5 Penyebab Kuku Kotor



Kuku - sumber gambar: gabriellabismaniac.wordpress.com
Sumber Inspirasi - Kuku menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan kita. Bagaimana tidak, hampir segala hal yang kita sentuh, kita mulai dari ujung jari. Sehingga wajar saja apabila ternyata kuku dinobatkan menjadi salah satu bagian tubuh yang paling cepat kotor.

Meski terdengar sepele, namun hal ini tidak dapat disepelekan. Pada pasalnya kuku kotor dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, yuk kita kenali apa saja penyebab kuku kotor!

1. Menggaruk kepala

Kepala, ternyata dapat menyumbang kotoran. Meski terlihat bersih, namun ternyata kulit kepala kita memproduksi banyak sekali kulit mati setiap menitnya. Kulit mati ini apabila dibiarkan dalam kuku ternyata dapat mengundang tumbuhnya bakteri sehingga membuat kuku menjadi kotor.

2. Menggaruk bagian tubuh yang gatal

Gatal biasanya disebabkan oleh bakteri atau kuman yang bersarang. Sehingga, apabila terjadi gatal di suatu bagian tubuh lalu Anda garuk menggunakan kuku, biasanya kuman / bakteri tersebut berpindah tempat ke kuku Anda lalu berkembang biak dan membuat kuku Anda menjadi kotor.







3. Memegang benda kotor

Secara tidak sadar, kita sering menyentuh benda-benda kotor dalam waktu lama. Entah itu karat pada besi, atau bahkan mungkin benda-benda yang berdebu. Meski begitu, Anda dapat meminimalisir risiko kuku kotor dengan cara mencuci tangan usai memegang benda kotor tersebut.

4. Jarang menggunting kuku

Banyak juga orang yang suka memanjangkan kukunya untuk alasan fashion. Tetapi sayangnya, ternyata fashion yang satu ini tidak sehat bagi kuku Anda. Jarang menggunting kuku akan membuat bakteri pada kuku Anda berkembang biak lebih leluasa sehingga menyebabkan kuku Anda lebih cepat kotor.





5. Mewarnai kuku

Mewarnai kuku menjadi salah satu tren yang berkembang saat ini. Namun sayang, tren yang satu ini ternyata dapat membahayakan kebersihan kuku karena mewarnai kuku membuat Anda tidak bisa melihat kotoran yang berkembang di bawah kuku. Kalau tidak bisa melihat kotoran pada kuku, biasanya Anda pun menjadi malas membersihkannya.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab kuku kotor. Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.