Lirik Lagu Ed Sheeran - Thinking Out Loud



When your legs don't work like they used to before
And I can't sweep you off of your feet
Will your mouth still remember the taste of my love
Will your eyes still smile from your cheeks

And darling
I will be loving you 'til we're 70
And baby
my heart could still fall as hard at 23
And I'm thinking about how people fall in love in mysterious ways
Maybe just the touch of a hand
Well me
I fall in love with you every single day
And I just wanna tell you I am

So honey now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Place your head on my beating heart
I'm thinking out loud
That maybe we found love right where we are

When my hair's all but gone and my memory fades
And the crowds don't remember my name
When my hands don't play the strings the same way
I know you will still love me the same

Cause honey your soul could never grow old
it's evergreen
And baby your smile's forever in my mind and memory
I'm thinking about how people fall in love in mysterious ways
Maybe it's all part of a plan
Well I'll just keep on making the same mistakes
Hoping that you'll understand

But baby now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Place your head on my beating heart
Thinking out loud
That maybe we found love right where we are

So baby now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Oh darling
Place your head on my beating heart
I'm thinking out loud
That maybe we found love right where we are
Oh, baby, we found love right where we are
And we found love right where we are


baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal (9)


8. Gunakan motor harley

Terakhir, saya mendapatkan fakta menarik bahwa ternyata sebagian besar pembegal tidak bisa mengendarai sepeda motor jenis harley. Menarik.

















Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips mencegah kejahatan begal. Semoga bermanfaat, salam, Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal (8)


7. Hindari berpergian di malam hari

Jika tidak terlalu penting, lebih baik Anda tidak jalan-jalan ke luar rumah pada malam hari. Malam hari adalah waktu yang paling tepat bagi para pembegal untuk beraksi. Selain karena gelap, malam hari juga merupakan waktu yang tepat karena jalanan tidak seramai siang hari.




baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal (7)


6. Modifikasi motor

Pembegal lebih tertarik pada motor-motor yang polos dan tidak dimodifikasi. Mengapa? Karena motor yang sudah dimodifikasi penampilannya, sulit untuk dijual. Selain itu, motor yang termodifikasi tidak bisa mereka gunakan sendiri karena dapat dengan mudah dikenali pemiliknya apabila diparkir di tempat umum.

Jadi, hindari menggunakan motor yang penampilannya terlalu biasa. Sedikit modifikasi pada sepeda motor dapat menurunkan daya tarik Sang Pembegal.

baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal (6)


5. Anda merasa diikuti? Tundukkan sedikit kepala Anda!

Berhati-hatilah jika ketika Anda sedang berkendara di jalanan sepi lalu ada motor lain yang mengikuti motor Anda di belakang Anda. Perhatikan pengemudinya lewat spion, apabila mencurigakan kemungkinan itu adalah pembegal.

Jika Anda sudah menyadari bahwa ada orang mencurigakan mengikuti Anda, tundukkanlah sedikit kepala Anda. Untuk apa? Menundukkan kepala akan membuat pembegal kesulitan menebas kepala Anda menggunakan senjata tajam.


baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal (5)


4. Hindari menggunakan motor keren

Para pembegal biasanya menyasar orang-orang yang menggunakan motor mahal. Selain karena mereka menginginkan motornya, biasanya orang-orang yang menggunakan motor keren adalah orang kaya. Dengan begitu mereka berpikir bahwa orang-orang yang menggunakan motor keren adalah sasaran paling empuk dan paling menguntungkan.

Jadi, jika Anda ingin aman dari kejahatan pembegal, jangan gunakan motor keren. Semakin lusuh penampilan motor Anda, Anda semakin tidak menarik bagi mereka.



baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal (4)


3. Gunakan moda transportasi umum

Para pembegal biasanya menyasar orang-orang yang menggunakan sepeda motor, sendirian, dan kelihatan mudah dilumpuhkan. Jadi, apabila Anda memiliki kebiasaan mengendarai sepeda motor, ditambah lagi dengan tubuh Anda yang kecil atau ringkih, lebih baik gunakan saja transportasi umum.

Meski begitu, tidak berarti Anda aman 100 persen, Anda tetap saja harus waspada.



baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal (3)


2. Jangan Melamun

Jangan menyetir motor sambil melamun, mendengarkan lagu, atau aktivitas lain yang dapat menurunkan konsentrasi Anda. Waspadalah jika Anda sedang melalui wilayah sepi lalu melihat ada segerombol orang di depan sana, waspada pula jika Anda mulai menyadari bahwa Anda sedang dibuntuti motor lain.

Jika kedua hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu bergerak ke wilayah yang ramai dan banyak masyarakat, atau mencari jalan alternatif lain yang menurut Anda lebih aman.

baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal (2)


1. Ada orang yang bertanya alamat? Beri tahu, tapi jangan Anda antar

Salah satu modus yang dilakukan para pembegal adalah membujuk Anda untuk mau bergerak ke tempat sepi yang sudah direncanakan oleh sekelompok pembegal. Biasanya memang orang yang menanyai Anda tersebut terlihat seperti orang yang sedang tersesat dan minta dikasihani.

Tetapi usai tiba di tempat sepi tersebut, para pembegal tersebut akan melakukan aksinya, mengepung Anda, mencari harta berharga yang Anda bawa, lalu kabur. Berhati-hatilah.




baca selengkapnya...

8 Tips Mencegah Kejahatan Begal


Kejahatan Begal - sumber gambar: motohits.com

Sumber Inspirasi - Akhir-akhir ini banyak mencuat kasus-kasus pembegalan diberbagai wilayah. Tidak segan-segan, pelakunya seringkali melakukan kekerasan pada korbannya. Hal ini tentunya berdampak buruk pada psikologis masyarakat dan mengganggu produktivitas orang-orang secara umum.

Oleh karena itu, kali ini saya ingin berbagi tips untuk meminimalisir tindak kejahatan begal agar Anda tidak perlu terlalu khawatir. Silakan simak beberapa poin ini (klik untuk melanjutkan):

baca selengkapnya...

Cara Mengenali Batu Akik Palsu


Batu akik - Sumber gambar: batuakik.net

Sumber Inspirasi - Batu akik adalah batu-batuan berusia puluhan tahun yang diolah menjadi batu halus sehingga memiliki nilai seni tersendiri. Selain karena warnanya, sifatnya yang transparan serta "retakan alamiah" yang terlihat pada batu akik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang.

Namun, Anda harus berhati-hati karena ada oknum yang memalsukan batu ini dengan cara membuat batu palsu alias imitasi. Sekilas batu palsu ini terlihat mirip dengan batu asli. Tidak mudah mengenali batu akik palsu dengan mata telanjang.

Meski begitu, ada beberapa trik yang biasa digunakan orang-orang untuk mengenali batu aki palsu, yaitu:

1. Diterawang

Cara pertama yakni dengan cara diterawang. Apabila terdapat gelembung-gelembung kecil, dapat dipastikan bahwa itu bukanlah batu, melainkan plastik.

2. Lihat motif seratnya

Selain itu, perhatikan juga serat-serat yang terdapat pada batu. Jelilah melihat guratan-guratan serat tersebut. Apabila terlihat seperti guratan tangan manusia, berhati-hatilah karena guratan batu akik seharusnya terlihat seperti guratan alamiah.

3. Tempelkan ke kulit

Cara berikutnya adalah dengan cara ditempelkan ke kulit. Apabila tidak terasa apa-apa, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah batu akik palsu. Karena apabila batu akik tersebut asli, maka ketika ditempelkan ke kulit akan terus terasa dingin walaupun ditempelkan dalam jangka waktu yang lama.

4. Disulut api

Cara terakhir adalah dengan cara disulut api. Perhatikan, apakah batu akik itu rusak? Apakah batu akik itu meninggalkan bekas api? Jika ya, Anda harus berhati-hati karena kemungkinan besar batu akik itu palsu.

Meski ampuh, cara yang terakhir ini adalah cara yang tidak disarankan. Selain karena membahayakan, cara ini juga tidak berfungsi apabila Anda coba pada batu akik jenis opal kalimaya yang tidak tahan terhadap panas.


Demikianlah artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Think Again - Manajer Pribadi

Manajer - Sumber gambar: http://sywids.net

Sumber Inspirasi - Sudah 6 bulan terakhir ini saya menggunakan ponsel pintar. Mengapa? Yang jelas karena saya mendapatkan informasi bahwa ponsel pintar dapat meringkas beberapa pekerjaan menjadi lebih cepat. Selain itu, ponsel pintar juga memiliki berbagai fitur semacam to do list dan time manager yang dapat dimanfaatkan sebagai alat pengganti manajer pribadi.


Sejak pertama kali membelinya, saya begitu dekat dengan ponsel pintar saya. Ya, hampir setiap jam saya melirik ponsel saya untuk mengecek apa yang harus saya lakukan. Dapat dikatakan ponsel itu adalah manajer pribadi yang siap membimbing saya untuk menjadi manusia produktif.

Namun tragisnya, akhir-akhir ini ponsel pintar saya rusak. Praktis, ponsel saya tak berfungsi sama sekali. Astaga ....

Beberapa hari yang lalu, tepat sepulang dari kampus, salah satu teman saya berdiri di depan kelas dan berteriak agak keras,

Rekan saya: "Temen-temen, jangan lupa besok pagi ada kuliah Pak Aji. Soalnya Pak Aji hari kamis berhalangan hadir, jadi diganti besok ya."

Waktu itu saya sedang terburu-buru karena jadwal keberangkatan kereta adalah 30 menit lagi. Sedangkan waktu yang dibutuhkan dari kampus saya ke stasiun adalah sekitar 30 menit. Apabila saya bersantai sebentar saja, maka saya harus menunggu jadwal keberangkatan berikutnya.

Saya belum tahu jam berapa kuliahnya, di mana ruangannya ... Ah, itu sih urusan nanti. Saya kan bisa bertanya pada rekan saya lewat SMS. Yang penting sekarang saya tidak ketinggalan kereta.

Singkat cerita saya tiba di rumah dan ... Eh ... Tunggu ... BUKANNYA PONSEL SAYA SEDANG RUSAK YA? Bagaimana caranya agar saya bisa bertanya pada teman saya? Saya tak punya ponsel, dan saya tak punya koneksi internet ... Ah, bisa-bisanya saya lupa ....

Keesokan harinya, saya berangkat pukul 5 pagi. Rencananya, saya akan duduk di dekat pintu masuk depan gedung kampus dan bersiap mencegat apabila ada teman sekelas saya yang datang. Mudah-mudahan strategi ini berhasil.

Satu jam kemudian ... Sepi.

Dua jam kemudian ... Sepi.

Tiga jam kemudian ... Sepi.

Kurang lebih 4 jam saya duduk di tempat yang sama dan tak ada tanda-tanda kemunculan teman sekelas saya. Saya berpikir, pasti kuliahnya dibatalkan.

Kemudian saya bergerak menjauhi gedung. Dan ...

"SAYOGA!"

Saya menoleh. Ternyata itu teman-teman saya yang sedang bergerombol menuju kantin.

Teman saya: "Kamu tadi ke mana? Kok gak ikut kuliah Pak Aji?"

Saya: "Itu kuliahnya gak dibatalin? Emangnya kuliahnya jam berapa? Di mana?"

Teman saya: "Jam 10, di gedung belakang. Itu lho, gedung yang di deket pintu masuk belakang."

Saya: " .... "

****

Jangan ditanya seberapa kesalnya saya waktu itu. Tetapi ... Pada siapa saya harus kesal? Teman saya? Ponsel saya? Saya sendiri? Kereta api? Dosen saya?

Nyatanya, tak ada. Tak ada yang bisa saya salahkan. Alhasil saya mengurungkan niat saya untuk marah.

Alih-alih, saya mencoba untuk mengambil hikmah dari kejadian ini.

Coba perhatikan. Kalau dipikir-pikir, semua pihak yang saya ceritakan pantas untuk disalahkan. Tetapi kesalahan yang paling menonjol sebetulnya ada pada diri saya sendiri. Apa kesalahan saya?

Ya, saya terlalu bergantung pada teknologi.

Pada awalnya saya pikir ponsel pintar akan membuat saya lebih mampu mengerjakan banyak pekerjaan. Kenyataannya, ponsel pintar itu malah membuat saya menjadi pemalas.

Coba pikirkan, gara-gara saya bergantung pada ponsel saya, saya jadi malas mendengarkan informasi yang disampaikan teman saya. Seandainya saya tidak punya ponsel, mungkin saya akan memiliki kemampuan mendengarkan dan mengingat yang lebih baik.

Itu adalah contoh sederhana, bahwa kehidupan yang lebih baik akan kita dapatkan ketika kita berhenti bergantung pada orang lain.


"Jika Anda ingin tahu bagaimana rasanya menjadi manusia yang sesungguhnya, bergantunglah hanya pada 2 hal: Tuhan dan diri Anda sendiri."

Think Again - Sayoga R. Prasetyo


Mari kita lihat contoh-contoh lainnya.

Seorang remaja terbiasa berkomunikasi menggunakan aplikasi chatting di ponsel, kapanpun dan dimanapun ia selalu chatting menggunakan ponselnya. Ketika ponselnya rusak, ia akan bingung bagaimana cara memperluas pergaulannya di dunia nyata.

Seorang wirausahawan terbiasa mengandalkan 2 orang pekerjanya untuk menjalankan bisnis yang ia tekuni. Pekerjaannya ya hanya mengawasi 2 orang tersebut dan tidak melakukan apa-apa lagi. Ketika kedua pekerja itu mengundurkan diri, dia akan kebingungan bagaimana cara mengembangkan bisnisnya.

Lihat, bergantung pada orang lain atau pada suatu benda dapat menyebabkan kita tumbuh menjadi manusia yang tidak siap menghadapi tantangan.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah terlanjur terbiasa bergantung pada orang lain?

Pada dasarnya, semua orang senang bergantung pada orang lain karena ketika kita bergantung pada orang lain, akan muncul perasaan aman. Jadi apabila ada orang yang bergantung pada orang lain, pasti orang tersebut sedang merasa tidak aman.

Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk melepas kebiasaan bergantung pada orang lain adalah dengan cara bergantung pada Tuhan. Mengapa? Karena Tuhan mampu memberikan rasa aman yang lebih tinggi dari apapun. Ketika Anda merasa aman, Anda tidak mungkin bergantung lagi kepada orang lain.

Hmm ... Penjelasan saya kali ini cukup teoretis ya? Tetapi apabila Anda paham, penjelasan ini bisa Anda jadikan pegangan untuk tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Oke, jadi kesimpulannya,

Percayalah bahwa masa depan Anda terlalu berharga untuk Anda bebankan kepada orang lain. Berproseslah, jadilah pekerja keras yang mandiri. Anda boleh meminta tolong, tetapi jangan bergantung pada orang yang Anda mintai tolong. Karena bergantung pada orang lain akan menurunkan nilai kemuliaan Anda di masa depan.


Jadi, apakah Anda masih tertarik untuk bergantung pada orang lain? Think Again.
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Maroon 5 - Sugar


I'm hurting, baby, I'm broken down
I need your loving, loving, I need it now
When I'm without you
I'm something weak
You got me begging
Begging, I'm on my knees

I don't wanna be needing your love
I just wanna be deep in your love
And it's killing me when you're away
Ooh, baby,
'Cause I really don't care where you are
I just wanna be there where you are
And I gotta get one little taste

Your sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me
I'm right here, 'cause I need
Little love and little sympathy
Yeah you show me good loving
Make it alright
Need a little sweetness in my life
Your sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me

My broken pieces
You pick them up
Don't leave me hanging, hanging
Come give me some
When I'm without ya
I'm so insecure
You are the one thing
The one thing I'm living for

I don't wanna be needing your love
I just wanna be deep in your love
And it's killing me when you're away
Ooh baby
Cause I really don't care where you are
I just wanna be there where you are
And I gotta get one little taste

Your sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me
I'm right here, 'cause I need
Little love and little sympathy
Yeah you show me good loving
Make it alright
Need a little sweetness in my life
Your Sugar! (Your sugar!)
Yes, please (Yes, please)
Won't you come and put it down on me

I want that red velvet
I want that sugar sweet
Don't let nobody touch it
Unless that somebody's me
I gotta be a man
There ain't no other way
'Cause girl you're hotter than southern California day
I don't wanna play no games
I don't gotta be afraid
Don't give all that shy shit
No make up on, that's my

Sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me (down on me!)
Oh, right here (right here),
'Cause I need (I need)
Little love and little sympathy
Yeah you show me good loving
Make it alright
Need a little sweetness in my life
Your sugar! (Sugar!)
Yes, please (Yes, please)
Won't you come and put it down on me

Your sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me
I'm right here, 'cause I need
Little love and little sympathy
Yeah you show me good loving
Make it alright
Need a little sweetness in my life
Your sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me
(Down on me, down on me)


baca selengkapnya...

Lirik Lagu Magic! - Rude



Saturday morning jumped out of bed
And put on my best suit
Got in my car and raced like a jet
All the way to you
Knocked on your door with heart in my hand
To ask you a question
'Cause I know that you're an old-fashioned man, yeah

Can I have your daughter for the rest of my life?
Say yes, say yes 'cause I need to know
You say I'll never get your blessing 'til the day I die
Tough luck, my friend, but the answer is 'No'

Why you gotta be so rude?
Don't you know I'm human too?
Why you gotta be so rude?
I'm gonna marry her anyway

Marry that girl
Marry her anyway
Marry that girl
Yeah, no matter what you say
Marry that girl
And we'll be a family
Why you gotta be so
Rude

I hate to do this, you leave no choice
Can't live without her
Love me or hate me we will be boys
Standing at that altar
Or we will run away
To another galaxy, you know
You know she's in love with me
She will go anywhere I go

Can I have your daughter for the rest of my life?
Say yes, say yes 'cause I need to know
You say I'll never get your blessing 'til the day I die
Tough luck, my friend, 'cause the answer's still 'No"

Why you gotta be so rude?
Don't you know I'm human too?
Why you gotta be so rude?
I'm gonna marry her anyway

Marry that girl
Marry her anyway
Marry that girl
No matter what you say
Marry that girl
And we'll be a family
Why you gotta be so
Rude
Rude

Can I have your daughter for the rest of my life?
Say yes, say yes 'cause I need to know
You say, I'll never get your blessing 'til the day I die
Tough luck, my friend, but 'No' still means 'No'!

Why you gotta be so rude?
Don't you know I'm human too?
Why you gotta be so rude?
I'm gonna marry her anyway

Marry that girl
Marry her anyway
Marry that girl
No matter what you say
Marry that girl
And we'll be a family
Why you gotta be so
Rude
Why you gotta be so
Rude
Why you gotta be so rude?


baca selengkapnya...

Lirik Lagu Kunto Aji - Terlalu Lama Sendiri



Pagi ke malam hari tak pernah terlintas di hati
Bahkan di saat sendiri aku tak pernah merasa sepi
Sampai akhirnya ku sadari
Aku tak bisa terus begini
Aku harus berusaha
Tapi mulai darimana

Sudah terlalu lama sendiri
Sudah terlalu lama aku asyik sendiri
Lama tak ada yang menemani rasanya
Sudah terlalu asyik sendiri
Sudah terlalu asyik dengan duniaku sendiri
Lama tak ada yang menemani rasanya

Teman-temanku berkata yang kau cari seperti apa
Ku hanya bisa tertawa nanti pasti ada waktunya
Walau jauh dilubuk hati
Aku tak ingin terus begini
Aku harus berusaha
Tapi mulai dari mana

Sudah terlalu lama sendiri
Sudah terlalu lama aku asyik sendiri
Lama tak ada yang menemani rasanya
Sudah terlalu asyik sendiri
Sudah terlalu asyik dengan duniaku sendiri
Lama tak ada yang menemani rasanya

Bukan tanpa nyali
Sadar aku begini
Apa yang di depan mata tak seperti yang engkau kira
Oh bahwa sesungguhnya pintu hati menunggu terbuka


baca selengkapnya...

Pertolongan Pertama pada Gigi Lepas Akibat Terbentur


Gigi lepas - Sumber gambar lintas.me

Sumber Inspirasi - Suatu ketika Anda sedang asyik berkendara. Tiba-tiba saja sebuah sepeda motor menyalip kendaraan Anda sehingga konsentrasi Anda buyar.

Mirisnya lagi, Anda tidak sadar bahwa di sebelah kanan Anda ada sepeda motor yang tengah melaju kencang ke arah Anda. Karena tak terkendali, sepeda motor tersebut menabrak Anda.

Anda pun terbanting, karena Anda lupa menggunakan helm, wajah Anda pun membentur aspal. Ketika Anda membuka mata Anda, Anda mendapati diri Anda tengah menelungkup dan terlihat ada darah mengalir dari mulut Anda. Ya, gigi Anda lepas.

Apa yang akan Anda lakukan?

***

Beberapa kali saya menerima pertanyaan dari orang-orang di sekitar saya,

"Apa yang harus kita lakuin kalo gigi kita lepas karena kebentur?"

Ya, gigi lepas bisa terjadi karena benturan yang keras. Entah itu wajah anda yang membentur bidang keras, atau mungkin Anda menerima pukulan yang tepat mendarat di wajah Anda.

Sebenarnya, apa yang harus kita lakukan ketika hal tersebut terjadi?

1. Ambil kapas atau kain yang mudah menyerap;

2. Gunakan kapas tersebut untuk menahan darah yang mengalir;

3. Apabila gigi lepas, biasanya gigi yang lepas tersebut masih berada di sekitar tempat kejadian perkara. Segera cari gigi tersebut dan langsung masukkan ke plastik bersih, botol kosong, atau tempat-tempat bersih lainnya.

4. Segeralah ke dokter gigi terdekat. Apabila belum sampai 2 jam, gigi Anda masih bisa dipasang kembali. Kemudian Anda akan diberi obat khusus yang berguna untuk memperkuat gigi tersebut.


Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Asal Mula Kata "Teleskop"


Penulis: Arief Rizqianto Achmad

Teleskop - sumber gambar: akuyaku.wordpress.com
 

Sumber Inspirasi - Teleskop, kita mengenal alat yang satu ini sebagai alat yang biasa digunakan para peneliti untuk melihat benda-benda di luar angkasa. Alat yang satu ini bermanfaat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang fisika, dan ilmu-ilmu eksakta lainnya.

Namun adakah yang tahu, darimana asal mula kata "teleskop" ini? Mengapa diberi nama teleskop?

Kata teleskop berasal dari bahasa yunani, yaitu tele yang berarti jauh dan skopein yang berarti melihat.

Secara harfiah teleskop berarti melihat jauh.

Lalu apa prinsip kerja teleskop?

Apabila anda menjawab untuk memperbesar suatu objek, maka jawaban anda kurang tepat! Prinsip kerja teleskop bukan untuk memperbesar suatu objek melainkan untuk mengumpulkan cahaya dari objek tersebut. Perbesaran yang terjadi pada teleskop merupakan dampak yang timbul dari sistem lensa atau cermin yang digunakan untuk membuat teleskop tersebut.

Menarik!
baca selengkapnya...

Think Again - Desain


 
Desain - sumber gambar: satuatap.com
Sumber Inpirasi - Sudah beberapa bulan terakhir ini saya berhenti menulis artikel karena kesibukan saya di kampus. Ya, sebagai mahasiswa jurusan seni, kini saya sudah mulai memasuki tahap mendesain. Tadinya saya pikir mendesain itu menyenangkan karena kita bebas menggambar, yang penting menarik. Ternyata ... Mendesain tidak seperti apa yang saya bayangkan selama ini.


Beberapa waktu lalu, saya mendapat tugas untuk mendesain sebuah kafe. Para peserta didik diharapkan mampu bermain bentukan-bentukan dasar (persegi, segitiga, lingkaran) agar menjadi sebuah produk yang menarik.

Proses mendesain pun dilakukan. Saya mulai menggambar. Dengan konsep "sepeda", saya mendesain kafe berbentuk silinder dengan bentuk yang seunik mungkin. Ditambah lagi dengan ditambah area parkir sepeda di seluruh sisi kafe. Dengan desain tersebut, saya yakin desain saya akan mendapatkan nilai amat baik.

Keesokan harinya, saya mempresentasikan desain saya didepan dosen.

Saya: "Bagaimana desain saya Bu?"

Dosen saya: "Kenapa kamu pilih bentuk silinder?"

Saya diam saja karena tidak tahu harus menjawab apa.

Dosen saya: "Kenapa kamu taruh pintu masuknya di sini? Kenapa jendelanya berbentuk persegi panjang?"

Saya: "Ya ... Supaya unik bu."

Dosen saya: "Kenapa kamu taruh area parkir sepeda di seluruh sisi bangunan? Apa menurut kamu dengan cara menaruh banyak tempat parkir sepeda terus tema bangunan kamu 'sepeda'?"

Saya semakin kehabisan ide untuk bicara.

Saya: "Ya ... Sebenernya saya Cuma pengen aja sih, Bu."

Dosen saya: "Bukan jawaban-jawaban itu yang saya harapkan. Kamu memilih suatu bentuk, berarti ada alasannya. Itulah desain. Menggabungkan fungsi dan seni. Kalau kamu masih mempertahankan gambar kamu yang gak beralasan ini, jangan harap kamu bisa saya luluskan."

Singkat sekali. Saya hanya tersenyum kecewa.

Saya: "Terimakasih bu, terimakasih."

***

Usai dikritik habis-habisan itu, saya langsung berdiam di perpustakaan. Saya membaca beberapa buku literatur seni. Ternyata ... Memang benar, mendesain itu bukan melukis bebas, tetapi harus ada alasan mengapa kita menggambar bentuk tersebut.

Saya memang kecewa, tetapi ada hal menarik yang saya temui dari kejadian singkat itu.

Setiap mendesain, kita membutuhkan alasan untuk setiap bentuk yang kita susun. Tanpa alasan, sebuah desain dikatakan gagal.

Apabila Anda perhatikan, sebenarnya kehidupan orang-orang efektif juga seperti itu. Kehidupan yang efektif adalah kehidupan yang diisi dengan aktivitas beralasan. Selalu ada penyesalan di masa depan bagi orang-orang yang mengisi waktunya dengan aktivitas tidak beralasan.

Sebagai contoh, mengapa Anda beribadah? Karena Anda ingin menjalin kedekatan dengan Tuhan, Yang menciptakan Anda. Jika ada kedekatan dengan Tuhan, maka kehidupan Anda akan jauh lebih damai.

Mengapa Anda bekerja? Karena Anda ingin mendapatkan uang. Dengan begitu Anda akan lebih mampu menghiasi kehidupan dengan kebaikan-kebaikan Anda terhadap sesama.

Mengapa Anda bersekolah? Karena Anda ingin memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai untuk menghadapi dunia kerja nanti.

Lihat, semua aktivitas yang beralasan, pasti tidak akan Anda sesali.

"Semua hal di dunia ini membutuhkan alasan, terkecuali jatuh cinta."

Think Again - Sayoga R. Prasetyo


Melakukan aktivitas yang beralasan menjamin Anda terbebas dari penyesalan-penyesalan di masa depan. Semakin kuat alasannya, semakin besar jaminannya.

Lantas apa yang terjadi jika kita melakukan aktivitas yang tidak beralasan?

Coba tanyakan pada orang yang kariernya tidak begitu baik. Apabila Anda bertanya pada mereka, apa yang paling mereka sesali di masa lalu, mereka pasti menjawab:

  • Saya waktu SMP suka nongkrong gak jelas di warung.
  • Saya waktu SMA terlalu banyak ngeband.
  • Saya waktu awal kuliah dulu kebanyakan jalan-jalan sama pacar.

Apabila Anda perhatikan, semua aktivitas yang mereka sesali di masa lalu adalah aktivitas-aktivitas yang tidak beralasan. Apabila aktivitas itu beralasan, tidak mungkin mereka sesali.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh mereka yang kini tengah menyesali masa lalunya?

Sederhana, apabila Anda tidak menyukai masa lalu Anda, ubah masa lalu Anda.

Tetapi bukannya masa lalu itu tidak bisa diubah? Sebentar ....

Masa lalu adalah hasil coretan yang kita lakukan hari ini. Hasil coretan yang sudah terjadi memang tidak bisa diubah, tetapi kita dapat memperbaiki coretan yang akan terjadi dengan cara memperbaiki masa kini.

Itu adalah satu-satunya cara memperbaiki masa lalu.

So, bagi Anda yang masih sibuk menyesali masa lalu, belajarlah untuk memperbaiki masa lalu Anda dengan cara melakukan yang terbaik di masa kini. Ingatlah bahwa semua aktivitas yang Anda lakukan haruslah beralasan, karena aktivitas yang tidak beralasan akan menghambat langkah Anda menuju kesejahteraan hidup yang lebih baik .


Jadi, apa alasan Anda melakukan aktivitas yang tengah Anda lakukan sekarang? Think Again.
baca selengkapnya...

Inilah Dia Sepeda Pertama di Dunia



Sumber gambar: www.manztea.wordpress.com
Sumber Inspirasi - Sepeda adalah cikal bakal lahirnya alat transportasi. Tidak disadari, sebenarnya mobil, kereta, bus, dan semua alat transportasi merupakan pengembangan dari konsep sepeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sepeda adalah penemuan jenius dibalik jutaan inovasi transportasi.

Tahukah Anda siapakah sosok jenius dibalik penemuan besar ini?

Dialah Baron Karls Drais von Sauerbronn. Beliau adalah pria berdarah Jerman kelahiran 29 April 1785.

Pada tahun 1816 terjadi kekacauan hebat di Eropa. Akibat gunung Tambora, Indonesia, meletus dengan dahsyat, maka Eropa mengalami gagal panen besar-besaran. Karena rusaknya seluruh tanaman, banyak kuda yang kelaparan lalu mati. Pada saat itu, kuda adalah satu-satunya alat transportasi. Jadi, karena jumlah kuda berkurang, maka sistem transportasi Eropa pun mati.

Karl, adalah seorang mandor proyek-proyek taman kerajaan. Karena tidak ada kuda, maka ia kelelahan harus berjalan kaki bolak-balik dari taman yang satu ke taman yang lain. Karena hal itulah, Karl mendapat ide untuk menciptakan transportasi yang tidak perlu diberi makan, namun kecepatannya tidak kalah dengan kuda.

Sumber gambar: www.pcbolong.blogspot.com
Sepeda pertama lahir pada tahun 1860. Bentuknya berupa kursi dengan 2 roda di bagian depan dan belakang kursi. Untuk melaju, penggunanya harus naik ke kursi lalu menggunakan kakinya untuk mendorong sepeda tersebut. Sepeda ini pun diklaim sebagai sepeda pertama di dunia dan diberi nama Draissienne.

Sumber gambar:www.gadingmoore.blogspot.com
Sejak penemuan itu, desain sepeda berkembang dengan sangat pesat dalam hitungan tahun. Inovasi pun terus diciptakan sehingga bersepeda semakin nyaman, mudah, dan menyenangkan.


Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Mengenal Jenis-Jenis Teleskop (4): Teleskop Katadioptrik

 Penulis: Arief Rizqianto A
3. Teleskop Katadioptrik

Teleskop katadioptrik – Credit: celestron.com

Sumber Inspirasi - Nah, apabila anda sudah membaca dua tipe sebelumnya, maka tipe yang satu ini adalah tipe gabungan dari kedua tipe sebelumnya.

Teleskop ini menggunakan kombinasi lensa dan cermin. Teleskop ini diciptakan guna menutupi kekurangan – kekurangan yang dimiliki teleskop – teleskop sebelumnya.

Namun jangan harap teleskop ini tidak memiliki kekurangan, teleskop ini masih memiliki kekurangan yaitu harga yang cenderung mahal karena menggunakan gabungan lensa dan cermin.


Nah, itu adalah jenis – jenis teleskop yang ada saat ini. Tiap teleskop memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Namun kekurangan yang dimiliki bukan harga mutlak untuk kita agar tidak menggunakannya.

Teleskop refraktor masih bisa kita gunakan untuk mengamati galaksi dan nebula walau citra yang dihasilkan kurang sempurna begitu pula dengan mengamati planet – planet menggunakan teleskop reflektor. Sama pula halnya dengan mengamati objek langit yang lebih baik citranya apabila menggunakan teleskop katadioptrik meski harus mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk membelinya. Semua kembali ke pilihan masing – masing. Jadi, teleskop mana yang akan anda pilih?


Sumber:



baca selengkapnya...

Mengenal Jenis-Jenis Teleskop (3): Teleskop Reflektor

Penulis: Arief Rizqianto A
2. Teleskop Reflektor (Teleskop Pantul)


Teleskop reflektor – Credit: celestron.com

Sumber Inspirasi - Apabila anda ingin mengamati deep sky objects seperti galaksi atau nebula, maka Teleskop Reflektor adalah instrumen yang tepat untuk anda. 

Sama seperti namanya, teleskop ini memantulkan cahaya dari objek langit dengan bantuan cermin lengkung yang ada di dalamnya lalu diteruskan oleh lensa okuler sebelum cahaya tersebut sampai di mata anda. 

Desain teleskop ini memungkinkan untuk pengembangan diameter yang lebih besar sehingga ia mampu mengumpulkan cahaya lebih banyak dibandingkan dengan teleskop refraktor dan membuatnya baik digunakan untuk mengamati objek langit yang lebih jauh dan lebih redup seperti galaksi dan nebula. 

Teleskop ini juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan teleskop refraktor karena dia menggunakan cermin yang harganya relatif lebih murah produksinya daripada lensa pada teleskop refraktor yang jauh lebih mahal produksinya.

Namun teleskop ini memiliki kekurangan yaitu perawatan yang lebih sering daripada teleskop refraktor. Hal tersebut diakibatkan karena terdapat cermin di dalam tabung teleskop reflektor yang dapat berubah bentuk karena pemuaian atau penyusutan akibat suhu yang berubah – ubah seiring berjalannya waktu.

baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.