Pertolongan Pertama pada Gigi Lepas Akibat Terbentur


Gigi lepas - Sumber gambar lintas.me

Sumber Inspirasi - Suatu ketika Anda sedang asyik berkendara. Tiba-tiba saja sebuah sepeda motor menyalip kendaraan Anda sehingga konsentrasi Anda buyar.

Mirisnya lagi, Anda tidak sadar bahwa di sebelah kanan Anda ada sepeda motor yang tengah melaju kencang ke arah Anda. Karena tak terkendali, sepeda motor tersebut menabrak Anda.

Anda pun terbanting, karena Anda lupa menggunakan helm, wajah Anda pun membentur aspal. Ketika Anda membuka mata Anda, Anda mendapati diri Anda tengah menelungkup dan terlihat ada darah mengalir dari mulut Anda. Ya, gigi Anda lepas.

Apa yang akan Anda lakukan?

***

Beberapa kali saya menerima pertanyaan dari orang-orang di sekitar saya,

"Apa yang harus kita lakuin kalo gigi kita lepas karena kebentur?"

Ya, gigi lepas bisa terjadi karena benturan yang keras. Entah itu wajah anda yang membentur bidang keras, atau mungkin Anda menerima pukulan yang tepat mendarat di wajah Anda.

Sebenarnya, apa yang harus kita lakukan ketika hal tersebut terjadi?

1. Ambil kapas atau kain yang mudah menyerap;

2. Gunakan kapas tersebut untuk menahan darah yang mengalir;

3. Apabila gigi lepas, biasanya gigi yang lepas tersebut masih berada di sekitar tempat kejadian perkara. Segera cari gigi tersebut dan langsung masukkan ke plastik bersih, botol kosong, atau tempat-tempat bersih lainnya.

4. Segeralah ke dokter gigi terdekat. Apabila belum sampai 2 jam, gigi Anda masih bisa dipasang kembali. Kemudian Anda akan diberi obat khusus yang berguna untuk memperkuat gigi tersebut.


Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.