Mengenal Hari Surya dan Hari Sideris


Bumi – Credit: 8planets.co.uk
Penulis: Arief Rizqianto A

Sumber Inspirasi - Berapa lama waktu yang diperlukan bumi untuk berotasi? Anda mungkin akan menjawab 24 jam karena jam anda menunjukkan demikian, padahal sebenarnya waktu yang diperlukan bumi untuk berotasi satu kali adalah 23 jam 56 menit. Lebih cepat 4 menit dari jawaban anda sebelumnya. Berarti dalam satu bulan sudah ada selisih 2 jam, dong? Lalu apabila lebih cepat 4 menit mengapa siang hari masih jam 12 dan pagi hari jam 6?

Nah, mungkin anda akan bingung. Sebenarnya, dari yang saya bahas diatas itu hampir semuanya benar kecuali satu hal, yaitu patokan. Waktu selama 24 jam atau 23 jam 56 menit disana patokannya apa? Sama halnya seperti kita yang sedang menghitung waktu yang diperlukan untuk berlari mengitari lapangan, kita harus memiliki patokan awalnya dan patokan akhir yaitu garis start dan garis finish. Begitu pula dengan menghitung waktu yang diperlukan Bumi untuk berotasi atau berevolusi, kita harus menggunakan patokan. Biasanya untuk mengetahui waktu yang diperlukan untuk bergerak dalam lintasan melingkar, maka posisi patokan awal dan akhirnya adalah sama.

Nah satu hari sama dengan 24 jam yang kita biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari menggunakan matahari sebagai patokannya sehingga disebut hari surya sedangkan satu hari sama dengan 23 jam 56 menit menggunakan bintang sebagai patokannya sehingga disebut hari bintang atau hari sideris.

Satu hari surya didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan Matahari untuk bergerak dari suatu titik ke titik itu lagi. Sebagai contoh, saya akan menghitung waktu yang diperlukan Matahari yang sedang berada di atas kepala saya sampai ia kembali lagi berada di atas kepala saya. Inilah yang dinamakan satu hari surya. Waktu yang diperlukan matahari untuk kembali ke titik semula adalah 24 jam, waktu yang sama persis kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Hal tersebut menyebabkan pagi hari di rumah kita tetap jam 6 dan siang hari tetap jam 12.

Selanjutnya adalah hari sideris atau hari bintang. Satu hari sideris sebenarnya mirip dengan hari surya. Perbedaannya hanya di patokannya saja. Apabila hari surya menggunakan Matahari sebagai patokannya, maka hari sideris menggunakan bintang sebagai patokannya. Sehingga definisi dari satu hari sideris adalah waktu yang diperlukan suatu bintang untuk bergerak dari suatu titik ke titik itu lagi. Contohnya mirip seperti hari surya, hanya saja yang diamati bukanlah Matahari melainkan bintang. Waktu yang diperlukan bintang untuk kembali ke titik semula adalah 23 jam 56 menit, lebih cepat empat menit dari hari surya. Hari sideris jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari namun sering digunakan oleh astronom untuk menentukan posisi benda langit.

Perbedaan waktu antara hari sideris dengan hari surya bukan dikarenakan Bumi galau sehingga timbul perbedaan waktu melainkan diakibatkan karena Bumi berevolusi.

Berikut gambar yang dapat menjelaskan situasi tersebut.
 
rotasi dan revolusi Bumi – Credit: langitselatan.com

Sebagai contoh, pada pukul 12:00:00 kita mengamati Matahari dan sebuah bintang yang posisinya berada dibelakang Matahari, kita anggap mereka tepat berada di atas kepala kita. Lalu setelah bergerak selama 23 jam 56 menit 4 detik (pada gambar pukul 11:56:04) Bumi sudah bergerak satu hari sideris. Bintang tersebut sudah berada di atas kepala kita namun Matahari tidak demikian. Kita masih memerlukan waktu sekitar 4 menit lagi agar Matahari tepat berada kembali di atas kepala kita.

Sekarang dapatkah anda mengerti mengapa timbul perbedaan waktu antara hari surya dengan hari sideris? Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa satu hari surya adalah periode rotasi Bumi dimana Matahari sebagai patokannya yaitu selama 24 jam. Sedangkan satu hari sideris adalah periode rotasi Bumi dimana bintang sebagai patokannya yaitu selama 23 jam 56 menit. Lebih cepat 4 menit dari hari surya. Dalam satu bulan, perbedaan waktu antara hari surya dan hari sideris sudah 2 jam. Itu artinya apabila kita menggunakan hari sideris, siang hari tidak selalu jam 12 dan pagi hari tidak selalu jam 6.

Sumber:

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.