Banyak Duduk karena Tuntutan Pekerjaan? Ini Tips agar Kesehatan Tetap Terjaga

 



Terlalu banyak duduk dapat memicu berbagai penyakit serius. Namun,bagaimana dengan Sang Programmer yang wajib duduk selama berjam-jam? Bagaimana dengan para pekerja kantoran yang harus duduk terus karena setiap saat selalu dihantui deadline? Jika mereka berhenti duduk sejenak saja, mungkin pekerjaan mereka tidak akan selesai sebelum deadline. Padahal, seperti yang kita tahu, duduk terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan kita.
 
Lantas bagaimana jika pekerjaan menuntut kita untuk terus duduk? Saya punya beberapa tips untuk Anda yang 'sibuk' duduk agar kesehatan Anda tetap terjaga.
 
1. Lakukan Peregangan Secara Berkala
 
Sesibuk-sibuknya Anda, Anda pasti masih memiliki setidaknya satu menit untuk melakukan sedikit peregangan pada beberapa bagian tubuh. Peregangan ini berfungsi untuk mengembalikan postur tubuh dan untuk mencegah terjadinya kerusakan saraf.
 
2. Jalan Kaki Minimal 15 Menit Sehari
 
Sebenarnya, kita dianjurkan jalan kaki minimal 30 menit sehari. Namun sebenarnya, 30 menit itu dapat dibagi 2, yaitu jalan kaki 15 menit untuk berkeliling, dan 15 menit jalan kaki di sela-sela waktu senggang. Sisihkan waktu 15 menit perharinya untuk berjalan kaki keliling lingkungan sekitar Anda. Selain menyehatkan, jalan kaki setiap hari juga dapat membantu Anda menghilangkan rasa penat usai bekerja.
 
3. Jangan Malas
 
Belajarlah untuk berjalan ke dispenser jika ingin minum, jangan bergerak dengan cara menggeser kursi. Belajarlah untuk menggunakan tangga, hindari penggunaan lift. Gunakan sepeda atau kendaraan umum untuk berangkat ke kantor, hindari penggunaan mobil atau motor pribadi.
 
4. Sediakan Waktu untuk Berolahraga
 
Jika Anda benar-benar merupakan seorang pekerja yang sibuk, sediakan waktu khusus selama beberapa jam setiap akhir pekan untuk melakukan olahraga bersama rekan-rekan Anda. Aktivitas positif ini selain dapat menyegarkan tubuh, berolahraga setiap pekan juga dapat menjadi salah satu sarana hiburan yang menarik.
 
 
Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips menjaga kesehatan bagi Anda yang rajin duduk. Semoga bermanfaat!

Komentar