Inilah Dia Sepeda Pertama di Dunia



Sumber gambar: www.manztea.wordpress.com
Sumber Inspirasi - Sepeda adalah cikal bakal lahirnya alat transportasi. Tidak disadari, sebenarnya mobil, kereta, bus, dan semua alat transportasi merupakan pengembangan dari konsep sepeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sepeda adalah penemuan jenius dibalik jutaan inovasi transportasi.

Tahukah Anda siapakah sosok jenius dibalik penemuan besar ini?

Dialah Baron Karls Drais von Sauerbronn. Beliau adalah pria berdarah Jerman kelahiran 29 April 1785.

Pada tahun 1816 terjadi kekacauan hebat di Eropa. Akibat gunung Tambora, Indonesia, meletus dengan dahsyat, maka Eropa mengalami gagal panen besar-besaran. Karena rusaknya seluruh tanaman, banyak kuda yang kelaparan lalu mati. Pada saat itu, kuda adalah satu-satunya alat transportasi. Jadi, karena jumlah kuda berkurang, maka sistem transportasi Eropa pun mati.

Karl, adalah seorang mandor proyek-proyek taman kerajaan. Karena tidak ada kuda, maka ia kelelahan harus berjalan kaki bolak-balik dari taman yang satu ke taman yang lain. Karena hal itulah, Karl mendapat ide untuk menciptakan transportasi yang tidak perlu diberi makan, namun kecepatannya tidak kalah dengan kuda.

Sumber gambar: www.pcbolong.blogspot.com
Sepeda pertama lahir pada tahun 1860. Bentuknya berupa kursi dengan 2 roda di bagian depan dan belakang kursi. Untuk melaju, penggunanya harus naik ke kursi lalu menggunakan kakinya untuk mendorong sepeda tersebut. Sepeda ini pun diklaim sebagai sepeda pertama di dunia dan diberi nama Draissienne.

Sumber gambar:www.gadingmoore.blogspot.com
Sejak penemuan itu, desain sepeda berkembang dengan sangat pesat dalam hitungan tahun. Inovasi pun terus diciptakan sehingga bersepeda semakin nyaman, mudah, dan menyenangkan.


Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.