Bagaimana Cara Melatih Memori Jangka Panjang?


sumber gambar: www.faktailmiah.com

Sumber Inspirasi - Beberapa waktu yang lalu ada Sahabat Inspiratif yang bertanya melalui grup Komunitas Sahabat Inspiratif,

"Gimana ya cara melatih kemampuan mengingat jangka panjang?"

Jawaban:

Menarik sekali untuk kita bahas, mengingat banyak sekali masyarakat yang salah paham mengenai ingatan jangka panjang.

Sekarang izinkan saya untuk bertanya,

Bisakah ingatan jangka panjang dilatih?

Tidak.

Ya, ingatan jangka panjang tidak bisa dilatih agar semakin panjang memorinya. Yang bisa dilatih adalah kemampuan mengingat.

Ingatan dapat diibaratkan kartu memori ponsel. Bisakah diperbesar kapasitasnya? Tidak. Tetapi bisakah kita usahakan agar masa pakainya awet dan tetap "segar" walau sudah bertahun-tahun? Bisa.

Itulah yang bisa kita lakukan, yakni mempertahankan agar kemampuan memori kita tidak menurun seiring bertambahnya usia. Bagaimana caranya?

Pertama, biasakan untuk mengingat. Setiap malam, ingatlah kembali apa yang Anda telah lakukan seharian. Setiap berkenalan dengan seseorang, ingatlah namanya. Setiap tahun, ingatlah apa saja yang telah Anda capai.

Kedua, rajin-rajinlah membaca buku. Otak kita memiliki 100 milyar sel bernama neuron. Seluruh sel ini saling berhubungan satu sama lain ketika kita lahir. Namun sayangnya, secara alamiah "kabel" penghubung antar sel otak ini putus satu persatu jika kita tidak berpikir. Jika berpikir, kabel  penghubung ini bisa terus tersambung. Jadi, isilah waktu luang Anda dengan cara membaca buku, bermain catur, serta kurangi melamun dan bergosip.

Ketiga, rutin berolahraga. Kedengarannya lucu, tetapi ini fakta. Orang yang rutin berolahraga memiliki detak jantung yang sehat. Detak jantung yang sehat akan membuat darah pembawa oksigen bergerak dengan lancar ke otak. Dengan begitu, otak pun dapat bekerja dengan lebih baik saat mengingat informasi.


Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.