Penyimpanan Gambar di Blogger Dibatasi?



Bagi anda yang selalu update blog Sumber Inspirasi sayogand, pasti anda menyadari ada satu hal yang berubah dari blog ini. Ya, saya jadi sangat jarang mengupload gambar ataupun foto ke blog. Akhir – akhir ini saya jadi sering menggunakan gambar yang sama di artikel yang berbeda. Bahkan sekarang saya jadi sering 'merepost' gambar yang sudah ada di internet. Dengan tujuan agar tidak perlu menyimpan gambar di server akun blogger saya.

Mungkin timbul pertanyaan di benak anda, Kenapa? Ya, pertanyaan itu seolah – olah terulang juga di kepala saya. Beberapa waktu yang lalu saya sempat browsing dan mendapatkan informasi bahwa sebenarnya penyimpanan image alias gambar di blogger dibatasi hanya 300 MegaByte. Sebuah pertanyaan besar datang dari kepala saya, apakah benar penyimpanan gambar di blogger dibatasi dengan kapasitas sekecil itu?

Jika saya terus menerus mengupload gambar ( minimalnya saya mengupload satu buah gambar di setiap artikel ) maka dalam kurun waktu dua atau tiga tahun kapasitas penyimpanan data di server akun blogger saya sudah penuh. Itu artinya saya tidak bisa memasang gambar lagi di blog ini. Tragis sekali.

Sayapun mulai bertanya kepada blogger – blogger yang jauh lebih berpengalaman. Ternyata mereka berkata sama : " Penyimpanan data di blogger itu dibatasi ". Hanya saja pernyataan mereka seputar kapasitasnya cukup beragam. Ada yang bilang 300 MB, ada yang bilang 500 MB, dan ada yang bilang 1 GB. Wah wah ...

Tapi ternyata ada seorang blogger yang tidak setuju dengan pendapat di atas. Ia berkata bahwa sebenarnya penyimpanan blogger itu tidak aka dibatasi jika pada blog kita terpasang iklan dari google adsense. Mengapa? Karena dengan memasang iklan dari google adsense berarti itu sama saja kita sudah memberikan feedback alias sumbangan dana kepada blogger.

Wah, saya jadi semakin bingung seputar permasalahan ini. Adakah sahabat inspiratif yang lebih tahu seputar penyimpanan gambar di blogger? Boleh di share di kotak komentar kok. Terimakasih ^_^
baca selengkapnya...

Efek Samping Mengkonsumsi Susu



Bagi beberapa orang minum susu adalah suatu aktivitas yang wajib dilakukan pada pagi hari atau malam hari dengan tujuan menambah tinggi badan atau menambah daya tahan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri. Rasanya fakta itu memang tidak dapat dipungkiri. Namun kenyataannya tidak ada satupun di dunia ini yang sempurna. Hal apapun yang memiliki banyak kelebihan pasti memiliki kekurangan. Termasuk susu.

Awalnya saya juga berpikir bahwa susu itu adalah salah satu minuman yang khasiatnya luar biasa bagi tubuh manusia. Tetapi setelah saya cari tahu lebih dalam lagi, ternyata susu juga memiliki efek samping terhadap tubuh kita. Berikut beberapa efek samping dari mengkonsumsi susu :

1. Memicu Alergi Susu



Apakah anda pernah melihat seorang anak yang tidak mau meminum susu padahal orang tuanya suka minum susu? Saya rasa anda pernah melihat atau bahkan mengalami kejadian seperti itu. Beberapa anak berkata bahwa susu itu rasanya tidak enak. Padahal kenyataannya susu itu rasanya manis. Apa yang salah? Kemungkinan besar hal tersebut disebabkan alergi susu. Apa yang menyebabkan anak terkena alergi? Akan saya jelaskan.

Susu ( terutama susu sapi ) mengandung protein susu sapi yang jika dikonsumsi berlebih akan membentuk antibodi susu sapi. Diibaratkan anda terlalu sering mengkonsumsi susu maka antibodi susu sapi akan terbentuk dalam tubuh anda.

Memang, antibodi ini tidak akan berdampak apapun pada tubuh anda, namun antibodi ini akan berdampak pada anak – anak anda kelak. Antibodi susu ini akan secara otomatis terbentuk dalam tubuh anak – anak anda hingga anak – anak anda akan merasakan rasa yang tidak enak jika tubuhnya dimasuki zat apapun yang mengandung susu. Ujung – ujungnya anak anda akan selalu menolak ketika disuruh minum susu dengan alasan 'rasanya tidak enak' meskipun susu tersebut rasanya sangat enak.

2. Mengganggu Pita Suara



Ternyata zat susu yang masuk juga memicu produksi lendir yang berlebih di kerongkongan dan faring sehingga mengganggu pita suara Anda. Bisa jadi suara Anda akan mudah serak atau mungkin Anda jadi berdeham setiap saat.

3. Penawar Obat



Pernahkah anda merasakan jatuh sakit lalu minum obat secara berkala tetapi kesehatan anda tidak membaik sama sekali? Jika hal itu terjadi apakah anda akan menyalahkan dokter yang memberi obat? Atau anda akan menyalahkan obatnya? Berhati – hatilah, kemungkinan besar penyebab hilangnya reaksi obat – obatan adalah zat susu. Tak percaya? Akan saya jelaskan.

Obat adalah racun patogen ( racun yang sudah dilemahkan ). Racun ini tidak akan bereaksi dalam tubuh, tetapi akan memicu antibodi terbentuk lebih banyak lagi sehingga virus yang ada di dalam tubuh dapat dilawan. Bagi orang – orang yang sedang sakit, minum obat bisa menyembuhkan penyakitnya. Namun bagi orang yang tidak sakit, obat ini bisa menjadi racun dan memicu terjadinya penyakit.

Nah, zat susu termasuk zat penetralisir racun. Dengan mengkonsumsi susu maka racun jenis apapun yang terdapat di pencernaan anda akan langsung ternetralisir. Seperti yang kita tahu, obat adalah racun. Sehingga jika ada zat susu yang masuk ke dalam tubuh, zat susu tersebut akan menetralisir obat yang sudah dikonsumsi sebelumnya. Alhasil obat yang sudah anda konsumsi itu tidak akan menimbulkan reaksi apapun terhadap tubuh anda.

4. Pemicu Nyeri Lambung



Ternyata pada beberapa merk susu terkandung zat asam yang bisa memicu produksi asam lambung meningkat. Produksi asam lambung yang berlebih dapat menyebabkan nyeri pada lambung atau bahkan penyakit maag.


Saya bukannya ingin melarang anda mengkonsumsi susu, hanya saja saya ingin menyadarkan anda bahwa sebenarnya susupun punya efek samping yang tidak sepele. Maka dari itu, kita harus bijaksana mengkonsumsi susu. Berapapun usia anda, minum susu itu penting untuk kesehatan tulang dan perkembangan tubuh anda. Namun ingat, mengkonsumsi susu secara berlebih juga tidak baik bagi kesehatan anda.

Semoga bermanfaat, salam sahabat inspiratif!
baca selengkapnya...

Asal Mula Kata “ Dadah “



Mungkin memang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang lazim bagi orang Indonesia mengatakan " dadah " sembari melambai – lambaikan tangan ketika hendak berpisah dengan seseorang yang dikenal. Timbul sebuah pertanyaan, " Darimanakah asal mula kata 'dadah' itu? Apakah itu bahasa asli Indonesia? Atau bahasa orang purba yang masih dipakai hingga saat ini? "

Rasa penasaran saya akhirnya terjawab setelah sekian lama mencari informasi seputar asal mula kata 'dadah' ini. 

Jadi, kata 'dadah' sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Jika ingin menggunakan Bahasa Indonesia maka seharusnya kita mengucapkan 'Sampai jumpa' atau 'Selamat tinggal'. Ya, anehnya kita sebagai Bangsa Indonesia tidak pernah mengucap kata – kata itu saat berpisah dengan seseorang. Kita malah lebih sering mengucap kata 'dadah'. Lantas kalau bukan Bahasa Indonesia, darimanakah asal mula kata 'dadah' ini?

Kata 'dadah' sebenarnya merupakan kata serapan dari Bahasa Belanda, 'daag', yang artinya sama saja dengan 'Sampai jumpa' atau 'Selamat tinggal'. Bila anda pernah melancong ke Negeri Kincir Angin tersebut pasti anda sering mendengar orang – orang pedesaan mengatakan 'daag' saat berpisah dengan seseorang yang hendak pergi.

Ya, kata 'daag' sering dipakai Bangsa Belanda. Berhubung Belanda pernah menjajah Indonesia, maka Bahasa Belandapun banyak yang terserap oleh Bangsa Indonesia. Karena sering berbaur dengan orang – orang Belanda, akhirnya orang Indonesia mulai meniru kebiasaan orang Belanda mengatakan 'daag' saat berpisah. Hanya saja, semakin kesini lidah orang Indonesia mulai mengubah kata 'daag' menjadi 'daah' dan sekarang menjadi 'dadah'.
baca selengkapnya...

Bolehkan Mengkonsumsi Susu Bubuk Tanpa Diseduh Terlebih Dahulu?



Sebuah pertanyaan singkat datang dari Sahabat Inspiratif,

" Mas Sayoga, saya punya kebiasaan mengkonsumsi susu bubuk secara langsung alias tanpa diseduh terlebih dahulu. Apa itu boleh? "

Pertanyaan yang menarik. Saya rasa banyak juga orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi susu bubuk secara langsung seperti anda. Apakah kebiasaan itu baik bagi kesehatan? Atau justru sebaliknya? Baik, saya akan coba membuktikan kepada anda.

Sekarang coba kita praktik. Tuangkan susu bubuk yang biasa anda konsumsi itu ke dalam gelas yang berisi air dingin ( boleh air dingin dari pendingin atau air dengan suhu biasa saja ). Lantas anda coba aduk susu bubuk tersebut hingga tercampur.



Bagaimana? Zat pelarut ( air dingin ) dan zat terlarutnya ( susu bubuk ) sukar untuk tercampur kan? Bahkan pada beberapa kasus saya temukan susu bubuk langsung menggumpal setelah dimasukkan ke dalam air dingin. Sekalipun bisa tercampur, anda pasti membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengaduk. Mengapa bisa begitu?

Susu bubuk sebenarnya bukan susu, selama masih berbentuk solid ( masih berbentuk bubuk ). Nah, untuk mengubah bubuk tersebut menjadi susu, maka kita harus mengubah bentuknya dari solid ( padat ) menjadi liquid ( cair ).

Bagaimana cara mengubahnya? Mudah saja, yaitu dengan cara melarutkan susu bubuk tersebut ke dalam air mendidih. Dengan begitu susu bubuk dan air mendidih akan bercampur menjadi susu yang sebenarnya.

Nah, dari percobaan di atas dapat kita simpulkan bahwa mengkonsumsi susu bubuk secara langsung alias tanpa diseduh terlebih dahulu dapat menyebabkan aglutinasi ( penggumpalan ) susu bubuk dalam pencernaan. Tentu saja hal ini dapat memperburuk kesehatan anda.

Jadi, mulai saat ini cobalah untuk berhenti mengkonsumsi susu bubuk secara langsung. Seduh dulu sebelum konsumsi. Toh hal ini demi kesehatan anda juga.
baca selengkapnya...

Formula Ajaib Google


Siapa yang tak kenal google? Rasanya lucu jika ada orang di zaman sekarang yang tidak tahu apa itu google. Ya, google adalah mesin pencari terbesar saat ini. Selain mesin pencari, google juga sudah meluncurkan banyak produk - produk besar yang mengubah dunia seperti google maps, youtube, blogger, dan lain - lain.

Mungkin kita berpikir bahwa perusahaan besar semacam google memiliki produk yang berkualitas dan mendekati sempurna. Namun siapa sangka ternyata google bisa diutak - atik oleh orang yang kreatif sehingga memunculkan sesuatu yang tidak disangka - sangka.

Nah, kali ini saya akan menunjukkan sebuah trik mesin pencari google. Seperti yang kita tahu, kita bisa mencari " formula " alias " rumus " di mesin pencari google. Tidak hanya itu, kita bisa melihat diagram koordinat kartesius hanya dengan memasukkan formulanya ke kotak pencarian google.

Sekarang mari kita praktik :

Copy dan paste tulisan di bawah ini ke kotak pencarian google. Lihat apa yang terjadi.

sqrt(cos(x))*cos(300x)+sqrt(abs(x))-0.7)*(4-x*x)^0.01, sqrt(6-x^2), -sqrt(6-x^2) from -4.5 to 4.5

Simple dan menakjubkan bukan? Selamat mencoba!
baca selengkapnya...

de`Radeons - Girl with Bicycle


Wah, sudah cukup lama ya saya tidak menulis artikel di blog Sumber Inspirasi lagi. Beberapa waktu lalu saya disibukkan oleh ulangan umum di sekolah. Harap maklum, saya masih anak sekolah :)

Baiklah, kali ini saya tidak akan menulis panjang lebar, saya hanya ingin menshare lagu instrumental ciptaan saya.

Jujur saja saya sangat menyukai wanita yang bersepeda. Yah, rasanya hampir semua laki - laki menyukai wanita yang bersepeda. Akhirnya saya terinspirasi membuat lagu ini. Judul lagunya terinspirasi dari tweet salah satu teman saya, @salfarenoldy


Ya, begitulah. Silahkan anda dengarkan lagunya, di download juga boleh kok :) kalau suka silahkan share ke teman - teman anda :)

baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.