5 Tips Mengatasi Sakit Telinga Saat di Pesawat







Sumber Inspirasi - Berjalan-jalan menggunakan  pesawat memang menyenangkan. Selain indahnya pemandangan yang disuguhkan, kenyamanan dalam pesawat juga menambah kesenangan kita saat berpergian.


Namun hal itu tidak berlaku bagi semua orang. Ada pula orang yang tidak bisa menikmati perjalanan pesawat karena adanya gangguan, seperti sakit telinga.

Mengapa sering terjadi kasus sakit telinga ketika sedang naik pesawat? Karena ternyata, udara memiliki tekanan yang berbeda-beda di setiap ketinggian. Perbedaan tekanan itulah yang membuat telinga seseorang bisa mendadak sakit ketika sedang melakukan penerbangan.

Lantas bagaimana cara mengatasinya apabila sudah terlanjur terjadi? Berikut saya berikan tips-tipsnya:

1. Makan permen

Makanlah permen. Kegiatan menelan ludah secara berkala dapat membantu mengurangi tekanan yang menyiksa telinga Anda.

2. Gunakan earplug

Anda tahu ear plug? Ear plug adalah penutup telinga yang dibuat khusus untuk mencegah rasa sakit telinga ketika sedang melakukan penerbangan. Biasanya ear plug ini dijual secara khusus di bandara.











3. Menguap

Menguaplah! Ternyata menguap sesering mungkin ketika sedang melakukan penerbangan dapat membantu mengurangi tekanan udara yang mengganggu indra pendengaran.

4. Kunyah permen karet

Kegiatan menggerakkan rahang ternyata juga dapat membantu mengurangi tekanan udara yang mengganggu telinga Anda. Cobalah!










5. Hubungi dokter bila sakit berlanjut

Apabila Anda merasakan telinga Anda masih sakit meskipun sudah turun dari pesawat, alangkah baiknya Anda segera hubungi dokter THT untuk menghindari rasa sakit yang semakin parah.


Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai beberapa tips mengatasi sakit telinga di pesawat. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.