Tips Menghadapi Orang yang Baru Saja Mengalami Trauma

Trauma - sumber gambar: http://ircmentorcollaborative.org

Sumber Inspirasi - Trauma adalah salah satu gangguan psikologis yang dapat menyebabkan seseorang bertingkah ketakutan secara berlebih. Banyak penyebab yang dapat memicu terjadinya trauma diantaranya adalah pengalaman masa kecil yang kurang mengenakkan, lingkungan sosial yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, atau aksi kekerasan yang pernah diterima di masa lalu.

Namun meski begitu, ternyata trauma dapat diobati dengan cara mendekatkan orang tersebut bersama orang-orang yang tahu bagaimana cara mengobati dan memulihkan korban trauma.

Tidak perlu psikolog, saya yakin Anda pun bisa. Bagaimana caranya? Simak poin-poin sederhana ini:

1. Ajak ia bercerita

Bercerita - sumber gambar: putuprasasta.wordpress.com

Bercerita dapat membantu menurunkan kadar stres dan depresi seseorang. Orang yang baru saja mengalami trauma biasanya diikuti dengan gejala depresi dan mudah stres. Ajaklah ia bercerita mengenai ketakutannya, kesedihannya, dan lain-lain. Izinkan orang tersebut untuk menumpahkan rasa takutnya pada Anda.

Namun Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda malah akan ikut ketakutan. Tidak. Trauma tidak menular, dan trauma tidak dapat menyerang orang yang tidak mengalami langsung kejadian tersebut.




2. Buat ia sibuk

Ya, sibuk dapat membuat seseorang lupa akan trauma yang tengah dialaminya. Ajaklah orang tersebut bermain ke luar rumah, bermain video game, atau apapun. Yang penting Anda harus pastikan bahwa perhatian orang tersebut teralihkan dari hal yang membuatnya trauma.

Namun ingat, sibuk yang saya maksud bukannya memberi beban pekerjaan yang berlebih. Beban kerja yang berlebih malah akan membuat korban trauma semakin stres.


Demikianlah artikel singkat saya kali ini mengenai beberapa tips menghadapi orang yang baru saja mengalami trauma. Jika trauma terus berlanjut, ada baiknya jika Anda mengajak orang tersebut ke psikolog untuk mendapatkan penanganan dan terapi yang lebih lanjut.

Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.