5 Tips Sehat Menggunakan Earphone



Sumber Inspirasi - Dewasa ini penggunaan earphone meningkat. Selain akibat menurunnya harga earphone, faktor lain seperti tren juga memengaruhi peningkatan jumlah pengguna earphone.

Namun siapa sangka, meski trendy, ternyata earphone memiliki dampak negatif terutama untuk kesehatan telinga. Apa sajakah dampak negatif tersebut?

1. Jangan sampai ketiduran

Salah satu penyakit yang biasa menjangkit anak-anak muda jaman sekarang adalah mendengarkan lagu hingga ketiduran. Hal ini tentu berbahaya, karena Anda tidak terhibur, tetapi telinga Anda terus tersiksa akibat getaran suara yang tidak berhenti.

2. Hindari menggunakan earphone yang mampu meredam suara dari luar

Anda pasti sudah tahu bahwa ada beberapa produsen earphone yang menawarkan earphone yang mampu meredam suara dari luar telinga. Hindari penggunaan earphone jenis ini. Karena earphone jenis ini dapat menyumbat sirkulasi udara dalam telinga dan berakibat pada menumpuknya kotoran dalam telinga.










3. Jangan saling tukar-menukar earphone

Earphone Anda hanya boleh digunakan oleh Anda. Begitupun earphone orang lain. Earphone adalah barang pribadi yang tidak boleh ditukar-tukar karena bakteri dalam telinga bisa menempel pada earphone, lalu berkembang biak dengan cepat. Berhati-hatilah.

4. Istirahatkan telinga secara berkala

Setiap 15 menit, lepas earphone Anda. Izinkan telinga Anda menerima udara segar dari luar sejenak untuk mencegah terjadinya penumpukan kotoran dalam telinga. Lakukan istirahat tersebut minimal 15 menit sekali agar telinga Anda tetap sehat.







5. Batasi volume

Hati-hati dalam menggunakan volume. Jangan terlalu keras. Studi di Amerika mengatakan bahwa volume maksimum yang boleh didengar seseorang yang menggunakan earphone adalah 90 db. Lebih dari itu, penggunaan earphone dapat menyebabkan kehilangan pendengaran.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips sehat menggunakan earphone. Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.