Bagaimana Cara Menghadapi Guru yang Membenci Kita?

Sumber gambar: yangmeixia.wordpress.com


Penanya:

“Saya punya permasalahan kak, ada orang yang membenci saya, tetapi saya tidak mungkin menjauhi orang tersebut, karena orang itu adalah guru saya sendiri. saya akan ketemu dia pada pelajaran lintas minat dan walaupun jika nilai lintas minat saya itu tidak tuntas pada rapot, saya masih bisa naik kelas. Hanya saja tidak mungkin kan kalo saya tidak pernah masuk pelajaran tersebut dalam waktu 1 semester. yang ada saya dikeluarkan dari sekolah.”

Jawaban:

Halo, terimakasih atas pertanyaannya. Menarik sekali untuk kita bahas bersama.

Permasalahan di usia remaja mengenai kehidupan sekolah memang cukup tinggi karena ketidaktahuan anak-anak dan remaja mengenai cara menghadapi orang lain dengan benar. Selain itu, adapula penyebab lainnya adalah karena remaja masih belum stabil dalam mengelola emosi. Oleh karena itu, tips pertama dari saya adalah dekati orang yang pemikirannya lebih dewasa. Orang yang pemikirannya dewasa memiliki kemampuan mengelola emosi yang baik sehingga mereka pasti mampu membimbing Anda agar tidak salah bertindak.

Berikutnya,

Seperti apa yang sudah saya jabarkan sebelumnya, Anda harus berhati-hati. Seorang siswa yang sudah “dicap”menyebalkan oleh guru, butuh upaya lebih untuk mengembalikan citranya. Seperti seorang artis yang citranya jatuh, Anda harus muncul ke permukaan sebagai manusia yang berkualitas dan menonjol, tidak ada cara lain. Jika tidak seperti itu, Anda akan terus tenggelam.

Lalu,

Ingat, Anda tidak selamanya benar dan guru Anda tidak selamanya salah. Telaah apa penyebab guru tersebut membenci Anda dan bersegeralah memperbaiki diri. Setiap guru ingin diperlakukan berbeda. Apa yang Anda lakukan bisa jadi biasa saja bagi guru A, tetapi menyebalkan bagi guru B. So, perlakukan setiap guru dengan cara yang berbeda, sesuai dengan keinginan mereka.

Kemudian,

Ini tips yang paling sederhana, senyum. Berikan senyuman setiap hari, setiap Anda berpapasan dengan guru yang membenci Anda itu. Senyum akan melahirkan kelembutan hati bagi yang menerimanya.

Anda akan menemui guru tersebut di lintas peminatan nanti. Berarti Anda masih punya waktu untuk memperbaiki diri. Manfaatkan waktu sebaik mungkin. Tanpa perlu menjauhi guru tersebut, jadilah murid yang menonjol karena berkualitas, Anda akan mendapatkan apa yang Anda harapkan.


Demikian saran saya. Mohon maaf kalau bahasanya terlalu kaku, masalahnya saya tidak tahu berapa usia Anda, remaja awal atau remaja akhir :D

Bila ada yang ingin bertanya juga, silakan hubungi saya dengan cara mention ke akun twitter saya @sayogand atau kirim email ke sayogand[at]gmail.com. Jangan lupa sertakan nama (apabila tidak mau dipublikasikan, nama Anda tidak akan saya publikasikan), jenis kelamin, dan usia.

Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

baca selengkapnya...

27 Tips Alami Mengatasi Insomnia

Sumber gambar: Chughtailab.com

Sumber Inspirasi - Insomnia adalah salah satu masalah kesehatan berupa gangguan tidur yang sering didengungkan oleh para pelajar dan mahasiswa. Selain karena jumlah penderitanya yang tinggi, penyakit ini juga mereka anggap biasa karena dianggap sebagai penyakit yang tidak berbahaya.


Padahal, tidak teraturnya siklus tidur dapat membahayakan tubuh manusia. Selain dapat merusak jantung, kurang tidur juga dapat menurunkan tingkat kewaspadaan otak. Apabila hal ini terjadi, maka butuh penanganan khusus untuk mengobatinya.


Lantas bagaimana jika hal ini sudah terlanjur terjadi? Berikut kami sajikan 27 tips mengobati gangguan tidur insomnia:


  1. Matikan lampu kamar tidur;
  2. Hindari penggunaan gadget dan alat elektronik lainnya sebelum tidur;
  3. Jauhi binatang peliharaan dari tempat tidur Anda;
  4. Konsumsi makanan yang mengandung potasium (seperti pisang) agar kualitas tidur Anda bertambah;
  5. Selain potasium, mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium (seperti kacang almond) juga akan menambah kualitas tidur Anda;
  6. Belajarlah tidur pada jam yang sama, dan bangun pada jam yang sama setiap hari;
  7. Rancang ruang tidur Anda senyaman mungkin;
  8. Hindari tidur siang terlalu lama;
  9. Hindari makan berlebihan pada malam hari;
  10. Dengarkan lagu yang membuat rileks ketika menjelang tidur;
  11. Lakukan meditasi atau olahraga pernapasan lainnya;
  12. Rutin berolahraga;
  13. Tingkatkan aktivitas pada siang hari;
  14. Buat mata Anda lelah dengan cara membaca buku atau bacaan lainnya;
  15. Hindari merokok;
  16. Hindari mengonsumsi alkohol;
  17. Hindari stres;
  18. Hindari konsumsi kopi setidaknya 9 jam sebelum tidur;
  19. Mandi air hangat sebelum tidur;
  20. Hindari melihat jam sebelum tidur;
  21. Rutin bersihkan tempat tidur;
  22. Jangan sembarangan mengonsumsi obat tidur. Mintalah resep dokter untuk meminimalisir efek samping;
  23. Berdoa sebelum tidur;
  24. Jangan gunakan tempat tidur Anda untuk aktivitas lain selain tidur;
  25. Percayalah bahwa Anda sehat dan bisa tidur dengan normal;
  26. Minum minuman hangat sebelum tidur;
  27. Apabila sudah dianggap sangat mengganggu, jangan sungkan-sungkan untuk konsultasikan ke dokter.


Demikianlah pembahasan mengenai beberapa tips mengatasi insomnia. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.