5 Tips Sehat Menggoreng Gorengan agar Aman Dikonsumsi



Gorengan - Sumber gambar: flickr.com
Sumber Inspirasi - Banyak penjelasan ilmiah yang menyatakan bahwa makanan berminyak adalah makanan berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol. Namun ternyata, hal ini tidak benar karena dengan cara menggoreng yang benar, berbagai risiko penyakit yang disebabkan oleh gorengan dapat diminimalisir.

Lantas bagaimana cara menggoreng gorengan yang baik agar tetap sehat dikonsumsi? Berikut saya rangkum beberapa diantaranya:

1. Goreng dengan api kecil

Dengan cara menggoreng dengan api kecil, penyerapan minyak pada makanan pun berkurang. Jadi, gunakan api kecil setiap memasak gorengan ya :)

2. Hindari minyak goreng bekas

Hindari penggunaan minyak goreng bekas atau biasa disebut minyak jelantah. Mengapa? Karena ternyata minyak jenis ini mengandung kolesterol lebih tinggi sehingga dapat membahayakan kesehatan Anda.

3. Tiriskan seusai digoreng

Ingat, selalu tiriskan gorengan usai digoreng sebelum dikonsumsi. Proses meniriskan gorengan ini dapat membantu mengurangi kadar minyak yang terkandung dalam gorengan.

4. Jangan gunakan terlalu banyak minyak


Hindari penggunaan minyak berlebih. Gunakan saja minyak goreng dalam kadar sedikit. Hal ini dimaksudkan agar kadar minyak yang diserap gorengan juga semakin sedikit.





5. Pilihlah merk minyak goreng dengan kadar kolesterol rendah

Di pasar terdapat beberapa jenis minyak goreng yang kandungan minyak gorengnya sedikit. Gunakan minyak tersebut untuk membantu meminimalisir risiko terjadinya penyakit kolesterol.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips menggoreng gorengan agar tetap sehat untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.