Cara Mengenali Batu Akik Palsu


Batu akik - Sumber gambar: batuakik.net

Sumber Inspirasi - Batu akik adalah batu-batuan berusia puluhan tahun yang diolah menjadi batu halus sehingga memiliki nilai seni tersendiri. Selain karena warnanya, sifatnya yang transparan serta "retakan alamiah" yang terlihat pada batu akik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang.

Namun, Anda harus berhati-hati karena ada oknum yang memalsukan batu ini dengan cara membuat batu palsu alias imitasi. Sekilas batu palsu ini terlihat mirip dengan batu asli. Tidak mudah mengenali batu akik palsu dengan mata telanjang.

Meski begitu, ada beberapa trik yang biasa digunakan orang-orang untuk mengenali batu aki palsu, yaitu:

1. Diterawang

Cara pertama yakni dengan cara diterawang. Apabila terdapat gelembung-gelembung kecil, dapat dipastikan bahwa itu bukanlah batu, melainkan plastik.

2. Lihat motif seratnya

Selain itu, perhatikan juga serat-serat yang terdapat pada batu. Jelilah melihat guratan-guratan serat tersebut. Apabila terlihat seperti guratan tangan manusia, berhati-hatilah karena guratan batu akik seharusnya terlihat seperti guratan alamiah.

3. Tempelkan ke kulit

Cara berikutnya adalah dengan cara ditempelkan ke kulit. Apabila tidak terasa apa-apa, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah batu akik palsu. Karena apabila batu akik tersebut asli, maka ketika ditempelkan ke kulit akan terus terasa dingin walaupun ditempelkan dalam jangka waktu yang lama.

4. Disulut api

Cara terakhir adalah dengan cara disulut api. Perhatikan, apakah batu akik itu rusak? Apakah batu akik itu meninggalkan bekas api? Jika ya, Anda harus berhati-hati karena kemungkinan besar batu akik itu palsu.

Meski ampuh, cara yang terakhir ini adalah cara yang tidak disarankan. Selain karena membahayakan, cara ini juga tidak berfungsi apabila Anda coba pada batu akik jenis opal kalimaya yang tidak tahan terhadap panas.


Demikianlah artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.