebut sudah penuh dengan darah, jangan melepas kain tersebut. Tahan kain tersebut namun tambahkan kain lagi di atasnya.
  • Apabila pendarahan sudah mulai berkurang, ikat kain tersebut dengan perban.

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa teknik pertolongan pertama pada korban pendarahan. Jika teknik di atas tidak manjur atau Anda melihat gejala-gejala pendarahan yang serius sejak awal, segera bawa korban ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.